Cara Cek Pajak Motor Sudah Dibayar Atau Belum

Cara Cek Pajak Motor Sudah Dibayar Atau Belum – Pembayaran pajak kendaraan tahunan kini dapat dilakukan secara online. Namun perlu mencetak bukti pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) atau e-SKKP (Ketentuan Kewajiban Pembayaran) di kantor Samsat yang bersangkutan. Bagaimana cara mencetak STNK setelah membayar online? Berikut penjelasan singkatnya.

Pengalaman penukaran e-SKKP kedua di kantor Samsat Bekasi, dokumen e-SKKP yang sudah dicetak digabung dengan beberapa berkas lainnya seperti f copy e-KTP, f copy STNK, STNK asli dan f copy BPKB. e-KTP dan BPKB asli harus diserahkan ke loket e-Samsat. Selain itu, mereka juga terus mengisi Surat Pendaftaran Kendaraan Bermotor (SRKB).

Cara Cek Pajak Motor Sudah Dibayar Atau Belum

Cara Cek Pajak Motor Sudah Dibayar Atau Belum

Jika antrian tidak panjang, proses penukaran STNK atau verifikasi di loket e-Samsat relatif cepat, hanya 10-15 menit. Jadi, Anda tinggal menyerahkan berkas-berkas yang dibutuhkan di loket e-Samsat, lalu menunggu nama Anda dipanggil. Cara ini lebih cepat, berbeda dengan cara pembayaran pajak biasa (sepenuhnya offline), yang mengharuskan kita berdiri di beberapa loket dengan antrian panjang.

Cara Bayar Pajak Motor Online Tahunan, Cepat Dan Mudah!

Jakarta memiliki layanan pembayaran pajak mobil tahunan yang seluruhnya dapat dilakukan secara online. Disebut Samsat Online Delivery alias Si Ondel, layanan ini merupakan inovasi yang bisa dimanfaatkan warga Jakarta yang tidak sempat ke Samsat. Layanan ini merupakan pembayaran pajak kendaraan online milik Pemprov DKI Jakarta. Jadi diperlukan dua program; JakOne Mobile dan Si Ondel.

Metode pembayaran ini mengharuskan pembeli memasukkan alamat dan lokasi pengiriman Samsat. Langkah selanjutnya adalah menjemput kurir Si Ondel dan menuju ke lokasi Samsat untuk mendapatkan lembar verifikasi STNK dengan Bukti Kewajiban Membayar (TPPKP).

Petugas Samsat akan memindai QR pengemudi untuk memproses pesanan. Kurir Si Ondel akan menuju ke alamat yang telah Anda tentukan. Mudah saja, tidak perlu repot ke Samsat untuk melakukan verifikasi.

Warga Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah dapat membayar pajak kendaraan secara online melalui aplikasi e-Samsat daerah. Ada Sambara (Jawa Barat), Sambat (Banten) dan Sakpole (Jawa Tengah).

Inden Honda Scoopy Hingga 3 Bulan, Padahal Sudah Dibayar Lunas

Misalnya di Sambara, unduh aplikasinya melalui Play Store. Setelah selesai, pilih Informasi PKB, lalu masukkan Nomor Polisi Kendaraan, klik Cari dan akan ditampilkan jumlah pajak yang terutang. Kemudian klik Lanjutkan Pendaftaran Online.

Isi nomornya. KTP pemilik kendaraan dan 5 digit terakhir no. Rangka Kendaraan (No. Rangka dapat dilihat pada lembar STNK). Kemudian klik proses. Jika data cocok, maka akan didapatkan kode pembayaran. Kode pembayaran ini hanya berlaku selama 24 jam, jika lebih dari itu maka pengguna harus mengulang dari awal.

Pembayaran pajak dapat dilakukan melalui ATM, rekening bank virtual, internet banking, Indomaret atau Alfamart. Anda juga dapat menggunakan aplikasi e-commerce Tokopedia. Pilih Pajak, lalu Samsat. Kemudian masukkan kode pembayaran yang diterima dari aplikasi Sambara.

Cara Cek Pajak Motor Sudah Dibayar Atau Belum

Setelah pembayaran, bukti pembayaran juga akan disebutkan di email dan aplikasi Sambara berisi PKB e-SKKP (Surat Keputusan Kewajiban Membayar).

Lebih Mudah Bayar Pajak Motor Online. Caranya?

Dengan cara ini pembayaran pajak tahunan Bapak sebenarnya bisa dilakukan secara online. Namun verifikasi STNK dan perolehan SKKP masih perlu dilakukan secara luring di kantor Samsat setempat. Maksimal 30 (tiga puluh) hari diberikan untuk pengesahan STNK, jika tidak maka kendaraan dianggap laik pakai.

Sebelumnya, pembayaran pajak STNK mr tahunan tersedia di layanan Samolnas (Samsat online nasional), namun sepertinya aplikasi tersebut sudah tidak tersedia lagi. Pencarian di Google Play Store juga tidak memungkinkan untuk mengunduh.

Bagi warga Jakarta, saat ini dapat menggunakan layanan e-Samsat melalui Bank. Terdapat 6 bank yang melayani pembayaran ini yaitu Bank DKI, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank Bukopin dan Maybank.

Mekanisme pembayaran dapat menggunakan ATM, internet banking dan mobile banking. Informasi pemegang rekening di website Bapenda Jakarta, layanan Jakarta e-Samsat harus sama dengan informasi pemilik kendaraan yang tertera di STNK.

Ternyata Ini Perbedaan Plat Xy Dan Plat Yy Pada Motor

Ketentuan pembayaran pajak kendaraan melalui layanan E-Samsat dengan keterlambatan maksimal 1 tahun dan atas nama pemilik perorangan.

Setelah berhasil membayar pajak kendaraan, Anda harus menukarkan bukti pembayaran tersebut di Kantor Samsat Umum tempat objek pajak terdaftar, selambat-lambatnya 30 hari setelah tanggal pembayaran. Yang diperlukan adalah membawa KTP asli yang benar beserta fotokopi, STNK asli dan fotokopi, BPKB asli serta fotokopi dan bukti pembayaran ke STNK.

Si Ondel (Samsat Online Delivery) adalah layanan baru yang tersedia bagi Anda yang malas pergi ke Samsat. Layanan ini merupakan pembayaran pajak kendaraan online milik Pemprov DKI Jakarta. Jadi diperlukan dua program; JakOne Mobile dan Si Ondel.

Cara Cek Pajak Motor Sudah Dibayar Atau Belum

Namun sebelum membayar Pajak Tahunan secara online menggunakan Si Ondel, Anda perlu mengunduh aplikasi JakOne Mobile. Jadi setelah mendaftar aplikasi JakOne Mobile pilih layanan e-Samsat Si Ondel.

Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu Yang Sudah Dibayar

Setelah verifikasi berhasil, sistem akan memberikan kode voucher untuk pemesanan jasa Si Ondel. Jadi Anda perlu memasukkan kode di aplikasi Si Ondel.

Kemudian pilih alamat pengiriman dan lokasi samsat. Langkah selanjutnya penjemputan kurir ondel dan menuju ke lokasi samsat untuk pengambilan lembar verifikasi STNK dengan Dokumen Pembayaran Kewajiban Pembayaran (TBPKP). cek jumlah pajak motor dan mobil. Ambil tangkapan layar /Bependa.jetengprov.go.id

Tidak sulit untuk melakukan pengecekan pajak mobil secara online dengan nomor telepon yang Anda ketahui di website untuk pengecekan atau melalui SMS.

Website resmi layanan Samsat dapat dicek melalui laman tersebut, namun meskipun melalui website resmi Samsat, proses konfirmasi layanan tetap dilakukan melalui SMS.

Jangan Anggap Sepele Denda Telat Bayar Pajak Motor!

Jika sudah mengetahui berapa yang harus dibayar melalui SMS, pembayaran dapat dilakukan melalui MBanking atau ATM dan transfer bank.

Setelah login, masukkan nomor kendaraan yang ingin diperiksa pada kolom yang tersedia, lalu klik tombol submit.

Setelah diklik, langkah selanjutnya akan muncul beberapa angka di website lama, angka tersebut merupakan nominal pajak kendaraan yang harus Anda bayar.

Cara Cek Pajak Motor Sudah Dibayar Atau Belum

Jika Anda tinggal di luar Jawa Tengah dan Jawa Barat, berikut kumpulan beberapa website resmi Samsat di Indonesia untuk cek pajak kendaraan online.

Cara Dan Syarat Bayar Pajak Motor 2022 Online

Untuk wilayah Jawa Timur bisa cek di https://info.dipendajtim.go.id/index.php?page=info_pkb. Bagi Anda yang tinggal di DKI Jakarta, cek melalui https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/.

Baca juga: Hebat! Rachmat Irianto Tak Mau Mengorbankan Harga Dirinya di El Clasico Indonesia Persib vs Persija BRI Liga 1

Bagi yang tinggal di Yogyakarta dapat diakses melalui https://samsat.jogjaprov.go.id/. Untuk wilayah Aceh, dapatkan informasi dari website https://esamsat.acehprov.go.id/.

Selain itu, wilayah Riau memiliki website resmi Samsat yang dapat diakses melalui https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/. Kepulauan Riau juga memiliki website resmi Samsat yang bisa Anda buka di https://dispenda.kepriprov.go.id/#esamsat.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online Kabupaten Banyuwangi, Lengkap Daerah Jatim

Daerah terakhir yang memiliki website resmi Samsat untuk cek pajak kendaraan adalah daerah Sulawesi Tengah. Bagi Anda yang tinggal di Sulawesi Tengah, akses informasi pajak kendaraan bisa didapatkan melalui https://simpator.kaltimprov.go.id/cari.php.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas), Brigjen Aan Sukanan mengatakan, jika surat tanda daftar kendaraan (STNK) tidak membayar pajak, ada denda.

Aan menjelaskan, jika belum membayar pajak, bisa dikenai denda sesuai aturan UU No 6. 22 Tahun 2009, Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU Lalu Lintas) dan peraturan yang dibuat dibawahnya.

Cara Cek Pajak Motor Sudah Dibayar Atau Belum

Undang-undang menjelaskan bahwa STNK harus disetujui setahun sekali. Menurut Pasal 70, STNK berlaku selama 5 tahun dan harus disahkan setiap tahun.

Jangan Sampai Telat! Ini Dampaknya Jika Telat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor — Jakone Mobile Bank Dki

Baca Juga: Pertamina Kembali Turunkan Jenis Bahan Bakar Pertamax Mulai Sabtu 1 Oktober 2022 See More

Lebih lanjut Aan mengatakan, aturan ini diuji oleh Pengadilan Negeri Demak Jawa Tengah (Jawa Tengah) pada 2018. Saat itu, ada pengendara sepeda motor yang menentang denda, padahal tidak membayar pajak mobil dan tidak memiliki STNK. itu masih sah.

Aan mengatakan, pengemudi tersebut telah menggugat pengemudi tersebut dan sedang melakukan penyelidikan praperadilan untuk memeriksa tindakan anggota yang menilangnya. Namun saat itu pengadilan memutuskan untuk menolak gugatan pengemudi tersebut.

“Singkatnya, gugatan yang diajukan penggugat ditolak. Artinya, polisi akan dapat meniadakan pelanggaran STNK.”

Cara Mudah Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

Aan juga mengimbau masyarakat untuk mengesahkan STNK tahunan dan memperpanjang masa berlaku STNK, serta memenuhi kewajiban membayar pajak kendaraan.

M4 World Championship Mobile Legends Table dan Chart Hari Ini 12 Januari 2023 Playoff Day 6

BERITA Tol Getaci, 2 Desa Dapat Santunan Ini Daftar Desa di Kabupaten Bandung yang Melewati Tol

Cara Cek Pajak Motor Sudah Dibayar Atau Belum

Jadwal dan Link Live Streaming Petronas Malaysia Open 2023 Hari Ini 12 Januari, Civil War Masuk 16 Besar

Stiker Hologram, Tanda Sudah Bayar Pajak Kendaraan

Menghitung mundur hari hingga akhir pekan, yuk pilih 3 spot glamping terbaik dan favorit di Bogor biar nggak mau pulang.

Prediksi Skor Aston Villa vs Leeds Premier League: Preview, Tim, Head-to-Head dan Koreksi

Prediksi Skor Celta Vigo vs Villarreal Liga Spanyol: Preview, Kondisi Tim, Jadwal Pertandingan dan Head-to-head

Apa arti Chombi dalam bahasa Bugis, Apa itu Chombi? Chombi Menjadi Viral di TikTok Tonton Di Sini

Cara Bayar Pajak Sepeda Motor Tahunan, Masih ‘setengah’ Online

Jadwal Liga 1 BRI Pekan 18 Hari Ini 14 Januari 2023 PSM Makassar vs PSS Sleman. Pajak kendaraan adalah pungutan wajib yang harus dibayar oleh setiap orang yang memiliki kendaraan roda dua maupun roda empat. Pajak biasanya diatur oleh negara tempat kendaraan dikeluarkan, yang bersifat wajib. Jadi penting untuk memeriksa pajak mobil Anda apakah Anda mematuhi aturan atau tidak.

Setiap kendaraan bermotor memiliki besaran pajak yang berbeda-beda, yang dapat bertambah jika Wajib Pajak terlambat membayarnya. Anda perlu memeriksa secara teratur untuk menghindari ketahuan.

Pajak tahunan ini dilakukan untuk pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang dikeluarkan setiap tahun. Dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk administrasi perpajakan ini antara lain BPKB, STNK asli, KTP asli dan uang setoran pajak.

Cara Cek Pajak Motor Sudah Dibayar Atau Belum

Pajak ini dikenakan setiap tahun mulai dari tahun pertama Anda membeli kendaraan dan dihitung dari Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), pengesahan dan penerbitan STNK, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) dan kontribusi Dana Kecelakaan Jalan Wajib.

Ayo Manfaatkan Bebas Denda Dan Pajak Pokok Kendaraan Tunggakan Tahun Kelima

Cara cek pajak kendaraan sudah dibayar atau belum, cara cek pajak mobil sudah dibayar atau belum, cara cek indihome sudah dibayar atau belum, cara cek pdam sudah dibayar atau belum, cek pajak sudah dibayar atau belum, cara cek pajak sudah dibayar atau belum, cara cek bpjs sudah dibayar atau belum, cara cek listrik sudah dibayar atau belum, cara cek wifi sudah dibayar atau belum, cek pajak kendaraan sudah dibayar atau belum, cara cek pln sudah dibayar atau belum, cara cek pajak pbb sudah dibayar atau belum