Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil Trimester Pertama

Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil Trimester Pertama – Robin Cronin menerima dana dari University of Auckland dan Sir John Logan Campbell Hospital Trust selama penelitiannya.

Sebuah studi internasional baru-baru ini di Selandia Baru telah memberikan bukti kuat bahwa wanita dapat mengurangi risiko lahir mati dengan tidur miring selama trimester terakhir kehamilan.

Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil Trimester Pertama

Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil Trimester Pertama

Studi besar ini menegaskan bahwa wanita hamil yang tidur telentang selama trimester terakhir kehamilan berisiko lebih tinggi untuk lahir mati.

Posisi Tidur Ibu Hamil, Bagaimana Sebaiknya?

Di Selandia Baru, kehilangan bayi setelah usia kehamilan 20 minggu didefinisikan sebagai lahir mati. Sekitar 2,64 juta bayi meninggal setiap tahun di seluruh dunia, dengan sekitar 300 kematian di Selandia Baru setiap tahun.

Sekitar satu dari 500 wanita Selandia Baru akan kehilangan bayinya setelah 28 minggu kehamilan.

Kami menganalisis semua data yang tersedia dari seluruh dunia, dari lima penelitian sebelumnya yang dilakukan di Auckland, Selandia Baru pada tahun 2011. Ini adalah studi pertama yang mengaitkan posisi tidur ibu dengan risiko lahir mati.

Hasil utama studi yang lebih besar mencakup data dari 851 ibu dan 2.257 ibu hamil yang meninggal. Studi tersebut menemukan bahwa tidur telentang pada usia kehamilan 28 minggu meningkatkan risiko kelahiran mati sebesar 2,6 kali.

Makanan Pantangan Ibu Hamil Yang Perlu Dihindari

Risiko ini terjadi secara independen dari risiko lahir mati lainnya. Namun, risiko tidur telentang meningkatkan risiko lain, misalnya menghambat perkembangan janin dalam kandungan.

Faktor risiko lahir mati pada 28 minggu atau lebih tidak dapat dengan mudah diidentifikasi. Diantaranya adalah ibu hamil, lansia (di atas 40), obesitas dan perokok. Perkembangan perut berisiko mengalami stunting pada bayi, terutama jika tidak terdeteksi sebelum lahir.

Wanita yang hamil untuk pertama kali atau memiliki tiga anak atau lebih berisiko lebih tinggi. Wanita dari wilayah Pasifik dan Asia Selatan memiliki risiko kelahiran mati yang lebih tinggi pada janin yang berusia lebih dari 28 minggu dibandingkan dengan wanita Eropa.

Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil Trimester Pertama

Dengan mengidentifikasi risiko di atas, beberapa kematian bayi ini dapat dicegah. Hasil terpenting dari penelitian kami menunjukkan bahwa jika setiap wanita hamil tidur miring setelah 28 minggu kehamilan, sekitar 6% kelahiran terlambat dapat dicegah. Ini berarti sekitar 153.000 nyawa anak dapat diselamatkan setiap tahunnya.

Ketidaknyamanan Pada Ibu Hamil Trimester 3

Secara biologis, hubungan antara ibu yang tidur telentang dan bayi yang lahir mati masuk akal. Kemudian pada kehamilan, posisi terlentang dikaitkan dengan penurunan aliran darah ke rahim. Untuk alasan ini, wanita yang melahirkan atau operasi caesar diputar ke satu sisi untuk meningkatkan aliran darah ke bayi.

Sebuah studi terbaru dari University of Auckland di Selandia Baru memberikan bukti terbaru tentang bagaimana posisi tidur seorang ibu mempengaruhi aliran darah. Temuan dari magnetic resonance imaging (MRI) menunjukkan aorta di dalam rahim,

Saat ibu berbaring telentang, rahim menekannya. Kegiatan ini mengurangi aliran darah ke pembuluh darah hingga 80 persen.

Gambar MRI menunjukkan vena kava inferior berwarna biru dan aorta berwarna merah. Pada gambar sebelah kiri, ibu berbaring miring ke kiri, sedangkan pada gambar sebelah kanan, ibu berbaring telentang. Asalkan, CC BY-SA

Penting Untuk Diketahui, Amankah Tidur Tengkurap Saat Hamil?

Meskipun sistem peredaran darah ibu merespons dengan meningkatkan aliran darah melalui pembuluh, ini tidak sepenuhnya cukup. Aorta ibu, arteri utama yang membawa darah kaya oksigen dari jantung, sebagian terkompresi saat ibu berbaring telentang. Ini mengurangi aliran darah ke rahim, plasenta, dan bayi.

Kami berhipotesis bahwa bayi yang sehat dapat mengatasi suplai darah yang berkurang. Misalnya, penelitian besar kami menemukan bahwa setelah usia kehamilan 28 minggu, ibu yang tidur telentang sambil menggendong bayinya memiliki risiko kelahiran mati sekitar 16 kali lipat.

Sebuah penelitian di Selandia Baru menemukan bahwa wanita hamil dapat mengubah posisi tidurnya. Dalam survei baru-baru ini terhadap wanita hamil di South Auckland, wilayah dengan tingkat kelahiran mati yang tinggi, lebih dari 80 persen responden mengatakan mereka akan dengan mudah mengubah posisi tidur jika itu yang terbaik untuk bayi mereka.

Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil Trimester Pertama

Wanita di usia kehamilan 28 minggu disarankan untuk tidur miring untuk mengurangi risiko lahir mati, meski hanya tidur siang. Tidak masalah jika Anda melihat ke kiri atau ke kanan. Jika Anda berakhir telentang, itu normal, tetapi jangan lupa untuk segera berbalik ke samping. Bagi ibu hamil, posisi tidur sama salahnya dengan apapun. Lalu bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil?

Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dilakukan, Wajib Tahu!

Seiring bertambahnya usia kehamilan, para ibu sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Posisi tidur ibu hamil juga terlihat tidak normal. Akibatnya, waktu tidur ibu hilang. Jika hal ini berlangsung lama, maka akan mengganggu kualitas tidur dan waktu istirahat Anda.

Meski terdengar sepele, posisi tidur yang salah bisa memengaruhi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Posisi tidur yang buruk pada ibu hamil meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan seperti kaki bengkak, nyeri punggung, nyeri otot, tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, dan kelainan janin.

Anda tidak ingin menghadapi masalah kehamilan hanya karena kurang tidur, bukan? Jangan khawatir. Menurut Dr. Grace Valentine Sp.OG Posisi tidur yang aman saat hamil:

Tidur miring ke kanan memberi tekanan lebih pada hati di sisi kanan perut. Karena itu, lebih baik tidur menghadap ke kiri.

Gerakan Senam Hamil Yang Cocok Untuk Usia Kehamilan 8 Bulan

Tidur miring ke kiri memastikan suplai oksigen dan nutrisi yang seragam dari ibu ke anak. Posisi ini terbukti dapat mengurangi bengkak pada pergelangan kaki, kaki, dan tangan. Padahal, pose ini akan lebih rileks jika lutut sedikit ditekuk.

Namun jika membungkuk ke kiri dalam waktu lama terasa sakit, Anda dapat mengubah posisi dengan memiringkan tubuh ke kanan beberapa saat.

Pada trimester pertama kehamilan, saat ukuran rahim tidak begitu besar, Anda bisa memilih posisi berbaring saat tidur. Posisi ini lebih nyaman dan bebas serta mencegah mulas saat hamil.

Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil Trimester Pertama

Namun karena usia kehamilan yang panjang dan ukuran rahim yang membesar, posisi terlentang sebaiknya dihindari. Ini karena tidur telentang selama kehamilan memberi tekanan pada pembuluh darah besar di belakang rahim.

Kenali Jam Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil Supaya Tetap Sehat

Selain itu, tidur telentang saat hamil dapat menyebabkan ketegangan dan nyeri pada otot punggung dan punggung bawah, serta menghambat aliran darah ke janin di perut.

Perlu dicatat bahwa Anda tidak boleh tidur tengkurap dengan alasan apa pun selama kehamilan. Posisi ini mengganggu aliran darah dari ibu ke janin sehingga menyebabkan pusing, mual, dan nyeri punggung.

Insomnia atau susah tidur bisa saja terjadi pada trimester pertama dan ketiga. Pada umumnya ibu hamil lebih banyak mengeluh tidak bisa tidur nyenyak pada trimester kedua dan ketiga. Ibu sulit tidur karena banyak faktor seperti nyeri punggung, kram kaki, sering buang air kecil, dan sesak napas.

Selain mengubah posisi tidur, ada hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik dan nyenyak. Berikut ini ikhtisar:

Perhatian! Ini Dia Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur ibu hamil. Menurut Dr. Divya, ada beberapa cara untuk mencoba tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

Misalnya, seorang ibu harus tidur pukul 22.00 dan bangun pukul 06.00. Lakukan ini secara teratur untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Meningkatkan aktivitas fisik, seperti olahraga teratur, dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dari biasanya. Olahraga tidak hanya meningkatkan kualitas tidur ibu hamil, tetapi juga menjaga stamina dan mengurangi nyeri punggung.

Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil Trimester Pertama

Pilih olahraga yang aman untuk ibu hamil seperti yoga, jalan kaki dan meditasi. Hindari mengangkat beban dan lompat tali untuk menghindari komplikasi.

Kenapa Ibu Hamil Harus Tidur Miring Ke Kiri? Ini Dia 5 Alasannya

Makanan merupakan salah satu faktor yang membuat ibu hamil sulit tidur. Ini karena makan terlalu banyak dan makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur meningkatkan risiko GERD. Jadi luangkan setidaknya tiga jam antara makan malam dan tidur.

Posisi tidur ibu hamil sebaiknya tidak diperhatikan sendirian. Pola makan, olahraga, dan jadwal tidur merupakan hal wajib bagi ibu hamil agar tidur nyenyak. Selain itu, jika Anda mengalami gangguan tidur, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. Tidur telentang tidak nyaman. Kondisi ini biasanya menimbulkan gejala seperti nyeri punggung, kram, bahkan kesemutan pada kaki akibat bertambahnya berat janin dan meningkatnya tekanan pada pembuluh posterior. Untuk mencegah ibu dari insomnia (

Tidur menyamping dan bertumpu pada salah satu sisi tubuh merupakan salah satu posisi tidur yang dianjurkan untuk ibu hamil trimester terakhir. Posisi berbaring menyamping tidak mengganggu peredaran darah tubuh ibu dan pembuluh darah yang menuju ke plasenta, sehingga menjaga suplai darah dan nutrisi janin. Dengan posisi menyamping, Anda dapat meletakkan bantal tambahan di bawah perut, di belakang punggung, atau di bawah lutut untuk mempertahankan posisi dan tidur lebih nyaman.

Atau rasa panas di dada. Ketidaknyamanan ini disebabkan oleh janin yang menekan perut Anda, yang menyebabkan asam lambung naik ke dada saat Anda berbaring. Untuk mencegahnya, Anda bisa meletakkan bantal tambahan di kepala dan mengistirahatkan tubuh bagian atas.

Jenis Bantal Ibu Hamil Agar Tidur Lebih Nyenyak

Makanan yang baik bagi ibu hamil trimester pertama, posisi tidur ibu hamil trimester pertama, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester 3, posisi tidur yg baik untuk ibu hamil trimester pertama, posisi tidur yang baik bagi ibu hamil, posisi tidur yang baik untuk trimester pertama, posisi tidur bagi ibu hamil trimester 1, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester 2, posisi tidur bagi ibu hamil trimester pertama, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester 1, posisi tidur yang benar untuk ibu hamil trimester pertama, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester pertama