Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas – Calon pembeli mencari mobil bekas di kawasan WTC Mangga Dua, Jakarta, Jumat (10/6). Di bulan puasa dan menjelang lebaran, belum ada kenaikan harga penjualan mobil. (/Angga Jr.)

, Jakarta – Bagi sebagian orang, membeli mobil bekas lebih menguntungkan ketimbang membeli mobil baru. Salah satunya adalah Anda bisa mendapatkan model yang lebih baik dengan harga lebih murah.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

Namun terkadang, Anda harus berhati-hati sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas. Pasalnya, beberapa penjual mobil bekas tidak memperoleh pendapatan yang berbeda atau tidak mendominasi mobil yang dijualnya untuk menaikkan harganya.

Pertimbangan Orang Saat Jual Beli Mobil Bekas Dan Baru

Namun, banyak juga yang menjual mobil yang tetap menjamin kualitas mobil yang dijualnya. Salah satunya seperti memberikan jaminan. Jadi apa yang harus dipertimbangkan saat membeli mobil bekas agar tidak tertipu. Berikut kami sajikan hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas.

Jika Anda menemukan mobil bekas dijual dengan harga yang sangat murah, bahkan di bawah harga pasar, Anda harus berhati-hati. Pasalnya, ada banyak alasan mengapa orang menjual mobilnya dengan harga murah.

Salah satunya adalah mobil yang direkondisi dan dijualnya. Mobil dijual karena pernah mengalami kecelakaan atau rusak akibat banjir.

Tentunya mobil bekas yang pernah mengalami tabrakan atau banjir kualitasnya tidak sebaik mobil yang tidak pernah mengalami kecelakaan atau banjir. Selain itu, meski sudah diperbaiki, masih ada masalah lain pada kendaraan yang terlibat kecelakaan.

Tips Memilih Mobil Bekas Sebelum Membeli

Untuk itu, yang perlu Anda perhatikan adalah sasis mobil. Dengan melihat bagian tersebut, Anda bisa melihat apakah sasis dan bodi mobil dalam kondisi baik. Selain itu, Anda bisa melihat di bawah kapnya, terkadang mobil yang mengalami kecelakaan akan menunjukkan tanda-tanda perbaikan.

Selain itu, bagasi belakang juga menjadi bagian yang harus Anda perhatikan. Pemilik mobil yang Anda beli sebelumnya sering mengalami kecelakaan. Jika bodi dan sasis mobil menunjukkan tanda-tanda perbaikan, ada baiknya Anda mempertimbangkan kembali mobil yang Anda inginkan.

Perhatikan juga lekuk bodi dan cat mobil. Tentunya jika mobil bekas mengalami kecelakaan, bagian body dan cat mobil tidak akan sempurna. Untuk itu, Anda harus berhati-hati sebelum membeli mobil bekas.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

* Update terbaru Asian Para Games 2018 mulai dari jadwal pertandingan, perolehan medali hingga informasi terbaru.

Kesalahan Fatal Saat Beli Mobil Bekas

* Kebenaran atau Penipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang tersebar, silahkan whatsapp cek fakta nomor 0811 9787 670 dengan mengetik kata kunci yang diinginkan.

Agar tidak menyesal membeli, ada baiknya Anda mengecek bagian kelistrikan mobil bekas yang akan Anda beli. Sebab, mobil baru sudah pasti tidak terlalu rawan masalah kelistrikan. Namun mobil bekas mengalami masalah kelistrikan.

Masalah umum pada bagian kelistrikan mobil bekas disebabkan oleh hewan yang masuk ke ruang mesin. Selain itu, pemilik sebelumnya mungkin telah melakukan perubahan yang menyebabkan kerusakan pada komponen kelistrikan.

Akibatnya, Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk perbaikan. Padahal, Anda tidak selalu perlu mengganti komponen yang tidak bisa diperbaiki.

Bagian Bagian Mobil Yang Wajib Diperiksa Ketika Membeli Mobil Bekas

Mesin adalah jantung dari mobil. Untuk itu Anda harus teliti memeriksa apakah mobil bekas yang akan Anda beli dalam kondisi baik. Sebab, sudah lumrah para dealer mobil bekas yang nakal mengakali bagian-bagian mesin agar mobil terlihat bagus.

Buka kap mesin dan periksa kebocoran atau korosi. Selanjutnya anda bisa mengecek bagian oli dengan cara mencabut dipstick lalu lihat ketebalan cat oli. Jangan lupa untuk memeriksa bagian sabuk dan aki untuk memastikan bagian kelistrikan dalam kondisi baik.

Jika Anda menemukan mobil bekas itulah yang Anda inginkan. Kemudian temukan kondisi mobil dalam kondisi baik. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kelengkapan dokumen.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

Alat standar untuk memiliki mobil bekas adalah BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Kedua surat ini merupakan bukti identitas kendaraan bermotor dan kendaraan. Surat ini mencatat identitas pemilik, identitas kendaraan bermotor, nomor registrasi dan masa berlaku serta sertifikasi.

Tips Membeli Mobil Bekas Bertransmisi Manual

Jika kedua surat itu ada, tidak ada salahnya mengecek keabsahan BPKB dan STNK. Karena penjual mobil bekas dengan memalsukan dokumen lama tidaklah bodoh. Jangan sampai Anda mendapat masalah nanti dan membeli mobil curian.

Ada beberapa cara untuk mengetahui sertifikat mobil asli atau tidak. Salah satu cara untuk mengecek surat adalah melalui situs online dengan alamat samsat-pkb.jakarta.go.id. Selain itu, Anda juga bisa mengeceknya dengan mengirimkan pesan singkat melalui SMS ke 1717 dengan mengetikkan kode nomor polisi (spasi). JAKARTA – Mobil bekas harganya sangat mahal. Kebutuhan saat ini. Namun, Anda harus tahu bahwa ada beberapa dokumen penting yang perlu diperhatikan saat menangani jual beli mobil.

Di tengah pandemi covid-19 atau corona saat ini, kebanyakan orang ingin membeli mobil bekas karena kondisi keuangan yang terbatas.

Ada banyak mobil bekas yang tidak hanya harganya terjangkau, tetapi memiliki spesifikasi yang lumayan dan terlihat seperti mobil baru.

Baca 4 Tips Ini Sebelum Membeli Mobil Bekas

Di sisi lain, banyak juga yang menjual mobil bekas karena membutuhkan banyak dana untuk memenuhi kebutuhan tak terduga di tengah pandemi Corona.

Namun, tidak menjual mobil bekas dengan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) atau BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor).

Di sisi lain, bagi pembeli mobil bekas, jangan sampai mengabaikan semua dokumen penting mobil. Jika ada kekurangan pada dokumen mobil bekas, bisa menimbulkan masalah besar nantinya.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

Dilansir dari berbagai sumber, berikut berbagai dokumen penting yang harus diperhatikan saat menangani jual beli mobil bekas.

Membeli Mobil Bekas, Seberapa Untungkah?

BPKB atau Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor merupakan dokumen penting yang perlu diperhatikan saat jual beli mobil bekas.

Surat ini dikeluarkan oleh Polri sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor termasuk mobil. Jika memiliki mobil, tetapi tidak memiliki BPKB, pemiliknya bisa dituduh sebagai pencuri.

Pemilik tidak bisa menolak karena tidak ada bukti kepemilikan kendaraan yang kuat. Jadi, pastikan saat jual beli mobil bekas ada BPKB-nya.

Pembeli harus mencocokkan spesifikasi kendaraan bekas yang ingin dibeli dari BPKB mereka. Jangan lupa untuk mencocokkan nomor rangka kendaraan dengan BPKB.

Tips Memilih Dan Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

BPKB asli memiliki gambar hologram tri brata polari dan benang hologram dan dapat dilihat dengan menggunakan sinar ultraviolet.

Cara melihatnya adalah dengan menjemur BPKB di bawah sinar matahari yang terang agar gambar holografik terlihat jelas.

STNK atau sertifikat nomor kendaraan memuat berbagai informasi penting mulai dari nomor mesin, nomor kendaraan dan nomor rangka.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

Hindari membayar iuran pajak setelah kesepakatan selesai. Jika pajak diperlukan, penjual dan pembeli dapat menegosiasikan harga mobil.

Biaya Yang Harus Dipersiapkan Untuk Memiliki Mobil

Formulir A merupakan dokumen yang dapat digunakan sebagai bukti sah pelunasan bea masuk dan pajak kendaraan atas kendaraan yang diimpor.

Untuk kendaraan jenis CBU (Completely Built), tentunya dokumen ini sangat penting digunakan untuk mengurus STNK dan BPKB.

Pastikan data di Kendaraan Formulir A dan BPKB sama. Penanganan surat dianggap sangat sulit. Namun, hal ini harus dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pembeli agar tidak mendapat masalah di kemudian hari.

Dokumen penting keempat yang harus diperhatikan saat membeli dan menjual mobil bekas adalah faktur. Dokumen ini adalah bukti pembelian yang diberikan kepada pembeli mobil baru.

Tren Beli Mobil Bekas

Faktur tersebut mencakup informasi seperti harga, warna, sasis dan nomor mesin, serta nama pembeli pertama. Dokumen ini bisa disebut sebagai acuan bagi pemilik mobil yang ingin mengurus akte kelahiran mobil dan BPKB.

Dokumen penting terakhir yang harus diperhatikan saat jual beli mobil bekas adalah fotokopi KTP dan kwitansi kosong. Tanda terima ini dapat digunakan untuk memfasilitasi proses pengalihan nama atau penjualan mobil selanjutnya, dll.

Selain itu, fotokopi KTP yang tertera di BPKB juga diperlukan untuk melengkapi biodata pemilik kendaraan terakhir. Ini berguna untuk mencocokkan beberapa informasi seperti alamat, nomor KTP, dan tanda tangan pemilik pada kuitansi.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

Saat membeli mobil bekas, berhati-hatilah. Sudah banyak kasus penipuan dalam jual beli mobil bekas. Di bawah ini dirangkum 3 tips jitu bagi yang ingin membeli mobil bekas tanpa takut ditipu.

Tips Jitu Agar Harga Jual Mobil Bekas Tetap Tinggi Saat Pandemi

Jika anda ingin membeli mobil Toyota Vios bekas tahun 2008, maka lakukanlah riset terlebih dahulu mengenai spesifikasi dan kelebihan serta kekurangan dari mobil ini.

Tips ini mencegah penipuan tentunya. Mobil bekas yang ingin dibeli harus sesuai dengan hasil riset Anda. Anda bisa merekam penelitian ini agar tidak lupa saat membeli mobil bekas idaman.

Tips kedua adalah mengecek keaslian alamat dan identitas penjual mobil. Hal ini untuk mencegah terjadinya penipuan.

Jika ada masalah terkait mobil bekas yang dibeli, pembeli bisa langsung menyampaikan masalahnya kepada penjual tanpa takut kehilangan penjual.

Konsekuensi Beli Mobil Bekas Dengan Kilometer Tinggi

Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas secara online, sebaiknya beli mobil Anda melalui platform jual beli mobil bekas online terpercaya.

Saat ini sudah banyak platform online yang bisa digunakan untuk melakukan segala macam pembelian, termasuk mobil bekas.

Umumnya, platform semacam itu dapat diandalkan. Salah satu alasannya adalah karena platform ini memiliki banyak review atau ulasan dari konsumen.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

Bagi yang ingin membeli mobil bekas bisa mengunjungi website indonesia. Selain handal, banyak jenis mobil bekas yang dijual dan bisa dipilih dengan harga terjangkau sesuai dengan preferensi konsumen.

Hal Penting Yang Perlu Diketahui Saat Membeli Mobil Bekas, Jangan Cuma Lihat Tampilannya

Nadya Andari memulai karirnya sebagai penulis konten di Indonesia pada awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka menulis, seperti cerpen, artikel, dll. Membeli mobil bekas? kenapa tidak Pasalnya, membeli mobil bekas sudah menjadi kebiasaan. Jelly diberikan saat dipilih.

Di Indonesia, minat konsumen terhadap mobil bekas semakin meningkat. Padahal, sejak awal tahun 2022, penjualan mobil bekas mengalami peningkatan sebesar 40 persen seiring dengan membaiknya daya beli masyarakat dan semakin pulihnya perekonomian nasional.

Menurut General Manager Carsome Certified Indonesia Donald Rachmat, calon pembeli mobil bekas harus memahami hal-hal penting apa saja yang perlu diperhatikan saat membelinya agar dapat mengambil keputusan yang tepat.

“Ada 4 tips utama yang harus diperhatikan pembeli, kondisi mesin, suspensi, AC, dan platform penjualan mobil e-commerce.

Perlunya Servis Setelah Membeli Mobil Bekas

Yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas, yang perlu diperhatikan saat membeli laptop bekas, yang perlu diperhatikan saat hamil, yang perlu diperhatikan dalam membeli rumah, yang perlu diperhatikan saat membeli rumah, yang perlu diperhatikan saat membeli laptop, yang perlu diperhatikan beli mobil bekas, yang harus diperhatikan saat beli mobil bekas, yang perlu diperhatikan saat membeli tanah kavling, yang perlu diperhatikan saat beli mobil bekas, hal yang perlu diperhatikan dalam membeli rumah, yang perlu dicek saat beli mobil bekas