Materi Geografi Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi

Materi Geografi Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi – Calon guru membagikan berkas Modul Pembelajaran SMA untuk Kelas X, XI dan XII yang resmi dirilis oleh Ditjen SMA PAU.

Calon guru membagikan berkas Modul Pembelajaran SMA Kelas X, XI dan XII yang resmi dirilis oleh Direktorat SMA, Ditjen PAUD, DIKDAS dan DIKMEN tahun 2020 untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh selama proses pembelajaran COVID-19 atau di orang.

Materi Geografi Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi

Materi Geografi Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi

Modul ini diharapkan mampu menunjang kegiatan proses pembelajaran jarak jauh dan diharapkan dapat mengurangi beban guru atau siswa dalam menentukan materi pembelajaran secara mandiri maupun berkelompok.

Materi Geografi Kelas 10

Pengertian modul oleh banyak ahli antara lain adalah bahwa modul adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa, sesuai dengan usia dan tingkat pengetahuannya, sehingga mereka dapat belajar secara mandiri dengan sedikit bimbingan dari guru. guru. . Andi Prastowo, 2012: 106).

Modul adalah bagian dari unit pembelajaran terstruktur yang dirancang untuk membantu individu siswa mencapai tujuan pembelajarannya (Sukiman, 2011: 131).

Unit ini adalah paket perangkat lunak yang telah dirancang dan dikembangkan untuk memberi manfaat bagi pembelajaran siswa. Metode pembelajaran satuan menggunakan pengalaman siswa (Rudi Susilana dan Cepi Riyana, 2008:14).

Penggunaan modul dalam pembelajaran bertujuan agar siswa dapat belajar mandiri tanpa atau dengan sedikit guru. Dalam pembelajaran, guru hanya sebagai fasilitator.

Soal Pas Geografi Kelas 10 Semester 1 Tahun 2022/2023 Serta Jawabannya

Berdasarkan uraian di atas, terdapat faktor penting dalam mengidentifikasi unit, yaitu bahan belajar mandiri, yang membantu siswa mencapai tujuan belajarnya dan paket program yang direncanakan dan dirancang sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi pembelajaran siswa. Atau dapat disimpulkan bahwa unit adalah paket perangkat lunak yang ditata dan dirancang sedemikian rupa sebagai sumber belajar mandiri untuk membantu siswa mencapai tujuan belajarnya. Oleh karena itu, siswa dapat belajar dengan kecepatan mereka sendiri (http://eprints.uny.ac.id/21856/3/BAB%20II.pdf).

Modul merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Unit ini sedikit berbeda dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang akan sangat bermanfaat jika guru yang mengajar, merancang atau merencanakan langsung RPP tersebut digunakan. Mengenai modul, masih boleh menggunakan modul yang ditulis oleh orang lain, asalkan kita sudah membaca modul yang mereka tulis dan bermanfaat bagi siswa.

Untuk semuanya yang harus kita bahas tentang Geografi Kelas X, XI dan XII SMA silahkan disampaikan 🙏 CMIIW😊.

Materi Geografi Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi

Jangan lupa untuk berbagi 🙏 Berbagi itu Peduli 👀 dan BUAT HARI INI MENYENANGKAN! – DENGAN TUHAN SEMUANYA MUNGKIN😊

Modul Geografi Kelas X Kd 3.1 Dan Pdf Download Gratis

Calon guru berbagi file dengan lebih dari 30 template Powerpoint gratis yang mudah digunakan oleh siswa atau guru. Untuk presentasi tugas sekolah atau matematika…2 PEMBERI PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI KELAS X Fitri Sekar Lestari, S.Si SMA Negeri 1 Direktorat SMA, Ditjen PAUD, DIKDAS dan DIKMEN i

3 DAFTAR ISI… i DAFTAR ISI… ii DAFTAR ISTILAH… iv PETA KONSEP… v PENDAHULUAN… 1 A. Identitas Unit… 1 B. Kompetensi Inti… 1 C. Gambaran Umum Materi Selengkapnya… 1 D. Petunjuk Unit… 2 E. Materi Pembelajaran… 2 KEGIATAN PEMBELAJARAN LAPANGAN GEOGRAFI… 3 A. Tujuan Pembelajaran… 3 B. Deskripsi Materi.. 3 C. Rangkuman. … D. Kerja Mandiri E. Latihan Soal F. KEGIATAN Self Assessment PRINSIP DAN METODE PEMBELAJARAN GEOGRAFIS A. Tujuan Pembelajaran B. Deskripsi Materi C. Rangkuman D. Soal Self Assessment E. … Direktorat SMA , Direktorat Jenderal PAVD, DIKDAS dan DIKMEN ii

5 HALAMAN Atmosfer : lapisan udara yang mengelilingi bumi Antroposfer : lapisan manusia dan juga kehidupan di permukaan bumi Ciri topologi : ciri yang berkaitan dengan bentuk permukaan bumi (morfologi), ruang atau lokasi, luas. dan batas-batas kawasan yang memiliki ciri-ciri tertentu Faktor abiotik : faktor yang berhubungan dengan kondisi tanah, hidrologi, iklim kawasan tersebut Faktor Biologis : faktor yang berhubungan dengan tumbuhan, hewan dan faktor manusia (populasi). Biosfer : lapisan tumbuhan dan hewan yang hidup di permukaan bumi. tanah penyusun bumi Morfologi: membentuk permukaan bumi secara keseluruhan Pendekatan spasial: pendekatan yang menganalisis peristiwa atau fenomena geografis menurut sebarannya dalam ruang Perspektif lingkungan: pendekatan yang menganalisis hubungan antara peristiwa geografis tertentu dan yang ada parameter lingkungan. Pendekatan Campuran: pendekatan yang memadukan pendekatan tata ruang wilayah dengan pendekatan Direktorat SMA, Ditjen PAUD, DIKDAS dan DIKMEN iv.

6 PETA KONSEP Bidang Pengetahuan Geografi Perkembangan Geografi Pengertian Geografi Pengetahuan Dasar Geografi Benda dan Unsur Geografi Konsep Dasar Geografi Benda Unsur Geografi Prinsip Geografi Metode Direktorat SMA, Ditjen PAVD, DIKENDAS dan D.v

Kkm Geografi Kelas X Xi Xii

7 PENDAHULUAN A. Satuan Identifikasi Satuan Alokasi Waktu Topik Judul : Geografi : X : Pertemuan 3 (3 x 3 JP): Pengetahuan Dasar Geografi B. Kompetensi Dasar 3.1 Memahami pengetahuan dasar geografi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 4.1 Penyajian contoh penggunaan pengetahuan dasar geografi dalam kehidupan sehari-hari secara tertulis. C. Penjelasan Singkat Materi Dear anak-anak dari seluruh Indonesia, selamat datang di bagian geografi. Ini merupakan unit pertama dalam kegiatan pembelajaran geografi. Geografi telah dikenal sejak zaman Yunani kuno yang dikenal dengan istilah geografi budaya. Pengetahuan tentang dunia pada masa itu masih dipengaruhi oleh mitos atau kepercayaan yang beranggapan bahwa semua kejadian atau tanda yang terdapat di permukaan bumi adalah kehendak para dewa. Namun, sikap ini berangsur-angsur berubah seiring berjalannya waktu. Pada unit ini Anda akan mempelajari sejarah perkembangan geografi, definisi atau konsep geografi, objek penelitian geografi, unsur-unsur geografi dan ilmu-ilmu yang mendukung geografi. Selain itu, modul ini akan memandu Anda untuk memfasilitasi pemahaman konsep dasar, prinsip dan metode geografi yang berkaitan dengan indikasi atau kejadian geografis sehingga Anda dapat menggunakannya dalam kehidupan Direktorat SMA, Ditjen PAUD, DIKDAS dan DIKMEN. 1

8 D. Bagian Petunjuk Penggunaan Harap baca dan pahami bagian ini sepenuhnya. Ikuti instruksi untuk kegiatan pembelajaran di unit. Belajar mandiri, jika butuh bantuan, hubungi guru. Ambil soal latihan dan evaluasi untuk mengetahui level Anda Cocokkan pekerjaan Anda dengan kunci jawaban. Jika skor Anda mencapai 75, lanjutkan ke bagian berikutnya. Jika Anda masih berusia di bawah 75 tahun, periksa bagian ini. E. Materi Pembelajaran Topik ini dibagi menjadi tiga kegiatan pembelajaran dan meliputi uraian materi, contoh soal, soal latihan, dan soal penilaian. Pertama: Ruang lingkup pengetahuan geografi, termasuk sejarah perkembangan geografi, pemahaman geografi dan pengetahuan tambahan geografi Kedua, ketiga: Objek, elemen dan konsep geografi, termasuk objek resmi dan bahan geografi, elemen geografi. dan konsep dasar geografi: Prinsip dan metode geografi yang meliputi prinsip difusi, hubungan, deskripsi dan korologi serta metode ruang, lingkungan dan Direktorat SMA, Ditjen PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 2.

9 KEGIATAN BELAJAR 1 RUANG LINGKUP GEOGRAFI A. Tujuan Pembelajaran Setelah pembelajaran 1 ini, diharapkan Anda dapat menjelaskan perkembangan sejarah geografi, konsep geografi dan cabang ilmu geografi secara cermat dan mendalam serta mampu menjelaskan berikan contoh. penggunaan geografi dalam kehidupan sehari-hari. B. Uraian Materi A. Sejarah Perkembangan Geografi Sebagai ilmu, geografi berkembang dari waktu ke waktu, sehingga diklasifikasikan menjadi 5 tahap perkembangan. Sejarah geografi diawali dengan geografi klasik yang berkembang sekitar abad ke-6 SM. Geografi abad pertengahan dan renaisans; geografi modern; Geografi akhir XIX dan awal abad XX. dan geografi saat ini. 1) Geografi Klasik Pada masa itu, pengetahuan tentang dunia masih dipengaruhi oleh mitos dan legenda. Bangsa Romawi berkontribusi pada pemetaan saat mereka menjelajahi sebagian besar daratan dan menambahkan teknik baru. Salah satu tekniknya adalah periplus, deskripsi pelabuhan dan daratan di sepanjang pantai yang bisa dilihat para pelaut di laut lepas. Beberapa tokoh geografi klasik antara lain: Amaximander, Thales, Herodotus, Eratosthenes, Ptolemy. 2) Geografi Abad Pertengahan dan Renaisans Pada masa ini bangsa Arab seperti Al-Idrisi, Ibnu Battuta dan Ibnu Khaldun melestarikan dan terus membangun warisan peninggalan bangsa Yunani dan Romawi pada masa Geografi Kuno. Melalui perjalanan Marco Polo, geografi menyebar ke seluruh Eropa. Saat itu, tujuan perjalanan para penjelajah meliputi emas, kemuliaan, dan Injil. Pada akhir Abad Pertengahan, perkembangan geografi sangat dipengaruhi oleh bangsa-bangsa di dunia. Bagian barat New Territories juga dieksplorasi secara ekstensif selama ini. Beberapa tokoh geografis pada masa itu adalah Marcopolo, Bartholomeus Diaz, Vasco Da Gama, Columbus, Amerigo Vespucci dan Copernicus, Ibnu Khaldun. 3) Geografi Modern Pada saat itu, geografi mulai dikenal sebagai disiplin ilmu yang lengkap dan menjadi bagian dari kurikulum di universitas-universitas Eropa, terutama di Prancis dan Jerman. Tentang tokoh geografi modern lainnya adalah Immanuel Kant, Alexander Van Humbolt, Karl Ritter, Charles Darwin. 4) Geografi pada akhir abad ke-19 Geografi pada akhir abad ke-19 dicirikan oleh iklim, tumbuhan, hewan, dan pemandangan alam. Banyak ahli geografi pada periode ini mengembangkan ilmu geologi dalam penelitiannya bersama Direktorat SMA, Ditjen PAVD, DIKDAS dan DIKMEN 3.

Materi Geografi Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi

10 Antropogeografi menurun. Beberapa tokoh geografis pada zaman ini adalah Fiederich Ratzel, Ferdinand Von Ritchoften, Hartshorne, Vidal De la Blache, Preston E. James, Frank Debenham. 5) Geografi Terkini Perkembangan geografi saat ini lebih mengarah pada upaya pemecahan masalah yang dihadapi umat manusia. Geografi tidak lepas dari ilmu-ilmu lain dan sudah menggunakan metode kuantitatif dan alat komputasi dalam penelitiannya. Karakter termasuk Wrigley, Peter Hagget. TIDAK.

Rangkuman Materi Geografi Lengkap Kelas 10 Sma/smk/ma

Materi geografi kelas 10 semester 2 kurikulum 2013 revisi, materi ips kelas 5 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2018, materi matematika kelas 4 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2020, materi sejarah peminatan kelas 12 semester 1 kurikulum 2013 revisi, materi ipa kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 revisi 2019, materi ipa kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 revisi 2017, materi pai kelas 9 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2018, materi matematika kelas 5 semester 2 kurikulum 2013 revisi 2020, soal geografi kelas 12 semester 1 kurikulum 2013 revisi, materi matematika wajib kelas 12 semester 1 kurikulum 2013 revisi, materi pkn kelas 12 semester 1 kurikulum 2013 revisi, materi ipa kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2020