Cara Memperbaiki Tv Lg Hidup Sebentar Mati Lagi

Cara Memperbaiki Tv Lg Hidup Sebentar Mati Lagi – TV LED LG 29MT45A saat saya terima mati total, lampu indikator saat saya nyalakan power tetap mati.

Sebelum melakukan pemeriksaan seperti biasa, buka terlebih dahulu cover penutup belakang, dan setelah dibuka terlihat area kerusakan. Di area inverter yang rusak berat, IC driver dan transistor fet terlihat hangus. Saya langsung melepas IC driver DT1641AS yang hangus dari board dan menggunakan tipe DT1641S sebagai penggantinya. Sebelum memasang IC driver saya terlebih dahulu mencari diagram inverter untuk mengetahui apakah ada komponen lain yang rusak.

Cara Memperbaiki Tv Lg Hidup Sebentar Mati Lagi

Cara Memperbaiki Tv Lg Hidup Sebentar Mati Lagi

Terlihat ok sejauh ini jadi saya menginstal IC driver DT1641S dan lainnya. Sebelum menguji ini, saya juga memeriksa catu daya untuk memastikan catu daya memadai. Catu daya dari model eksternal yang digunakan untuk memasok listrik ke TV LED LG 29MT45A, saya buka casingnya dan ternyata benar. Kapasitor filter DC pada power supply ini rusak dengan tanda menggelembung. Ada dua dan saya ganti keduanya dengan nilai 1000uF/25 volt lalu pasang kembali case dan beri lem

Cara Memperbaiki Tv Panasonic Hidup Sebentar Mati Lagi

Sekarang saatnya mencoba menyalakan TV LED LG 29MT45A. Alhamdulillah lampu indikatornya nyala dan tekan power? TV LED LG 29MT45A sudah normal kembali.

Tips, trik, service, elektronik yang kami tuliskan ini merupakan pengalaman kerja kami sehari-hari, semoga bermanfaat. Jika ada kesulitan atau kurang jelas silahkan tulis komentar anda. Kami harap Anda tetap semangat dalam menjalaninya. Lain kali Anda memposting, Anda mungkin mendapatkan TV merek Cina Votre dengan masalah mati dan tidak dapat memulai. Ya kalau TV mati memang ga bisa nyala gan.. it.. it.. Berarti voltase ke tv ada, tapi ga bisa nyala. Kebanyakan kerusakan TV China disebabkan oleh kerusakan komponen. Mengapa TV China atau TV China sering rusak? Ya biasa aja, harga murah, kualitas komponen jangan ditanya kualitasnya pasti kurang bagus, dan mudah sekali rusak. Inilah salah satu faktor lemahnya TV China, kualitas komponen yang buruk. Komponen apa saja yang sering rusak pada TV China? Baca lebih banyak.

Hari ini, tidak seperti dulu dalam hal layanan TV. Jika TV sebelumnya rusak, perbaiki sendiri dengan mencari kerusakan sampai ditemukan. Sampai dia..he.. mangkrak, karena dulu belum ada mesin TV baru. Saat ini, ada banyak TV China baru dengan harga murah yang dijual di pasaran. Terkadang, tukang reparasi sering mengambil jalan pintas dengan mengganti mesin asli dengan TV China. Penyebabnya biasanya kerusakan parah, komponen hilang, dll. Padahal, ada baiknya mengganti TV dengan mesin China. Karena ini adalah keluaran tunggal, Anda tidak dapat memperbaiki TV jika macet. Namun secara praktis terdapat kelemahan pada mesin China yaitu kualitas komponen yang buruk. Akibatnya TV akan mudah rusak.

Kembali ke kasus TV Cina yang mati, itu tidak dapat dimulai. Kontrol dimulai dari tegangan b+. Sebelum mengecek tegangan b+, saya simpan elco atau kapasitor b+ yaitu C561, elco 47uf/160v yang kondisinya fluktuatif. Dan ternyata salah satu kakinya dicabut dari badan pohonnya he..huh.. akhirnya saya ganti pohonnya. Lalu saya cek voltase b+, normalnya 115v. Namun saat menekan tombol power atau channel, TV tetap tidak mau hidup atau menyala. Padahal tegangan b+ normal.

Tv Polytron Minimax Nyala Sebentar / Sesaat Langsung Mati Standby

Cek tegangan pemrograman IC power elco yaitu elco C564 470uf/16v disini hanya mengukur 8 volt. Meskipun biasanya harus lebih dari 12v. Lalu saya cek elco C564 ini, ternyata kondisinya kering, nilainya hilang he..heh.. akhirnya saya coba ganti elco C564 dengan yang baru. Lalu saya cek tegangan elco lagi, alhamdulillah bisa naik sampai 12v ke atas. Dan TV bisa langsung dinyalakan. Berikut gambar lokasi elco C561 dan C564 di TV PC.

Jadi penyebab rusaknya TV China yang sudah meninggal tidak bisa di hidupkan karena Elco C561 dan C564 dalam keadaan rusak. Setelah Anda mengganti kabel daya baru, TV dapat langsung dihidupkan kembali. Selain mengganti kedua Elco di atas. Solder ulang bagian yang tampak rapuh atau goyah. Solder dapat ditambahkan. Kami harap ini bermanfaat. Kerusakan pada TV yaitu lampu indikator menyala tapi tidak bisa di hidupkan. Suatu kondisi termasuk akibat proteksi TV yang sering terjadi pada TV tabung polytronic berbagai jenis. Kondisi proteksi ini juga bisa bermacam-macam, misalnya setelah dinyalakan beberapa saat, gambarnya normal/tidak normal, lalu diproteksi, atau dihidupkan, tapi saat mau start malah gagal, dan TV memproteksi langsung . Ada yang start otomatis lalu protect, start lagi protect lagi dan lagi dan lagi sehingga lampu indikator menyala dan mati.

Protek adalah sistem TV yang dibuat ketika ada masalah pada sirkuit yang dapat mengaktifkan sistem proteksi aktif. Aimnya bagus banget biar damagenya gak merusak komponen lain malah tambah parah damagenya.

Cara Memperbaiki Tv Lg Hidup Sebentar Mati Lagi

Namun kekurangannya adalah akan sulit bagi teknisi untuk mengetahui apa sebenarnya penyebab kerusakan pada TV tersebut. Meskipun jenis kerusakannya kecil dan tidak serius, sistem proteksi mungkin aktif dan TV tidak mau hidup. Ya, saat proteksi aktif, teknisi tidak dapat menemukan penyebab kerusakan karena tidak dapat memonitor voltase, karena semua voltase akan drop dengan voltase tertentu. Namun, bagi teknisi berpengalaman hal ini tidak terlalu menjadi masalah berdasarkan jam terbangnya.

Memperbaiki Tv Polytron Hidup Sebentar Kemudian Mati Indikator Led Hidup

Keadaan TV mati dengan cara ini mudah dan sulit, terkadang mudah dan terkadang juga sulit. Jadi bagaimana Anda melacaknya? Berdasarkan pengalaman, begini caranya:

Hampir semua sistem proteksi TV politronik menggunakan sampling proteksi pulsa vertikal. jadi jika blok vertikal tidak berfungsi akan menyebabkan tv terlindungi. Jadi, antara lain, alasan mematikan TV Polytron dilindungi:

Jadi berdasarkan 2 kemungkinan alasan di atas kita mulai melacak, memeriksa dan memeriksa kembali blok vertikal. PERIKSA HAL-HAL BERIKUT DENGAN NOMOR URUTAN UNTUK KEMUNGKINAN KERUSAKAN:

Kemungkinan ada masalah pada rangkaian proteksi bagian blok vertikal sehingga tidak mengirimkan pulsa vertikal ke pin proteksi IC mikrokontroler atau IC jungle, alhasil TV diketahui mati perlindungan atau gagal untuk memulai.

Cara Memperbaiki Tv Digitec Layar Gelap Suara Normal

Cara kerjanya pulsa vertikal yang dihasilkan oleh pompa vertikal (PLYBACK GENERATOR) dikopel ke elco kecil 1uf/50V yang dihubungkan dengan dioda sebagai penyearah pulsa vertikal sehingga menjadi tegangan 5v.

Tegangan 5V ini harus diumpankan ke pin pelindung IC mikrokontroler terpisah atau yang menjadi satu dengan IC hutan agar tetap berjalan. Jadi jika misalnya vertikal tidak bekerja secara otomatis, pulsa juga tidak menghasilkan pulsa, maka tegangan 5V dari pelindung otomatis hilang, sehingga pin pelindung IC mikrokontroler tidak menerima tegangan ini – dan TV menyala dari perlindungan.

Jika pohon Natal kering, tegangan 5v tidak tercapai, bisa hilang atau kurang. Jika dioda rusak, tegangan 5v pasti hilang dan TV terlindungi. Untuk itu, langkah pertama adalah mengecek pohon natal kemudian dioda yang tentunya memastikan kedua komponen tersebut masih bagus. Jika Anda tidak yakin tentang elco, ganti saja elco (jika Anda tidak memiliki meteran ESR).

Cara Memperbaiki Tv Lg Hidup Sebentar Mati Lagi

Jika memang ada masalah dengan salah satu atau kedua komponen pelindung, TV tidak lagi terlindungi dan masalah teratasi. Jika TV masih terproteksi, lanjutkan pemeriksaan penyebabnya berdasarkan opsi 2: Contoh pola vertikal dan letak komponen protektif.

Penyebab Monitor Dan Tv Led Hidup Sebentar Lalu Mati

Maka hal yang paling awal dan sederhana saat TV diproteksi setelah dinyalakan adalah dengan mengecek komponen proteksi C-pair elco c402, lalu c401 1uf/50V dan bila perlu cek juga rectifier D401 IN4148. Pada umumnya TV bisa langsung dihidupkan.

Blog vertikal sendiri memiliki 2 sistem voltase, ada yang menggunakan voltase tunggal 16v dan ada yang menggunakan voltase simetris (plus dan minus 12v). Karena biasanya tegangan vertikal ini diambil dari pin bouncing, sehingga pada saat TV terlindung tidak mungkin untuk mengecek tegangan ke pin vertikal IC. Untuk mengetahui pin tegangan / Vcc yang mana anda bisa melihat lembar data IC yang digunakan dengan cara browsing. Jadi apa selanjutnya?

Setelah diketahui kaki IC vertikal mana yang merupakan jalur Vcc, periksa jalur yang dilalui komponen menuju sumber tegangan yaitu pin bouncing atau jalur menuju catu 12 atau 16 V. Biasanya ada tulisan pada pin pelapis di bawah PCB seperti B+ AFC, ABL, 12V 12V, H, G dll. Jika memiliki 12v 12v maka itu hanyalah sumber tegangan yang memasok IC vertikal.

Jadi periksa semua komponen yang ada di jalur tegangannya, baik plus maupun minus (kalau simetris), terutama sebelum komponen seperti dioda dan resistor beserta soldernya, apakah ada yang retak atau tidak (kalau harus resolder). . Jika tidak menemukan dioda yang korsleting/rusak atau resistor yang putus, lanjutkan dengan memeriksa elektroda yang berfungsi sebagai penyaring tegangan.

Tv Toshiba 21cz3e1 Tidak Bisa Start

Perlu diperhatikan bahwa tegangan elco yang short akan menyebabkan tegangan hilang, jika kapasitansi sudah turun atau kering maka dapat menyebabkan tegangan turun sekian volt dan menimbulkan ripple. Semua ini dapat menimbulkan masalah ketika blok vertikal tidak berfungsi atau tidak bekerja secara optimal, sehingga hasil akhirnya adalah TV berpelindung.

Coba cek tegangan 180V ke blok RGB yang merupakan tegangan dari saklar dan tegangan B+ 115V dari regulator. Karena TV terlindung, voltase pasti akan turun. Tetapi meskipun turun, jika masih ada tegangan di titik kontrol, tegangan 180 V ada, maka asumsinya adalah selama papan bekerja. Hanya tegangan kecil 12V (blok arus vertikal) dari sakelar akan hilang atau sangat kecil karena B+ turun.

Jika sakelar tidak memiliki tegangan sama sekali pada titik kontrol tegangan 180V, mungkinkah transistor horizontal tidak berfungsi? Itu mungkin, periksa.

Cara Memperbaiki Tv Lg Hidup Sebentar Mati Lagi

Ini seharusnya hanya diperiksa sejauh itu, seharusnya tidak benar-benar dikerjakan terlebih dahulu. Lanjut saja ke pemeriksaan berikutnya.

Macam Macam Kerusakan Tv Digitec

Pengecekan IC vertikal merupakan langkah terakhir ketika 3 langkah diatas sudah dilakukan dan tidak ditemukan masalah kerusakan komponen.

Maka disini disempitkan kesimpulan bahwa kerusakan itu sangat mungkin karena IC vertikalnya yang rusak.

Tv lcd lg hidup sebentar mati lagi, tv panasonic hidup sebentar mati lagi, tv polytron slim hidup sebentar mati lagi, tv lg hidup sebentar mati lagi, tv led lg hidup sebentar mati lagi, tv polytron 21 slim hidup sebentar mati lagi, tv lg slim hidup sebentar mati lagi, kulkas hidup sebentar mati lagi, tv polytron hidup sebentar mati lagi, tv sanyo hidup sebentar mati lagi, tv led lg 32 hidup sebentar mati lagi, tv lg ultra slim hidup sebentar mati lagi