Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Batu Ginjal

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Batu Ginjal – Tugasnya membantu menyaring darah, membuang bahan sisa, memproduksi hormon, melindungi tulang, mengatur keseimbangan cairan, dan mengatur tekanan darah.

Sayangnya, ginjal bisa rusak dan menjadi kurang efektif seiring berjalannya waktu. Ini umumnya dikenal sebagai penyakit ginjal, dan mempengaruhi sekitar 10% orang dewasa di seluruh dunia.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Batu Ginjal

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Batu Ginjal

Kadar gula darah tinggi dalam jangka panjang dapat merusak pembuluh darah, termasuk ginjal. Akibatnya, sekitar 1 dari 3 orang dewasa penderita diabetes juga menderita penyakit ginjal.

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Batu Ginjal

Pedoman diet untuk penyakit ginjal dan diabetes bervariasi berdasarkan stadium penyakit ginjal. Tujuannya untuk mencegah penumpukan berbagai bahan kimia, nutrisi dan kotoran di dalam darah untuk melindungi fungsi ginjal.

Secara umum, penderita penyakit ginjal sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari 2.300 mg sodium per orang. Mereka juga harus memantau asupan kalium dan fosfor sesuai anjuran dokter.

Orang dengan penyakit ginjal juga harus memantau asupan proteinnya, karena ginjal mungkin kesulitan menyaring produk limbah dari metabolisme. Di sisi lain, orang dengan penyakit ginjal stadium akhir mungkin membutuhkan lebih banyak protein.

Berikut 7 makanan yang harus Anda hindari jika Anda memiliki penyakit ginjal dan diabetes, dari Health Care UK:

Pantangan Batu Ginjal Yang Perlu Dihindari,simak Ulasannya

Daging babi, daging deli, sosis, dan tikus termasuk daging olahan. Karena daging olahan seringkali asin, maka kandungan sodiumnya tinggi.

Misalnya, satu porsi daging asap biasa seberat 3 ons (85 gram) mengandung 1.430 mg natrium, yaitu sekitar 62% dari tunjangan natrium harian untuk penyakit ginjal (6).

Diet tinggi natrium tidak cocok untuk penderita penyakit ginjal dan diabetes karena kelebihan natrium memberi banyak tekanan pada ginjal.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Batu Ginjal

Ini dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan cairan menumpuk di area seperti pergelangan kaki dan di sekitar jantung dan paru-paru.

Ikan Kaya Purin, Berbahaya Bagi Penderita Asam Urat, Wajib Dihindari

Soda hitam mengandung fosfor, yang digunakan untuk mencegah perubahan warna, memperpanjang umur, dan meningkatkan rasa. Sebagian besar soda berwarna gelap mengandung 90-180 mg fosfor per porsi 12 ons (355 mL).

Memiliki kadar fosfor darah yang tinggi dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, melemahkan tulang, dan meningkatkan risiko kematian mendadak.

Soda dan minuman manis lainnya juga mengandung banyak gula tambahan. Ini tidak cocok untuk penderita diabetes, karena tubuh mereka tidak dapat mengatur kadar gula darah dengan baik.

Kadar gula darah yang tinggi dalam jangka waktu lama dapat merusak saraf, merusak ginjal lebih lanjut, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jenis Penyakit Ginjal

Secara umum, buah-buahan itu sehat dan kaya akan vitamin dan mineral. Namun, penderita penyakit ginjal dan diabetes mungkin perlu membatasi asupan buah-buahan tertentu, terutama yang tinggi gula dan potasium.

Jika Anda memiliki penyakit ginjal, tubuh Anda tidak dapat memproduksi kalium dengan baik, yang dapat menyebabkan tingginya kadar kalium dalam darah yang disebut hiperkalemia.

Jika tidak ditangani, kondisi ini dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan otot, gangguan jantung, bahkan kematian. Buah-buahan tinggi potasium termasuk pisang, alpukat, aprikot, kiwi dan jeruk.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Batu Ginjal

Untungnya, ada banyak buah sehat rendah kalium yang bisa kita makan, anggur, beri, nanas, mangga, dan apel.

Pantangan Batu Ginjal Yang Harus Dihindari

Buah kering dibuat dengan mengeluarkan air dari buah melalui berbagai metode. Ini menghasilkan buah-buahan kecil dan padat yang kaya akan energi dan nutrisi.

Buah kering tidak cocok untuk penderita penyakit ginjal dan diabetes karena mengandung banyak gula dan mineral seperti potasium.

Misalnya, satu setengah cangkir (65 gram) buah kering mengandung sekitar 755 mg potasium (17). Selain itu, buah-buahan kering mengandung gula yang cepat dicerna, sehingga tidak cocok jika Anda menderita diabetes.

Dalam kebanyakan kasus, kacang dan lentil dianggap sehat dan nyaman. Namun, bagi penderita penyakit ginjal dan diabetes, kacang-kacangan dan lentil, baik kalengan maupun segar, tidak cocok karena kandungan fosfornya yang tinggi. Versi kalengan juga sering tinggi sodium.

Makanan Yang Harus Dihindari Agar Ginjal Sehat

Selain itu, penelitian jangka panjang menunjukkan bahwa mengeringkan dan membilas makanan kaleng dapat mengurangi kandungan natrium hingga 33-80%, bergantung pada produknya.

Ada juga bukti bahwa pola makan nabati, yang sangat bergantung pada kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, dan biji-bijian untuk protein, dapat memperlambat perkembangan penyakit ginjal kronis.

Makanan kemasan, makanan cepat saji, dan makanan cepat saji cenderung tinggi natrium, yang merupakan salah satu alasan mengapa makanan tersebut tidak cocok untuk penderita penyakit ginjal atau diabetes.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Batu Ginjal

Misalnya, sepotong (102 gram) pizza beku mengandung 568 mg natrium, seperempat dari asupan natrium yang direkomendasikan untuk penderita penyakit ginjal, dan tidak memberikan nutrisi bermanfaat ini dalam jumlah yang signifikan.

Makanan Yang Bisa Mencegah Batu Ginjal

Makanan ini juga sangat diproses dan seringkali tinggi karbohidrat olahan. Ini tidak ideal jika Anda menderita diabetes, karena karbohidrat olahan cepat dicerna dan cenderung meningkatkan kadar gula darah.

Hindari jus buah dan minuman manis lainnya jika Anda memiliki penyakit ginjal atau diabetes. Minuman ini cenderung mengandung gula tambahan yang tinggi yang dapat menyebabkan peningkatan gula darah dengan cepat.

Hal ini menjadi perhatian karena diabetes mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap gula dengan baik, dan kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Selain itu, beberapa jus buah kaya akan mineral seperti potasium. Misalnya, satu cangkir (240 ml) jus jeruk mengandung sekitar 443 mg potasium. (*)

Hindari 5 Jenis Makanan Berikut

Berita Hari Ini Elon Musk Akan Segera Menguji Keripik Otak Implan Di masa depan, otak bisa berkomunikasi langsung dengan komputer tanpa berbicara atau bersentuhan.

Gaya Hidup Jangan Berharap Sembuh dari Kanker Usus Jika gaya hidup Anda masih buruk, 5 kebiasaan gaya hidup sehat ini wajib dilakukan.

#AsamUrat #SayurPencegah Asam Urat #DietPurina #GoutGout #MakananuntukGout #GoutKeuses #HighPurin #Teknik #Kunyaza #7 Herbal Untuk Wasir #Makanan dan Minuman Pijat Gigi. Beberapa hal yang dilarang bagi penderita batu ginjal adalah garam dan gula yang tinggi, kelebihan protein hewani, dan minuman bersoda. Memiliki batu empedu dapat meningkatkan risiko kekambuhan, kecuali jika Anda secara aktif disiplin untuk mencegahnya.”

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Batu Ginjal

, Jakarta – Batu ginjal merupakan zat yang terbentuk di dalam ginjal. Batu bisa tersangkut saat keluar dari ginjal. Batu empedu juga bisa bersarang di salah satu ureter (tabung yang membawa urin dari ginjal ke kandung kemih), kandung kemih, atau ureter (tabung yang membawa urin dari kandung kemih ke luar tubuh).

Icip Icip Kuliner Slawi, Mulai Dari Es Lontrong Legendaris Hingga Rujak Teplak

Karang bervariasi ukurannya, ada yang sebesar pasir atau kerikil, sebesar mutiara, atau bahkan lebih besar. Batu dapat menghalangi urin dan menyebabkan rasa sakit yang parah. Batu empedu juga dapat pecah dan melewati saluran kemih tanpa rasa sakit.

Orang yang menderita penyakit kandung empedu tidak boleh berhenti makan dan minum. Segala sesuatu yang dimakan perlu dikontrol. Berikut beberapa pantangan bagi penderita batu ginjal:

Kadar natrium yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan akumulasi kalsium dalam urin. Hindari menambahkan garam ke makanan, dan periksa label makanan olahan untuk mengetahui berapa banyak natrium yang dikandungnya. Makanan cepat saji tinggi natrium, seperti halnya makanan restoran. Pasien juga perlu memperhatikan apa yang mereka minum. Beberapa minuman juga tinggi sodium.

Banyak sumber protein, seperti daging merah, ayam, unggas, dan telur, meningkatkan jumlah asam urat yang diproduksi tubuh Anda. Makan protein dalam jumlah besar juga menurunkan zat kimia dalam urin yang disebut sitrat. Fungsi sitrat adalah untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Atau, Anda bisa mendapatkan protein dari tumbuhan. Misalnya biji chia, tahu, tempe, dan susu kedelai. Karena protein penting untuk kesehatan yang baik, bicarakan dengan dokter Anda tentang berapa banyak yang harus Anda makan setiap hari.

Pola Makan Untuk Penderita Asam Urat, Kurangi Risiko Nyeri

Diet tinggi oksalat dapat meningkatkan pembentukan batu ginjal. Jika Anda sudah memiliki batu ginjal, sebaiknya kurangi atau hentikan asupan oksalat dari makanan. Beberapa makanan yang tinggi oksalat meliputi:

Gula tambahan adalah gula dan sirup yang ditambahkan ke makanan dan minuman olahan. Menambahkan sukrosa dan fruktosa dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Perhatikan jumlah gula yang Anda konsumsi, baik dari makanan olahan, buah-buahan, minuman bersoda, dan jus.

Memiliki batu ginjal dapat meningkatkan risiko kekambuhan, kecuali jika Anda secara aktif mencegahnya. Selain meminum obat yang diresepkan oleh dokter, penderita harus memperhatikan apa yang mereka makan dan minum. Saat Anda menemui dokter, dia biasanya akan merekomendasikan diet yang akan membantu mengatasi batu ginjal, yaitu:

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Batu Ginjal

Penting juga untuk dipahami bahwa setiap orang berbeda dan kebutuhan serta kebutuhan nutrisi individu dapat bervariasi. Untuk mengetahui diet mana yang tepat untuk Anda, sebaiknya tanyakan kepada dokter Anda tentang aplikasi tersebut. Ayo, unduh aplikasinya sekarang!

Pantangan Batu Ginjal

Referensi: Healthline. Diakses 2021. Coral Food: Makanan untuk Dimakan dan Dihindari Berita Kesehatan Hari Ini. Diakses 2021. Apa yang perlu diketahui tentang diet batu ginjal National Institutes of Health – MedlinePlus. Diakses 2021. Coral National Health Service – Inggris. Diakses 2021. Mayo Clinic Batu Ginjal. Mencapai 2021

Uretra tidak dirancang untuk menghilangkan padatan, jadi tidak heran jika batu empedu sangat menyakitkan untuk dikeluarkan.

Jika Anda berusaha menghindari batu ginjal, apa yang Anda makan dan minum sama dengan apa yang tidak boleh Anda makan dan minum.

Baca Juga: 5 Gejala Batu Empedu yang Perlu Diketahui, Termasuk Kencing Kecil, Waspadai Sebelum Miskin!

Makanan Untuk Penderita Asam Urat, Pahami Panduan Amannya

Cara terbaik untuk mendapatkan kalsium dari makanan, bukan dari suplemen, karena ini telah dikaitkan dengan pembentukan batu ginjal.

Baca juga: Ini 10 Manfaat Buah Naga untuk Bayi yang Harus Diketahui Orang Tua, Salah Satunya Tinggi Kalsium

Jika Anda tidak menyukai rasa susu sapi, atau, jika cocok untuk Anda, cobalah susu bebas laktosa, susu kedelai yang diperkaya, atau susu kambing.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Batu Ginjal

Pastikan juga untuk memasukkan makanan yang kaya vitamin D setiap hari. Vitamin D membantu tubuh menyerap lebih banyak kalsium.

Pantangan Asam Lambung, Hindari Makanan Dan Minuman Ini

Banyak makanan yang diperkaya dengan vitamin ini. Ini juga ditemukan pada ikan berlemak, seperti salmon, salmon, dan keju.

Hindari menambahkan garam ke makanan, dan periksa label makanan olahan untuk mengetahui berapa banyak natrium yang dikandungnya.

Saat Anda bisa, mintalah agar tidak ada garam yang ditambahkan ke apa pun yang Anda pesan

Makanan yang harus dihindari penderita gagal ginjal, makanan yang harus dihindari oleh penderita batu ginjal, makanan yang harus dihindari penderita hipertensi, makanan yang harus dihindari penderita ambeien, makanan yang harus dihindari penderita batu empedu, makanan yang harus dihindari penderita prostat, makanan apa yang harus dihindari penderita diabetes, makanan yang harus dihindari penderita rinitis alergi, makanan yang harus dihindari penderita asam lambung, makanan yang harus dihindari penderita ginjal, makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes, makanan yang harus dihindari penderita ginjal bengkak