Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Di Google Form

Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Di Google Form – Saat ini sudah banyak website yang menyediakan fasilitas untuk melakukan tanya jawab secara online. Bahkan tidak jarang kampus atau sekolah memiliki sistem tersendiri dalam proses pembelajaran daring. Namun di banyak website, Google Forms masih menjadi layanan yang paling populer karena lebih mudah digunakan.

Google Forms memiliki banyak fitur yang memungkinkan kita membuat berbagai jenis pertanyaan, mulai dari pertanyaan esai hingga pertanyaan pilihan ganda. Kami juga dapat menyertakan kunci jawaban untuk menilai jawaban secara otomatis sehingga Anda tidak perlu memeriksa jawaban satu per satu. Tidak hanya itu, ada juga fungsi timer untuk membatasi waktu respon.

Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Di Google Form

Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Di Google Form

Nah, selanjutnya kita telah membahas secara detail cara membuat Google form sederhana pada artikel sebelumnya. Kali ini kita akan mengajukan pertanyaan tentang Google Forms dalam bentuk esai dan pilihan ganda. Mari kita mulai dengan jenis soal ujian.

Cara Buat Soal Di Google Form

Soal esai adalah jenis soal yang membutuhkan jawaban berupa kalimat atau teks. Ada 2 jenis formulir yang dapat digunakan, yaitu jawaban singkat untuk soal yang hanya membutuhkan 1 baris jawaban dan paragraf untuk soal yang membutuhkan lebih dari 2 baris jawaban. Kita bisa menggunakan laptop atau handphone karena caranya sama hanya letak menunya saja yang berbeda.

Saat tautan dibuka oleh siswa, pertanyaan yang Anda buat akan muncul. Jika ingin melihat pratinjau atau preview soal, klik tombol Preview yang ditandai dengan ikon mata. Nah, selanjutnya kita evaluasi jawaban dari soal esai yang dijawab oleh siswa.

Untuk mendapatkan daftar nilai yang kita cek dalam bentuk file excel, kita hanya perlu mengklik tombol menu 3 titik di pojok kanan atas di bawah menu Tanya Jawab. Kemudian klik Unduh Umpan Balik. File tersebut akan menjadi file zip. Jika diekstrak, file tersebut akan menjadi csv yang dapat dibuka di MS Excel.

Soal pilihan ganda di Google Forms sebenarnya mirip dengan esai. Hanya opsi yang dipilih pada jenis formulir yang merupakan pilihan ganda. Kita juga bisa mengajukan soal pilihan ganda melalui laptop dan handphone.

Tutorial Lengkap Cara Membuat Ulangan Online Gratis Dengan Google Form

Setelah siswa menjawab soal pilihan ganda, maka secara otomatis akan dikoreksi sesuai dengan kunci jawaban yang telah dimasukkan. Jadi kita tidak perlu menilai satu per satu. Kini, untuk melihat hasil nilai siswa dalam bentuk file excel bisa dilakukan dengan mudah.

Seperti, mudah bukan? Kita juga bisa menggabungkan 2 jenis soal sesuai dengan keinginan kita. Caranya sangat mudah, tinggal memilih jenis formulir baik pilihan ganda maupun paragraf. Untuk evaluasi, jika menggunakan kombinasi, sangat disarankan untuk melakukan evaluasi secara manual. Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Pada Google Forms – Apakah Anda ingin membuat kuis atau soal menggunakan Google Forms? Di era online ini, semua kegiatan, baik itu sekolah, proses rekrutmen, siswa dll, telah beralih dari offline ke online.

Sejak awal wabah, kebijakan pembelajaran online dari rumah dipilih pemerintah untuk menahan penyebaran virus dan menjaga keselamatan siswa, guru, dan tenaga kependidikan.

Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Di Google Form

Situasi tersebut memaksa pembelajaran dilakukan secara online melalui smartphone atau laptop. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran kreatif secara individual.

Cara Paling Mudah Membuat Google Form (lengkap Dengan Gambar)

Pada pembahasan kali ini, kami akan memberikan tutorial cara membuat soal pilihan ganda dengan mudah dan benar di Google Forms.

Google Forms adalah aplikasi web yang memungkinkan pengguna membuat survei khusus sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan demikian, pengguna dapat menerima umpan balik langsung dari pemirsa yang mengikuti survei.

Tidak hanya itu, guru juga dapat menggunakan Google Form ini untuk membuat kuis dan tes bagi siswanya. Ingin menggunakan Formulir Google ini? Nanti kita lihat ceritanya!

Langkah pertama yang perlu dilakukan pengguna adalah membuka Google Drive. Setelah itu, klik ikon sembilan titik di kanan atas. Pilih Google Formulir dan klik ikon “+” untuk membuat formulir baru.

Cara Gratis Membuat Formulir Pendaftaran Pendidikan Dan Kegiatan Resmi Di Google Forms

Form yang akan dibuat akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Pengguna dapat memberi nama formulir sesuai dengan kebutuhannya, misalnya “Ujian Harian Kelas 7-A”.

Untuk formulir berupa kuis dan tes, klik tombol pengaturan di kanan atas dan buka menu Quizzes. Setelah itu, pengguna mengklik “Jalankan tes ini”. Ada juga pilihan bagi responden untuk menentukan apakah jawabannya benar atau salah.

Langkah selanjutnya adalah membuat soal pilihan ganda dengan mengubah soal menjadi pilihan ganda. Isi bagian “pertanyaan konyol” dengan pertanyaan untuk diajukan. Kemudian tambahkan opsi respons. Jangan lupa isi “kunci jawaban” untuk melihat pilihan jawaban yang benar. Itu juga memberikan jumlah poin untuk pertanyaan itu.

Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Di Google Form

Selain banyak pilihan, Google Forms juga menawarkan pilihan untuk membuat pertanyaan dengan isian jawaban singkat. Caranya klik tombol soal dengan icon (+) di sebelah kanan soal.

Cara Mengetahui Kunci Jawaban Google Form Terbaru

Selanjutnya, isi kolom pertanyaan dengan pertanyaan singkat yang ingin Anda ajukan. Ubah jenis pertanyaan menjadi “jawaban singkat” sehingga peserta dapat menulis jawaban singkat atas pertanyaan tersebut.

Contoh lain dari pertanyaan yang dapat diajukan adalah pertanyaan dengan lebih dari satu jawaban. Bagaimana menambahkan lebih banyak pertanyaan dan menulis pertanyaan untuk ditanyakan. Kemudian ubah jenis pertanyaan menjadi Kotak.

Isi kolom permintaan dengan instruksi permintaan. Misalnya, “dengarkan perangkat berikut!”. Tambahkan gambar dengan mengklik tombol di sebelah baris pertanyaan dan tambahkan ke pertanyaan.

Selanjutnya, berikan deskripsi gambar dengan mengklik ikon tiga titik di sebelah kiri gambar. Masukkan jawaban pilihan ganda yang benar. Jangan lupa isi kunci jawabannya. Di sini, pengguna dapat memilih lebih dari satu jawaban yang benar.

Cara Membuat Soal Ujian Online Dari Ms Word Menjadi Google Form Otomatis Dengan Cepat

Setelah semua pertanyaan dibuat dengan benar, saatnya untuk berbagi. Klik tombol “Kirim” di kanan atas dan pilih tautan untuk dibagikan. Jangan lupa pilih “url shorten” agar link yang diberikan tidak terlalu panjang. Terakhir, salin formulir terlampir dan bagikan kepada siswa yang akan mengikuti tes atau ujian ini.

Nah, berikut ini cara membuat kuis dan tes dengan Google Forms. Alternatif ini dapat dilakukan jika guru tidak mampu menyiapkan soal dan tes secara tatap muka.

Untuk informasi lebih lanjut, tonton video tutorial Penggunaan Google Formulir yang diunggah oleh Direktorat SMP di channel YouTube kami dengan mengklik video di bawah ini. Semoga ini membantu! Halo tuan dan nyonya! Apa kabar? Saya masih berharap sehat dan semangat untuk terus berkarya, ya. Di masa pandemi ini, proses pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka berubah menjadi daring. Perubahan sistem pembelajaran online menuntut siswa dan guru untuk menyesuaikan banyak hal.

Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Di Google Form

Seperti soal-soal latihan yang tidak lagi dibagikan langsung di selembar kertas. Hal ini memberikan kesempatan kepada guru untuk melatih siswa dengan membuat soal latihan secara online, namun tetap memperhitungkan kesempatan siswa untuk menjawab soal tanpa menyontek atau mencari jawaban di internet.

Cara Mengetahui Jawaban Google Form, Bikin Nilai Jadi 100

Untungnya, saat ini Google Form menyediakan konsep pembelajaran seperti ini. Anda dapat menggunakan Google Formulir untuk membuat soal latihan yang meminimalkan peluang siswa untuk berbuat curang saat mengerjakan soal latihan.

Dalam deskripsi “Pertanyaan Tanpa Judul”, Anda dapat menulis pertanyaan yang sudah disiapkan. Kemudian, tulis jawaban di “Pilihan 1” dan “Tambahkan Pilihan” untuk menambahkan pilihan jawaban.

Halaman pertanyaan Google Form yang akan dilihat siswa berdasarkan pertanyaan yang diajukan di atas adalah seperti gambar di bawah ini.

Jika Anda ingin mengoreksi jawaban Anda di Google Forms sekaligus memberikan penilaian otomatis, Anda hanya perlu memasukkan jawaban yang benar sehingga setelah siswa menjawab soal latihan, sistem di Google Forms akan mengoreksi jawabannya secara otomatis.

Tips Membuat Macam Soal Di Google Form Untuk Pemula

Untuk membagikan soal ujian kepada siswa, Anda dapat membagikan tautan sebelum menyalin tautan dengan memilih tombol kirim di pojok kanan atas.

Nah, jika ingin proses belajar mengajar lebih mudah, cobalah bergabung dengan Sekolah Premium (QSP). Melalui QSP, kebutuhan guru dan siswa dapat terfasilitasi dengan baik selama kegiatan pembelajaran

Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan dukungan penuh melalui bimbingan selama 1 tahun akademik dari awal hingga akhir, sehingga Anda dapat memanfaatkan sepenuhnya berbagai fitur yang tersedia di QSP.

Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Di Google Form

Tertarik untuk mencobanya atau ingin informasi lebih lanjut? Anda dapat menghubungi QSP melalui telepon atau WhatsApp di 0811 1785 309 atau 0811 9941 637 atau kunjungi websitenya disini. Di era modern ini, banyak layanan online berbasis aplikasi atau website yang membantu mempermudah pekerjaan di bidang pendidikan. Dan tentunya membuat kegiatan edukasi menjadi lebih interaktif dan tidak dibatasi oleh “jarak dan waktu” karena dapat dilakukan secara online. Bahkan saat ini, Anda bisa mengikuti ujian secara online dengan bantuan Google Formulir (Formulir). Mengajukan pertanyaan secara online dengan Google Forms sangat mudah dan tentunya gratis. Menurut Wikipedia, Google Forms adalah aplikasi administrasi survei yang termasuk dalam suite kantor Google Drive bersama dengan Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Formulir menampilkan semua fitur berbagi dan berbagi yang terdapat di Dokumen, Spreadsheet, dan Slide.

Cara Mudah Membuat Soal Pilihan Ganda Dengan Google Form Disertai Nilai Otomatis

Dengan bantuan Google Forms, setiap jawaban siswa akan langsung dihitung dan dapat langsung dilihat oleh siapa saja yang mengerjakan ujian di lembar kerja Google Sheets (versi Google Excel).

Silahkan buka browser di komputer atau laptop, lalu buka alamat berikut: https://docs.google.com/forms/. Masuk dengan akun Google, lalu klik tanda Plus untuk membuat formulir baru. Klik pengaturan di pojok kanan atas, pilih tab Kuis dan aktifkan opsi Jadikan ini sebagai kuis.

Untuk pilihan lainnya silahkan atur sesuai kebutuhan. Jika pelepasan nilai akan dilakukan setelah semua siswa mengikuti ujian, aktifkan opsi Nanti, setelah meninjau pengaturan pelepasan nilai secara manual. Dan jika siswa tidak diperbolehkan melihat pertanyaan yang hilang, jawaban yang benar, dan/atau skor setelah mengikuti ujian, batalkan pilihan pada pengaturan yang dapat dilihat oleh semua responden. Klik Simpan setelah selesai.

Sebelum Anda mulai membuat soal secara online dengan Google Forms, berikut penjelasan fitur dan pilihan yang ada pada halaman pembuatan form baru.

Cara Membuat Soal Online Di Hp Dengan Google Form

Pertama, isi judul dan deskripsi formulir sesuai kebutuhan. Setelah itu kita buat field Nama Lengkap dan Nomor Induk Mahasiswa Nasional (NISN). Silakan isi kolom permintaan dengan Nama Lengkap, lalu ubah opsi jawaban menjadi Jawaban Singkat. Periksa opsinya

Cara membuat google form pilihan ganda, membuat soal pilihan ganda di google form, soal pilihan ganda google form, cara membuat pilihan ganda di google form, tutorial membuat soal pilihan ganda di google form, membuat pilihan ganda di google form, cara membuat kunci jawaban pilihan ganda di google form, cara membuat google form soal pilihan ganda, buat soal pilihan ganda di google form, cara buat soal pilihan ganda di google form, cara membuat jawaban pilihan ganda di google form, cara membuat soal pilihan ganda di google form dari word