Cara Membuat Google Form Hanya Bisa Diisi Satu Kali

Cara Membuat Google Form Hanya Bisa Diisi Satu Kali – Di era modern ini, banyak layanan online berbasis aplikasi atau website yang membantu mempermudah pekerjaan di bidang pendidikan. Dan tentunya kegiatan edukasi lebih interaktif dan tidak dibatasi oleh “jarak dan waktu” karena bisa dilakukan secara online. Bahkan sekarang Anda bisa mengikuti tes secara online dengan bantuan Google Forms. Cara melakukan survey online dengan Google Forms ini sangat mudah dan tentunya gratis. Menurut Wikipedia, Google Forms adalah aplikasi manajemen pertanyaan yang termasuk dalam suite kantor Google Drive, bersama dengan Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Formulir menampilkan semua fitur berbagi dan berbagi yang terdapat di Dokumen, Spreadsheet, dan Presentasi.

Dengan bantuan Google Forms, setiap jawaban siswa dihitung secara instan dan dapat dilihat langsung oleh siapa saja yang mengikuti tes di lembar kerja Google Sheets (versi Google Excel).

Cara Membuat Google Form Hanya Bisa Diisi Satu Kali

Cara Membuat Google Form Hanya Bisa Diisi Satu Kali

Silahkan buka browser di komputer atau laptop dan buka alamat berikut: https://docs.google.com/forms/. Masuk dengan akun Google dan klik tanda tambah untuk membuat formulir baru. Klik Setting di pojok kanan atas, pilih tab Quiz dan pilih opsi Take this quiz.

Cara Membuat Google Form Di Hp, Mudah Dan Praktis!

Untuk opsi lainnya, sesuaikan sesuai kebutuhan. Jika hasilnya akan dirilis setelah semua siswa mengikuti tes, aktifkan yang terakhir setelah tinjauan manual di pengaturan pelepasan kelas. Dan jika siswa tidak diperbolehkan untuk melihat pertanyaan yang terlewat, jawaban yang benar, dan/atau skor setelah mengikuti tes, batalkan pilihan pengaturan Dapat melihat semua responden. Klik Simpan setelah selesai.

Sebelum Anda mulai membuat survei online dengan Google Forms, berikut penjelasan fitur dan pilihan pada halaman pembuatan form baru.

Pertama, isi judul dan deskripsi formulir sesuai kebutuhan. Setelah itu kita buat field Nama Lengkap dan Nomor Induk Mahasiswa Nasional (NISN). Harap isi kolom permintaan dengan nama lengkap dan ubah opsi jawaban menjadi jawaban singkat. Centang opsi yang diperlukan agar semua siswa mengisi nama lengkap mereka. Untuk mengisi NISN, Anda dapat menyalinnya langsung dari kolom Nama Lengkap dan mengubah prompt menjadi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Hasilnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

Untuk permintaan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), sistem secara otomatis menambahkan konfirmasi jawaban numerik. Artinya, jawaban soal hanya boleh diisi dengan angka. Harap hapus opsi ini jika isinya berupa angka atau huruf.

Cara Enter Google Form (update) Dan Tips Google Form Lainnya

Selanjutnya kita akan mulai membuat soal ulangan, untuk memisahkan dari kolom nama kita akan membuat bagian baru yang isinya khusus untuk soal ulangan pilihan ganda. Caranya adalah sebagai berikut.

Klik ikon Tambahkan Kelas seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Silakan masukkan judul bagian, misalnya Isi: pilih jawaban yang sesuai. Setelah diisi hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

Silakan ubah opsi jawaban menjadi pilihan ganda dan selesaikan pertanyaannya. Isikan juga pilihan jawaban seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Google Form Hanya Bisa Diisi Satu Kali

Jika semuanya sudah lengkap, klik tombol jawab untuk memasukkan jawaban yang benar dan poin pertanyaan. Karena pada contoh kita akan terdiri dari 5 soal, maka kita akan memberikan 20 poin untuk setiap soal.

Cara Membuat Google Form Di Hp & Laptop: Panduan Lengkap (update 2022)

Untuk soal esai, pilihan jawaban yang dapat digunakan adalah jawaban pendek atau paragraf untuk jawaban yang lebih panjang. Pada contoh di bawah ini, kami akan menggunakan jawaban singkat yang detailnya ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Untuk menambahkan gambar, arahkan kursor ke pertanyaan yang dibuat, lalu klik ikon unggah gambar di sebelah pertanyaan. Caranya ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Kita dapat mengunggah gambar dari komputer untuk dimasukkan ke dalam pertanyaan, jika komputer terhubung ke webcam, kita dapat menggunakan kamera melalui URL gambar, album foto, dan pencarian Google Drive atau Gambar Google.

Klik ikon menu di kiri atas gambar untuk mengatur, mengubah, dan menghapus posisi gambar. Dan untuk mengubah ukuran gambar, klik gambar tersebut, lalu seret dari sudut untuk memperbesar atau memperkecil.

Cara Membuat Berkas Pdf Yang Dapat Diisi (dengan Gambar)

Cara menambahkan gambar pada pilihan pilihan ganda sama dengan menambahkan gambar pada soal. Periksa beberapa opsi lalu klik ikon unggah gambar di sebelah opsi jawaban. Caranya ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Dengan konfirmasi, respon dari pengisi formulir mengarahkan data untuk diisi dengan format yang benar. Misalnya, ketika pertanyaan dimaksudkan untuk menanyakan alamat email, kolom jawaban hanya dapat diisi dengan format alamat email yang benar (mis. [email protected]). Contoh lain ditunjukkan pada gambar di bawah ini, jawaban dari soal-soal di bawah ini berbentuk angka. Mintalah siswa hanya mengisi angka tertentu pada kolom jawaban.

Klik menu di pojok kanan bawah pertanyaan, lalu klik konfirmasi jawabannya. Ada 4 jenis autentikasi yang dapat digunakan, yang paling umum digunakan adalah angka, teks, dan panjang.

Cara Membuat Google Form Hanya Bisa Diisi Satu Kali

Untuk soal-soal di atas, pilih Verifikasi numerik dengan syarat angka, artinya jawaban harus diisi dengan nomor yang valid. Caranya ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Membatasi Waktu Di Google Form Dengan Formlimiter

Kemudian, Anda dapat membuat verifikasi sendiri jika sesuai dengan kriteria yang diperlukan. Cara mengerjakan kuis online Anda bisa mendapatkan hasil kursus dari tautan berikut. Selamat mencoba, jika ada yang kurang paham jangan lupa beri komentar di bawah… ??Selain mesin pencari, Google memiliki banyak layanan yang bisa kita gunakan secara gratis. Beberapa contohnya adalah Google Docs, Google Sheets dan Google Forms. Bermacam-macam

Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membuat survei atau kuis, Anda bisa menggunakan Google Forms. Untuk mempelajari cara membuat Formulir Google, lihat artikel berikut. Pada artikel ini, Anda dapat mempelajari cara membuat Google Form dari awal hingga akhir, mulai dari apa itu Google Form hingga cara memublikasikan hasil Google Form. Anda dapat menggunakan metode ini di ponsel atau komputer Anda.

Google Forms (atau Google Forms di Indonesia) adalah alat untuk membuat survei online. Google Forms pertama kali diluncurkan pada tahun 2011. Tepatnya pada tanggal 6 Februari 2008, 12 tahun yang lalu. Google Forms termasuk dalam suite kantor Google Drive, yang mencakup Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides.

Meski disebut Google Forms (atau Google Forms di Indonesia), Google Forms tidak hanya bisa membuat survei atau formulir. Google Formulir dapat digunakan untuk membuat pertanyaan, permintaan, atau bahkan mendaftarkan lamaran pekerjaan secara online.

Cara Membuat Google Form Paling Mudah Untuk Pemula

Sebagai alat pembuatan survei, Google Form memiliki pro dan kontra. Setidaknya ada 3 keunggulan Google Forms yang membuatnya digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Pertama, Google Forms memiliki antarmuka yang mudah dipahami sehingga pengguna biasa pun dapat menggunakannya. Kedua, Google Forms terintegrasi dengan Google Sheets. Oleh karena itu, Anda dapat menganalisis data yang diperoleh dari formulir Google dengan Google Sheets. Ketiga, Google Forms dapat disematkan pada website/blog sehingga memudahkan para webmaster untuk membuat survey pada website/blog mereka.

Selain kelebihan di atas, Google Forms juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kelemahan yang jelas adalah desain yang sangat terbatas dan kurangnya opsi penyesuaian. Namun mengingat Google Forms gratis, hal ini bisa dimaklumi.

Cara membuat Google Form sebenarnya cukup sederhana. Anda harus memiliki akun Google untuk membuat Formulir Google. Jadi, pertama kami akan menjelaskan cara membuat akun Google. Jika Anda memiliki akun Google, Anda dapat langsung melihat cara membuat Formulir Google.

Cara Membuat Google Form Hanya Bisa Diisi Satu Kali

Jika Anda memiliki akun Google, masuk terlebih dahulu. Kemudian, ikuti metode di bawah ini untuk mempelajari cara membuat Formulir Google.

Cara Mengisi Google Form Di Hp, Mudah Dan Praktis!

Catatan: Formulir Google disimpan secara otomatis setiap kali Anda melakukan perubahan. Jadi Anda tidak perlu menyimpan Formulir Google secara manual.

Jawabannya akan berupa deskripsi singkat. Jenis ini ideal untuk mengumpulkan informasi singkat seperti nama, umur, atau alamat email. Anda dapat membuat aturan untuk mengisi kolom respons menggunakan validasi respons. Fitur ini ideal untuk bidang yang memerlukan respons dalam format/aturan tertentu, seperti alamat email.

Untuk menambahkan aturan pengisian jawaban, klik tombol tiga titik di kanan bawah setiap pertanyaan. Pilih konfirmasi jawaban.

Ini. Tipe ini cocok untuk jawaban yang membutuhkan penjelasan dalam bentuk paragraf, misalnya kritik, saran dan sebagainya. Untuk jawaban singkat, Anda dapat menambahkan aturan penyelesaian jawaban menggunakan validasi jawaban pada jenisnya.

Cara Mengatasi Google Forms Tidak Bisa Diisi Atau Dipencet

Ini adalah bentuk pertanyaan pilihan ganda. Responden harus memilih salah satu opsi yang tersedia. Anda juga dapat memberikan pilihan “lainnya” agar responden dapat mengisi jawaban lain yang tidak ada pada pilihan tersebut. Tipe ini cocok jika ingin bertanya atau request.

/ bagian lain dari formulir sesuai dengan jawaban mereka. Misalnya, jika responden memilih self-management, maka dia akan memimpin Anda.

/ Bagian pertanyaan khusus untuk wiraswasta. Caranya, klik tombol titik tiga di pojok kanan bawah soal, lalu pilih jawaban berbasis kelas.

Cara Membuat Google Form Hanya Bisa Diisi Satu Kali

Dengan beberapa pilihan jawaban. Perbedaannya adalah responden dapat memilih lebih dari 1 pilihan jawaban untuk kategori tersebut.

Cara Membuka Google Form Yang Sudah Ditutup

Ini. Dengan cek jawaban, Anda dapat memilih berapa banyak pilihan yang dapat dipilih responden, misalnya setiap responden hanya dapat memilih maksimal 3 pilihan.

Ini baru dibandingkan dengan jenis pertanyaan lainnya. Jika Anda memilih jenis ini, responden akan mengunggah file dalam formulir yang Anda buat. Tipe ini berguna, misalnya untuk mengoleksi foto, aplikasi kerja, dll.

Dalam hal ini, responden dapat memilih skala dari 0 atau 1 sampai 2-10. Hal ini berguna, misalnya untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Pelanggan dapat memilih timbangan online sesuai dengan tingkat kepuasan mereka. Selain itu, Anda dapat menambahkan label teks atau emoji di kiri dan kanan skala.

Jenis ini bisa sedikit membingungkan karena tampak berbeda bagi responden saat pertanyaannya diedit. Anda melihat pertanyaan di gambar sebelumnya

Apa Itu Linktree? Ketahui Kegunaan Dan Cara Membuat Linktree

Ini. Untuk melakukan ini, klik tombol tiga titik di pojok kanan bawah, lalu pilih baris

Cara agar google form hanya bisa diisi satu kali, cara agar google form hanya bisa diisi sekali, google form tidak bisa diisi, cara membuat google form yang hanya bisa diisi satu kali, cara membuat google form wajib diisi, penyebab google form tidak bisa diisi, cara mengatasi google form yang tidak bisa diisi, cara mengatasi google form tidak bisa diisi, cara membuat link google form, cara membuat google form gratis, cara mengisi google form yang hanya bisa diisi satu kali, cara membuat google form hanya bisa diisi sekali