Yang Harus Dicek Saat Beli Laptop Bekas

Yang Harus Dicek Saat Beli Laptop Bekas – Bagi sebagian orang, membeli laptop bekas adalah pilihan terbaik untuk menghemat uang. Selain menghemat budget, terkadang juga bisa memberikan keuntungan jika pilihannya tepat.

Apapun alasannya, membeli laptop bekas adalah pilihan yang paling cerdas dan nyaman, jika Anda mampu melakukannya dengan efisien dan hati-hati. (jangan tertipu)

Yang Harus Dicek Saat Beli Laptop Bekas

Yang Harus Dicek Saat Beli Laptop Bekas

Tips Membeli dan Mengecek Laptop Bekas Di bawah ini saya telah menuliskan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli laptop bekas dan mengecek standarnya, agar tetap mendapatkan kualitas yang baik, dan tentunya akan mempengaruhi Anda akan senang menggunakannya setiap hari.

Pelajar Dan Mahasiswa Wajib Tahu! Inilah 8 Tips Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas

1. Cek harga pasaran sebelum membeli, hal pertama yang harus anda lakukan adalah cek harga pasaran laptop yang anda beli. Silahkan bandingkan harga antara 1 penjual dengan penjual lainnya.

Jangan sampai laptop bekas yang Anda beli terlalu mahal atau tidak sebanding dengan uang yang Anda keluarkan. Tentu, ada beberapa alasan untuk memilih membeli laptop “bekas” bukan?

Pada dasarnya, jangan membeli laptop jika harganya di atas harga pasar saat ini. Maka disinilah proses negosiasi memegang peranan yang sangat penting.

2. Periksa kelengkapan laptop standar nomor 2, temukan penjualan laptop terbaik. (Produk cocok, harga cocok)

Beberapa Step Yang Harus Kamu Cek Saat Membeli Laptop Bekas

Setelah semuanya terlihat bagus, jangan ragu untuk bertemu langsung dengan penjualnya. Inilah mengapa saya menyarankan Anda untuk membeli laptop bekas secara offline. (lebih aman)

Dalam belanja online, Anda bisa langsung melakukan pengecekan normal produk, tanpa khawatir produk tidak sampai, produk palsu dan sebagainya.

Dan jika harus online (mengirim produk), pilih seller yang sudah memiliki nama (brand) yang cukup terpercaya. (JD.id, LAZADA, dll)

Yang Harus Dicek Saat Beli Laptop Bekas

3. Cek kondisi case/shroud Hal pertama yang harus dilakukan saat melakukan pengecekan laptop bekas adalah mengecek terlebih dahulu kondisi fisik case atau shroud.

Cara Mengecek Kondisi Laptop Second Sebelum Membelinya

Untuk laptop yang kondisinya masih sederhana, kita dapat menganggap bahwa pengguna pertama kali sangat baik dan memahami cara perawatan laptop.

Sebaliknya, jika kondisi laptop sedikit berkerut, kotor, dan memiliki masalah fisik lainnya, diperlukan pemeriksaan lanjutan yang lebih serius.

4. Cek Kondisi Layar Setelah melihat kondisi fisik body/lid laptop, periksa bagian terpenting yaitu layar/display.

Periksa bagian layar ini, apakah gambar yang dihasilkan masih terlihat normal dan jernih. Jangan sampai terjadi cut smart screen, dead pixel, smudge, blur dan lain-lain.

Beli Laptop Bekas? 14 Poin Ini Wajib Di Cek Dan Test Saat Membeli

Coba goyangkan layar secara perlahan, karena layar yang sedikit rusak sering kali memberikan respons kosong, putih, dan bergelombang jika Anda menggoyangkannya sedikit.

Di bagian keyboard ini, tugas Anda adalah menguji semua tombol keyboard laptop bekas. Dari tombol A – Z, 0 – 9, F1 – F12, Tab, Caps Lock, Ctrl, Fn, Alt, Del, Enter, dll.

Jadi jika ada tombol yang tidak berfungsi, minta penjual untuk menegosiasi ulang harga. Atau, jika Anda kurang puas dengan syarat tersebut, Anda bisa memilih laptop bekas lainnya. (pilihan ada padamu)

Yang Harus Dicek Saat Beli Laptop Bekas

Memang bisa, alternatif lain adalah menggunakan keyboard eksternal untuk mengatasi masalah ini. Tapi saran saya lebih baik jangan dilakukan, karena akan sangat sulit.

Cara Mengaktifkan Office Home & Student 2019 Dan Gratis Dari Acer!

Selain itu, penggunaan komputer eksternal mengurangi tingkat mobilitas perangkat portabel yang perlu dibawa ke mana saja. (itu laptop atau komputer?)

Layar sentuh merupakan bagian penting yang harus ada di dalam laptop. Jika bagian ini dilepas/tidak berfungsi maka penggunaan sehari-hari akan terhambat.

Coba letakkan jari Anda di layar sentuh laptop yang Anda beli. Jika masih terasa nyaman dan berfungsi dengan normal, maka laptop bisa dikatakan masih dalam keadaan baik.

Namun, jika Anda merasa ada yang aneh saat menggunakannya, coba tanyakan kepada penjual apakah touchpad laptop memiliki “kelemahan”. (Mereka terkena air, debu, dll.)

Lakukan Hal Hal Ini Untuk Mengatasi Laptop Lemot

7. Periksa status drive CD/DVD Drive CD/DVD sudah tidak diperlukan lagi karena telah diganti dengan drive modern lainnya.

Namun, drive CD/DVD bisa sangat berguna untuk mempercepat proses instalasi OS Windows, Ubuntu, dll. Selain itu juga bisa dijadikan lagu atau video untuk CD/DVD burning.

Untuk pengecekan apakah anda bisa memasukkan CD/DVD yang anda punya, setelah itu coba cek di laptop apakah bisa terbaca dengan baik?

Yang Harus Dicek Saat Beli Laptop Bekas

Jangan lupa untuk menguji kemampuan menulis Anda juga, dengan mencoba membuat CD/DVD Windows yang dapat di-boot atau dengan membakar file menggunakan CD/DVD laptop Anda.

Tips Membeli Iphone Bekas (ps Store, Ibox, Ex Inter)

8. Periksa kondisi speaker, setelah puas dengan pemeriksaan bagian CD/DVD lanjutkan dengan pemeriksaan bagian speaker laptop.

Coba putar video atau lagu yang disimpan di hard drive Anda, lalu keraskan volume sepenuhnya. Dan dengarkan baik-baik batas kemampuan sonik yang bisa dihasilkan.

Jika dirasa suara yang dihasilkan normal (suara tidak terputus), berarti kondisi speaker laptop masih bagus dan masih layak pakai.

Coba uji dengan mencolokkannya ke area yang hangat. Bisakah itu berhasil terhubung dan menggunakan Internet dengan benar?

Jual Laptop Bekas Di Denpasar Bali (online)

Jika Anda tidak dapat terhubung atau bahkan melihat menu WiFi, mungkin ada masalah dengan perangkat lunak driver. (Ini juga bisa menjadi perangkat yang bermasalah)

10. Periksa status port USB, HDMI, SDHC, dll. Ini sama pentingnya, periksa SEMUA lokasi konektor di laptop. Mulai dari USB, SDHC, jack audio, konektor HDMI dan lainnya.

Pastikan semua perangkat yang terhubung dapat ditemukan dan berfungsi dengan baik. Pasalnya, bagian konektor ini seringkali rawan rusak, jika kondisi laptop sedang digunakan. (bergantung)

Yang Harus Dicek Saat Beli Laptop Bekas

Saat itu saya pernah membeli laptop Advan Soulmate bekas dengan harga murah yaitu 800 ribu PAS. Untuk harga itu, instruksi yang saya terima:

Jual Laptop Tablet Hp

Setelah memeriksa situs, semuanya “tampaknya” berfungsi normal tanpa masalah. Saya langsung membelinya karena kondisinya masih bagus. (kutu kecil)

Hanya ada satu kekurangan yang saya perhatikan saat check out, yaitu performanya terasa agak loyo dan loyo saat menggunakannya.

Saat itu, saya mengira kinerja lambat karena OS yang bermasalah. Karena saat itu sistem operasi yang digunakan adalah versi awal Windows 10 yang terkenal lemot dan lemot.

Setelah install ulang OS Windows baru, performa laptop masih lemot dan lag saat menjalankan perintah sederhana seperti klik Windows Manager, buka aplikasi, dll.

Asus X550dp, Notebook Amd Apu A10 Super Tangguh Berbekal Fitur Amd Dual Graphics

Singkat cerita, setelah googling lautan informasi, kondisi laptop masih lemot meski sudah di install ulang OSnya karena kapasitas baca/tulis harddisk menurun.

Jadi, jelas… Scan harddisk laptop Anda dengan hati-hati. Periksa kecepatan baca/tulis harddisk, apakah masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak.

Periksa juga apakah beberapa di antaranya memiliki bagian yang buruk atau tidak. Gunakan bantuan software untuk mengecek hard disk, misalnya Hard Disk Sentinel, HD Tune, dll.

Yang Harus Dicek Saat Beli Laptop Bekas

12. Periksa bagaimana RAM bekerja, tanda-tanda bagian RAM mulai rusak antara lain setelah digunakan beberapa menit, sebagian besar laptop akan mengalami sesuatu yang kosong atau terlihat.

Acer Nitro 5 (an515 57), Laptop Gaming Terjangkau, Spesifikasi Maksimal

Untuk cek RAM juga bisa menggunakan bantuan software/aplikasi Memtest 86+. (Untuk lebih jelasnya, silahkan cari di google)

13. Cek daya tahan baterai Sejauh ini, anggap saja semua kebutuhan sudah mencukupi, barulah cek daya tahan baterai laptop.

Ini merupakan keuntungan, karena pada laptop bekas pada umumnya, daya tahan baterai seringkali mulai berkurang dibandingkan dengan laptop baru.

Jika kurang dari 30 menit daya low (baterai lemah/lemah), maka bisa dikatakan baterai mati.

Jual Harga Murah Laptop Second Hp 430 G3 Core I7 Gen 6

Jika ada baterai yang lemah, coba negosiasi ulang harga yang ditawarkan oleh penjual. (Saran saya sama saja, kalau mau juga tidak apa-apa)

14. Cek charger berfungsi dengan baik, jika baterai dicek, yang terpenting berikutnya adalah charger laptop.

Silakan periksa cara menggunakannya terlebih dahulu. Apakah listrik bisa masuk dengan baik atau tidak. Pastikan panas yang dihasilkan oleh catu daya masuk akal.

Yang Harus Dicek Saat Beli Laptop Bekas

Periksa juga laptop saat sedang diisi, apakah perilaku laptop mencurigakan atau tidak. Misalnya layar menyala, tombolnya sendiri ditekan, atau keluar bau terbakar, dll.

Mengatasi Hard Disk Tidak Terbaca Saat Install Os Windows

15. Coba gunakan untuk bermain game Saat di charger, coba kerjakan laptop dengan memberikan pekerjaan berat pada laptop. Misalnya untuk berolahraga.

Itu juga menyesuaikan fitur laptop dan game yang akan dimainkannya. Jangan biarkan diri Anda bermain GAJAH (GTA5) dengan setelan rendah, seperti yang saya lakukan di video ini.

Ketika Anda mencoba cara memainkan game ini, secara otomatis akan memeriksa semua komponen penting seperti hard drive, RAM, CPU, layar secara bersamaan.

Jika kondisi laptop masih “sehat” maka aktivitas olahraga berat ini tetap bisa dilakukan di laptop.

Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Jika Punya Laptop Baru

16. Periksa segel pada tutupnya, ini hanya untuk memastikan apakah laptop sudah dibongkar oleh tukang reparasi atau belum.

Jika pernah dirusak untuk keperluan upgrade HDD atau RAM, itu tidak masalah. Namun, jika partisi tersebut pernah dibuat karena kerusakan motherboard, misalnya, berakibat fatal.

Saya menyebutnya mati, karena biasanya laptop akan mudah rusak lagi di kemudian hari. Untuk solusinya, sebaiknya tanyakan langsung ke penjualnya.

Yang Harus Dicek Saat Beli Laptop Bekas

17. Periksa spesifikasi laptop apakah kompatibel dan periksa juga spesifikasi laptop yang anda beli dengan perintah “dxdiag”.

Harga Laptop Bekas Cuma Rp2 Jutaan, Murah Meriah Gak Bikin Kantong Jebol

Hal ini untuk memastikan spesifikasi yang tertera oleh penjual sama dengan spesifikasi sebenarnya yang diusung oleh laptop tersebut.

Sebaiknya gunakan mode cash on delivery (COD) jika penjual menawarkannya. Selain keamanan, keunggulan lainnya adalah Anda dapat mengontrol produk secara langsung.

Tanpa khawatir dengan produknya

Yang harus di cek saat beli laptop bekas, apa yang harus diperhatikan saat membeli laptop, yang harus di cek saat beli mobil bekas, yang perlu dicek saat beli laptop bekas, kalo beli laptop apa yang harus diperhatikan, apa yang harus diperhatikan saat beli laptop, yang harus dicek saat beli mobil bekas, yang perlu dicek saat beli mobil bekas, beli laptop baru apa yang harus dilakukan, yang harus dicek saat membeli mobil baru, yang harus diperhatikan saat beli mobil bekas, yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas