Mobil mogok adalah hal yang paling meresahkan bagi setiap orang. Apalagi bagi kita yang tidak mengetahui seluk beluk permesinan. Alhasil kita menelepon montir untuk memperbaiki mobil kita tersebut.

Hal seperti di atas tentu pernah dialami oleh setiap orang, dan penyebabnyapun tentu beragam. Oleh karena itu kita harus selalu memperhatikan kondisi mesin pada mobil kita. Beberapa penyebab mobil mogok akan dibahas dibawah ini beserta cara mengatasinya. Berikut ulasannya.

1.      Akinya Bermasalah

Tentu ada sudah tau betapa pentingnya aki bagi setiap kendaraan bermotor. Aki merupakan pusat energi yang sangat berpengaruh pada bisa tidaknya mobil di starter. Jika mobil tidak bisa di starter maka salah satu kendalanya adalah karena akinya yang bermasalah.

Permasalahan yang terjadi pada aki biasanya diakibatkan oleh kabel plus atau minus yang ada pada terminalnya kendur. Selain itu kondisi aki yang sudah tidak layak pakai juga sangat berpengaruh pada kinerja mobil anda.

Pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengecek kabel pada aki apakah kabel kendur apa tidak, jika kabel kendur maka anda hanya perlu mengencangkan kabelnya saja, namun jika kabel masih terlihat kencang, maka bisa jadi aki anda sudah harus diganti aki dengan yang baru.

2.      Mesin Overhead

Penyebab selajutnya bisa karena mesin yang overhead atau terlalu panas. Hal ini terjadi karena kurangnya air yang ada pada radiator. Perlu anda ketahui bahwa air yang terdapat pada radiator berfungsi sebagai pendingin mesin.

Jika air tersebut berkurang, maka akan menyebabkan mobil kita mogok. Maka dari itu, sebaiknya sebelum bepergian cek dulu air yang ada, jika dirasa masih cukup kita hanya perlu membawa cadangan air untuk jaga-jaga jika sewaktu-waktu kehabisan air ditegah perjalanan anda.

3.      Kerusakan Pada Alternator

Kerusakan selanjutnya terjadi pada alternator mobil kita, jika alternatornya tidak berfungsi dengan baik, maka mobil juga akan enggan menyala. Fungsi dari alternator adalah sebagai penyuplai listri ke aki, jadi jika alternatornya tidak menyuplai listrik, maka akipun tidak berfungsi dan mobil juga tidak akan bisa menyala.

Jika sudah terjadi tanda-tanda alternator rusak dengan muncul aroma menyengat seperti karet yang terbakar, lampu sorot yang meredup dan lampu simbol baterai pada aki menyala, maka segera periksakan mobil anda ke bengkel, sebelum kerusakan lebih parah.

4.      Karburator Bermasalah

Masalah selanjutnya yang kemungkinan menjadi penyebab mobil anda mogok adalah disebabkan oleh karbulator yang bermasalah. Hal ini dapat terjadi jika bahan bakar pada mobil kita terlalu sedikit, sehingga mengakibatkan pembakaran yang tidak sempurna.

Nah untuk mengecek keadaan karbulator cukuplah mudah, anda hanya perlu melepas selang yang menancap pada karbulator dan memasukkannya kedalam botol. Kemudian starter kembali mobil anda apakah bisa menyala atau tidak.

5.       Masalah Pada filter bahan bakar yang tersumbat

Penyebab yang terakhir bisa terjadi karena masalah pada filter bahan bakarya yang tersumbat.  Jika filter mobil mengalami penyumbatan, maka yang terjadi adalah mobil kekurangan bahan bakar. Dengan begitu mobil tidak akan bisa jalan.

Hal ini bisa dikarenakan selang atau filter yang terkontaminasi oleh bahan bakar ataupun kotoran lain yang menumpuk sehingga terjadi menyumbatan. Jika hal ini terjadi secara berkepanjangan, akan mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil yang mengakibatkan terjadinya mobil mogok.

Cara mengatasinya yaitu cukup dengan mengganti filter bahan bakar anda dengan yang baru, dan jangan lupa untuk tetap memantau kondisi filter ke bengel supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan ketika berkendara.

Jadi beberapa hal diatas adalah penyebab dan cara mengatai mobil mogok. Semoga bermanfaat bagi anda.