Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Tidak Layu

Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Tidak Layu – Liputan6.com, Jakarta Cara merawat anggrek bulan harus dilakukan dengan benar untuk mendapatkan hasil dan perkembangan anggrek tersebut. Hal ini dikarenakan anggrek bulan merupakan tanaman hias yang sangat mahal dibandingkan dengan tanaman hias. Oleh karena itu, untuk menghindari kerugian, Anda perlu memperhatikan cara merawat bunga anggrek bulan ini.

Di antara sekian banyak bunga di Indonesia, anggrek mungkin yang paling diminati di kalangan ibu-ibu. Ini karena salah satu daya tarik anggrek bulan ini adalah bunganya yang lapang dan anggun. Hal inilah yang menjadikan anggrek bulan sebagai tanaman favorit dan dapat menghiasi rumah Anda.

Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Tidak Layu

Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Tidak Layu

Jika diperhatikan dengan seksama, merawat anggrek bulan tidaklah sulit, namun harus hati-hati dan teliti agar tidak merusak anggrek bulan. Anggrek bulan jenis ini sangat mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia.

Tips Membeli Tanaman Anggrek, Pilih Yang Memiliki 5 Kriteria Berikut

Anggrek bulan sendiri hadir dalam berbagai warna seperti ungu, merah, kuning, putih, pink, dan ada juga yang berwarna coklat kemerahan. Nah untuk membuat keindahan anggrek bulan semakin memukau, Liputan6.com merangkum informasi cara merawat anggrek bulan yang benar pada Rabu (22/7/2020).

**Gempa Cianjur Menghancurkan Tanah Pasundan Mohon turut berduka cita untuk saudara-saudara kita di Cianjur dengan memberikan donasi melalui: Rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan diberikan dalam bentuk sembako, kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kami adalah harapan mereka.

Cara merawat anggrek bulan yang pertama adalah dengan memperhatikan kondisi sinar matahari yang akan jatuh pada anggrek bulan. Karena bulan, anggrek tidak terlalu membutuhkan banyak sinar matahari.

Karena sinar matahari yang terlalu banyak akan menghambat pertumbuhan anggrek bulan. Tanda yang bisa dijadikan indikator untuk mengetahui apakah anggrek bulan Anda cukup mendapat sinar matahari bisa dengan melihat warna daunnya. Jika warna daun anggrek hijau muda berarti tanaman mendapat cukup sinar matahari.

Cara Merawat Bunga Krisan Supaya Tumbuh Cantik Dan Mekar

Namun, jika warna daun anggrek bulan Anda sedikit hijau pucat, berarti anggrek bulan Anda kurang mendapat sinar matahari. Dan terakhir, jika anggrek bulan Anda menerima terlalu banyak sinar matahari, daunnya menjadi coklat karena terbakar sinar matahari.

Pada kondisi siang hari, anggrek bulan membutuhkan suhu yang baik yaitu 30 derajat Celcius. Sedangkan pada malam hari, anggrek bulan membutuhkan suhu 23 derajat Celcius. Tapi Anda tidak perlu bingung dengan suhunya. Hal ini karena di Indonesia yang beriklim tropis, suhunya normal. Jadi seharusnya tidak mengganggu Anda.

Selain itu, anggrek bulan biasanya lebih menyukai tempat dengan suhu sejuk di kisaran 18-24 derajat Celcius. Untuk menjaga suhu tetap rendah, Anda bisa menambahkan kipas angin di pojok atas untuk membantu sirkulasi dan pendingin udara.

Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Tidak Layu

Karena jika anggrek bulan diletakkan di tempat yang bersuhu tinggi, maka kualitas bunganya akan menurun. Selain itu, anggrek bulan juga dapat mengalami dehidrasi karena terlalu banyak berpengaruh pada laju penguapan.

Jenis Anggrek Asli Indonesia Untuk Dibudidayakan Di Rumah

Anggrek bulan juga membutuhkan kelembapan udara yang baik, yaitu sekitar 60%. Kelembapan udara dapat dijaga dengan mengisi kolam dengan air di bawah pot anggrek. Namun hati-hati, karena jika udara terlalu lembab dapat menyebabkan anggrek bulan tumbuh subur dan beresiko cepat rontok. .

Selain aspek suhu dan kelembapan, anggrek bulan juga membutuhkan ventilasi yang baik. Ini diperlukan untuk pertumbuhan yang lebih baik. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak menempatkan anggrek bulan di tempat atau ruangan yang terlalu tertutup, terutama di ruangan yang tidak berventilasi baik.

Cara merawat anggrek bulan depan, perhatikan cara penyiramannya. Anggrek bulanan akan lebih baik jika disiram dua kali sehari. Waktu terbaik untuk menyiram adalah pukul 07:00 – 09:00 pagi atau pukul 16:00 – 18:00 sore. Namun jika cuaca sangat terik, intensitas penyiraman anggrek sebaiknya maksimal 3 kali sehari.

Sedangkan untuk penyiraman sebaiknya dilakukan dengan menyemprotkan air di dekat akar bunga. Pastikan air yang digunakan untuk mencuci bersih dan selalu hindari penggunaan bahan kimia dalam campurannya.

Jangan Biarkan Bouquet Bunga Asli Membusuk! Ini Cara Perawatannya

Hampir semua tanaman membutuhkan pupuk yang merupakan sumber unsur hara esensial. Tujuan pemberian pupuk ini adalah untuk meningkatkan kesuburan anggrek bulan. Jenis pupuk yang digunakan juga harus diperhatikan dan sebaiknya menggunakan pupuk organik cair dengan pemupukan seminggu sekali.

Serangga sering mengganggu pertumbuhan tanaman. Ada banyak jenis serangga yang mengganggu, beberapa di antaranya adalah lalat dan jamur. Untuk serangga seperti lalat, Anda bisa menggunakan pengusir lalat yang bisa ditempelkan pada sedotan plastik dan digantungkan di atas tanaman.

Selain menggunakan lem terbang, pestisida dan fungisida juga harus digunakan. Pestisida yang umum digunakan digunakan untuk mengendalikan hama yang mengganggu pertumbuhan anggrek bulan. Sedangkan fungisida biasanya akan efektif melawan jamur.

Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Tidak Layu

Apakah menurut Anda merawat anggrek itu tidak sulit? Asalkan Anda mempraktekkan Perawatan Anggrek Bulan dengan benar dan sabar maka hasil yang Anda dapatkan akan maksimal.

Cara Merawat Anggrek Bulan, Tanaman Hias Bernilai Ekonomi Tinggi

* Benar atau salah? Untuk mengecek kebenaran informasi yang dipublikasikan, hubungi WhatsApp di Liputan6.com nomor verifikasi 0811 9787 670 dengan hanya memasukkan kata kunci yang diinginkan.

Kaleidoscope Lifestyle 2022 Part 3: Ulang tahun ke-73 Vera Wang secara singkat makna simbol pada sepatu Meghan Markle

Kaleidoscope 2022: 10 film Hollywood yang mengejutkan penonton di seluruh dunia di bioskop, kelanjutan dari serial tahun 80-an.

Jadwal Pertandingan Liga 1 BRI 24 Desember 2022: Dewa United vs Persebaya Surabaya dan Persikabo 1973 vs Persib Bandung, Indonesia – Bagaimana cara merawat anggrek di rumah bagi pemula? Jawabannya mungkin sulit atau sulit bagi sebagian orang.

Kenapa Daun Anggrek Bulan Layu? Inilah Cara Mengatasinya

Selain kebutuhan dasar ini, ada beberapa hal lain yang mungkin Anda perlukan agar anggrek Anda tumbuh. Berikut cara merawat anggrek di rumah.

Ingatlah bahwa anggrek yang lebih enak membutuhkan lebih banyak cahaya, lebih sedikit air, dan lebih banyak kelembapan. Jika Anda baru pertama kali menanam anggrek, Anda dapat memulai dengan spesies sederhana yang tidak memerlukan kondisi khusus.

Anda dapat menggunakan makanan nabati atau pupuk apa pun untuk merawat anggrek Anda, tetapi Anda hanya boleh menggunakan 1/4 dari jumlah yang disarankan pada kemasannya.

Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Tidak Layu

Anda juga bisa melembabkan area di sekitar anggrek dengan hanya menyemprot daun dengan beberapa tetes kabut air atau meletakkan batang anggrek di atas pot berisi kerikil basah atau lembap.

Tips Menanam Dan Merawat Anggrek Untuk Pemula

Jangan letakkan anggrek di kerikil karena dapat menyerap kelembapan ke dalam substrat dan masuk ke dalam struktur akar. Juga, jangan menyemprot bunga. Ini bisa menyebabkan jamur mekar.

Menumbuhkan media tergantung pada preferensi Anda. Kebanyakan petani biasanya menggunakan lumut atau serbuk gergaji. Anda juga dapat membeli campuran anggrek khusus.

Jika ingin berkreasi, Anda bisa mencampurkan media bahkan menanam anggrek dengan handuk basah. (Menggunakan kapas, air dan pupuk secara teratur. Cara ini tidak disarankan.)

Di alam, anggrek lebih menyukai daerah yang teduh sebagian. Saat menanam anggrek di dalam ruangan, disarankan untuk mendapatkan sinar matahari tidak langsung selama enam jam per hari agar tetap sehat.

Cara Merawat Anggrek Agar Rajin Berbunga Dan Subur

Jika tanaman mulai mengering dan mendapatkan terlalu banyak sinar matahari, coba saring matahari dengan tirai atau jauhkan anggrek dari tempat terbuka.

Jika tanaman mulai terlihat kusam dan terendam, namun peralatan tanam tidak lembap atau basah, coba pindahkan tanaman ke ruangan yang cukup terang atau pindahkan tanaman dari dalam ruangan ke luar ruangan.

Menyiram anggrek semudah menyiram tanaman lain. Anda bisa tahu anggrek Anda terlalu banyak air jika daunnya mulai menguning. Tidak ada jadwal penyiraman yang disarankan untuk anggrek. Jika Anda menggunakan metode biasa, kemungkinan besar Anda akan berakhir dengan tanaman mati. Kebutuhan air anggrek dapat bervariasi tergantung pada lingkungan tempat tanaman itu hidup, ukuran dan musimnya.

Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Tidak Layu

Saat menyiram anggrek, ingatlah untuk menyirami peralatan tanam, bukan tanaman itu sendiri. Jika ada air di antara daun, itu bisa menyebabkan pembusukan. Saat mahkota membusuk, daunnya rontok dan akhirnya seluruh tanaman mati.

Rahasia Anggrek Tumbuh Subur Dengan Media Tanam Limbah Kelapa Utuh

Alih-alih menjadwalkan penyiraman, coba periksa anggrek untuk melihat apakah mereka membutuhkan air. Tempatkan jari Anda di wadah atau tanah tumbuh dan jika sudah kering, sirami tanaman. Jika penanam tampak basah, tunggu dan periksa lagi dalam satu atau dua hari. Sirami tanaman secara teratur sebelum benar-benar kering.

Anggrek mekar setahun sekali dan mekar terus menerus selama sekitar satu bulan. Beberapa varietas anggrek mekar di musim dingin dan beberapa di musim semi, tetapi sebagian besar anggrek mekar di bulan Agustus atau September.

Di akhir masa pembungaan, Anda bisa mengelabui tanaman agar tumbuh kembali dengan memotong bagian bunga tanaman pada titik di bawah bunga pertama.

Jika Anda memperhatikan kondisi cahaya dan air serta replikasi lingkungan, Anda pasti dapat melanjutkan pemotongan ruas agar tanaman tetap tumbuh sepanjang tahun.

Cara Menanam Anggrek Dengan Media Arang Bagi Pemula. Dijamin Mudah!

Jika anggrek Anda terlalu besar, jangan khawatir. Itu akan tumbuh kembali dalam setahun. Jika tidak berbunga lagi, tanaman itu mati. Ada kemungkinan akarnya tersangkut dan anggrek membutuhkan peralatan tanam baru. Akar dan batang yang mati harus dipangkas sebelum ditanam. Proses ini biasanya dilakukan setiap dua atau tiga tahun sekali. Anggrek harus menanam batang baru dan mekar kembali selama periode pembungaan.

Anda

Cara merawat anggrek bulan daun layu, cara merawat bunga agar tidak layu, cara merawat anggrek yang layu, cara merawat tanaman agar tidak layu, cara merawat anggrek bulan yang layu, cara merawat daun anggrek yg layu, cara merawat buket bunga mawar agar tidak layu, cara merawat bunga krisan agar tidak layu, cara merawat bunga hias agar tidak layu, cara merawat bunga asli agar tidak layu, cara merawat bunga matahari agar tidak layu, cara merawat bunga mawar agar tidak layu