Tv Polytron U Slim Tidak Ada Suara

Tv Polytron U Slim Tidak Ada Suara – TV polytron rusak dengan gejala layar gelap, suara normal dan tegangan listrik normal. Vertikal, B+, tegangan video normal, flyback juga berfungsi, tegangan pemanas normal. Tapi gambar di TV blank dan suaranya normal. Atau jika TV bersuara, tidak ada gambar, OSD tidak ditampilkan.

Untuk mengatasi masalah TV politronik dengan bunyi bip kosong normal, saya biasanya menggunakan pengatur layar gerak mundur untuk melihat gejala di layar.

Tv Polytron U Slim Tidak Ada Suara

Tv Polytron U Slim Tidak Ada Suara

Setelah saya meningkatkan tingkat kecerahan melalui peredupan layar secara terbalik dan kemudian muncul gejala layar, Anda dapat melihat bahwa layar hanya kosong dengan deretan buku.

Kode Remot Tv Polytron Joker Tv Tabung Dan Led/lcd

Biasanya jika terjadi keruntuhan poros vertikal, hanya akan terlihat satu garis horizontal. Namun terkadang tidak ada jejak garis tipis sama sekali di tengah layar.

Tapi bedanya kalau tegangan vertical rusak pasti ada masalah, sedangkan kali ini saya anggap semua tegangan normal.

Setelah beberapa saat, saat saya mengukur voltase dengan TV menyala, asap keluar dari komponen. Kapasitor C819 terlihat terbakar.

Setelah mencoba mengganti kapasitor C819 menjadi 151 pf 2kv, TV menyala dan kapasitor tidak lagi terbakar.

Polytron U Slim N Flat 21 Inch Sentuh Port Usb Mmc Card Ada Mulus Katapang Soreang Di Kab. Bandung, Jawa Barat

Setelah di utak-atik ternyata ada resistor SMD di garis horizontal AFC dekat chrominance yang sepertinya terbakar.

Jika Anda mendapatkan kesalahan dengan gejala yang sama, bisa jadi resistor yang terhubung ke kapasitor C819 yaitu R415 dan R725 di dekat IC Chroma.

Intinya, ketika melihat kapasitor C819 yang meledak, periksa juga resistor R725 yang 10 kOhms di dekat IC Chroma.

Tv Polytron U Slim Tidak Ada Suara

Anda harus tahu bahwa ketika kegagalan afc terjadi, terkadang ada tanda bahwa setengah dari satu sisi layar memiliki gambar dan setengah lainnya kosong dan hitam.

Cara Memperbaiki Tv Digitec Layar Gelap Suara Normal

Muhlisun TMG hobby dengan dunia elektronik. Blog ini adalah catatan pengalaman perbaikan elektronik. Blog, situs yang memamerkan pengalaman dan keterampilan yang telah Anda pelajari. TV rusak, yaitu lampu indikator menyala, tetapi tidak dapat dihidupkan. Power-on merupakan kondisi akibat proteksi TV yang sering terjadi pada berbagai jenis TV Tabung Polytron. Status proteksi ini juga bisa berbeda-beda, misalnya setelah bekerja beberapa saat gambarnya normal/tidak normal kemudian diproteksi, atau menyala, tetapi ketika Anda ingin memulainya, TV gagal dan langsung memproteksi. Ada juga yang otomatis start lalu memproteksi, dan memproteksi berulang-ulang hingga lampu indikator menyala dan mati.

Protek adalah sistem TV yang dihasilkan ketika ada masalah pada rangkaian yang dapat memicu aktifnya sistem proteksi. Tujuannya sangat baik agar kerusakan tidak merusak komponen lain hingga kerusakan semakin parah.

Namun, sisi negatifnya adalah teknisi akan kesulitan melacak mengapa sebenarnya terjadi kegagalan TV. Meskipun jenis kerusakannya kecil dan tidak serius, sistem perlindungan dapat terpicu dan TV tidak mau hidup. Ya, saat proteksi aktif, teknisi tidak dapat menemukan penyebab kerusakan karena tidak dapat melacak voltase karena semua voltase akan turun pada voltase tertentu. Namun bagi teknisi berpengalaman hal ini tidak terlalu menjadi masalah berdasarkan jam terbangnya.

Kasus mematikan TV dengan cara ini mudah dan sulit, terkadang mudah dan terkadang sulit. Jadi bagaimana Anda melacaknya? Berdasarkan pengalaman, begini caranya:

Penyebab Tv Polytron Slim Layar Hijau Bergaris

Hampir semua sistem proteksi TV Polytron menggunakan pola proteksi impuls vertikal. Jadi jika blok vertikal tidak berfungsi, itu akan melindungi TV. Dengan demikian, alasan untuk mematikan TV Polytron dilindungi antara lain:

Berdasarkan dua kemungkinan alasan di atas, kami mulai melacaknya dan memeriksa serta memeriksa ulang blok header. Periksa berdasarkan nomor seri untuk kemungkinan kerusakan berikut ini:

Kemungkinan terdapat masalah pada rangkaian proteksi yang menjadi bagian dari unit header sehingga gagal mengirimkan pulsa header ke pin proteksi mikrokontroler atau IC forest dan akibatnya TV diketahui memiliki proteksi shutdown atau gagal start.

Tv Polytron U Slim Tidak Ada Suara

CARA KERJA Pulsa vertikal yang dihasilkan oleh pompa pulsa vertikal ( PLYBACK – GENERATOR ) dihubungkan dengan trafo kecil 1uf/50V yang dihubungkan dengan dioda sebagai penyearah pulsa vertikal sehingga menjadi tegangan 5V.

Kerusakan Tv Polytron Minimax Suara Mengecil

5v ini harus diumpankan ke pin pelindung IC mikrokontroler terpisah atau menjadi satu dengan IC hutan agar terus bekerja. Jadi, misalnya jika tegak lurus tidak bekerja secara otomatis, pulsa juga tidak menghasilkan pulsa, maka tegangan 5 V dari protektor otomatis hilang, sehingga pin proteksi IC mikrokontroler tidak menerima tegangan ini – dan TV menyala di luar perlindungan.

Jika elco kering, tegangan 5V tidak didapat, bisa hilang atau kurang. Jika dioda rusak, maka tentu tegangan 5V hilang dan TV terlindungi. Jadi langkah pertama adalah memeriksa elco dan kemudian dioda, yang jelas memastikan kedua komponen masih bagus. Jika Anda tidak yakin tentang elco, ganti saja elco (jika Anda tidak memiliki meteran ESR).

Jika memang ada masalah pada salah satu atau kedua komponen keamanan, TV tidak lagi terlindungi dan masalah teratasi. Jika TV masih berpelindung, terus cari alasan berdasarkan kemungkinan 2: contoh penempatan vertikal dan posisi komponen pelindung.

Jadi yang pertama dan paling sederhana saat TV diproteksi saat dinyalakan adalah dengan mengecek komponen proteksi C pasang elco c402 lalu c401 1uf/50V dan bila perlu cek juga rectifier D401 IN4148. Pada umumnya TV bisa langsung menyala.

Toleturen Service : Polytron U Slim 20in Rusak Horisontal Dan Ew

Blog vertikal sendiri memiliki dua sistem tegangan, ada yang menggunakan tegangan tunggal 16 volt dan ada juga yang menggunakan tegangan identik (plus dan minus 12 volt). Karena tegangan vertikal ini biasanya diambil dari pin Plyback, maka pada saat TV diproteksi, tidak mungkin untuk mengecek tegangan ke pin vertikal IC. Untuk mengetahui tegangan/pin Vcc yang mana anda bisa melihat datasheet IC yang digunakan dengan cara searching dari browser. Apa selanjutnya?

Setelah Anda mengetahui bagian mana dari IC vertikal yang merupakan garis Vcc, maka telusuri jalur yang diambil komponen ke sumber tegangan yaitu. Plyback pin atau jalur ke catu daya 12 atau 16V. Biasanya ada label pada pin plyback di bawah PCB seperti B+AFC, ABL, 12V 12V, H, G, dll. Jika ada 12V 12V maka tidak lain adalah sumber tegangan yang menyalakan IC vertikal.

Jadi periksa semua komponen di jalur tegangannya, positif atau negatif (kalau sama), terutama sebelum komponen seperti dioda dan resistor beserta soldernya apakah ada yang retak atau tidak (kalau harus resolder). Jika anda tidak menemukan diode yang short/rusak atau resistor yang rusak, silahkan cek elcos yang berfungsi sebagai penyaring tegangan.

Tv Polytron U Slim Tidak Ada Suara

Perlu dicatat bahwa korsleting akan menyebabkan tegangan hilang, jika kapasitansi turun atau mengering, dapat menyebabkan penurunan tegangan dan riak yang terlalu banyak. Semua ini dapat menimbulkan masalah ketika unit vertikal tidak berfungsi atau tidak bekerja secara maksimal, sehingga hasil akhirnya adalah melindungi TV.

Tv Polytron U Slim Gambar Melebar Dan Melengkung

Coba cek tegangan 180V ke blok RGB yang merupakan tegangan dari plyback dan tegangan B+115V dari regulator. Karena TV terlindung, voltase pasti akan turun. Tetapi meskipun rendah, jika masih ada tegangan di titik kontrol, ada tegangan 180v, maka asumsinya adalah selama plyback bekerja. Hanya tegangan kecil 12v (pasokan blok vertikal) dari umpan balik yang akan hilang atau diabaikan saat B+ turun.

Jika plyback tidak memiliki tegangan sama sekali pada titik kontrol tegangan 180V, mungkinkah transistor horizontal tidak berfungsi? Itu mungkin, periksa.

Yang ini hanya perlu divalidasi sejauh mana, tidak perlu dikerjakan dulu. Lanjutkan saja ke pemindaian berikutnya.

Verifikasi IC vertikal adalah langkah terakhir ketika 3 langkah di atas dilakukan dan tidak ditemukan masalah kegagalan komponen.

Memperbaiki Televisi Polytron Slim Kadang Hidup Kadang Mati

Jadi kesimpulan di sini dipersempit bahwa kegagalan sangat mungkin terjadi karena kegagalan IC vertikal. Meskipun hal ini tidak mutlak karena bisa saja ada kegagalan pin proteksi IC di hutan yang menyebabkan vertikal tidak berfungsi, tetapi anggap saja kemungkinannya rendah karena dalam banyak kasus memang demikian.

Coba lepas IC vertikal dan cek dengan AVO x1 0hm antara pin forward dan reverse probe, walaupun IC tidak bisa dites dengan AVO, flag bisa teridentifikasi jika terjadi short circuit. Biasanya bengkel hanya akan menggantinya jika tidak ditemukan kerusakan komponen setelah langkah-langkah diatas, jika masih tidak berhasil juga bisa menggunakan cara “paksa” karena tidak ada cara lain.

Catatan: Menampilkan masalah dengan gambar di atas jika TV dilindungi dari daya hidup/mati. Namun, jika TV sempat menyala beberapa detik sebelum dilindungi dan tidak ada masalah vertikal di layar, maka

Tv Polytron U Slim Tidak Ada Suara

Kesalahannya ada di elco yang menghubungkan rangkaian proteksi IC vertikal ke IC hutan yaitu. 1uf/50v atau diode – seperti langkah cek pada pilihan 1 diatas.

Cara Servis Tv Polytron Protek

Ini adalah metode radikal yang hanya dilakukan dengan pengalaman secara langsung dan cepat. Karena cara ini sangat riskan mengingat alasan mengapa TV diproteksi karena ada masalah pada rangkaiannya. Jika masalah tidak berefek fatal, aman saja memaksa pelindung TV menyala, namun jika ada masalah yang bisa berefek bisa berbahaya. apa alasannya? IC vertikal yang rusak atau korsleting dapat mengakibatkan masa pakai TV berakhir karena leher tabung dapat retak bahkan putus sehingga tidak dapat digunakan lagi. Oleh karena itu, metode ini harus dilakukan dengan hati-hati, terutama untuk blok vertikal.

Cara mematikan sistem proteksi ini tidak akan saya bahas karena akan sangat panjang, setiap tipe memiliki cara yang berbeda dan sebaiknya dijelaskan secara terpisah agar tidak bingung.

Pada artikel ini, kami secara khusus membahas TV Polytron mana yang gagal dilindungi, karena hampir semua merek ini menggunakan sistem perlindungan tegangan untuk unit vertikal mereka. Namun terlepas dari itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui berbagai sistem proteksi yang diterapkan oleh berbagai merk TV CRT.

Ada cara yang berbeda untuk setiap pabrikan untuk menerapkan sistem perlindungan dengan cara yang berbeda yang dapat dikategorikan secara luas menjadi 3 cara:

Memperbaiki Tv Polytron Hidup Sebentar Kemudian Mati Indikator Led Hidup

Dimana proteksi akan aktif jika tidak terdeteksi adanya tegangan pada blok tertentu. Di Polytron, hampir semua orang

Flyback tv polytron slim, tv polytron ada suara tidak ada gambar, mesin tv polytron slim, tv polytron u slim ada suara tidak ada gambar, ic tv polytron slim, tv polytron slim ada suara tidak ada gambar, tv polytron u slim, tv polytron u slim tidak ada suara, tv polytron u slim tidak ada siaran, tv tabung polytron slim, tv polytron slim 21 ada suara tidak ada gambar, tv polytron slim