Kulkas Polytron Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Kulkas Polytron Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala – Penggunaan kulkas merupakan salah satu kebutuhan elektronik yang penting untuk kebutuhan banyak orang. Bahkan jika Anda memilih merek lemari es berkualitas tinggi, Anda mungkin menghadapi masalah saat menggunakannya. Misalnya lampu kulkas yang tiba-tiba padam.

Jika Anda mengalami kondisi yang sama, Anda tidak perlu panik dulu, karena mati lampu bukan berarti kulkas Anda tidak bisa digunakan lagi. Namun saat lampu mati, coba perbaiki lampu di kulkas yang tiba-tiba padam.

Kulkas Polytron Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Kulkas Polytron Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Colokkan kabel kulkas ke stopkontak dinding dengan benar. Periksa apakah ada kerusakan pada kabel listrik lemari es. Goresan atau kabel yang tertekuk dapat memengaruhi fungsi lemari es. Periksa juga apakah kabel rusak atau tidak berfungsi.

Jangan Panik, Ini Penyebab Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Jika ini penyebab lampu kulkas tidak menyala, segera ganti kabel dan pastikan terlindung dari kerusakan. Kerusakan dapat disebabkan oleh kabel yang dirayapi, dibengkokkan atau dimakan serangga atau tikus.

Jika kabel refrigeran tidak rusak, namun lampu refrigeran masih belum menyala, periksa bagian tabung kompresor refrigeran di belakang lantai. Tabung biasanya berwarna hitam.

Pegang tabung dengan tangan untuk memeriksa apakah ada getaran atau tidak. Jika terasa getaran berarti kompresor bekerja dengan baik, jika tidak berarti motor kompresor rusak.

Jika tabung kompresor berfungsi dengan baik, Anda dapat melihat suara yang berasal dari lemari es. Jika terdengar bunyi tik pada interval tertentu, berarti komponen di dalam lemari es dalam kondisi baik.

Yuk Ketahui Penyebab Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Jika komponen di dalam lemari es juga berfungsi dengan baik, masalahnya mungkin pada bola lampu lemari es. Coba beli bola lampu baru dari toko aksesoris kulkas. Sesuaikan dengan lampu kulkas standar Anda, lalu lakukan penggantian.

Ganti bohlam dengan yang baru, tetapi lampu kulkas tidak menyala, jadi Anda dapat melanjutkan dengan memasang kabel listrik ke stopkontak. Lepaskan semua penutup di sisi yang menempel pada kompresor dengan obeng. Hapus komponen

Kulkas. Harganya tidak mahal dan Anda bisa mengupasnya dengan cermat. Dengan langkah terakhir ini, dijamin lampu kulkas Anda akan segera menyala.

Kulkas Polytron Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Langkah-langkah ini bisa Anda gunakan untuk memperbaiki lampu kulkas yang tiba-tiba padam. Pada dasarnya, Anda hanya perlu memeriksa apa yang dapat Anda lakukan sebelum memanggil teknisi. Jadi, jika lampu kulkas Anda tiba-tiba padam, apakah Anda tahu apa yang harus dilakukan? Pengukus kulkas. Bukan masalah motor kompresor rusak dan freon bocor.

Perbaiki Kulkas Polytron Lampu Nyala Tapi Tidak Dingin

Nah dari kelima komponen diatas, yang paling sering rusak adalah defroster, fuse dan timer. Komponen ini dapat kita ganti dengan membeli yang baru. Tentunya jenis tersebut disesuaikan dengan merk kulkas yang kita miliki. Misal kulkas merek Sharp dibeli dengan komponen merek Sharp, bukan LG.

Sebelum membahas penyebab kulkas 2 pintu tidak habis pendinginan, alangkah baiknya kita pahami dan pahami proses pendinginan kulkas 2 pintu secara umum.

Pada kulkas 2 pintu, proses pendinginan udara ada di evaporator di pintu atas, lebih tepatnya di dinding belakang bagian dalam. Udara dingin kemudian disirkulasikan oleh kipas angin melalui ruang atas dan bawah.

Terdapat defroster dan sekring yang berfungsi mengatur pemanasan di dalam lemari es, agar suhu tetap terkontrol, mencair dan tidak terlalu banyak es yang menutup lubang angin di ruang bawah, sehingga udara dingin tidak sampai ke dasar lemari es bisa turun. . Tentunya hal ini tidak akan membuat kulkas 2 pintu bagian bawah menjadi dingin.

Cara Mengatur Suhu Kulkas 2 Pintu Polytron

Di ruang bawah, lebih tepatnya, di dinding belakang bagian dalam terdapat timer dan steamer kulkas. Timer berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan kompresor. Sementara itu, refrigerator freezer berperan seperti katup otomatis yang dapat membuka dan menutup.

Jika suhu freezer bawah tidak cukup dingin, katup akan terbuka saat pintu freezer bawah tertutup. Dan katup menutup ketika suhu freezer bawah tepat seperti yang kita inginkan. Nah, kalau kedua komponen ini rusak, kulkas 2 pintu bagian bawah tidak akan dingin.

Di bagian belakang pintu atas di lemari es kami melepas bautnya dan kemudian kami mengeluarkannya. Jika keras, berarti masih ada es di dalamnya, sehingga menjadi keras. Kemudian tidak memaksa, kita tunggu sampai bunga es itu hilang sama sekali.

Kulkas Polytron Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Setelah dinding belakang bagian dalam pintu atas dibuka, ada sesuatu seperti evaporator (berupa pipa ular), defroster (untuk mencairkan es), lemari es / sekering termal (semacam sakelar peka suhu) . yang mematikan knalpot pada batas tertentu agar tidak terlalu panas) dan kipas angin (untuk mendistribusikan udara sejuk di pintu atas dan bawah).

Cara Memperbaiki Kulkas Nyala Terus

Pertama kita cek kondisi kipas angin apakah masih bagus atau rusak. Caranya kita pasang kabel kulkas ke kontak listrik rumah. Kemudian kita lihat apakah kipas bisa berputar berarti kondisinya masih bagus. Setelah itu lepas kabel kulkas dari kontak listrik rumah.

Seringkali kalau tidak mau ribet, lebih baik kita langsung beli yang baru. Defroster dan fuser biasanya dijual dalam satu paket. Cukup potong kabel dan ganti dengan komponen baru dengan menyambungkannya kembali dengan isolasi hitam. Pasang kabel bisa bolak balik tidak masalah.

Kondisi sekring bisa kita cek dengan cara memotong kedua kabel sekring kemudian menyambung atau menghubungkannya ke kaki-kaki multimeter. 1 kaki multimeter disambungkan dengan 1 kabel sekring kemudian 1 kaki multimeter lainnya dipasangkan dengan 1 kaki sekring lainnya. Jika jarum pada multimeter tidak bergerak, dipastikan sekring rusak dan perlu diganti. Sama dengan aborsi.

Nah disini pastikan ketiga komponen diatas bagus tidak ada kerusakan kemudian kita tutup kembali dan perkuat dengan memasang baut-bautnya.

Rekomendasi Kulkas Terbaik & Harga (lemari Es 2 & 1 Pintu)

Di timer lama, kami melepas kabelnya dengan menarik soketnya. Setelah itu kami mengatur timer baru. Pastikan penyanyi terikat dengan baik dan kencang (tidak terlalu kurus).

Kulkas freezer berfungsi mengarahkan hawa dingin dari bawah ke atas, terdapat sejenis valve (pintu) yang dapat dibuka saat suhu kurang dan akan menutup saat suhu cukup.

Alat ini akan terbuka saat saklar ditekan saat pintu bawah kulkas tertutup. Kita bisa mengetes kondisi lemari es dengan menekan tombol di bagian dalam lemari es dekat pintu bawah, sehingga normalnya katup dalam keadaan terbuka.

Kulkas Polytron Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Jika katup tidak terbuka, akan terjadi kerusakan. Itu sebabnya lemari es tidak menjadi dingin di bawah. Jika Anda ingin mengujinya, pertama-tama sambungkan kabel daya lemari es ke stopkontak rumah tangga. Jika demikian, jangan lupa untuk mencabut kembali kabel listriknya.

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin

Di dalam kulkas ada generator dan perlengkapannya. Genset memiliki dinamo, jika dinamo berkarat bisa mati atau tidak berputar, maka kita bersihkan terlebih dahulu dengan contact cleaner yaitu bahan kimia penghilang karat. Cairan pembersih ini mudah menguap dan biasa digunakan untuk membersihkan karat pada peralatan elektronik. Semprotkan contact cleaner pada dinamo sambil menyikat dengan sikat gigi.

Setelah itu kita lihat lilitan di dinamo, lilitannya sudah putus atau masih nyambung? Kakinya ada 4, artinya ada 2 pasang. Dengan menggunakan alat yang disebut multimeter (diatur ke ohm meter), kita memasangkan kaki 1 ke 3 dan 2 ke 4. Jika kedua pasangan memiliki nilai resistansi, berarti dapat disimpulkan bahwa kumparan di dinamo masih terhubung. . , alias baik.

Nah, berikut 5 komponen kulkas yang bisa jadi penyebab bagian bawah kulkas 2 pintu tidak dingin. Dengan memahami masalah dan solusinya, semoga kita bisa memperbaikinya sendiri Kulkas tidak dingin tapi lampu adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada kulkas ini. Cari tahu mengapa lemari es tidak dingin tetapi lampunya menyala sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Sama seperti peralatan elektronik di rumah, lemari es juga mengalami kerusakan saat digunakan. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah kulkas tidak dingin tapi lampu menyala.

Cara Perbaiki Kulkas 1 Pintu Dengan Alat Obeng

Pin harus paham bahwa ada dua sistem yang berjalan saat kulkas bekerja, yaitu sistem kelistrikan dan sistem pendingin.

Alih-alih membuka dan menutup pintu lemari es, Anda dapat menekan tombol di sudut dalam pintu untuk menyalakan atau mematikan lampu.

Oleh karena itu, lampu kulkas dapat menjadi indikator sistem kelistrikan bekerja dengan baik. Oleh karena itu, sumber masalah lemari es tidak berpendingin bukan pada sistem kelistrikannya, melainkan pada sistem pendinginnya.

Kulkas Polytron Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Kulkas yang tidak dingin berarti sistem pendinginnya tidak berfungsi. Jadi, kemungkinan penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala adalah masalah pada komponen pendinginnya.

Rekomendasi Dispenser Terbaik (terbaru Tahun 2022)

Tolong dicatat bahwa terdapat perbedaan antara lemari es 1 pintu dan 2 pintu pada sistem pendinginnya. Itulah alasannya, alasan mengapa dinginnya kulkas juga tidak berbeda pada kedua jenis kulkas ini.

Kompresor merupakan bagian yang sangat penting dalam fungsi pendinginan kulkas. Komponen ini bekerja dengan cara memompa freon dan menyebarkannya ke seluruh bagian kulkas.

Freon sendiri merupakan zat yang berfungsi untuk menyerap panas dan mendinginkan kulkas. Oleh karena itu, jika kompresor tidak bekerja, akibatnya tidak ada aliran freon.

Menghasilkan es krim. Di lemari es satu pintu, embun beku tidak terbentuk jika tidak ada aliran freon. Alhasil, Anda perlu membersihkan bunga es di dalam kulkas agar fungsinya normal.

Jual Polytron Belleza Pra 17horf Kulkas 1 Pintu [170 L]

Penyebab kulkas tidak dingin, tapi lampu menyala, karena ada kebocoran di evaporator. Komponen ini terbuat dari stainless steel, di mana freon mengalir.

Di lemari es satu pintu, evaporator berada di belakang laci yang dalam. Kebocoran pada evaporator dapat menyebabkan benda tajam.

Sama seperti penyebab kulkas 1 pintu tidak berpendingin, kulkas dua pintu juga menggunakan Freon untuk proses pendinginannya. Oleh karena itu jika terjadi kebocoran pada aliran freon maka kulkas tidak akan dingin.

Kulkas Polytron Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Jaringan pipa pada sistem refrigerasi berfungsi untuk mengalirkan zat freon. Jika berkedip, Freon tidak akan mendinginkan kulkas dengan baik.

Cara Mudah Mengatasi Freezer Tidak Beku Atau Dingin

Penyumbatan sering terjadi pada jaringan pipa pendingin di evaporator. Biasanya evaporator membeku. Solusinya adalah air hangat untuk menghilangkan sumbatan.

Disebutkan sebelumnya bahwa lemari es satu pintu selalu menghasilkan bunga es

Cara perbaikan kulkas tidak dingin tapi lampu menyala, kulkas 2 pintu tidak dingin tapi lampu menyala, penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala, cara memperbaiki kulkas tidak dingin tapi lampu menyala, kulkas ga dingin tapi lampu menyala, penyebab kulkas polytron tidak dingin tapi lampu menyala, kulkas tidak mau dingin tapi lampu menyala, kulkas polytron 2 pintu tidak dingin tapi lampu menyala, cara memperbaiki kulkas polytron tidak dingin tapi lampu menyala, penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin tapi lampu menyala, cara mengatasi kulkas tidak dingin tapi lampu menyala, cara perbaiki kulkas tidak dingin tapi lampu menyala