Cara Download File Backup Di Google Drive

Cara Download File Backup Di Google Drive – Di zaman modern seperti sekarang ini, banyak orang yang menyimpan data-data penting di media elektronik seperti komputer, laptop, smartphone, flashdisk, SSD dan lain sebagainya.

Namun pernahkah Anda berpikir bahwa suatu saat data penting Anda bisa saja hilang secara tiba-tiba? Dan yang terburuk adalah Anda tidak memiliki salinan data penting ini.

Cara Download File Backup Di Google Drive

Cara Download File Backup Di Google Drive

Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada Anda bukan? Itu sebabnya kita membutuhkan backup data untuk menjaga keamanan data penting kita.

Cara Full Backup Data Cyberpanel

Dalam ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, backup adalah proses membuat cadangan data dengan menyalin atau membuat arsip data yang ada agar data dapat digunakan kembali jika terjadi kerusakan atau kehilangan.

1. Mengembalikan data jika data hilang, baik hilang karena corrupt (korupsi) atau karena dihapus oleh pengguna.

2. Kembalikan data ke titik tertentu di masa lalu. Misalnya, saat Anda memperbarui versi Windows dan masih tidak puas dengan pembaruan tersebut, Anda dapat kembali ke versi sebelumnya melalui Pengaturan.

Ada banyak media penyimpanan yang bisa Anda gunakan untuk membackup data-data penting Anda. Misalnya, flash drive, SSD, dan bahkan penyimpanan Internet seperti Google Drive, Drop Box, Mega, dll.

Simak 3 Cara Menyimpan Foto Di Google Drive

Juga di sini Iky kebanyakan merekomendasikan menggunakan Google Drive sebagai perangkat penyimpanan online untuk membackup data penting Anda.

Anda juga tidak perlu khawatir akan kerepotan membackup data satu per satu ke Google Drive. Karena pada postingan kali ini, Iky akan membahas cara sinkronisasi otomatis storage di komputer dengan Google Drive.

4. Kemudian pilih folder mana yang ingin Anda simpan program cadangan yang diunduh sebelumnya dan klik ‘Simpan’ (kebanyakan alat biasanya mengunduhnya secara otomatis ke folder unduhan).

Cara Download File Backup Di Google Drive

10. Kemudian layar ‘Pilih folder dari komputer Anda untuk melanjutkan pencadangan ke Google Drive’ akan muncul. Pilih ‘mengerti’.

Cara Menyimpan Semua File Di Google Drive Yang Mudah

11. Di bagian ini Anda dapat memilih folder mana yang ingin dicadangkan dan disinkronkan dengan akun Google Drive Anda. Saran Iky adalah pilih dan centang folder yang menurut Anda penting saja. Untuk memilih folder lain, klik ‘PILIH FOLDER’. Jika Anda mengklik tombol ‘Selanjutnya’.

12. Jika layar ‘Sync files from my drive to a folder on this computer’, pilih ‘GOT IT’.

13. Di bagian ini Anda dapat memilih untuk menyinkronkan atau mengunduh semua file di Google Drive ke komputer Anda. Jika tidak, hapus saja tanda biru yang ada. Jika sudah, klik tombol ‘MULAI’.

14. Sekarang proses sinkronisasi sedang berjalan, Anda bisa duduk diam sambil menunggu proses selesai. Untuk memeriksa apakah proses sinkronisasi berjalan lancar, Anda dapat mengklik tombol cloud yang terletak di menu toolbar di sebelah kanan (jika tidak ada kontrol tombol panah ke bawah).

Cara Sinkronisasi Otomatis Komputer Dengan Google Drive Untuk Backup Data

15. Untuk memeriksa apakah semua folder dan data yang Anda pilih sebelumnya telah dicadangkan, buka Google Drive melalui PC atau laptop Anda. Kemudian pilih ‘Komputer’ lalu ‘Komputer Saya’. Jika file Anda diunggah, itu akan muncul di folder itu.

16. Sekarang coba buat dokumen Word dengan nama file ‘Sync Testing’ lalu simpan di folder yang Anda pilih di Pelajaran 11. Misal, Iky memilih menyimpannya di folder Lecture, lalu mengecek Google Drive di folder yang sama untuk file tersebut. Jika demikian, proses sinkronisasi sekarang bekerja dengan sempurna.

Catatan: Folder yang disinkronkan biasanya ditandai dengan daftar centang berwarna hijau, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Cara Download File Backup Di Google Drive

Proses sinkronisasi dan pencadangan hanya dapat dilakukan jika Anda memiliki koneksi internet. Jika tidak, prosesnya akan tertunda hingga Anda terhubung ke Internet.

Cara Download File & Folder Di Google Drive Dari Hp Dan Laptop

Jika tampilan pertama tidak muncul, kemungkinan karena komputer atau laptop anda lambat sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menampilkannya. Namun, jika tidak muncul, Anda dapat mengaktifkannya dengan cara:

ยท Klik tombol Cloud di sebelah kanan, lalu tombol 3 di kanan atas. Kemudian pilih preferensi.

Kemudian pilih folder yang ingin Anda cadangkan dan sinkronkan dengan akun Google Drive Anda. Saran Iky adalah pilih dan centang folder yang menurut Anda penting saja. Untuk memilih folder lain, klik ‘PILIH FOLDER’. Jika Anda mengklik tombol ‘OK’.

Nah itulah sobat cara lengkap untuk melakukan sinkronisasi dan back up data dengan Google Drive. Jika masih salah paham dengan tutorial di atas, silahkan bertanya di komentar di bawah, IKI akan segera merespon dan memberikan solusinya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum dan bersiaplah. Jika Anda di sini, Anda mungkin mengalami kehilangan data di Google Drive karena berbagai alasan. Kalau tidak, Anda bekerja di depan kurva! Sekarang Anda dapat membaca panduan terbaru ini yang memperkenalkan 4 solusi sederhana untuk mencadangkan Google Drive untuk PC dengan mudah.

Fungsi Google Drive, Tak Hanya Sekadar Menyimpan File

Dikembangkan oleh Google Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan cloud terbesar bagi orang untuk menyimpan berbagai jenis data seperti presentasi, formula, file, foto, video, file audio, dll. Dengan penyimpanan gratis 15GB, setiap pengguna akan menemukan bahwa itu cukup untuk menyimpan data harian mereka. Google Drive, sementara itu, memudahkan pengguna untuk mengakses data di sana, kapan saja, di mana saja.

Google Drive adalah tempat yang aman untuk menyimpan data. Namun, tidak ada yang sempurna. Kesalahan dan bug yang belum terselesaikan di Google Drive terkadang sangat memengaruhi data Anda di sana. Misalnya, masalah “Google Drive tidak menyinkronkan Windows 10” mencegah pekerjaan mencadangkan data lokal Anda. Sementara masalah “file Google yang hilang” membuat cadangan data Anda berisiko.

Jadi untuk melindungi data yang hilang dari kesalahan teknis, kesalahan manusia, ransomware, dll. Mencadangkan Google Drive Anda di komputer adalah cara yang tepat dan mudah. Nah, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukannya:

Cara Download File Backup Di Google Drive

Sekarang Anda dapat bertanya “Bagaimana cara mengunduh cadangan Google Drive di komputer saya?” Jika Anda memiliki masalah yang sama, Anda dapat membaca konten di bawah ini dan memilih yang nyaman bagi Anda.

Google Drive Adalah: Apa Itu Google Drive Dan Cara Menggunakannya

Jika Anda biasanya menggunakan Google Drive di web, Anda dapat mencadangkan data dari Google Drive ke komputer Anda dari fungsi unduhan online. Cara untuk mencapai ini sangat sederhana:

Langkah 1: Masuk ke Google Drive Anda dan pilih file atau folder yang ingin Anda cadangkan.

Langkah 2: Klik kanan file atau folder untuk memilih tab Download. File / folder kemudian akan dicadangkan ke komputer lokal Anda.

Meskipun Google Drive tidak menyediakan fungsi pengunduhan all-in-one, Google Drive menyediakan fitur yang dapat dipilih pengguna untuk mengunduh banyak file/folder:

How To Download Whatsapp Backup From Google Drive To Pc

Jika Anda memiliki banyak file dan folder untuk dicadangkan dari Google Drive ke komputer lokal dan merasa kesulitan untuk mengunduhnya satu per satu, Anda dapat meminta bantuan Google Takeout. Google Takeout adalah layanan hebat bagi pengguna untuk mengekspor bookmark dan data Chrome dari produk Google secara bersamaan. Berikut adalah hal-hal yang harus dicari:

Langkah 1: Buka Google Takeout dan geser ke bawah untuk memeriksa Drive saja. Lalu pergi ke bagian bawah halaman ini untuk mengklik tab Next Step.

Jika Anda memilih file .zip, semua file yang diekspor akan dikompresi secara terpisah. Jika Anda memilih file .tgz, arsip yang diekspor akan dikompresi sepenuhnya.

Cara Download File Backup Di Google Drive

Langkah 3: Lain kali Anda akan menerima email yang memberi tahu Anda untuk mengunduh file. Jika Anda tidak menerima email, Anda harus menunggu. Dan waktu tunggu tergantung dari ukuran file.

Download Video Di Google Drive Iphone Langsung Ke Galeri

Langkah 4: Klik untuk mengunduh secara langsung. Anda kemudian bisa mendapatkan cadangan Google Drive untuk komputer Anda, dan Anda dapat mengakses dan mengelola data di komputer lokal Anda nanti.

Anda juga dapat beralih ke pengelola file cloud profesional untuk mencadangkan data dari Google Drive ke komputer. Itu menggunakan pengelola file cloud terbaik. Dengan pengguna dapat secara efektif mengelola data dari berbagai awan. Saat ini mendukung Google Drive, Box, MEGA, OneDrive, Foto Google, Dropbox, Amazon S3, Flickr, Synology NAS dan banyak lagi.

Pengguna tidak hanya dapat mengunduh file dari Google Drive, mengunggah foto ke Foto Google (jika Anda ingin mencadangkan komputer Anda ke Google Drive, itu juga dapat memenuhi kebutuhan Anda), berbagi folder Dropbox dengan Google Drive, dll. Tetapi juga dapat mentransfer file. Dari satu cloud ke cloud lainnya dengan mudah dan lancar dengan fungsi transfer cloud.

Langkah 1: Mendaftar akun gratis dengan email kesayangan Anda. Atau, Anda dapat masuk ke akun Facebook atau Google Anda.

Terbaru 2019+gambar] Tutorial Cara Menyimpan File Di Google Drive

Langkah 3: Sekarang buka Google Drive dan pilih file / folder yang ingin Anda cadangkan. Kemudian klik tombol unduh di bagian atas.

Selain fitur yang disebutkan di atas, ini juga memberi Anda fitur khusus lainnya seperti Cloud Backup yang dapat mencadangkan Google Drive ke cloud lain. Misalnya, jika Anda ingin mencadangkan Google Drive ke S3, fitur ini dapat berguna tanpa masalah dengan proses pengunduhan dan pengunggahan.

Jika Anda telah menginstal Drive untuk PC, Anda dapat langsung menggunakan perangkat lunak ini untuk mencadangkan Google Drive ke PC. Dan sekarang Anda dapat merujuk ke langkah-langkah terperinci di bawah ini untuk memahami operasi utama pencadangan data Google Drive di komputer Anda:

Cara Download File Backup Di Google Drive

Langkah 1: Akses Drive untuk PC Anda. Dan akan ada Google Drive virtual di komputer Anda. Dan semua Google Anda.

Cara Melihat Backup Whatsapp Di Google Drive Pada Ponsel Dan Pc

Cara membuat file download di google drive, cara download file excel di google drive, file backup whatsapp di google drive, cara backup file ke google drive, cara download file foto di google drive, membuka file backup whatsapp di google drive, cara download file folder di google drive, cara membuka file backup di google drive, cara backup file di google drive, backup file di google drive, cara download file backup whatsapp di google drive, download file di google drive