Cara Menghilangkan Bintik Di Wajah Tapi Bukan Jerawat Secara Alami

Cara Menghilangkan Bintik Di Wajah Tapi Bukan Jerawat Secara Alami – Milk spot atau dikenal juga dengan milia adalah benjolan kecil berwarna putih atau kekuningan yang sering muncul di area mata, disebabkan oleh keratin yang terperangkap di bawah permukaan kulit. Meski tidak berbahaya, noda susu ini bisa sangat mengganggu. Lantas, adakah cara menghilangkan milia secara alami?

Jangan salah paham, milia juga umum terjadi pada bayi baru lahir namun akan hilang setelah beberapa minggu. Namun, kondisi ini bisa muncul pada semua kelompok umur, termasuk Anda.

Cara Menghilangkan Bintik Di Wajah Tapi Bukan Jerawat Secara Alami

Cara Menghilangkan Bintik Di Wajah Tapi Bukan Jerawat Secara Alami

Terlihat seperti benjolan biasa, namun ternyata ada beberapa jenis milia yang perlu Anda ketahui. Setiap jenis dan karakteristik yang ditimbulkan tentunya membutuhkan penanganan yang berbeda.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Tuntas

Jenis milia berikut terjadi pada 50% bayi baru lahir. Namun ibu tidak perlu khawatir, karena biasanya akan hilang dalam beberapa minggu saja.

Milia neonatal biasanya ditemukan di daerah hidung, tetapi bisa juga muncul di kulit kepala, wajah, dan bahkan di mulut. Bedanya dengan jerawat kebanyakan milia berukuran sama dan tidak disertai kemerahan.

Milia primer juga umum terjadi pada anak-anak dan remaja. Mereka juga akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu, tetapi ada juga yang menghilang setelah beberapa bulan.

Pada kondisi ini, milia sering berkumpul di sekitar kulit wajah. Biasanya menyerang anak-anak dan remaja, tetapi plak milia juga bisa ditemukan pada wanita paruh baya. Milia jenis ini biasanya ditemukan di area kelopak mata, belakang telinga, dan di pipi atau garis rahang.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Secara Alami Dan Medis

Diklasifikasikan sebagai jenis milia yang langka, milia yang meletus akan menunjukkan nodul yang terlihat jelas di kulit. Kondisi ini akan berlangsung hingga beberapa bulan dan biasanya akan terlihat pada wajah, lengan, dan tubuh bagian atas.

Meski dapat muncul pada kulit bayi baru lahir, ibu perlu mengetahui jenis bercak susu lainnya yaitu milia sekunder. Milia sekunder disebabkan oleh beberapa trauma pada kulit seperti luka bakar, reaksi alergi, prosedur perawatan kulit yang salah atau paparan sinar matahari yang berlebihan.

Meski bukan sesuatu yang berbahaya, bintik susu akan menjadi “hiasan” kulit yang mengganggu penampilan. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik sial ini.

Cara Menghilangkan Bintik Di Wajah Tapi Bukan Jerawat Secara Alami

Salah satunya adalah menjalani cryotherapy, yaitu terapi pembekuan milia menggunakan nitrogen cair. Terapi ini dikatakan efektif menghilangkan milia dalam beberapa hari. Namun, siapa sangka milia bisa dihilangkan secara alami, lho!

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah Dan Cepat

Mengukus bisa menjadi metode yang efektif untuk menghilangkan milia. Didihkan air dan tempatkan dalam mangkuk kecil. Kemudian letakkan saja wajah Anda di atasnya.

Gunakan handuk untuk menutupi kepala, lalu biarkan air mencapai milia di area wajah. Uap perlahan akan membuka pori-pori di wajah Anda dan milia akan hilang. Untuk hasil terbaik, ibu harus melakukan langkah ini setiap hari.

Tak hanya enak dimakan, Bunda juga bisa menggunakan jus tomat yang sangat ampuh untuk mengobati noda susu. Caranya juga sederhana, potong tomat menjadi dua dan peras airnya. Gunakan irisan tomat untuk menggosok lembut area di mana noda susu muncul.

Biarkan wajah selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini setiap 2 minggu sekali untuk hasil terbaik.

Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Di Wajah

Rahasia madu dalam dunia kesehatan sudah tidak diragukan lagi, bahkan para ibu pun bisa menggunakan pemanis alami ini untuk mengatasi masalah kulit. Sifat antioksidannya efektif menjaga wajah tetap terhidrasi, dan juga efektif menghilangkan milia secara permanen.

Jika ingin milia enggan berhenti lagi, eksfoliasi kulit wajah satu atau dua kali seminggu mungkin menjadi kunci terbaik. Anda juga bisa membuat lulur sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Artinya, campurkan 2 sendok makan gula, 1 sendok teh air jeruk nipis, dan 1 sendok teh minyak zaitun. Gosok wajah Anda dengan campuran ini dan biarkan di kulit Anda selama 20 menit sebelum dibilas.

Cara Menghilangkan Bintik Di Wajah Tapi Bukan Jerawat Secara Alami

Nah Bun, mudah kan menghilangkan noda susu di wajah terutama di bawah mata agar selalu tampil glamour? Semoga beruntung!

Hilangkan Bercak Cokelat Di Wajah Dengan Cara Ini

Apakah menjadi orang tua membuatmu pusing? Silakan, ajukan pertanyaan secara langsung dan dapatkan jawaban dari orang tua lain dan pakar aplikasi parenting Asia juga! Tersedia di iOS dan Andro Bintik-bintik kecil di wajah merupakan cacat yang sering dialami wanita. Di dunia kecantikan, bintik-bintik ini lebih dikenal dengan nama milia.

Kemunculan milia sering dianggap sebagai penampakan yang misterius. Tentu saja, milia biasanya muncul di hidung, pipi, dan dagu, area wajah yang paling mudah dilihat banyak orang. Selain itu, bintik-bintik kecil di wajah ini sering muncul berkelompok agar penampilannya semakin terlihat.

Menurut WebMD, milia terjadi saat sel kulit mati menumpuk. Alih-alih rontok, mereka menumpuk di bawah kulit baru, mengeras dan membentuk milia. Selain itu, ruam kulit, luka atau paparan sinar matahari yang berlebihan juga menjadi penyebab milia.

Tidak seperti jerawat berisi sebum, milia adalah kista kecil. Gumpalan putih di dalamnya memiliki tekstur yang sangat keras, hampir seperti butiran pasir. Inilah sebabnya mengapa menghilangkan milia relatif lebih sulit daripada mengatasi jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Pada Kaum Pria Secara Alami

Namun Anda tidak perlu khawatir, 5 cara menghilangkan flek kecil di wajah dari situs Healthline berikut ini bisa menjadi solusinya.

Meski menyebalkan karena mengganggu penampilan, sebisa mungkin hindari memencet bintik-bintik kecil dari wajah Anda. Penghapusan yang tidak benar dapat menyebabkan milia hemoragik, pengerasan kulit dan jaringan parut. Bukannya menghilang, milia malah semakin parah dan bahkan bisa terinfeksi.

Membersihkan wajah secara rutin dapat menghilangkan milia. Sebagai gantinya, gunakan sabun lembut tanpa paraben. Ini akan membantu menghilangkan minyak di wajah Anda sehingga tidak menyebabkan jerawat dan milia.

Cara Menghilangkan Bintik Di Wajah Tapi Bukan Jerawat Secara Alami

Hindari juga penggunaan handuk untuk mengeringkan wajah. Cukup tepuk-tepuk wajah Anda dengan lembut hingga mengering dengan sendirinya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir gesekan pada wajah yang membuat wajah mudah kering.

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Bercak Putih Di Wajah

Krim retinoid topikal disebut-sebut dapat menghilangkan milia. Ini karena vitamin A yang terkandung di dalamnya penting untuk kesehatan kulit. Gunakan juga produk perawatan kulit yang mengandung retinol sehari sekali.

Jangan lupa gunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Menggunakan tabir surya dan retinol dapat mencegah iritasi akibat paparan sinar matahari penyebab milia.

Seperti yang sudah dijelaskan, penyebab utama milia adalah penumpukan sel kulit mati. Oleh karena itu, salah satu cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati. Carilah produk eksfoliasi yang mengandung asam salisilat, asam sitrat, atau asam glikolat.

Satu hal yang perlu diingat, eksfoliasi wajah terlalu sering bisa menyebabkan iritasi kulit. Kemudian lakukan secara bertahap, seperti seminggu sekali. Jika kulit Anda sudah menyesuaikan, lanjutkan pemakaian tiga kali seminggu.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Dengan Bahan Alami, Ampuh Dalam Waktu Singkat

Jika milia tidak kunjung hilang meski sudah dilakukan eksfoliasi, facial peeling bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Gunakan produk yang mengandung asam salisilat atau asam glikolat.

Jika Anda terbiasa menggunakan produk eksfoliasi dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari, penggunaan facial peel mungkin tidak memberikan efek negatif dan bahkan dapat membantu menghilangkan milia. Meski begitu, tetap tidak disarankan untuk melakukan pengelupasan wajah setiap hari Pernahkah Anda mengalami flek di wajah tetapi tidak berjerawat? Ya, sering disebut milia. Milia adalah penyakit yang umumnya dikenal sebagai “jerawat anak”.

Ini karena sebagian besar milia muncul pada bayi baru lahir. Namun, selain milia ini juga dimiliki anak-anak oleh orang dewasa, milia ini sering disalahartikan sebagai komedo. Milia juga sering dianggap jerawat karena terlihat seperti jerawat putih.

Cara Menghilangkan Bintik Di Wajah Tapi Bukan Jerawat Secara Alami

Bagi Anda yang menggunakan krim steroid jangka panjang, mungkin Anda sedang mengalami milia ini. Selain itu, kerusakan akibat sinar matahari jangka panjang dan perawatan dermabrasi atau pengelupasan juga dapat menyebabkan milia.

Cara Mengatasi Milia, Bentol Yang Mirip Jerawat

Flek di wajah tapi bukan jerawat memang tidak berbahaya, tapi sangat mengganggu penampilan Anda. Salah satu penyebabnya adalah adanya endapan protein bernama karati yang terperangkap di kelenjar keringat sebagai biang keringat.

Ini menyebabkan wajah membentuk bintik-bintik putih. Selain penumpukan protein, penyakit ini juga terjadi akibat penumpukan sel kulit mati yang tidak dibersihkan sehingga membentuk kotoran wajah.

Milia ini biasanya dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari hingga beberapa bulan. Namun, ada cara menghilangkan flek wajah bukan jerawat yang bisa dihilangkan secara alami untuk mempercepat proses penyembuhan, di antaranya sebagai berikut:

Cara menghilangkan milia yang pertama adalah dengan rutin membersihkan wajah. Pembersihan wajah akan menjaga kesehatan wajah Anda. Gunakan pembersih wajah bebas paraben yang lembut.

Jerawat Vs Beruntusan: Yuk, Kenali Perbedaannya!

Membersihkan wajah juga akan membantu menghilangkan kotoran yang terperangkap di pori-pori. Hal ini pasti bisa mengurangi milia bahkan menghilangkannya dengan cepat.

Setelah selesai membersihkan wajah, tepuk tangan Anda dengan lembut agar tetap terhidrasi. Pembersih wajah tidak hanya digunakan untuk menghilangkan milia tetapi juga dapat digunakan untuk menjaga kulit bebas dari munculnya flek hitam di wajah.

Menggunakan scrub atau lulur kulit mati dapat menghilangkan noda dari wajah Anda, tetapi bukan jerawat secara alami. Eksfoliasi ini dapat membantu Anda mengangkat sel kulit mati dan kotoran lain yang terperangkap di kulit Anda.

Cara Menghilangkan Bintik Di Wajah Tapi Bukan Jerawat Secara Alami

Menggunakan cara ini juga dapat melindungi kulit wajah Anda dari iritasi yang menyebabkan bintik-bintik di wajah Anda. Tidak hanya itu, juga dapat mencegah produksi keratin kulit secara berlebihan.

Jerawat Di Hidung Artinya Ada Masalah Kesehatan, Bukan Cinta, Yuk Cari Tahu

Umumnya, eksfoliasi ini dilakukan dengan cara menggosokkan scrub pada wajah secara perlahan kemudian membilasnya. Gunakan scrub wajah yang dibuat dengan bahan alami penangkal jerawat dan produk perawatan kulit yang mengandung scrub yang dijual di toko kecantikan.

Cara menghilangkan flek kecil selanjutnya adalah dengan menggunakan tabir surya. Selain melindungi wajah dari sinar matahari, tabir surya juga dapat mengurangi iritasi kulit. Gunakan tabir surya wajah khusus dengan SPF minimal 30 atau lebih tinggi.

Cara menghilangkan milia selanjutnya adalah dengan menyemprotkan air mawar ke wajah Anda. Air mawar ini berfungsi sebagai antiradang pada wajah. Anda bisa menyemprotkan ke area wajah yang terdapat bintik-bintik 2 atau 3 kali sehari.

Masker madu dipercaya dapat menghilangkan bintik-bintik tetapi bukan jerawat dari wajah secara alami. Ini karena madu adalah agen antimikroba yang membantu mengurangi peradangan.

Cara Menghaluskan Kulit Bertekstur Di Wajah Paling Ampuh

Cara menghilangkan bintik di wajah tapi bukan jerawat, bintik kecil di wajah tapi bukan milia, bintik bintik di pipi tapi bukan jerawat, bintik merah di muka tapi bukan jerawat, bintik kecil di wajah tapi bukan jerawat, bintik bintik di wajah tapi bukan jerawat, cara menghilangkan bintik merah di wajah tapi bukan jerawat, bintik putih di wajah tapi bukan jerawat, bintik bintik di jidat tapi bukan jerawat, bintik di muka tapi bukan jerawat, bintik merah di pipi tapi bukan jerawat, cara menghilangkan bintik merah di wajah tapi bukan jerawat secara alami