Cara Mencegah Penularan Hiv Aids Adalah Kecuali

Cara Mencegah Penularan Hiv Aids Adalah Kecuali – Ilustrasi. Petugas kesehatan menunjukkan hasil tes darah negatif saat sosialisasi, pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Kodim 1309/Manado, Manado, Sulut, Senin (3/12/2018). ANTARA FOTO/Adwit B Pramono.

JAKARTA – Setiap tanggal 1 Desember dunia memperingati Hari AIDS Sedunia (World AIDS Day/HAS). Tahun ini diperingati di Indonesia dengan tema “Saya Berani, Saya Sehat, Jauh dari Virus, Dekat dengan Rakyat”.

Cara Mencegah Penularan Hiv Aids Adalah Kecuali

Cara Mencegah Penularan Hiv Aids Adalah Kecuali

Tak gentar, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) mengutus seribu Sahabat Peduli Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) yang diperintahkan untuk membantu sosialisasi.

Hiv Adalah Virus Yang Menyerang Sistem Kekebalan Tubuh, Kenali Gejalanya

Mengirim Sahabat Peduli ODHA diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang HIV/AIDS dan menekan jumlah kasus. Target Indonesia mencapai 3 nol pada tahun 2030, yaitu nol kasus baru infeksi HIV, nol kematian terkait AIDS, dan nol diskriminasi.

Untuk mencapai hal tersebut, Indonesia mengadaptasi strategi 90-90-90 yang ditargetkan dapat dicapai pada tahun 2027. Rincian strategi tersebut dapat dilihat pada Strategi dan Rencana Aksi Nasional (SRAN) Penanggulangan HIV dan AIDS tahun 2015-2019 di Indonesia.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan pada Juni 2018 kasus HIV dan AIDS mencapai 410.788 kasus. Sebanyak 301.959 di antaranya adalah kasus HIV dan 108.829 sisanya AIDS. Diperkirakan jumlah kasus HIV hanya mencapai 47% dari perkiraan jumlah total 640 ribu orang.

“Indonesia adalah epidemi terkonsentrasi, prevalensinya 0,33%. Terkonsentrasi artinya di semua provinsi, jadi semua provinsi melaporkan kasus,” jelas Kasubdit AIDS dan Penyakit Menular Seksual (PIMS) Kementerian Perhubungan. Kesehatan, Endang Budi Hastuti saat diwawancarai.

Cara Tepat Menjelaskan Tentang Hiv/aids Kepada Anak

Namun, lanjut Endang, hanya sebagian dari 34 provinsi yang memiliki jumlah kasus tinggi. Di setiap provinsi, tidak semua kabupaten atau kota memiliki kasus tinggi, kecuali Papua dan Papua Barat yang penyebarannya hampir merata sehingga berstatus wabah meluas.

Data juga menunjukkan bahwa kasus HIV cenderung meningkat. Dari tahun 2010 hingga 2013, jumlah kasus baru HIV positif sekitar 20 ribu. Tahun 2014 dan 2015 meningkat menjadi 30 ribu kasus dan terus meningkat dari tahun 2016 menjadi 40 ribu.

Jumlah tertinggi tercatat pada tahun 2017, yakni sebanyak 48.300 kasus. Pada tahun 2018, jumlahnya mencapai 21.336 pada bulan Juni atau hampir sama dengan jumlah kasus HIV pada tahun 2012. DKI Jakarta merupakan provinsi penyumbang HIV terbesar dengan total 55.099 kasus dan terendah Sulawesi Barat dengan 145 kasus.

Cara Mencegah Penularan Hiv Aids Adalah Kecuali

“Bisa dibilang lebih baik karena semakin banyak orang tahu mereka belum terkena AIDS dan semakin banyak orang ingin dites,” tambah Endang.

Cara Penularan Dan Pencegahan Hiv

Pada saat yang sama, AIDS diklasifikasikan sebagai stabil. Jumlahnya hampir selalu di bawah 10 ribu kasus, kecuali pada tahun 2012, 2013, dan 2016. AIDS tertinggi ditemukan di Papua sebanyak 22.376 kasus, disusul Jawa Timur sebanyak 19.315 dan Jakarta sebanyak 9.613 kasus. Sulawesi Barat juga memiliki kasus paling sedikit, yakni 25 kasus.

Lebih lanjut, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Wiendra Waworuntu menjelaskan, hingga saat ini Kementerian Kesehatan terus melakukan sosialisasi tentang HIV/AIDS. Dikatakannya, isi sosialisasi tidak bisa disamaratakan. Penjangkauan ke populasi kunci, seperti pekerja seks komersial (PSW), sering mempromosikan penggunaan kondom.

Kementerian Kesehatan, lanjut Wiendra, juga mulai menyasar lembaga pendidikan untuk memasukkannya ke dalam pelajaran reproduksi atau muatan lokal. Bahkan beberapa sekolah memadukannya dengan pendidikan jasmani dan olahraga.

Kementerian Kesehatan juga meningkatkan jangkauannya dengan bermitra dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan masyarakat. Diantaranya adalah Yayasan Kemitraan Indonesia Sehat (YKIS) dan Rumah Cemara.

Informasi Hiv/aids Yang Keliru Di Media Dan Situs Online

Selain itu, Kementerian Kesehatan juga mengumumkan aplikasi HIV/AIDS yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang valid, seperti layanan chat online Tanya Marlo yang disponsori oleh The Joint United Nations Programme on HIV and AIDS (UNAIDS) di mana terdapat LINE.

Seiring dengan berbagai upaya tersebut, masyarakat perlu memahami apa itu HIV/AIDS. Sayangnya, pengetahuan masyarakat tentang HIV/AIDS masih sangat rendah menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Di dalam negeri, pengetahuan masyarakat HIV/AIDS dari gabungan 24 pertanyaan dengan kategori benar 16 sampai 24 hanya mencapai 1%.

Sekitar 31,8% menjawab benar 8 sampai 15, dan sebagian besar atau 65,2% hanya bisa menjawab 0 sampai 7. Sedangkan sisanya 2% tidak tahu apa-apa. Menurut Viendra, hal itu bisa terjadi karena penyebarannya belum meluas dan informasi HIV masih belum diperhitungkan.

Cara Mencegah Penularan Hiv Aids Adalah Kecuali

“Bisa jadi penyebarannya kurang luas. Kita harus cari cara untuk peduli kepada masyarakat tentang HIV/AIDS, harus menarik,” katanya.

Pelaku Video Vina Garut Hiv Positif, Ketahui 4 Cara Mencegah Hiv/aids Dari Pasangan

Wiendra mencontohkan upaya PR melalui radio, televisi, iklan bioskop, kereta api, tempat umum, dll. Tetapi menuju ke sana membutuhkan banyak biaya.

Saat ini pendanaan penanggulangan HIV/AIDS di bidang kesehatan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), donor dari organisasi internasional The Global Fund (GF) dan hibah lainnya.

Indonesia mendapat dukungan GF sejak tahun 2008, yang jumlahnya mencapai Rp 111,6 miliar atau hampir 60% dari total anggaran HIV/AIDS tahun itu. Tren porsi anggaran yang berasal dari kontribusi asing cenderung menurun dari 60% pada tahun 2008 menjadi kurang dari 20% pada tahun 2017.

“Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah yang semakin meningkat dalam penanggulangan HIV/AIDS dan sikap pemerintah yang mengharapkan kelanjutan program-program yang selama ini dibiayai dengan dana hibah,” jelas Wiendra.

Pre Test Pelatihan Hiv

Tapi sejauh ini anggaran tidak cukup. Dalam SRAN, pengelolaan harus dimulai dari hulu hingga hilir. Ini harus dimulai dengan pencegahan dan promosi dan konseling.

“Saat ini pencegahan lebih ke prioritas kegiatan. Mulai meningkatkan pemasaran, tapi sekarang lebih ke testing dan treatment. Mundur karena dana tidak banyak,” ujar Wiendra.

Masalah lainnya adalah distribusi layanan kesehatan. Dari segi pelayanan bisa dibilang sudah lama sekali. Saat ini terdapat 5.449 layanan tes HIV, 2.495 layanan tes infeksi menular seksual (IMS) dan layanan lainnya. Namun, penyebarannya tidak merata, begitu pula petugas kesehatan.

Cara Mencegah Penularan Hiv Aids Adalah Kecuali

Tidak cukup berhenti saja, masalah HIV/AIDS selain mengobati penyakit, meningkatkan kesadaran masyarakat, juga melawan stigma. Keadaan ini berlanjut sejak HIV/AIDS pertama kali muncul pada tahun 1987 di Indonesia.

Cegah Penularan Hiv Aids Di Bandung, Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Sebut Solusinya Nikah Dan Poligami

Radiaz Hages Triandha, Koordinator Care Support and Treatment (CST) dan Humas di Kuldesak, salah satu LSM HIV/AIDS, merasakan isu stigma secara langsung. Terpapar HIV, Hages mengaku masih mengalami diskriminasi. Awalnya dia percaya bahwa diskriminasi hanya datang dari orang-orang dengan latar belakang keluarga, ekonomi atau pendidikan yang rendah.

Padahal, diskriminasi bukan hanya karena rendahnya pendidikan, tapi juga karena pengetahuan masyarakat yang terbuka dan menerima orang yang hidup dengan HIV/AIDS (ODHA). Berdasarkan hasil survei, masih ada oknum dokter yang mendiskriminasi ODHA.

“Tapi tukang becak dan tukang ojek yang ikut saya, saya bilang saya positif HIV, mereka benar-benar menerima saya dengan baik,” jelas ibu tiga anak ini dalam wawancara.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengetahuan dan pemikiran masyarakat tentang HIV masih belum terbuka. Ada orang yang tahu, cukup tahu tapi tidak mau berbagi dengan orang lain, ada juga yang tidak mau tahu.

Pedoman Pmtct Nasional

Namun, tak sedikit yang peduli dan melakukan aksi seperti “Peluk Odha”. Hages mengapresiasi sosialisasi yang mulai berkembang dengan menggunakan kata-kata yang mendorong masyarakat untuk lebih mengenal HIV. Menurutnya, itu mengoreksi kesalahan pelaporan dan sosialisasi dekade terakhir.

Pada tahun 1980-an, penyakit HIV ditemukan berasal dari pasangan sesama jenis, dan berlanjut hingga tahun 1990-an HIV dari pengguna narkoba suntikan.

Kemudian pada abad ke-21 karena sifat seks heteroseksual, yaitu laki-laki “berbicara” di luar dan mengirimkannya kepada pasangan dan anak-anak mereka. Kondisi tersebut memperkuat stigma HIV hingga saat ini.

Cara Mencegah Penularan Hiv Aids Adalah Kecuali

Sayangnya, sosialisasi oleh LSM dan pemerintah menurun pada tahun 2018. “Masih ada dana untuk HIV, tetapi sosialisasi hilang. Tahun ini kami tidak menerima permintaan sosialisasi dari pemerintah, tidak ada sama sekali,” kata Hages.

Ini Alasan Tak Perlu Jauhi Teman Yang Terkena Hiv/aids!

Alhasil, Hages dan teman-temannya di Kuldesak melakukan sosialisasi sendiri-sendiri. Sosialisasi yang belum maksimal juga terlihat dengan adanya kelompok-kelompok yang belum terjangkau. Kasus pengusiran tiga siswa pengidap HIV di Samosir, Sumatera Utara, dari negaranya sendiri menjadi bukti bahwa pendidikan HIV tidak merata.

Selain ketiga siswa SD itu, Albertus Adiwenanto, seorang dokter di Rumah Sakit St.Carolus yang merawat pasien HIV, juga mendengar hal serupa. Dia mengetahui dari ayah dan kepala sekolahnya bahwa seorang guru privat dipecat karena dia positif HIV, meskipun dia diberitahu bahwa dia tidak akan menyebarkan virus tersebut.

Misalnya di Jakarta yang banyak informasinya, ada orang yang tidak paham HIV, apalagi di luar Jakarta. Pengetahuan tentang HIV berbanding lurus dengan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang ada sehingga semakin sedikit fasilitas yang tersedia maka semakin sedikit pula pengetahuan yang dimiliki.

Menurut Wenan, pengetahuan tentang HIV tidak didasarkan pada pendidikan dan keuangan, tetapi merupakan masalah perspektif seseorang. Harus ada himbauan yang komprehensif yang disebarkan sebagai iklan layanan masyarakat.

Radio Swara Lima Luhak 104.4 Fm: Cegah Penularan Hiv/aids, Rsud Rohul Lakukan Vct Mobile Di Lapas Kelas Iib Pasir Pengaraian

Ia menyayangkan masih banyak masyarakat yang belum memahami apa itu HIV/AIDS. Rata-rata pasien yang datang kepadanya juga tidak mengetahui informasi dengan benar.

“Saya tidak mengerti informasi yang mereka baca tentang HIV sehingga informasi yang mereka dapatkan hanya sebagian, mungkin tidak ada penyuluhan komprehensif tentang HIV,” katanya.

Menurut dia, sumber data jumlah orang yang terinfeksi HIV/AIDS dan jumlah pasien yang dirawat yang benar adalah dari pemerintah. Pemerintah belum menyajikan informasi tentang HIV/AIDS dalam bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat. Informasi paling akurat hingga saat ini benar-benar berasal dari saran rumah sakit.

Cara Mencegah Penularan Hiv Aids Adalah Kecuali

Wenan menjelaskan bahwa kematian akan dialami oleh setiap orang. Namun, bagi ODHA, penyebab utama kematiannya adalah stigma sosial yang membuat mereka mengucilkan diri dan tidak mendapatkan pengobatan.

Cara Penularan Hepatitis Akut

“Stigma di masyarakat ODHA masih tinggi, merekalah yang menilai. Orang dengan HIV harus didukung dan diajak berobat karena satu-satunya cara untuk mencegah penyebaran HIV adalah dengan berobat,” jelas Wenan.

Dijelaskannya, penularan HIV yang pertama adalah melalui hubungan seksual tanpa pengaman, yang kedua melalui jarum suntik, ibu hamil dan ibu menyusui, hanya saja HIV tidak dapat menular. Hal ini membuat penularan HIV tidak mudah. Jumlah virus HIV paling banyak terdapat pada darah lain seperti air liur, sangat kecil dan tidak dapat menyerang orang lain.

HIV ditularkan ketika titik masuk bersentuhan dengan pembuluh darah. Kedua, jumlah virus dalam darah harus cukup untuk menular, jika cukup kecil untuk tidak menular. Yang ketiga adalah sistem kekebalan tubuh orang lain, jika sistem kekebalan tubuh kuat Anda tidak akan tertular.

“Sebagai ilustrasi, anak dalam kandungan ibu yang positif HIV/AIDS, foto kita pasti tertular, tapi itu resiko.

Soal Lomba Kkr 13

Cara mencegah penularan hiv aids adalah, cara mencegah penularan hiv aids, cara untuk mencegah penularan hiv aids, penularan hiv aids dapat terjadi melalui cara sebagai berikut kecuali, upaya mencegah penularan hiv aids, cara mencegah penularan hiv atau aids adalah kecuali, cara mencegah penularan hiv dan aids, cara pencegahan penularan hiv atau aids adalah kecuali, cara penularan hiv aids antara lain sebagai berikut kecuali, penularan hiv aids dapat terjadi melalui kecuali, cara penularan penyakit hiv aids adalah sebagai berikut kecuali, mencegah penularan hiv aids