Cara Mengubah Hdd Internal Pc Menjadi Eksternal

Cara Mengubah Hdd Internal Pc Menjadi Eksternal – Apakah Anda memiliki hard drive lama dan tidak tahu untuk apa menggunakannya? Ubah saja menjadi hardisk eksternal, Gaes. Jadi, hard drive Anda tidak berlebihan dan Anda memiliki hard drive cadangan untuk menyimpan file cadangan.

Tidak tahu cara mengeksternalisasi disk internal Anda? Perhatikan artikel ini. Akan ada saran yang kuat untuk Anda.

Cara Mengubah Hdd Internal Pc Menjadi Eksternal

Cara Mengubah Hdd Internal Pc Menjadi Eksternal

Hard disk sebenarnya adalah salah satu komponen terpenting dari komputer desktop dan laptop. Sistem operasi yang diperlukan untuk menjalankan PC disimpan dalam komponen ini. Selain itu, jika Anda sering menginstal game dan program, Anda pasti membutuhkan hard drive dengan kapasitas yang besar.

Cara Instal Hdd Baru Di Pc, Upgrade Hard Drive Milikmu!

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus mengganti harddisk internal ke eksternal, seperti saat mengganti harddisk dengan SSD untuk performa gaming yang lebih cepat, atau saat menggantinya dengan harddisk berkapasitas lebih besar.

Langkah pertama adalah memverifikasi kelayakan hard drive internal. Sebelum anda melepas hardisk dari komputer atau laptop anda, pastikan hardisk anda tidak rusak agar data yang disimpan nantinya tidak rusak atau hilang.

Caranya buka Windows Explorer dan klik kanan pada partisi harddisk yang digunakan sebagai harddisk eksternal. Kemudian, klik menu Properties dan ketuk opsi Tools. Di bagian Pemeriksaan Kesalahan, ketuk opsi Periksa.

Nantinya, alat akan memindai hard drive untuk memeriksa apakah ada kesalahan. Jika tidak ada error, berarti harddisk Anda layak untuk digunakan sebagai harddisk eksternal.

Cara Tambah Storage Ps4 Pakai Hdd Eksternal

Memindahkan hard disk adalah sesuatu yang bisa dikatakan berisiko. Tidak ada yang tahu bahwa hard drive rusak saat dilepas. Jadi, buat cadangan jika terjadi kehilangan data hard disk.

Ada pilihan yang bisa dibuat. Jika file penting berukuran kecil, salin ke flash drive atau unggah ke perangkat penyimpanan seperti Google Drive atau MEGA.

Jika filenya besar, buat cadangannya menggunakan DVD melalui pembakar DVD. Namun cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda memiliki DVD-RW.

Cara Mengubah Hdd Internal Pc Menjadi Eksternal

Ini adalah kompartemen untuk menyimpan hard drive eksternal. Enclosure biasanya terbuat dari plastik atau logam dan dapat menghubungkan harddisk dengan slot USB 3.0 di PC atau laptop.

Cara Install Windows Di Flashdisk Atau Hdd External

Tergantung pada ukuran hard drive, ada dua versi enklosur yang dapat digunakan. Hard drive internal komputer berukuran 3,5 inci dan harus dipasang di penutup 3,5 inci.

Lalu, ada kompartemen hard drive laptop berukuran 2,5 inci. Cukup mudah untuk membedakan antara kedua penutup, versi 3,5 inci memiliki kabel tambahan untuk disambungkan ke stopkontak. Karena, hard drive PC perlu dicolokkan agar berfungsi.

Kompartemen hard disk laptop lebih kecil dan tidak perlu disambungkan ke listrik. Hal ini didukung oleh laptop atau PC melalui koneksi USB. Periksa juga jenis hard drive (IDE atau SATA) karena ini memengaruhi jenis koneksi yang didukung oleh enklosur.

Pada PC, ada kasus di mana Anda perlu melepas sisi kiri atau kanan CPU menggunakan obeng. Ada juga bodi yang memiliki tombol untuk melepas bodi. Namun, kasing biasanya berisi sekrup yang dapat dilepas menggunakan obeng Phillips (bersama dengan obeng).

Cara Mengkloning Hard Drive Ke Ssd Di Windows Dan Mac

Anda juga harus memastikan bahwa komputer dimatikan sebelum membuka casing. Lepas juga semua kabel yang terhubung ke tower komputer, terutama kabel power. Setelah membuka kasing, coba temukan hard drive yang terpasang.

Jika casing Anda sudah tua, gunakan obeng untuk melepaskan sekrup yang menahan braket hard drive. Lepaskan perlahan daya, lalu kabelnya sama dengan kabel IDE atau SATA dan konektor daya. Ketika semuanya dimatikan, hard drive siap untuk dieksternalisasi.

Untuk laptop matikan, lalu lepas semua kabel seperti USB dan kabel charger. Lepaskan juga baterai dari laptop. Meskipun Anda telah melepas baterai, laptop mungkin menyimpan beberapa daya yang dapat menyebabkan Anda tersengat listrik. Klik tombol power selama 15 detik untuk menguras sisa listrik. Kemudian lepas harddisk dari bagian bawah laptop menggunakan obeng. Jika Anda khawatir, serahkan pada profesional.

Cara Mengubah Hdd Internal Pc Menjadi Eksternal

Langkah selanjutnya, letakkan hard disk di kompartemen sesuai dengan jenis hard disk. Jika hard drive Anda adalah tipe PATA, sambungkan kabel IDE dan konektor daya pada enklosur ke hard drive Anda.

Cara Mengubah Hard Disk Internal Pc Anda Menjadi Hardisk Eksternal

Mungkin ada berbagai model dan merek penutup yang memiliki cara berbeda untuk menyambungkan hard drive. Jika ragu, lihat kembali manual Anda.

Selamat, hard drive eksternal Anda siap digunakan. Ini adalah cara untuk mengubah hard drive internal menjadi hard drive eksternal yang dapat digunakan. Nah, dengan cara ini, kamu bisa dengan mudah mengubah hardisk internal menjadi hardisk eksternal! Semoga beruntung. Home page » Edukasi » Cara pasang hardisk di komputer (mudah dan cepat) Cara pasang hardisk di komputer (mudah dan cepat)

Jika Anda ingin meningkatkan kapasitas penyimpanan komputer favorit Anda, Anda perlu tahu cara memasang hard drive di komputer Anda. Memasang hard drive internal juga merupakan solusi yang lebih baik daripada menggunakan hard drive eksternal, yang biasanya lebih lambat dan juga dapat crash atau hilang.

Singkatnya, memasang hard drive internal di komputer tidak lebih dari mencolokkannya, menghubungkan kabel, dan memformatnya sehingga siap digunakan. Namun, tetap ada beberapa hal yang harus Anda ketahui saat memasang hardisk agar tidak melakukan kesalahan kecil yang bisa berakibat fatal nantinya.

Kabel Data Sata Internal Pc Cable Hardisk Dvd Rw Rom Komputer Hdd Cabel Hardis Serial Ata Port

Pada umumnya casing komputer menyediakan tempat khusus untuk memasang harddisk internal berukuran 3,5 inci. Itu disebut lokasi instalasi

. Arah dan lokasi kompartemen dan sangkar akan berbeda tergantung pada desain casing komputer. Namun, secara default, mereka terletak di bagian bawah casing komputer, di sebelah kipas intake.

Selain itu, casing komputer standar biasanya mengarahkan konektor dari hard drive ke belakang. Sementara itu, saat ini juga banyak kasus yang mendukung pemasangan hard drive dengan konektor yang mengarah ke samping. Ini dimaksudkan agar Anda dapat mengatur kabel dengan lebih rapi dengan menyembunyikannya di belakang motherboard. Selain itu, ada juga bingkai yang memungkinkan Anda memasang hard drive di berbagai posisi untuk meningkatkan aliran udara di dalam casing dan mempermudah pemasangan kabel.

Cara Mengubah Hdd Internal Pc Menjadi Eksternal

Proses pemasangan hard drive pada komputer di situs instalasi bisa rumit dan sedikit rumit. Apalagi jika bodi komputer Anda memerlukan penggunaan obeng dan sekrup. Namun saat ini juga banyak kasus yang memudahkan Anda memasang hardisk tanpa perlu baut karena sudah diganti dengan mekanisme knop pengunci yang lebih sederhana.

Hard Disk Internal Terbaik

Namun, masing-masing mekanisme ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Pemasangan sekrup jauh lebih kuat daripada pegangan plastik. Namun, jika Anda tidak sering memindahkan PC, pegangan plastik sudah cukup.

Selain itu, dengan menempatkan hard drive dengan benar dan menjaganya tetap dingin, Anda meningkatkan masa pakainya. Jika Anda memasang lebih dari satu hard drive, pastikan untuk meninggalkan celah antara satu hard drive dan hard drive lainnya agar tidak hanya mencegah panas terakumulasi di satu tempat, tetapi juga untuk membuka aliran udara di dalam casing agar lebih lancar. Selain itu, Anda juga bisa memasang harddisk di depan intake fan dan jangan lupa menggunakan fan yang berkualitas.

Jika hard drive terpasang dengan benar di tempatnya, langkah selanjutnya adalah menyambungkan ke jaringan sistem. Saat ini, hampir semua hard drive baru memiliki antarmuka SATA dalam paket pembeliannya. Kabel SATA memiliki dua konektor yang menghubungkan hard drive ke motherboard.

Setelah itu, Anda juga perlu menghubungkan hard drive ke unit catu daya. Bentuk konektornya kira-kira sama dengan konektor SATA, tetapi sedikit lebih lebar. Pasang konektor dengan hati-hati ke hard drive dan pastikan sudah terpasang dengan benar. Jika Anda tidak ingin konektor putus, jangan gunakan terlalu banyak tenaga.

Cara Format Hardisk Eksternal Di Windows 10

Sekarang instalasi hard disk di casing komputer selesai. Namun, masih ada sedikit lagi yang harus dilakukan sebelum Anda dapat menggunakan hard drive untuk menyimpan file. Untuk melakukan ini, nyalakan komputer Anda seperti biasa dan masuk ke BIOS/UEFI. Saat Anda menghidupkan komputer, Anda dapat mengakses BIOS/UEFI dengan menekan tombol DEL atau F2. Umumnya, komputer Anda akan menampilkan “Press DEL to enter Setup”. Beberapa merek motherboard menerapkan metode yang berbeda. Jadi jika cara di atas tidak berhasil, Anda dapat membaca manual motherboard Anda untuk mengetahui cara melakukannya.

Di BIOS, masuk ke menu yang menyediakan pengaturan SATA sehingga Anda dapat melihat semua perangkat hard disk yang terhubung ke sistem. Jika hard drive Anda terpasang dengan benar, hard drive akan muncul di bagian menu tersebut. Jika tidak, sebaiknya matikan kembali komputer dan pastikan semua kabel tersambung dengan benar. Jika masih tidak muncul, coba sambungkan kabel SATA ke port SATA lain di motherboard.

Kemudian, untuk memastikan Windows berhasil membaca harddisk, hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memformat dan mempartisi harddisk.Harddisk merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah komputer desktop atau laptop. Sistem operasi yang dibutuhkan PC untuk berfungsi disimpan dalam komponen ini. Apalagi bagi Anda yang sering menginstal banyak game dan program, Anda akan semakin membutuhkan harddisk dengan kapasitas yang besar.

Cara Mengubah Hdd Internal Pc Menjadi Eksternal

Namun, tidak semua komputer, terutama laptop, memiliki ruang penyimpanan yang besar. Pada titik tertentu, meskipun belum gagal, Anda mungkin perlu mengganti hard drive dengan yang dapat menyimpan lebih banyak data. Atau yang lebih penting sekarang adalah menggunakan penyimpanan dengan keterbacaan yang jauh lebih tinggi.

Jual Harddisk Hdd 160 Gb Hardisk Internal Seagate

Jika demikian, tentu saja ada beberapa alasan yang sah untuk mengubah hard drive internal Anda ke eksternal, jadi gantilah dengan hard drive yang lebih besar atau SSD yang lebih cepat untuk kinerja gaming yang lebih baik. Nah, untuk melakukan ini, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dan caranya:

Sebelum mengganti hard disk internal ke hard disk eksternal, periksa kelayakan hard disk internal. Pastikan hardisk anda tidak rusak agar data yang disimpan nantinya tidak rusak atau hilang.

Caranya sangat mudah, cukup buka Windows Explorer dan klik kanan pada partisi hardisk yang digunakan sebagai hardisk eksternal. Kemudian, pilih menu Properties dan klik tab

Hdd internal menjadi eksternal, mengubah hdd internal menjadi eksternal, cara mengubah hdd internal menjadi eksternal, cara mengubah hardisk internal pc menjadi eksternal, hdd internal jadi eksternal, cara mengubah hardisk internal menjadi eksternal, cara menjadikan hdd internal menjadi eksternal, cara membuat hdd internal pc menjadi eksternal, cara membuat hdd internal menjadi eksternal, menjadikan hdd internal menjadi eksternal, mengubah memori eksternal menjadi internal, cara mengubah memori eksternal menjadi internal xiaomi