Pengusaha Yang Mulai Dari Nol Sampai Sukses

Pengusaha Yang Mulai Dari Nol Sampai Sukses – Ada banyak kisah sukses pengusaha yang membangun bisnisnya dari nol atau dari nol. Namun, satu hal yang pasti membekas di hati adalah perjalanan Bob Sedino yang merupakan pemilik Cam Chicks. Tidak ada yang menyangka Bob bisa sukses meski hanya lulusan SMA. Seorang yang ramah dan sederhana, ia telah menjadi panutan bagi banyak pengusaha muda. Sebagian besar dari mereka ingin menjadi mahasiswa agar dapat menemukan rahasia di balik kesuksesan mereka dalam membangun kerajaan bisnis.

Sayangnya, Bob Sedino sudah tidak ada lagi akibat komplikasi penyakit yang dideritanya selama hampir setahun. Meski sudah meninggal, banyak orang akan selalu mengingat pengusaha yang suka memakai celana pendek ini. Lebih dari itu, telah menyebarkan virus kesuksesan dan mendorong para pemuda untuk berani berwirausaha. Inilah kisah sukses Bob Sedino yang akan menginspirasi Anda untuk memulai bisnis sekarang.

Pengusaha Yang Mulai Dari Nol Sampai Sukses

Pengusaha Yang Mulai Dari Nol Sampai Sukses

Bob Sedino lahir pada tanggal 9 Maret 1933 di Tanjung Karang, Lampung. Padahal, pengusaha muslim ini lahir dari keluarga yang cukup berkecukupan atau bahkan berlebihan. Bayangkan Bob yang baru saja lulus SMA mulai merantau ke Belanda tepatnya pada usia 19 tahun. Saat itu, dia kehilangan ayahnya yang meninggal. Dengan warisan, Bob akhirnya menetap di negeri kincir angin dan mendapat pekerjaan di Amsterdam dengan perusahaan bernama Djakarta Lylod. Setelah itu juga dipindahkan ke Hamburg, Jerman.

Kisah Pengusaha Sukses Di Indonesia Yang Berawal Dari Nol

Tak hanya mendapatkan pekerjaan yang bergaji besar, di Belanda, Bob Sadino menemukan wanita idamannya yang kemudian menjadi istrinya, Soelami Sojoed. Setelah menikah dengan Soelami, ia bahkan berani berhenti dari pekerjaannya di Belanda dan pulang kampung. Bob Sedino bertekad untuk menikahi Soelami. “Saya tidak miskin, saya hanya miskin sendiri,” kata Bob ketika calon istrinya bertanya sebelum pernikahan.

Kisah sukses Bob Sedino dalam memulai bisnis akhirnya dimulai. Bersama 2 mobil mewah yang berasal dari Belanda, Bob akhirnya menjual kendaraan tersebut agar bisa membeli sebidang tanah di kawasan Kemang Jakarta Selatan. Berhenti dari pekerjaannya memaksanya untuk berpikir tentang bagaimana menjaga otaknya tetap hidup. Setelah itu, lahirlah ide untuk menyewa salah satu mobil yang tersisa dan dia sendiri yang menjadi pengemudinya. Uang yang diterima dari sewa sebenarnya cukup untuk hidup dia dan istrinya. Namun, masalah besar akhirnya muncul.

Suatu ketika, Bob Cedino mengalami kecelakaan parah yang merusak parah satu-satunya mobil untuk mencari nafkah. Tanpa uang untuk memperbaikinya, Bob harus memutar otak lagi bagaimana cara mendapatkan uang tersebut. Merasa buntu dan kehabisan ide, akhirnya ia memutuskan untuk menjadi tukang batu dengan penghasilan yang sangat kecil, dan R.P. 100,-. Karena situasi keuangan yang sangat memprihatinkan dan kebutuhan yang tiba-tiba meningkat, Bob mengalami depresi yang sangat parah. Namun, siapa sangka, meski berada di zona tersebut, ia berjuang keras untuk menyenangkan keluarganya.

Di tengah resesi, Bob Cedino akhirnya menemukan pencerahan. Kisah suksesnya membangun bisnis berawal dari masukan seorang teman bernama Bapak Mulyono Herlambang. Saat itu, dia menyarankan agar Bob mencoba beternak ayam. Awalnya, ayam digunakan agar Bob bisa melupakan masalah atau depresi yang dialaminya. Namun seiring berjalannya waktu, Bob melihat bahwa ayam berpotensi memberinya banyak penghasilan. Dari situ ia memulai usahanya sebagai peternak ayam.

Wirausaha Sukses Di Indonesia, Muda Dan Menginspirasi!

Inspirasi bisnisnya datang tiba-tiba saat ia sedang melihat-lihat ayam. Belajar dari filosofi ayam yang bisa bertahan, tentunya manusia harus bisa lebih proaktif dalam mengejarnya. Sejak saat itu, Bob memilih untuk mulai berjualan telur ayam keliling. Selain sebagai peternak, ia dan istrinya mulai menjual telur hasil ayamnya satu per satu. Tak jauh dari situ, keduanya berjualan telur di kompleks perumahan mereka sendiri. Karena mereka tinggal di kawasan elite Kemang, sangat mudah bagi mereka untuk menjual telur dalam jumlah banyak.

Berbekal pengalaman terjun langsung ke lapangan, Bob Sedino bisa mengembangkan usahanya lebih jauh lagi. Bahkan, dia menciptakan supermarket yang dikenal sebagai Cam Chix. Menurutnya tidak banyak teori yang dibutuhkan. Sebab, jika ingin maju harus turun langsung ke lapangan. Melihat pertumbuhan telurnya yang bagus, Bob melebarkan usahanya ke bidang daging. Karena sudah terkenal, ia tidak kesulitan memasarkan produk keduanya. Apalagi target pasarnya adalah orang asing yang tinggal di sekitar rumahnya.

Karena kemampuannya berbahasa Inggris, ia akhirnya mendapatkan banyak pelanggan asing yang loyal. Sejak itu, dia tahu target pasarnya sangat besar. Pada tahun 1970, Bob berhasil membangun supermarket pertamanya, bernama Cam Chicks. Bagi masyarakat lokal, supermarket tersebut terlihat sangat asing karena target pasar Bob adalah warga negara asing. Mengikuti kesuksesan Cam Chicks, Cam Foods dibuat sebagai supermarket kedua Bob yang mengkhususkan diri dalam penjualan daging dan sosis olahan.

Pengusaha Yang Mulai Dari Nol Sampai Sukses

10 tahun kemudian, Bob Sedino membangun supermarket baru bernama Cam Farm. Berbeda dari sebelumnya, kali ini ia membangun pusat penjualan sayuran terbesar di kawasan Semarang. Tujuannya cukup mulia, yakni bisa bekerja sama dengan petani lokal yang ingin mengembangkan usahanya. Bob Sedino juga dianggap sebagai pionir dalam memperkenalkan sistem tanam hidroponik yang menggunakan lahan sementara. Sayuran yang ditanamnya di tanah hanya menggunakan pipa yang sudah dimodifikasi dengan cara tersebut. Awalnya, lobak, ubi jalar, dan terong adalah tiga produk utama.

Kertas Putih Creative House

Sebagai pengusaha yang sangat sukses, Bob Sedino sangat rendah hati. Hal ini terlihat dari caranya berpakaian santai tanpa menunjukkan kemewahan apapun. Banyak orang mengenalnya sebagai pria paruh baya yang sangat suka memakai celana pendek. Dalam suatu kesempatan, ia pernah menjawab mengapa ia memilih mengenakan pakaian seperti itu. “Ke arah mana? Aku pakai celana pendek tapi pakai uang sendiri atau pakai celana tapi makan uang orang?” kata Bob Sedino sambil tertawa melihat reaksi penonton yang berbeda-beda padanya.

Bob Sedino adalah pria yang sederhana. Dia tidak suka melakukan hal-hal yang rumit. Menurutnya, jika bisa dilakukan dengan mudah, mengapa harus secara matematis? Sistem kontrol yang rumit hanya membuat Anda terjebak. Sebaliknya jika ingin sukses berwirausaha sebaiknya terjun langsung ke lapangan dan langsung action. Mengetahui target pasar Anda praktis lebih baik daripada menebak. “Kelemahan banyak orang adalah terlalu lama bertindak karena memikirkan konsep dan hal lainnya,” sambung Bob Cedino.

Apalagi kegagalan adalah kunci kesuksesan yang sebenarnya. Semakin banyak kegagalan yang Anda alami, semakin banyak kesempatan yang Anda miliki untuk menciptakan kisah sukses Anda sendiri. Karena dari kegagalan, Anda bisa belajar dan membuat bisnis Anda menjadi lebih besar. Kisah pengusaha sukses di Indonesia selalu menjadi inspirasi bagi banyak orang. Dari beliau kita belajar bahwa kesuksesan bisa diraih melalui kerja keras dan tanpa mengenal kata kalah.

Selain itu, kita juga diajarkan untuk tidak menyerah pada keadaan. Hal itu dikarenakan tidak sedikit orang kaya di Indonesia yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Bisnis Dari Nol, Ini Pengusaha Muda Indonesia Yang Kian Tajir Dan Sukses

Namun, mereka percaya bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil. Terbukti banyak pengusaha yang hidupnya susah namun kini kaya raya dan juga masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Memang, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susie Pujiastuti dikenal sebagai perempuan aneh. Namun dibalik itu, perjalanan sukses Susie patut diacungi jempol.

Tak hanya di bidang politik, wanita kelahiran Phangandaran pada 15 Januari 1965 ini merupakan pengusaha sukses di bidang perikanan. Bahkan, Susi juga memiliki bisnis penerbangan bernama Susi Air.

Pengusaha Yang Mulai Dari Nol Sampai Sukses

Awalnya, pesawat itu dimaksudkan untuk memudahkan proses distribusi usaha ikan miliknya. Namun seiring berjalannya waktu, pesawat Sussina dapat digunakan untuk mengangkut penumpang dengan kapasitas 12 orang dan dua awak.

Pengusaha Sukses Yang Merintis Bisnis Dari Nol

Demi fokus menjalankan bisnis, Susie pun memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikannya. Sayangnya, bisnis itu tidak berjalan mulus. Dia juga menemukan waktu untuk mengajukan pinjaman bank karena masalah pendanaan.

Kisah pengusaha sukses lainnya yang sangat menginspirasi adalah Sudono Salim yang memiliki perusahaan besar di Indonesia bernama Indofood.

Pemilik nama asli Lim Seo Leong berasal dari China yang pindah ke Indonesia tepatnya di Surabaya karena konflik di negara asalnya dan memulai bisnisnya. Yang pahit, di awal Indonesia ia harus hidup gelandangan selama beberapa hari.

Untuk bertahan hidup, Salim Sudo menjual cengkeh hingga berhasil dijual di pulau lain di Indonesia seperti Sulawesi dan Sumatera. Sayangnya, bisnis tersebut harus tutup ketika Indonesia dijajah oleh Jepang.

Ini Dia 7 Kisah Pengusaha Sukses Indonesia Di Bawah Umur 25

Namun, dia tidak menyerah. Pengusaha yang meninggal pada 10 Juni 2012 ini mulai membangun kembali usahanya di awal masa kemerdekaan Indonesia di dunia perbankan Bank Sentral Asia yang kini dikenal dengan BCA atau Bank Central Asia.

Tidak berhenti sampai di situ, Sudono Salim juga melebarkan sayap usahanya ke industri makanan bernama PT Bogasari dan produk makanan olahan tepung terigu yaitu. Indofood.

Seiring berjalannya waktu, bisnis tersebut berkembang hingga mencakup ekspansi ke sektor lain seperti Indosear, Indomobil, Indosear, Indomaret dll.

Pengusaha Yang Mulai Dari Nol Sampai Sukses

Bob Sedino dikenal sebagai pengusaha sukses yang membangun bisnisnya dari nol. Meski meninggalkan dunia sejak 2015, sosoknya menjadi inspirasi bagi para pengusaha.

Quotes Motivasi Pembangkit Semangat Bangun Usaha, Dari Pengusaha Sukses Dunia

Pasalnya, pemilik nama lengkap Bambang Mustari Sadino ini memulai usahanya dengan berjualan telur ayam kampung secara door to door. Semua berawal ketika Bob Sedino harus menelan pahitnya kegagalan bisnis jasa rental mobilnya karena mengalami kecelakaan.

Namun, kejadian tersebut tak menyurutkan niat pebisnis yang identik dengan gaya santainya itu. Ia kemudian mengembangkan 50 ekor ayam rasa yang didapatnya dari seorang teman untuk dijadikan usaha telur ayam rumahan.

Terima kasih atas kerja kerasnya,

Pengusaha muda sukses dari nol, pengusaha sukses indonesia yang mulai dari nol, pengusaha mulai dari nol, cara menjadi pengusaha sukses mulai dari nol, kisah pengusaha sukses mulai dari nol, pengusaha sukses yang mulai dari nol, pengusaha yang dari nol sampai sukses, cerita pengusaha dari nol sampai sukses, pengusaha dari nol sampai sukses, pengusaha sukses mulai dari nol, pengusaha yang mulai dari nol, kisah pengusaha dari nol sampai sukses