Makanan Apa Saja Yang Boleh Dimakan Ibu Menyusui

Makanan Apa Saja Yang Boleh Dimakan Ibu Menyusui – 17 Buah yang Baik untuk Ibu Menyusui Dipublikasikan: 22 Februari 2019 Terakhir Diperbarui: 12 Oktober 2020 Rating: 13 Juni 2019 Waktu Baca: 3 menit

Menyusui tidak hanya bermanfaat bagi bayi tetapi juga ibu. Menyusui dapat melindungi ibu dari berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes tipe 2, kanker payudara, kanker rahim dan depresi pasca melahirkan. Menurut Medline Plus, untuk memastikan ASI tidak terbuang percuma dan berdampak sebesar mungkin bagi kesehatan bayi, ibu sebaiknya mengonsumsi 2-4 porsi buah per hari. Hal ini dikarenakan tubuh ibu membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral seperti asam folat, protein, yodium, seng, vitamin A, B6 dan C. Buah apa yang dianjurkan untuk ibu menyusui?

Makanan Apa Saja Yang Boleh Dimakan Ibu Menyusui

Makanan Apa Saja Yang Boleh Dimakan Ibu Menyusui

Di antara banyak buah-buahan, berbagai jenis buah dapat membantu kelancaran produksi ASI. Varietas buah yang direkomendasikan untuk ibu menyusui adalah:

Makanan Terbaik Penyubur Dan Pelancar Asi Buat Ibu Menyusui

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang dapat diperhitungkan kandungan vitamin C-nya. Selama menyusui, ibu membutuhkan lebih banyak vitamin C. Karena vitamin C berperan penting dalam pertumbuhan tulang, gigi, dan otot bayi Anda.

Jeruk juga dapat meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot pada ibu menyusui. Oleh karena itu, seorang ibu menyusui disarankan untuk mengkonsumsi jeruk minimal 2 buah per hari.

Namun, ibu tetap harus berhati-hati dan mewaspadai reaksi tertentu yang mungkin dialami bayi. Rasa jeruk yang cenderung asam bisa jadi sedikit mengesalkan bagi sebagian anak yang memiliki masalah lambung.

Jika hal ini terjadi, jangan ragu untuk mengurangi asupan atau menggantinya dengan buah lain yang kaya vitamin C. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini.

Makanan Untuk Ibu Menyusui Agar Produksi Asi Melimpah

Aprikot kaya akan fitoestrogen, yang bertindak mirip dengan hormon estrogen dalam tubuh. Fitoestrogen ini membantu mengatur hormon penghasil ASI, sehingga produksi berjalan lebih lancar. Selain vitamin C, aprikot kaya akan kalsium, potasium, dan vitamin A.

Pepaya hijau merupakan sumber galaktogogue, buah yang baik untuk ibu menyusui karena berperan penting dalam meningkatkan produksi ASI. Anda bisa merebus buah yang belum matang sepenuhnya untuk melunakkan teksturnya.

Namun, jika pepaya hijau sulit ditemukan, Anda bisa menggantinya dengan bayam atau wortel. Buah-buahan seperti buah ara dan kurma juga diprediksi dapat meningkatkan produksi ASI, menurut sebuah artikel tahun 2008 di Journal of Human Lactation.

Makanan Apa Saja Yang Boleh Dimakan Ibu Menyusui

Karena kandungan antioksidannya yang super, blueberry menjadi buah yang spesial untuk ibu menyusui. Di antara banyak buah, WebMD bahkan menyebut blueberry sebagai buah dengan kandungan antioksidan tertinggi.

Berbagai Hal Yang Harus Dihindari Ibu Menyusui, Berikut Ulasannya

Saat ibu makan, antioksidan dalam blueberry juga ikut dikonsumsi oleh bayi, sehingga dapat dengan mudah melindungi bayi dari penyakit. Demikian kesimpulan sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of Health, Population and Nutrition.

Sumber vitamin C lain yang juga kaya akan air sehingga dapat membantu menghidrasi tubuh adalah stroberi. Meski dehidrasi tidak memengaruhi jumlah ASI yang dihasilkan, ibu menyusui bisa mengalami sakit kepala bahkan pingsan jika tidak mendapat cukup cairan.

Pisang kaya akan potasium yang dibutuhkan ibu hamil dan menyusui. Mengonsumsi kalium dalam tubuh menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Menurut BabyCenter, ibu hamil disarankan mendapatkan 5.100 miligram potasium, sedangkan pisang berukuran sedang bisa mengandung 450 miligram mineral.

Idul Adha, Ibu Menyusui Jangan Kebanyakan Makan Daging

Namun jika Anda tidak menyukai pisang, jangan khawatir, zat penting ini bisa Anda dapatkan melalui kentang atau alpukat.

Alpukat memiliki kandungan potasium yang lebih tinggi daripada pisang, sehingga buah ini juga merupakan buah yang baik untuk ibu menyusui. Menurut USDA, satu buah alpukat dapat menyediakan hingga 975 miligram potasium. Selain itu, buah ini kaya akan protein dan asam amino yang berperan penting dalam pembentukan sel tubuh bayi dan ibu.

Dari segi rasa, buah yang juga dikenal dengan sebutan zapotilla ini memang tidak mengecewakan. Menurut USDA, Sapodilla Manila mengandung kalori yang cukup untuk menggantikan kalori yang hilang dari seorang ibu saat menyusui.

Makanan Apa Saja Yang Boleh Dimakan Ibu Menyusui

Rata-rata ibu membakar sekitar 500 kalori sehari saat menyusui. Selain itu, buah eksotis ini kaya akan serat sehingga perut tetap kenyang dalam waktu lama dan mencegah ibu sulit buang air besar.

Menu Makanan & Minuman Untuk Ibu Menyusui Bayi Alergi

Dikenal juga dengan melon, buah ini sangat baik untuk ibu menyusui karena mengandung 50 gram vitamin C. Kandungan airnya yang tinggi membuat ibu menyusui terhindar dari dehidrasi.

Nah, kini Anda tak perlu bingung lagi memilih buah untuk ibu menyusui. Selain sehat untuk bayi, konsumsi buah secara rutin juga berkontribusi terhadap kesehatan ibu secara keseluruhan.

Para editor berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan profesional kesehatan dan menggunakan sumber terpercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses pengeditan kami di sini.

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. Sebaiknya Anda tetap berkonsultasi langsung dengan ahli di bidang Anda.

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui Bikin Asi Lancar

Konten ini telah ditulis atau diverifikasi oleh para profesional medis dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber terpercaya.

Tim editorial berkomitmen untuk menyediakan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terkini, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses pengeditan lengkap di sini.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, beri tahu kami di WhatsApp di 0821-2425-5233 atau kirim email ke [email protected] Menyusui si kecil tentu saja merupakan proses yang menyenangkan dan melelahkan. Untuk memaksimalkan kualitas ASI, ada banyak makanan yang baik untuk ibu menyusui. Pilih satu?

Makanan Apa Saja Yang Boleh Dimakan Ibu Menyusui

Sebelum mempelajari lebih dalam, penting untuk terlebih dahulu memahami bahwa menyusui membutuhkan usaha. Jika sebelumnya ibu membayangkan mudah memberikan nutrisi utama bagi kehidupan bayi, ternyata tidak.

Mitos Makanan Buat Ibu Menyusui

Meski begitu, bukan berarti hal itu menjadi penghalang. Mengingat tubuh harus membakar kalori untuk menghasilkan ASI, tidak jarang ibu menyusui merasa lapar sepanjang hari.

Asupan harian juga harus diperhitungkan untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dan anak kecil. Ingat, apapun makanan yang Anda makan, si Kecil akan menyerapnya secara alami.

Bagian dari pencegahan kekurangan gizi tentu saja dengan memastikan makanan dan minuman yang baik masuk ke dalam tubuh. Kondisi dimana tubuh tidak mendapatkan cukup energi, protein, vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan. Akibatnya, menghasilkan ASI dengan kandungan gizi yang lebih sedikit.

Variasi makanan dapat dikonsumsi untuk meningkatkan dan memperlancar produksi ASI, karena terbukti bersifat laktogenik. Selain itu, ibu menyusui perlu mengonsumsi makanan padat nutrisi untuk menggantikan kalori yang hilang akibat produksi ASI.

Busui, Ini 5 Makanan Pelancar Asi Yang Patut Untuk Dikonsumsi

Untuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI, sebaiknya ibu mengkonsumsi 2000-2500 kalori per hari, banyak minum air putih dan istirahat yang cukup.

Berikut 5 makanan yang boleh dikonsumsi ibu menyusui. Semuanya mengandung campuran lemak baik, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik.

Alpukat adalah sumber nutrisi yang baik untuk ibu menyusui. Karena harus merawat bayinya, ibu menyusui biasanya kesulitan untuk menyiapkan makanan yang perlu diolah dengan cara tersebut. Oleh karena itu, makan alpukat adalah pilihan yang tepat.

Makanan Apa Saja Yang Boleh Dimakan Ibu Menyusui

Alpukat mengandung 80 persen lemak dan dapat membuat perut kenyang lebih lama. Alpukat merupakan sumber vitamin B, vitamin K, asam folat, potasium, vitamin C, dan vitamin E yang baik.

Makanan Untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Sehat Dan Cerdas

Salah satu makanan yang direkomendasikan dan dikonsumsi Busui adalah diet tinggi protein. Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki berbagai jaringan tubuh.

Protein berperan besar dalam pertumbuhan dan perkembangan anak di usia muda. Tidak hanya itu, ibu yang masih dalam masa pemulihan dari kehamilan dan persalinan membutuhkan banyak protein untuk membantu mereka. Asupan ini bisa didapatkan dari daging sapi, ayam, telur dan sumber protein lainnya.

Telur mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh, salah satunya adalah vitamin B12. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin B12 dapat meningkatkan energi, daya ingat, dan suasana hati, yang dibutuhkan wanita pasca melahirkan dan saat menyusui.

Jamur tidak bersifat laktogenik, jadi mungkin tidak meningkatkan ASI, tetapi berbagai jenis jamur merupakan sumber beta-glukan yang baik. Mengkonsumsi beta-glukan dalam jumlah besar dapat memengaruhi produksi ASI.

Pantangan Buah Untuk Ibu Menyusui

Selain jamur, beta-glukan ditemukan dalam gandum, jelai, ragi, dan rumput laut. Jamur dengan kandungan beta glukan tertinggi adalah shiitake, shimeji dan boletus.

Jahe merupakan ramuan yang efektif selama masa kehamilan, salah satunya untuk mencegah morning sickness atau mual. Namun, ternyata jahe juga memiliki manfaat pascapersalinan.

Jahe termasuk dalam kategori Galactogogue, yaitu makanan yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Cobalah minum bir jahe atau teh jahe secara rutin di pagi hari untuk mengawali hari Anda.

Makanan Apa Saja Yang Boleh Dimakan Ibu Menyusui

Tidak boleh dilupakan bahwa bagi ibu menyusui lainnya, ini adalah makanan yang memenuhi kebutuhan kalsium. Kehamilan dan menyusui dapat menyebabkan penurunan massa tulang sementara. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda dengan mengonsumsi susu atau produk susu seperti keju dan yogurt.

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan?

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Proses menyusui juga dapat menciptakan ikatan batin yang erat antara ibu dan bayi. Menyusui memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk bayi tetapi juga untuk ibu. Lanjut:

Dikenal sebagai ramuan herbal tradisional, kunyit juga meningkatkan produksi ASI. Selain itu, kunyit mengandung senyawa antiradang yang telah terbukti dapat mencegah dan mencegah mastitis atau pembengkakan payudara.

Meski ukurannya kecil, biji wijen mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah kalsium yang sangat penting bagi ibu menyusui.

Tiga sendok makan biji wijen mengandung 25% asupan harian yang direkomendasikan untuk ibu menyusui. Anda bisa menaburkan wijen pada sayuran atau membuat kue darinya.

Makanan Dan Minuman Yang Dianjurkan Untuk Ibu Menyusui

Sebuah penelitian menemukan bahwa jika ibu sering makan sayur sejak hamil hingga menyusui, bayi akan menikmati sayur dari keadaan padat.

Sebuah penelitian menunjukkan hal itu

Makanan apa saja yang boleh dimakan oleh penderita diabetes, makanan apa saja yang tidak boleh dimakan saat menyusui, buah yang boleh dimakan ibu menyusui, yang tidak boleh dimakan ibu menyusui, makanan apa saja yang tidak boleh dimakan oleh ibu menyusui, sayur yang tidak boleh dimakan ibu menyusui, apa yang tidak boleh dimakan ibu menyusui, buah apa saja yang tidak boleh dimakan ibu hamil, makanan apa yang tidak boleh dimakan ibu menyusui, makanan yang tidak boleh dimakan ibu menyusui, buah yang tidak boleh dimakan ibu menyusui, makanan apa saja yang tidak boleh dimakan ibu menyusui