Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 1 Juta

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 1 Juta – Sebuah artikel tentang keuangan keluarga yang seharusnya diposting oleh seorang ibu rumah tangga (IRT) tiba-tiba menjadi sorotan di jejaring sosial. Alasan yang membuat publik heran adalah sang istri bisa mengatur keuangan dengan gaji Rp 3 juta/bulan.

Rincian keuangan dibagikan di akun Twitter @worksfess pada Senin (17 Januari 2022). Bayangkan saja, ibu rumah tangga ini mengejutkan orang dengan berhasil menabung Rp 3 juta untuk menabung dan bersedekah.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 1 Juta

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 1 Juta

“Bekerja! Saya masih bekerja sendirian. Setiap hari saya hanya pergi ke wisma dan membeli kopi sekarang,” tulis postingan tersebut.

Biar Gak Boros Pasca Menikah, Yuk Ikuti 5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Untuk Yang Baru Menikah Ini

Netizen mungkin setuju dengan deskripsi postingan di atas. Dengan pendapatan Rp 3 juta/bulan, pasti sangat sulit bagi banyak orang untuk mengatasi gaji tersebut. Apalagi di era sekarang, permintaan semakin mahal.

Namun, berbeda dengan ibu rumah tangga yang merahasiakan identitasnya. Dalam postingan tersebut, ibu rumah tangga yang dimaksud menjelaskan biaya selama sebulan dengan gaji Rp 3 juta.

Mulai dari beras, pakaian, uang hingga kebutuhan lainnya. Bahkan, ia juga menuliskan biaya pulsa dan perawatan kulit untuk dirinya sendiri. Meski hanya berpenghasilan minimal sebulan, ibu rumah tangga dengan satu anak ini tetap hidup berkecukupan.

Tersebar luas, para ibu rumah tangga bisa mengatur pengeluarannya agar tetap bisa bersedekah dari penghasilan Rp 3 juta sebulan. (Foto: Twitter/@worksfess).

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta

Nggak main-main, dia juga bisa memberikan uang saku Rp 150.000 kepada anaknya. Yang lebih mengejutkan lagi, ibu rumah tangga juga bisa membayar Rp 800.000. cicilan dan hemat hingga Rp. 500.000. Tak berhenti di situ, warganet juga geleng-geleng kepala karena gaji Rp 3 juta/bulan disebut-sebut bisa memberikan Rp. 50.000.

Rincian pengeluaran bulanan itu kemudian berhasil membuat publik di dunia maya terperangah. Selain itu, perhitungannya terbilang sangat akurat sehingga ibu rumah tangga itu masih bisa menghemat Rp 8.500. adalah 3 juta Rp. Bagus kan?

Pasti banyak netizen yang tidak percaya bahwa dengan penghasilan yang minim, mereka tetap bisa menabung, mencicil bahkan bersedekah. Hal ini mengejutkan banyak orang karena diyakini penghasilan nominal tidak akan mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga selama sebulan.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 1 Juta

Kini, postingan tersebut telah disukai oleh 32.200 orang dan di-retweet oleh 3.941 pengguna Twitter serta mendapat banyak komentar. Namun, alokasi biaya dari gaji Rp 3 juta sebulan dinilai sangat sulit diterapkan.

Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tidak Perlu Khawatir Di Akhir Bulan

Di sisi lain, ada juga yang memuji ibu rumah tangga yang cukup mengatur pengeluaran dalam sebulan. Juga, banyak netizen membandingkan bahwa mereka tidak akan dapat melakukan ini.

“Ini uangnya ya, budgeting juga budgeting buat dia, tapi kasian sama anak-anak kontestan kerdil,” tulis @ninik_setiawan.

“Lagian rumah kita cuma ada 3 orang dan tagihan listrik 25.000 sebulan? Gila kan galon minum cuma 2 liter sebulan? Ya kan bisa pake air ledeng kan,” kata @ariniartanti05. Tetapkan gaji 3 juta untuk menghidupi seluruh keluarga di ibu kota – Sejak menjadi kepala bagian keuangan di keluarga, hehe.. saya jadi lebih “pelit” soal uang. Apalagi sejak kehadiran seorang anak. Semua kebutuhan anak Anda diprioritaskan. Di sisi lain, hal-hal esensial yang tidak mendesak, dari pihak mana yang akan mengajukan rencana keuangan, harus dipertimbangkan dengan lebih bijak.

Di antara sekian banyak kebutuhan, tentunya kita juga harus mengakomodir penghasilan. Jika pendapatan masih kurang, diperlukan pendapatan tambahan. Dari mana? Tentu saja dari pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama. Atau jika Anda bisa melakukan perencanaan keuangan yang lebih baik, investasi bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan.

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga. Nomor 1 Paling Seru!

Baru-baru ini, saya mendapat pelajaran berharga dari sebuah thread Twitter yang ramai membahas pengaturan gaji. Kalau disebut gaji, berarti penghasilannya ditentukan secara rutin setiap bulan. Yuk, belajar mengelola gaji yang masuk, agar kita bisa bertahan hidup, terutama di ibukota.

Misal penghasilan kita Rp 3.000.000 per bulan. Tidak banyak uang tentunya, apalagi jika kita tinggal di kota besar seperti Jakarta. Setiap orang memiliki harga.

Namun, kita tidak boleh putus asa, karena hidup memang harus berjuang, apalagi setelah memiliki anak pertama, anak kedua, anak ketiga dan seterusnya, hehe.. Coba cara ini untuk mengatur gaji 3 juta per bulan. sebagai panduan agar penghasilan bisa mencukupi kebutuhan yang berbeda.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 1 Juta

Terlepas dari besarnya gaji, tujuan dari rencana keuangan $3 juta adalah menyisihkan sebagian dari pendapatan Anda untuk ditabung. Sisihkan, tentu saja, dari awal, bukan dari sisa pengeluaran.

Tips Cara Mengatur Gaji Bulanan Agar Bisa Menabung

Tabungan ini kemudian dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda di masa depan. Misalnya, belilah barang-barang yang diimpikan oleh keluarga. Bisa juga digunakan untuk keperluan yang lebih spesifik, misalnya jika anak masih kecil bisa digunakan untuk biaya sekolahnya nanti dll.

Nah, barulah kita bisa mengelompokkan mana yang termasuk kebutuhan. Ini adalah masalah mendesak yang harus kita tangani. Kegagalan untuk melakukannya dapat menyebabkan penyakit, kesulitan, dan bahkan bahaya. Antara lain, menimbun makanan, kebutuhan dapur, transportasi, cicilan (jika ada), biaya sekolah anak, pembayaran tagihan (listrik, air, tagihan anak ngomel nuntut barang), main, ugh..), dll.

Juga karena keinginan adalah hal sekunder atau tidak perlu dipertahankan. Yang mana jika tidak terpenuhi, tidak akan ada dampak yang berarti untuk kita rasakan. Mungkin hanya sedikit insomnia karena terus memikirkannya, hehe.. Seperti: travelling, stay, beli tas target, koleksi make up designer dan lain-lain.

Nah, alokasi terakhir adalah tabungan. Seperti namanya, hemat berarti: segala sesuatu yang termasuk dalam kebutuhan masa depan. Jika kita sudah memiliki keterampilan analitis, kita dapat mentransfer dana tersebut untuk investasi.

Cara Mudah Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Penghasilan Minim

Kalaupun gaji kita tidak sampai beberapa milyar, pelaporan keuangan itu sangat penting, apalagi kalau bukan hanya satu anak.

Tidak perlu laporan keuangan detail, pelajari cara menyusun laporan keuangan sederhana. Seperti yang saya lakukan, catat saja dua kategori, biaya tetap dan biaya variabel.

Nah, untuk mencapai tujuan keuangan kita, kita harus keluar dari zona nyaman kita. Tampaknya lebih baik berkorban sekarang daripada memikul beban yang tidak diinginkan di usia tua. Jadi perencanaan keuangan harus dilakukan sejak dini.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 1 Juta

Untuk mencapai tujuan menetapkan gaji 3 juta agar Anda dapat hidup nyaman dan pasti memiliki tabungan, bahkan mungkin investasi, Anda harus menghilangkan pengeluaran kecil yang tidak perlu. Misalnya langganan Netflix/Spotify, TV kabel, pesan snack Go-food setiap hari, dll.

Halaman Unduh Untuk File Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga Yang Ke 3

Jadi, mari mulai mengatur keuangan. Tidak ada bedanya kita menjadi “menteri keuangan” untuk diri kita sendiri jika masih lajang. Untuk keluarga kita jika kita memiliki keluarga. Saatnya mulai “melek” finansial agar kita bisa hidup lebih tenang dengan penghasilan berapapun. Sebuah keluarga di ibu kota. Penghasilan besar tidak selalu membuat Anda kaya. Tanpa rencana keuangan yang baik, berapa pun uang yang Anda peroleh, pasti tidak akan cukup.

Di sisi lain, kebutuhan biaya hidup terus meningkat seiring dengan perkembangan tahapan kehidupan. Apalagi jika Anda adalah keluarga muda yang baru saja memiliki bayi.

Jika Anda tidak hati-hati, situasinya akan mengerikan. Anda memiliki penghasilan tetap setiap bulan, tetapi tidak menikmatinya, cukup atau bahkan defisit setiap akhir bulan.

Jika itu terjadi, saatnya untuk melihat diri sendiri. Cari tahu alasannya. Kemungkinan Anda tidak mengadopsi kebiasaan keuangan yang baik.

Gaji 5 Juta Bisa Punya Tabungan Sampai 12 Juta Dengan Cara Ini

Mulailah menyimpan buku besar biasa. Ini tentu dapat membantu Anda tetap disiplin dalam menjaga keuangan keluarga Anda.

Membuat catatan keuangan yang dapat Anda salin. Bagi Anda keluarga muda dengan satu anak dan berpenghasilan Rp 10 juta per bulan, berikut ilustrasi perencanaan keuangan yang bisa Anda sesuaikan.

Kebiasaan membeli tidak bisa dikesampingkan dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi agar keuangan Anda tidak mencapai titik impas, pahami kebutuhan Anda dan hindari pengeluaran berlebihan.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 1 Juta

Caranya adalah dengan membuat daftar belanja bulanan sesuai kebutuhan dan sesuaikan anggaran pengeluaran dengan pendapatan yang Anda terima. Cobalah untuk menghabiskan tidak lebih dari 50% dari pendapatan bulanan dan kebutuhan sehari-hari Anda.

Tips Mengatur Gaji Yang Pas Pasan

Dengan menabung, Anda bisa membiasakan diri untuk berhemat dan bersiap menghadapi situasi keuangan tak terduga yang membutuhkan uang dalam jumlah besar. Dengan begitu, Anda dan keluarga bisa hidup lebih nyaman tanpa harus terlilit utang di kemudian hari.

Logikanya, jika Anda masih muda, risiko penularan penyakit bisa jadi relatif kecil. Namun seiring bertambahnya usia, kebugaran fisik Anda menurun, dan penyakit halus muncul.

Karena butuh banyak uang untuk berobat dan rumah sakit. Dengan asuransi, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan biaya pengobatan. Oleh karena itu, Anda harus menghabiskan 5-10% dari pendapatan bulanan Anda untuk membeli asuransi.

Utang, khususnya utang konsumtif, umumnya bisa menjadi beban. Misalnya, bunga kartu kredit yang biasa Anda gunakan untuk berbelanja bisa mencapai 3% per bulan atau 36% per tahun. Angka ini bahkan lebih tinggi dari bunga deposito di bank yang rata-rata hanya 6-8%/tahun.

Investasi Wanita Single Untuk Capai Financial Freedom! — Blog Bibit

Oleh karena itu, Anda perlu mengendalikan utang Anda untuk menciptakan posisi keuangan yang baik. Jika Anda terlilit hutang, sebaiknya tidak lebih dari 20% penghasilan Anda setiap bulannya.

Ada banyak cara untuk berinvestasi, dengan membeli logam mulia, menyimpan uang di rekening, membeli reksa dana, atau berinvestasi langsung di saham. Komposisi investasi tersebut memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan yang dapat disesuaikan dengan profil risiko Anda.

Apalagi investasi adalah hal yang perlu Anda persiapkan secepatnya, untuk melihat masa depan yang lebih baik di masa depan. Idealnya, Anda bisa menghabiskan 10-20% pendapatan bulanan Anda untuk investasi, ibu-ibu viral bisa membiayai kebutuhan beli rumah termasuk KPR, gaji hanya Rp 2,7 juta Gresnia Arela Febriani – Jumat, 12 November 2021 08:18 WIB

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 1 Juta

Kehidupan keluarga tidak lepas dari masalah keuangan. Dan pengelolaan keuangan bukanlah hal yang mudah. Perlu adanya perencanaan keuangan yang cermat dan benar untuk dapat memenuhi segala kebutuhan, apalagi dengan gaji yang kecil.

Rencana Keuangan Untuk Gaji Rp 8 Juta Per Bulan

Seperti viralnya postingan ibu-ibu asal Pekalongan, Jawa Tengah ini yang memaparkan pendapatan dan pengeluaran sehari-hari dalam unggahan Instagram @feti_ira36. Dia menjadi viral karena dia bisa membayar apa saja

Cara mengatur keuangan rumah tangga gaji 5 juta, cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 5 juta, cara mengatur keuangan rumah tangga gaji 2 juta, cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 6 juta, cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji mingguan, cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta, cara mengatur keuangan rumah tangga gaji 4 juta, cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 7 juta, cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta, cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 5 juta, cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 4 juta, cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 10 juta