Pantangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Ibu Hamil

Pantangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Ibu Hamil – Ada banyak pantangan bagi ibu hamil. Hal-hal dari mitologi membutuhkan perhatian khusus. Apalagi bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan, pasti banyak pertanyaan yang muncul di benak mereka. Produk apa yang aman digunakan selama kehamilan? Olahraga apa yang cocok untuk ibu dan janin? Apakah ada makanan yang berbahaya bagi ibu hamil? Nah, daripada khawatir, yuk simak daftar pantangan bagi ibu hamil berikut ini.

Zat beracun yang terdapat pada tembakau dapat dengan cepat mempengaruhi perkembangan dan kesehatan anak. Merokok atau berada di lingkungan yang penuh perokok mutlak harus dihindari, ya! Nikotin dan kandungan lain dalam rokok sangat berbahaya dan dapat menyebabkan berat badan rendah serta masalah fisik lainnya pada si Kecil.

Pantangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Ibu Hamil

Pantangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Ibu Hamil

2. Minum alkohol Belum ada bukti bahwa minum alkohol aman untuk ibu hamil. Oleh karena itu, aman bagi Anda untuk menjauhi alkohol sepenuhnya. Dipercayai bahwa meminum sedikit alkohol tidak membahayakan janin, tetapi kebanyakan wanita menganggap alkohol sebagai tabu terpenting bagi wanita hamil.

Pantangan Ibu Hamil Menurut Islam, Wajib Tahu Moms!

3. Konsumsi Kafein Berlebihan Apakah Anda termasuk orang yang tidak bisa berhenti minum kopi setiap hari? Faktanya, ketergantungan kafein dapat menyebabkan pusing atau perubahan suasana hati jika Anda tidak meminumnya sesuai dosis yang dimaksud. Namun, ada batasan asupan kafein yang dianggap aman selama masa kehamilan, sehingga ibu hamil harus berhati-hati. Selain itu, soda, minuman berenergi, kopi, teh, dan cokelat juga mengandung kafein. Hitung semua sumber kafein untuk pelacakan yang lebih akurat. Bukannya kafein tidak boleh untuk ibu hamil, sebaiknya dikurangi sama sekali, tetap jaga dosisnya ya bu.

4. Paparan Bahan Kimia Berbahaya Paparan bahan kimia berbahaya bagi orang dewasa juga dapat berdampak buruk bagi perkembangan janin. Batasi paparan bahan kimia selama kehamilan, karena janin menyerap bahan kimia ini. Toh, ukuran, berat, dan kesehatan janin secara langsung bergantung pada gizi ibu. Produk seperti pembersih keras, cat dan pernis dilarang untuk wanita hamil. Selain itu, penggunaan pestisida membuat anak-anak terpapar bahan kimia beracun.

5. Menyelam Pantangan lain bagi ibu hamil adalah menyelam. Pasalnya, saat menyelam, gelembung udara terbentuk di dalam darah, akibatnya sangat berbahaya bagi ibu dan janin yang sedang tumbuh. Jika Anda senang berada di dekat air atau pantai, ubah aktivitas Anda menjadi lebih aman dan nyaman. Misalnya, berjemur di pantai atau berenang dengan pemandu terlatih.

6. Makan sembarangan Pola makan ibu hamil akan sedikit berbeda dengan orang normal. Hindari makanan mentah dan tidak diproses, dari daging hingga telur. Merkuri dan zat berbahaya lainnya dapat memengaruhi perkembangan bayi, jadi hindari makanan yang mungkin terkontaminasi bakteri atau kontaminan lainnya. Banyak makanan siap pakai, kalengan, rendah nutrisi, dan pengawet tinggi juga tidak boleh dikonsumsi wanita hamil.

Mitos Pantangan Ibu Hamil Serta Fakta Menariknya, Apa Saja Ya?

Sauna dan mandi air panas tidak dianjurkan karena kebanyakan wanita hamil sangat sensitif terhadap keduanya. Segala aktivitas yang membuat calon ibu kepanasan, seperti berkeringat atau berendam di air panas, dapat berdampak buruk bagi perkembangan bayi.

Hindari aktivitas yang membuat Anda panas. Ini membantu mengurangi panas dengan meningkatkan aliran darah ke kulit dan keringat. Akibatnya, aliran darah ke organ dalam seperti otak berkurang. Saat ini terjadi, otak tidak bisa mendapatkan cukup darah dan oksigen, sehingga menyebabkan pusing mendadak.

Pusing sering terjadi selama kehamilan karena perubahan hormonal dalam tubuh, jadi hindari jacuzzi dan ruang uap, ya! Saat menggunakan sauna

Pantangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Ibu Hamil

, atau mandi air panas, tubuh tidak dapat mengeluarkan panas secara efektif melalui keringat. Dan suhu tubuh ibu naik. Peningkatan suhu tubuh mempengaruhi perkembangan janin terutama selama 12 minggu pertama kehamilan. Selain itu, berhati-hatilah saat keluar dari kamar mandi atau bangun setelah jalan cepat, karena dapat menyebabkan pusing mendadak.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Dan emosi lain yang harus dihadapi selama kehamilan. Terima situasi stres dan temukan strategi untuk membantu calon ibu mengatasi masa sulit ini. Menempatkan diri Anda dalam situasi yang menguras pikiran dan hati Anda adalah larangan nomor satu bagi wanita hamil! Jika stres menjadi tidak terkendali dan menyebabkan depresi, cobalah perawatan penyembuhan seperti meditasi.

9. Gerakan yang berbahaya Gerakan aktif selama kehamilan memang dianjurkan, namun beberapa olahraga yang mempengaruhi perkembangan anak sebaiknya dibatasi Olahraga yang dilarang untuk ibu hamil, seperti tenis dan lari cepat. Ada banyak pilihan olahraga untuk ibu hamil. Jika ragu, calon ibu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan panduan yang tepat.

10. Hewan Peliharaan dan Kehamilan Sementara hewan peliharaan mungkin penting bagi sebagian orang, anjing dan kucing dapat berdampak negatif pada kehamilan. Ibu bisa meminta bantuan orang lain untuk membersihkan kotoran hewan peliharaannya agar terhindar dari toksoplasmosis. Kontak langsung dengan kotoran dan urin hewan peliharaan dilarang untuk wanita hamil dan harus diperhitungkan. Untuk pemilik anjing, tolong jangan biarkan anjing peliharaan besar Anda mendorong dan melawan Anda.

Toksoplasmosis adalah infeksi umum pada banyak burung dan mamalia. Parasit Toxoplasma gondii’ (T. gondii) ditemukan di kotoran dan tanah kucing. Risiko terkena toksoplasmosis saat hamil memang sangat rendah, namun jika Anda terkena toksoplasmosis di awal kehamilan, risiko keguguran, kebutaan, dan kerusakan otak pada janin meningkat.

Berikut 3 Alasan Pantangan Ibu Hamil Makan Nanas, Cari Tahu Disini!

Gejala toksoplasmosis termasuk gejala mirip flu seperti demam tinggi, sakit tenggorokan, dan nyeri otot. Tetapi dalam banyak kasus, toksoplasmosis tidak menimbulkan gejala. Secara umum, wanita hamil tidak rutin dites toksoplasmosis, jadi penting untuk mengetahui cara mencegah infeksi.

11. Mengenakan sepatu hak tinggi Mengenakan sepatu hak tinggi meregangkan otot-otot daerah pinggang. Saat hamil, tubuh condong ke depan, jadi mengenakan sepatu hak tinggi meregangkan punggung dan pinggul sehingga menimbulkan rasa sakit di kedua bagian tubuh ini. Apalagi penggunaan high heels mengganggu keseimbangan tubuh, apalagi saat perut mulai membesar, ibu berisiko jatuh. Mengenakan high heels memang bisa membuat penampilan menjadi cantik, namun jika itu juga berbahaya, wajar jika dianggap tabu bagi ibu hamil.

12. Gunakan obat nyamuk Obat nyamuk mengandung bahan kimia termasuk pestisida. Efek samping bahan kimia ini dapat memicu kerusakan saraf. Semprotan nyamuk mengandung minyak tanah yang dapat merusak ginjal janin. Pengusir nyamuk diserap melalui kulit dan beracun bagi tubuh. Pembakaran obat nyamuk menghasilkan banyak asap dan menyebabkan masalah pernapasan. Oh! Tentunya penggunaan obat nyamuk dalam bentuk spray, cair, elektrik atau krim merupakan pantangan yang harus ditanggapi serius oleh ibu hamil.

Pantangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Ibu Hamil

13. Berselancar Berselancar membawa risiko jatuh dan meningkatkan risiko cedera perut. Orang tua terkadang lupa bahwa aktivitas yang menimbulkan cedera dilarang bagi ibu hamil. Namun, banyak hal yang dapat menyebabkan cedera tidak hanya pada selancar, tetapi juga pada water squash, tenis, dan aktivitas berbahaya lainnya.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Ini Jawabannya

Banyak orang beranggapan bahwa ibu hamil tidak boleh mengendarai sepeda motor atau mobil, namun jika tidak ada komplikasi kehamilan, calon ibu dapat mengendarai mobil tergantung jarak dan lama perjalanan. Wanita hamil dilarang mengendarai sepeda motor di jalan tertutup karena dapat mengejutkan kehamilannya. Perjalanan jangka panjang melalui medan yang terjal dan berliku, seperti mendaki gunung, dilarang bagi ibu hamil, dan harus menjadi perhatian bagi Anda dan kerabat terdekat. Jika ada kerabat atau teman yang mengajak Anda jalan-jalan, sebaiknya bicarakan dulu rutenya.

Ini karena trauma dapat membahayakan kehamilan. Selain menggigil, berjalan di jalan tanah dapat meregangkan otot pinggul, punggung, perut, dan paha yang dapat membuat ibu hamil cepat merasa lelah. Kurangi kecepatan di jalan yang tidak rata atau coba cari jalur alternatif yang dianggap lebih aman.

15. Minum obat tanpa izin dokter Tidak semua ibu hamil mengetahui obat yang aman dan berbahaya untuk digunakan selama masa kehamilan. Ibu harus berkonsultasi dengan dokter karena obat yang digunakan ibu hamil melewati plasenta dan aliran darah janin. Beberapa obat dapat masuk ke dalam ASI dan membahayakan bayi. Oh, horornya! Bergabung adalah hal yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil dan harus diingat karena kecenderungan untuk menerima saran dari teman atau minum obat dengan santai.

16. Diet Diet kehamilan merupakan salah satu pantangan yang harus dihindari oleh calon ibu. Selama kehamilan, diet mungkin kekurangan vitamin, mineral, dan elemen penting lainnya. Diet dilakukan hanya dengan izin dokter. Makanan tertentu direkomendasikan untuk wanita hamil tertentu. Tujuannya bukan untuk menurunkan berat badan, tetapi untuk menghindari kenaikan berat badan yang berlebihan. Pertambahan berat badan normal selama hamil tidak lebih dari 0,9 kg per bulan.

Apa Saja Jenis Sayuran Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil?

Semua bentuk radiasi dapat membahayakan janin yang sedang berkembang. Saat ini janin sedang berkembang, dan segala bentuk radiasi dapat merusak perkembangan sel dan menyebabkan mutasi sel seperti kanker dan kecacatan. Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda bahwa Anda sedang hamil ketika rontgen diperlukan, seperti untuk memeriksa patah tulang atau gigi.

Sinar-X harus dihindari selama kehamilan jika memungkinkan. Dokter akan memeriksa apakah pengobatan ibu bisa menunggu hingga bayi lahir. Dokter akan mempertimbangkan untuk menggunakan metode pencitraan lain, seperti USG.

Sinar-X dilarang untuk wanita hamil karena risiko sinar-X termasuk cacat lahir dan masalah yang berkaitan dengan perkembangan mental dan fisik. Paparan radiasi berulang kali dapat merusak sel-sel tubuh

Pantangan Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Ibu Hamil

Makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil muda, hal yang tidak boleh dilakukan saat hamil muda, olahraga yang tidak boleh dilakukan saat hamil, gerakan yang tidak boleh dilakukan ibu hamil muda, hal yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil, yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil, apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil, kerja yang boleh dilakukan oleh pelajar, pantangan yang tidak boleh dilakukan ibu hamil, pekerjaan yang tidak boleh dilakukan ibu hamil muda, olahraga yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil, olahraga yang boleh dilakukan ibu hamil muda