Makanan Yang Gak Boleh Dimakan Saat Hamil

Makanan Yang Gak Boleh Dimakan Saat Hamil – Hamil Nanas Muda Tidak Menyebabkan Keguguran, Tapi Bisa Menyebabkan 5 Masalah Kesehatan Bagi Ibu Hamil Meita Fajriana | Sabtu, 15 Januari 2022 07:00 WIB

JAKARTA – Pernahkah Anda mendengar makanan tertentu seperti nanas muda yang harus dihindari saat hamil? Banyak mitos kehamilan terkait dengan makanan. Tak sedikit ibu yang percaya bahwa ada makanan pantangan tertentu yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi hingga keguguran.

Makanan Yang Gak Boleh Dimakan Saat Hamil

Makanan Yang Gak Boleh Dimakan Saat Hamil

Makanan yang diketahui bisa menyebabkan keguguran dan harus dihindari saat hamil adalah nanas muda. Apalagi pada trimester pertama kehamilan, saat rahim ibu masih lemah.

Hamil Tua, Wanita Ini Malah Pamer Hobi Makan Buah Nanas

“Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, banyak ibu hamil percaya bahwa menghindari makanan dapat berdampak buruk pada janin. Pada prinsipnya, tidak ada makanan yang dilarang selama hamil. Yang terpenting, makanan ini dapat: memenuhi kebutuhan ibu dan bayi dalam kandungan,” ujar dr Ilham Utama Surya, dokter kandungan SPOG yang berpraktik di RSUPN, dr Sipto Mangunkusumo.

Salah satu hal paling unik tentang kehamilan adalah Anda dengan cepat mempelajari ribuan fakta baru. Anda akan mendengar peringatan, nasihat, dan tip dari orang-orang, bahkan orang asing, tentang hal-hal yang tidak pernah Anda pikirkan sebelum hamil.

Begitu juga dengan mitos bahwa nanas muda tidak baik untuk ibu hamil. Jadi apa alasannya? Bisakah Anda makan nanas dengan aman atau haruskah Anda menghindarinya selama kehamilan?

, makan nanas selama kehamilan benar-benar aman. Banyak mitos yang mengatakan bahwa hal tersebut berbahaya karena dapat menyebabkan keguguran, namun sebenarnya belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan hal tersebut kepada para ibu. Hanya sedikit orang yang mengalami keguguran atau melahirkan setelah makan nanas, tetapi secara statistik, banyak wanita hamil yang makan nanas tanpa masalah.

Manfaat Dan Bahaya Minum Air Kelapa Saat Hamil Muda

Bukan berarti tidak ada risiko, apalagi jika nanas dikonsumsi dalam jumlah banyak. Beberapa wanita hamil mengalami kembung dan mulas yang parah setelah makan nanas segar. Seperti buah lainnya, makan nanas bisa menyebabkan diare dan sakit perut.

Nanas mengandung bromelain, yang merupakan sejenis enzim. Oleh karena itu, pil bromeliad ini tidak dianjurkan untuk digunakan selama masa kehamilan. Karena enzim tersebut dapat memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan perdarahan yang tidak normal.

Meskipun bromelain ada di akar nanas, sebenarnya sangat sedikit kandungannya di dalam daging nanas yang kita makan. Jumlah bromelain dalam satu porsi nanas tidak akan mempengaruhi kehamilan Anda. Secara umum, konsumsi normal buah nanas muda ini tidak akan berdampak buruk pada kehamilan Anda.

Makanan Yang Gak Boleh Dimakan Saat Hamil

Simak program hamil, informasi mengenai tahapan yang ibu lalui, mulai dari perkembangan janin hingga perkembangan bayi.

Makan Nangka Saat Hamil Muda Sebabkan Keguguran?

Pelajari lebih lanjut tentang Program Kehamilan 30 Hari Perencanaan Kehamilan. Yuk cek tahapan kehamilan Pelajari pertumbuhan dan perkembangan janin minggu demi minggu. Mari Cek Tahapan Bayi Pelajari lebih lanjut tentang tumbuh kembang bayi setiap bulannya. Yuk Simak 11 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil Dipublikasikan: 22 Februari 2019 Terakhir Diperbarui: 2 Agustus 2021 Diulas 13 Juni 2019 Waktu Baca: 4 menit

Selama hamil, ibu disarankan untuk banyak makan makanan bergizi, terutama buah-buahan. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua buah aman untuk ibu hamil? Ya, meski beberapa di antaranya mungkin merupakan buah favorit Anda, ibu hamil sebaiknya menghindarinya demi keselamatan janin yang dikandungnya.

Ada banyak alasan mengapa ibu hamil tidak boleh mengonsumsi buah-buahan tertentu. Ada hal-hal yang dapat menyebabkan kontraksi rahim bahkan keguguran atau gangguan pencernaan, seperti sakit perut, kembung, dan konstipasi (sulit buang air besar). Beberapa dari buah-buahan ini harus dihindari dan beberapa harus dibatasi.

Beberapa ibu hamil percaya bahwa minum jus nanas membuat proses persalinan menjadi lebih mudah. Mungkin ada benarnya juga, mengingat bromelain dalam nanas dapat melunakkan rahim atau jalan lahir. Karena itulah, makan nanas dikatakan menyebabkan rahim terbuka dan berkontraksi.

Ibu Wajib Tahu Makanan Yang Dianjurkan Dan Tidak Dianjurkan Dikonsumsi Saat Hamil

Namun, di sisi lain, buah asam segar ini bisa menyebabkan keguguran jika dikonsumsi pada masa kehamilan trimester pertama. Alasannya sama, paparan bromelain lebih awal di dalam rahim.

Oleh karena itu, selama masa kehamilan, terutama pada trimester pertama, sebaiknya hindari makan nanas. Setelah tahap awal kehamilan, Anda bisa makan nanas secukupnya karena buah ini pun kaya akan nutrisi.

Pepaya yang matang biasanya mengandung sejumlah enzim yang dapat memicu kontraksi rahim dan melembutkan jalan lahir. Hal inilah yang menyebabkan janin lahir prematur atau keguguran.

Makanan Yang Gak Boleh Dimakan Saat Hamil

Untuk alasan ini, jangan pernah makan pepaya mentah selama kehamilan. Pilih jenis pepaya matang yang sangat sehat. mulai meningkatkan motilitas usus dan jenuh dengan nutrisi penting bagi tubuh.

Efek Samping Terlalu Banyak Makan Bawang Putih Saat Hamil

Lain halnya dengan pisang yang masih mentah. Buah-buahan yang baik untuk ibu hamil bisa jadi adalah buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Pisang matang mengandung pati resisten dalam jumlah besar, yang sulit dicerna tubuh. Selain itu, pisang mentah mengandung lebih banyak tanin, zat yang dapat memperlambat proses pergerakan makanan melalui usus.

Kesegaran dan rasa leci sepertinya tidak bisa dinikmati oleh ibu hamil, karena buah ini “panas”. Jika kehamilan saja menyebabkan tubuh Anda kepanasan, maka mengonsumsi leci akan memperburuk kondisinya.

Hal ini tidak hanya berdampak pada janin, Anda juga bisa mengalami sakit perut dan pendarahan yang bisa berujung pada keguguran. Maka tidak heran jika leci menjadi buah yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil

Ketahui Jenis Pisang Yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Namun, efek buruk leci selama kehamilan bergantung pada seberapa banyak Anda makan. Makan 1-2 buah leci sehari boleh saja asalkan tidak berlebihan.

Makanan yang satu ini berbahaya bukan hanya untuk ibu hamil, tapi untuk semua orang. Karena kentang bertunas mengandung solanin yang berbahaya bagi kesehatan. Racun ini dapat menghambat pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko keguguran.

Jika Anda menemukan pohon apel liar di dekatnya, jangan buru-buru memetik dan memakannya. Sekilas, apel liar yang biasanya berasa asam, pahit, dan manis ini sepertinya cocok untuk meredakan.

Makanan Yang Gak Boleh Dimakan Saat Hamil

Namun, siapa sangka buah ini bisa menyebabkan rahim bergetar dan berkontraksi, yang bisa berujung pada keguguran atau kelahiran prematur?

Memilih Makanan Sehat Untuk Menjaga Kehamilan

Meski rasanya manis, buah persik juga “pedas”. Penggunaan yang berlebihan dapat membuat wanita hamil berisiko mengalami pendarahan. Selain itu, kulit yang berambut persik juga bisa menyebabkan tenggorokan terasa gatal dan perih.

Oleh karena itu, buah ini masuk dalam daftar buah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena berisiko keguguran. Meski nyatanya beberapa sumber masih mengizinkan ibu hamil untuk menggunakannya dalam jumlah sedikit.

Kurma dapat menyebabkan sembelit, yaitu sembelit, tidak hanya pada wanita hamil, tetapi juga pada orang biasa. Karena kurma mengandung banyak tanin.

Jadi, ibu hamil yang sedang mengalami sembelit, sebaiknya jauhi buah ini dan atasi.

Ibu Hamil Tak Boleh Makan Durian, Mitos Atau Fakta?

Wanita hamil yang menyukai durian harus belajar menahan diri. Bukan berarti buah ini tidak boleh dimakan oleh ibu hamil, hanya perlu dibatasi penggunaannya.

Durian mengandung alkohol dan asam arakidonat, yang dapat meningkatkan kontraksi dan kelahiran prematur. Untuk mencegah ngidam durian, kamu bisa makan 2-3 potong daging durian sekaligus, bukan 2-3 buah utuh kan?

Tidak berbeda dengan beberapa buah yang disebutkan sebelumnya, nangka juga “pedas”. Konsumsi buah ini jarang menyebabkan sakit perut pada ibu hamil.

Makanan Yang Gak Boleh Dimakan Saat Hamil

Namun, hasil ini tidak dapat sepenuhnya dihindari. Jika Anda sudah mencobanya saat hamil dan merasa lebih baik, Anda bisa terus makan nangka dengan membatasi jumlahnya.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Di Trimester Pertama

Jika ada yang beranggapan bahwa ibu hamil tidak boleh makan nangka karena menyebabkan keguguran, maka itu hanyalah mitos belaka. 11. Semua buah yang tidak dicuci dan dibersihkan

Buah apapun yang tergolong sehat bisa membahayakan ibu hamil jika tidak dibersihkan. Ini karena buah yang tidak dicuci mengandung pestisida dan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan keguguran dan cacat lahir.

, merupakan buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan harus dihindari selama masa kehamilan. Beberapa di antaranya bisa dimakan selama Anda memperhatikan apa yang Anda makan. Jika Anda mengalami sakit perut, kram atau rasa tidak nyaman setelah makan buah-buahan tertentu selama kehamilan, sebaiknya segera hentikan dan konsultasikan ke dokter kandungan.

Tim redaksi berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan profesional kesehatan dan menggunakan sumber terpercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Makanan Pantangan Ibu Hamil Yang Perlu Dihindari

Arcelia, Kyle. (2019). Makanan dan Herbal Berbahaya di Kehamilan-3 Buah Makanan Berbahaya dan Herbal di Kehamilan-2 Sayuran Lanjutan.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/330243258_Dangerous_Foods_and_Herbs_in_Pregnancy-3_Fruits_Continued_of_Dangerous_Foods_and_Herbs_in_Pregnancy-2_Vegetables)

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. Sebaiknya Anda tetap berkonsultasi langsung dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Konten ini telah ditulis atau diulas oleh para profesional medis dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya.

Makanan Yang Gak Boleh Dimakan Saat Hamil

Tim editorial berkomitmen untuk menyediakan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terkini, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial selengkapnya di sini.

Jenis Makanan Yang Berbahaya Untuk Dikonsumsi Saat Hamil

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email Sumber nutrisi tertentu, seperti buah-buahan, sebaiknya dikonsumsi secara teratur oleh ibu hamil. Namun ibu hamil harus selektif karena ada buah-buahan yang tidak boleh dimakan ibu hamil.

Ada beberapa buah yang bisa mengganggu kehamilan. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya menghindari buah ini. Wanita hamil tidak boleh makan buah. Inilah lima di antaranya.

Ada mitos bahwa makan durian saat hamil dapat menyebabkan pendarahan berlebihan saat melahirkan, keguguran, dan cacat lahir. Namun pada kenyataannya durian mengandung berbagai senyawa sehat seperti antioksidan, belerang organik, antimikroba dan antibakteri yang bermanfaat bagi ibu hamil. Oleh karena itu, durian tetap bisa dikonsumsi ibu hamil asalkan tidak berlebihan. Wanita hamil yang menderita diabetes atau tekanan darah tinggi disarankan untuk tidak makan durian, karena dapat meningkatkan keparahan kedua penyakit tersebut.

Pepaya mentah adalah buah yang tidak boleh dimakan

Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Makanan yang gak boleh dimakan saat jerawatan, makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil, makanan yang gak boleh dimakan saat maag, makanan yang boleh dimakan saat hamil, makanan yang gak boleh dimakan saat diet, makanan yang ga boleh dimakan saat hamil, makanan yg gak boleh dimakan saat hamil, makanan yang gak boleh dimakan orang hamil, makanan yang gak boleh dimakan ibu hamil, makanan yang boleh dimakan saat hamil muda, makanan yang gak boleh dimakan saat hamil muda, makanan yang gak boleh dimakan penderita asam urat