Cara Merawat Bunga Asoka Agar Cepat Berbunga

Cara Merawat Bunga Asoka Agar Cepat Berbunga – Bunga Ashoka atau Soka dapat ditemukan di Indonesia. Tumbuhan Ashoka di Indonesia memiliki banyak nama seperti Asogam, Angapriya, Ashok, Cendana dan masih banyak lagi. Keindahan bunga dengan warna yang menarik menjadikan bunga ini sangat diminati oleh para pecinta tanaman hias. Tapi bagaimana cara membuat bunga Ashoka cepat mekar?

Saya pikir tidak. Jadi, bunga Asoka berarti bunga pembebasan atau penawar kesedihan. Tanaman asoka mekar begitu musim hujan tiba. Bunga asoka bertahan selama 3-4 bulan. Bunga tanaman Asoka cukup subur selama 3 bulan. Bunga tumbuh di cabang besar. Bunganya tumbuh berkelompok dan terdiri dari benang sari yang mencuat seperti petasan.

Cara Merawat Bunga Asoka Agar Cepat Berbunga

Cara Merawat Bunga Asoka Agar Cepat Berbunga

Atau api dari hutan, warna bunganya yang cerah dan mencolok seperti api. Tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman penghijauan atau tanaman hias di taman. Tanaman Asoka tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias di taman, tetapi juga sebagai tanaman perdu yang memiliki banyak manfaat. Manfaat tanaman asoka antara lain:

Cara Menanam Bunga Gerbera [panduan Lengkap]

Cara menanam bunga asoka tidaklah sulit, namun terkadang bunga asoka tidak mau mekar atau tidak mekar dengan lebat. Ada beberapa alasan mengapa tanaman Ashoka tidak berbunga. Faktor yang menyebabkan tanaman bunga asoka tidak berbunga :

Tanaman asoka merupakan tanaman yang menyukai sinar matahari. Jika tanaman tidak mendapat sinar matahari, pertumbuhan bunga akan terhambat.

Penggunaan pupuk ditujukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Namun, pemberian pupuk yang tidak seimbang dapat menghambat pertumbuhan bunga. Pupuk nitrogen tinggi mendorong pertumbuhan daun.

PH tanah juga mempengaruhi pertumbuhan bunga Asoka. Tanah yang terlalu asam dapat menyebabkan klorosis daun tanaman Asoka (daun menguning). Tanaman tidak berfotosintesis sepenuhnya dan tidak berbunga.

Catharanthus, Dulu Dibuang Kini Disayang

Demikian penjelasan cara membuat bunga asoka cepat mekar dan terus mekar. Ini bisa dipraktekkan dengan tanaman Ashoka yang Anda miliki. Jika Anda penggemar tanaman hias, Anda juga akan belajar cara cepat berbunga bunga aster, cara cepat berbunga bunga matahari dan cara cepat berbunga melati. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, akhir-akhir ini bercocok tanam bisa dijadikan sebagai hobi untuk melakukan banyak hal. Banyak orang memulai kegiatan ini karena tergiur dengan keindahan tanamannya, padahal banyak juga tanaman yang memiliki harga yang fantastis.

Bunga asoka merupakan tanaman unik yang tidak luput dari perhatian orang sejak zaman dahulu.

Terlihat sangat cerah dengan warna, sehingga sangat cocok untuk dekorasi rumah. Jadi bagaimana Anda membuat bunga Ashoka terlihat cantik?

Cara Merawat Bunga Asoka Agar Cepat Berbunga

Perawatan dasar yang harus diperhatikan saat merawat bunga asoka bisa dibilang sama dengan merawat bunga dan tanaman lainnya, yaitu menyiram secara teratur.

Jual Tanaman Hias Bunga Asoka Jambon Pink / Merah Muda Rimbun

Penyiraman relatif tidak perlu sering-sering, cukup sekali sehari, bisa pilih pagi atau sore hari.

Usahakan menyirami bunga Asoka dengan air bersih, bukan air yang mengandung bahan kimia, seperti air cucian atau air limbah pabrik.

Coba berikan pupuk daun jenis kompos untuk mendorong Bunga Ashoka menumbuhkan lebih banyak daun dan bunga.

Untuk swakelola, jika Anda menanamnya di dalam pot, berikan pupuk 2/3 sebanyak bunga Asoka yang Anda tanam langsung di tanah.

Tanaman Obat Bunga, Ampuh Dan Menyehatkan

Penyiangan asoka dirancang untuk memotong rumput liar atau rumput liar yang menghambat pertumbuhan bunga.

Karena bunga Asoka dikelilingi oleh rumput liar, mereka menyerap lebih banyak nutrisi dari pupuk dan air yang diberikan daripada bunga Asoka.

Oleh karena itu, untuk merawat bunga asoka yang tepat, sebaiknya Anda menyianginya secara rutin jika memungkinkan.

Cara Merawat Bunga Asoka Agar Cepat Berbunga

Waktu terbaik untuk memangkas batang adalah setelah disiram atau bunga Asoka telah dibuahi.

Tanaman Asoka Mini

Seperti tanaman lainnya, bunga Asoka harus dijauhkan dari sinar matahari langsung, terutama di pagi hari. Karena matahari pagi berperan penting dalam pertumbuhan bunga Asoka.

Namun pada siang hari, usahakan untuk tidak menjemur Bunga Asoka langsung di bawah sinar matahari, karena dikhawatirkan Bunga Asoka akan mengering.

Caranya cukup sederhana dan tentunya sangat mudah. Jadi jangan lewatkan perawatan ini Asoka (Saraka asoka) adalah tanaman berbunga indah yang biasa ditanam di taman. Tanaman ini disukai karena sangat sibuk berbunga. Bunga Ashoka mekar hampir setiap hari. Tumbuhan ini masih tergolong dalam keluarga Fabaceae. Tanaman asoka sering ditanam di taman-taman karena bentuk bunganya yang indah. Warna bunga asoka bervariasi dari kuning, putih, jingga, merah hingga merah kecoklatan. Sayangnya, bunga Asoka ini tidak memiliki wangi yang kuat. Namun penampilan tanaman ini sangat menarik dan atraktif.

Bisa dibilang menanam bunga Asoka sangatlah mudah. Anda dapat memperbanyak tanaman ini dengan memotong batangnya. Bunga asoka dapat dipotong karena batangnya merupakan pohon yang keras. Namun terkadang, entah kenapa, batang yang ditanam tidak tumbuh. Itu sebabnya beberapa orang lebih suka menanam bunga Asoka. Meski lebih sulit, peluang keberhasilan menanam bunga Asoka dengan transplantasi cukup tinggi. Jadi jika Anda gagal memotong bunga Ashoka, kami sarankan Anda mencoba memotongnya.

Tanaman Pagar Yang Cepat Tumbuh. Rumah Jadi Cantik & Sehat!

Perbanyakan tanaman asoka dengan cara stek atau okulasi tidak terlalu sulit. Jika mau, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini sebagai panduan. Anda pasti akan berhasil!

Pertama, kami akan mengajari Anda cara menanam bunga Asoka dari potongan batang. Anda bisa mulai dengan memilih beberapa batang Asoka yang cukup tua. Potong batang secara miring. Usahakan menggunakan pisau yang tajam agar bisa memotong batang bunga Asoka secara utuh. Kemudian potong beberapa helai daun dari batangnya hingga menyisakan 3-5 helai agar laju penguapan tidak terlalu tinggi.

Siapkan substrat yang subur dan lembab. Anda bisa menggunakan tanah kebun yang mengandung tanah liat yang dicampur dengan kompos. Campuran media tanam tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kantong polietilen. Tanam potongan batang bunga Asoka dalam kantong plastik. Rawat dengan penyiraman rutin agar media tanam tetap lembab. Dalam waktu 3-4 minggu akan tumbuh tunas baru dari potongan batang yang ditanam. Artinya Anda telah berhasil memperbanyak tanaman Asoka dengan stek.

Cara Merawat Bunga Asoka Agar Cepat Berbunga

Potensi keberhasilan produksi bibit bunga asoka dari cangkok jauh lebih besar dibandingkan dari stek batang. Sayangnya, menanam tanaman lebih sulit. Tapi kami yakin kamu bisa merepoting bunga Ashoka sendiri. Caranya adalah dengan memilih bagian batang tanaman yang sudah cukup umur. Jika memungkinkan, pilih batang sekunder untuk transplantasi tanpa merusak penampilan bunga asoka tanaman induk.

Bibit Asoka Merah Muda

Setelah memilih batang mana yang akan dicangkok, sobek lapisan kulit kayu sepanjang 1 cm secara melingkar. Bersihkan hingga lapisan kulit ini mencapai lapisan kambium dan menjadi licin dan lengket. Bersihkan lapisan kambium ini hingga benar-benar bersih. Kemudian biarkan bagian batang yang sudah dikupas mengering selama sehari. Jika Anda memiliki stimulator akar, Anda dapat dengan bebas menyemprotkannya ke tempat sayatan untuk merangsang pertumbuhan akar.

Keesokan harinya, Anda bisa mengikat batang bunga asoka tersebut dengan media tanam. Anda perlu menyiapkan plastik/serat kelapa, media tanam dan tali rafia terlebih dahulu. Bungkus batang untuk okulasi, gunakan banyak tanah. Kemudian tempelkan plastik/serat kelapa sebagai pembatas media tanam. Ikat dengan rafia. Biasanya setelah 2-3 minggu batang yang direpot sudah tumbuh dan siap ditanam sebagai bibit bunga asoka – tanaman asoka saya lewati setiap hari setiap mau pergi. Karena tanaman ini berada paling depan di pekarangan. Saya sering melihatnya, jadi saya ingin tahu bunga apa itu, dari mana asalnya, bagian tanaman apa, bagaimana cara menanamnya, bagaimana merawatnya, dan apa arti/pengertian dan manfaatnya.

Pohon Ashoka adalah pohon hutan hujan. Kisaran aslinya adalah wilayah tengah Dataran Tinggi Deccan, serta bagian tengah Ghats Barat di pantai barat India.

Periode berbunga dari Februari hingga April. Bunga asoka dikumpulkan dalam kelompok yang lebat dan subur. Warna bunganya oranye-kuning cerah, berubah menjadi merah sebelum layu.

Jenis Nama Nama Bunga Yang Termasuk Tanaman Hias Outdoor

Tanaman Ashoka termasuk dalam subfamili Caesalpiniidae dari keluarga kacang-kacangan. Ini adalah tanaman penting yang dianggap suci dalam tradisi budaya anak benua India dan sekitarnya, terutama oleh agama Hindu.

Jika ada pohon ini di halaman, baunya akan tercium di malam hari. Terutama pada bulan April dan Mei setiap tahunnya. Banyak yang mengasosiasikan bunga dengan cinta dan kemurnian.

Dan tahukah Anda bahwa bunga ini memiliki nama/julukan yang berbeda. Selain nama ilmiah Ixora paludosa, orang Eropa menjuluki/menamakannya “Timber Flame” atau “Api Hutan”. Mungkin warna bunganya mencolok dan hangat, seperti warna api hutan.

Cara Merawat Bunga Asoka Agar Cepat Berbunga

Batang pohon Ashoka lurus dan tumbuh setinggi sekitar 7 meter dari kayu keras. Cabang simpodial dan ranting berwarna putih agak kotor.

Semak Semak, Pesona Tanaman Perdu Yang Memukau

Bunga yang sering saya lihat berwarna merah. Namun ada juga bunga asoka yang berwarna kuning atau jingga-ungu. Persentase majemuk, mirip dengan morfologi bunga matahari. Tumbuh di cabang besar dan berkelompok

Berbaris. Ia memiliki benang sari yang mencuat seperti petasan, totalnya 4, dan kepala sari ada di mahkota.

Biji asoka bisa didapatkan secara herbal. yaitu dengan mengambil bagian dari batang pohon tua. Ubah tangkai menjadi biji. Pilih tanjakan dengan panjang sekitar 15 sentimeter.

Pilih substrat untuk pembibitan dalam kondisi kering dan bebas naungan. Tujuannya agar batang yang dijadikan bibit dapat segera berakar dan bertunas.

Si Cantik Bunga Sikat Botol

Saat stek sudah berakar, kita bisa melanjutkan ke proses penanaman. Pertama, siapkan substrat tanam. Media tanamnya bisa berupa campuran tanah

Cara merawat bunga kantil agar cepat berbunga, cara merawat bunga dahlia agar cepat berbunga, cara merawat bunga asoka agar berbunga lebat, cara merawat bunga melati agar cepat berbunga, cara merawat bunga tabebuya agar cepat berbunga, agar bunga asoka berbunga lebat, cara merawat bunga lili agar cepat berbunga, cara merawat bunga pancawarna agar cepat berbunga, cara merawat bunga bakung agar cepat berbunga, cara merawat bunga hortensia agar cepat berbunga, cara merawat bunga adenium agar cepat berbunga, cara merawat bunga sepatu agar cepat berbunga