Cara Cek E Ktp Sudah Jadi Atau Belum

Cara Cek E Ktp Sudah Jadi Atau Belum – Liputan6.com, KTP atau KTP Jakarta merupakan kartu identitas resmi yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara yang berhak. Di Indonesia, kartu ini wajib dimiliki oleh Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) pemegang Izin Tinggal Tetap (ITAP) yang berusia 17 tahun atau menikah atau menikah.

Sejak tahun 2009, pemerintah mencanangkan program KTP elektronik. KTP elektronik merupakan dokumen kependudukan yang memuat sistem pengamanan atau pengendalian baik dari segi administrasi maupun TI berdasarkan data kependudukan nasional.

Cara Cek E Ktp Sudah Jadi Atau Belum

Cara Cek E Ktp Sudah Jadi Atau Belum

Dengan e-KTP, kemungkinan seseorang memiliki KTP lebih dari satu dapat diminimalisir. KTP berisi nomor induk kependudukan atau NIK. NIK adalah nomor induk kependudukan yang unik atau khas, khas dan terkait dengan seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia.

Cara Cek Status Ktp Secara Online Lewat Website, Sms, Wa & Aplikasi

* Fakta atau hoax? Untuk mengetahui keakuratan informasi yang disebar, silahkan WhatsApp fact control nomor Liputan6.com 0811 9787 670 dengan hanya mengetik kata kunci yang diinginkan.

NIC disertakan dalam setiap dokumen kependudukan dan digunakan sebagai dasar untuk penerbitan KTP, paspor, SIM, daftar pajak, polis asuransi, sertifikat hak atas tanah dan penerbitan dokumen identitas lainnya.

NIK tersebut terdiri dari kombinasi angka yang berbeda untuk setiap pemilik. Kombinasi angka ini bukanlah kombinasi acak, tetapi memiliki arti tertentu.

4 digit terakhir adalah nomor urut orang yang memiliki tanggal lahir yang sama di 1 wilayah, dimulai dari 0001.

Informasi Lengkap Pengurusan Ktp Dari Penerbitan Hingga Perpanjangan

Misalnya, seorang perempuan lahir di Bandung pada tanggal 17 Agustus 1990, NIK-nya adalah: 10 50 24 570890 0001. Jika perempuan lain dengan tempat tinggal dan tanggal lahir yang sama, maka NIK-nya adalah 10 50 24 570890 0002. orang lain (laki-laki) dengan tempat tinggal dan tanggal lahir yang sama, NIC adalah 10 50 24 170890 0001.

Saat ini sedang tersiar kabar bahwa Anda dapat melakukan pengecekan NIK KTP secara online. Hal ini berguna jika Anda ingin mengetahui status e-KTP Anda yang terdaftar.

Cara cek NIK KTP online juga berguna untuk mengetahui NIK asli atau palsu. Hal ini disebabkan maraknya penggunaan KTP palsu untuk operasi penipuan.

Cara Cek E Ktp Sudah Jadi Atau Belum

Beberapa informasi yang didapat melalui internet juga banyak menjelaskan tentang cara cek NIK KTP secara online. Menurut informasi tersebut, cara cek NIK KTP secara online bisa dilakukan melalui laman dukcapil.kemendagri.go.id dan banyak aplikasi yang bisa diunduh gratis.

Kabar Baik Nih, Foto Ktp Elektronik Boleh Diganti!

Namun apakah informasi cara cek NIK KTP sudah benar? Faktanya saat membuka laman dukcapil.kemendagri.go.id tidak ada layanan untuk cek NIK KTP secara online.

Kementerian Dalam Negeri telah membuka layanan verifikasi NIK KTP secara online melalui tautan dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik. Namun, mulai 2016, layanan ini telah dihentikan. Hal ini untuk mencegah terjadinya pencurian identitas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Kemendagri kemudian mengimbau warga yang ingin mengecek status NIK untuk datang langsung ke kantor Dukcapil setempat. Pasalnya, hanya Kantor Dukcapil Kemendagri yang memiliki akses untuk mengecek keabsahan NIK tersebut.

Kementerian Dalam Negeri tidak pernah membuat aplikasi CEK NIK. Kalau mau cek e-KTP bisa datang langsung ke kantor Dukcapil terdekat https://t.co/ht4HmBtfv9 — KEMENDAGRI (@Kemendagri_RI) 31 Mei 2018

Cara Cek E Ktp Online, Pakai Cara Ini Saja!

Selain tampilan halaman, informasi aplikasi pengurusan NIK KTP juga ditampilkan. Aplikasi ini dapat diinstal pada ponsel Android dan pengguna dapat mengecek status KTP melalui login NIK.

Namun keberadaan aplikasi ini tidak dibuktikan oleh Kementerian Dalam Negeri. Padahal, sejak 2016, Kemendagri membantah bahwa lamaran tersebut berasal dari Kemendagri. Menurut pengumuman resmi Kementerian Dalam Negeri pada 29 Maret 2016, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan: Aplikasi smartphone itu bernama Cek KTP. katanya itu bukan aplikasi resmi pemerintah jadi datanya tidak valid.

Zudan menjamin hingga saat ini pengamanan Data Center Kemendagri tidak ada kebocoran data. Namun, itu juga memastikan bahwa data yang digunakan oleh aplikasi tidak didasarkan pada data Home Office, jadi wajar jika orang tidak menemukan identitasnya di sana.

Cara Cek E Ktp Sudah Jadi Atau Belum

Kemendagri juga terus menegaskan kepada masyarakat bahwa Kemendagri tidak pernah mempublikasikan permohonan audit NIK KTP karena beredar secara online. Hal tersebut di-tweet ulang oleh akun resmi Kementerian Dalam Negeri @Kemendagri_RI yang menjelaskan bahwa tidak ada aplikasi resmi untuk verifikasi KTP.

Mau Ganti Domisili Atau Status Kawin? Ini Prosedur Ubah Data Di E Ktp

“Kementerian Dalam Negeri tidak pernah mengajukan CEK NIK. Kalau mau cek e-KTP datang langsung ke kantor Dukcapil terdekat,” cuit @Kemendagri_RI pada 31 Mei 2018.

Jadi jika Anda menemukan aplikasi untuk verifikasi NIK KTP Anda, dipastikan aplikasi tersebut tidak dijamin dengan baik. Untuk mengetahui apakah NIK Anda sudah benar, Anda bisa langsung ke kantor Dukcapil terdekat. KTP elektronik memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) tercetak. Anda bisa mengecek apakah NIK Anda sudah terdaftar di database Dukcapil atau belum.

Dilansir , (14/5/2022), cara cek NIK KTP secara online juga bisa dilakukan melalui SMS. Untuk cara ini, pastikan pulsa ponsel Anda penuh dan cukup untuk mengirim SMS.

Selain itu, cara cek NIK KTP secara online juga bisa dilakukan dengan menghubungi call center Halo Dukcapil dari Kemendagri.

Cara Mengecek Nik Terdaftar Di Dukcapil, Ikuti Prosedur Ini Ya!

Sebelum melakukan cara pengecekan NIK KTP secara online ini, Anda perlu mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan pegawai saat melakukan pengecekan, seperti:

Staff Halo Dukcapil akan merespon dengan cepat dan membantu sinkronisasi data NIK jika ditemukan nomor e-KTP tidak terdaftar.

Anda bisa mencarinya di mesin pencari dengan mengetikkan kata kunci Dukcapil beserta kota tempat tinggal Anda sesuai KTP Anda. Kemudian kunjungi website Dukcapil Kota/Kabupaten.

Cara Cek E Ktp Sudah Jadi Atau Belum

Demikian informasi mengenai cara cek NIK dan KTP secara online dengan berbagai cara. Anda bisa memilih salah satu cara termudah untuk mengecek NIK KTP secara online.

Antrean Pengajuan E Ktp Akan Dituntaskan

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari dari. Yuk gabung grup Telegram “News Update”, caranya klik link https://t.me/comupdate lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Berita Terkait Alasan Kemendagri Penetapan Nama E-KTP Minimal 2 Kata Klarifikasi Kemendagri Soal E-KTP Luar Negeri Terkait Pemilu 2024 Apa Itu E-KTP Banyak Pertanyaan Mengenai Pengguna internet yang menyesali foto E-KTP-nya, apakah bisa diganti?

Jixie mencari berita yang dekat dengan selera dan preferensi Anda. Berita ini disajikan sebagai cerita kurasi yang paling sesuai dengan minat Anda.

Informasi pribadi Anda akan digunakan untuk memverifikasi akun Anda saat Anda memerlukan bantuan atau saat aktivitas yang tidak biasa terdeteksi di akun Anda. Ingin tahu cara mengecek KTP Anda sudah siap atau belum? Baca di artikel ini. KTP (Kartu Tanda Penduduk) adalah kartu tanda penduduk bagi Warga Negara Indonesia (WNI), khususnya bagi yang berusia 17 tahun ke atas.

Bisakah Mencoblos Di Kota Lain Yang Berbeda Dengan Alamat E Ktp Tanpa A5? Ini Jawabannya

KTP atau sekarang disebut e-KTP atau KTP elektronik merupakan kartu identitas yang digunakan sebagai syarat untuk melakukan banyak hal. Misalnya saat pembukaan rekening tabungan, pendaftaran BPJS Kesehatan, pembuatan kartu SIM atau persyaratan lainnya.

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pendaftaran Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Dinas Dukcapil di daerah mengatur pembuatan KTP elektronik.

Setiap warga negara Indonesia di suatu wilayah yang berusia di atas 17 tahun berhak membuat dan memiliki KTP elektronik.

Cara Cek E Ktp Sudah Jadi Atau Belum

Perlu diketahui bahwa proses pembuatan KTP di kantor Kelurahan hanya membutuhkan waktu 15 hingga 30 menit dan paling lama satu jam. Namun durasi build tergantung dari antrian yang ada.

Pengalaman Mengurus Kartu Keluarga Dan Akta Kelahiran (dan Secuil Cerita Ktp)

Sementara itu, mengutip laman resmi Kementerian Dalam Negeri, proses penyiapan KTP untuk dicetak membutuhkan waktu 14 hari atau 2 minggu. Adapun setiap daerah memiliki waktu yang berbeda dalam proses pembuatan KTP elektronik tersebut.

Alasan waktu yang dibutuhkan untuk membangun KTP tidak lain karena banyaknya lowongan yang tersedia atau terjamin untuk masing-masing wilayah. Ini mungkin berbeda untuk setiap daerah.

Bagi Anda yang pernah membuat KTP elektronik dan ingin tahu di mana pembuatannya, Anda bisa melakukannya secara online.

Namun, Anda harus tahu bahwa cek online atau online berbeda-beda di setiap daerah. Sedangkan untuk mengecek dokumen identitas warga Jakarta, bisa menggunakan 2 cara.

Update] Cara Mudah Cek Nik Secara Online

Warga ibu kota Jakarta yang sudah membuat KTP elektronik bisa mengecek status pembuatannya menggunakan aplikasi bernama Apukat Betawi. Bagi Anda yang sudah membuat KTP online dan ingin mengecek status pembuatannya melalui aplikasi Alpukat Betawi sbb:

Setelah itu, status aplikasi akan langsung ditampilkan. Status permohonan KTP Anda adalah Direncanakan, Diproses, Selesai, Dibatalkan, Diterima Penduduk atau Ditolak.

Cara yang kedua atau bisa dibilang yang terakhir adalah dengan mendatangi langsung ke pemerintah kabupaten tempat tinggal anda.

Cara Cek E Ktp Sudah Jadi Atau Belum

Cara ini merupakan cara terbaik untuk mengecek status pengajuan pembuatan e-KTP Anda. Datang pada saat Anda diberitahu. Dan jangan sungkan untuk menanyakan kepada petugas kelurahan tentang status pengajuan KTP Anda.

Cara Mudah Cek Kk Secara Online, Tanpa Repot Ke Dukcapil

Demikian cara-cara mengecek status pengajuan KTP di Jakarta. Sedangkan untuk daerah lain bisa berbeda tergantung perkembangan pelayanan dukcapil daerah yang terintegrasi dengan database kependudukan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pusat.

Setiap warga negara memiliki beberapa atau lebih dari satu KTP, meskipun tempat tinggalnya berbeda-beda di setiap kota. Hal ini untuk mencegah kejahatan yang dilakukan oleh semua orang.

Fungsi dari pengecekan ini adalah untuk mengetahui apakah nomor NIK e-KTP kita terdaftar secara online atau tersimpan di database kependudukan pusat atau tidak, jadi untuk mengetahuinya kita bisa mengeceknya dengan menggunakan teknologi modern secara online. Berikut adalah beberapa cara:

Dengan website resmi website https://www.dukcapil.kemendagri.go.id/. Anda bisa langsung mengklik link tersebut atau menyalinnya di pencarian browser untuk mengecek NIK Anda secara online. Dengan membuka website di browser, lalu cari menu e-KTP dan masukkan nomor NIK jika sudah tekan enter. Kemudian jika detail KTP sudah valid dan terhubung maka

Cetak Ktp El Di Kabupaten Tegal, Cukup Isi Formulir Online

Cara cek ktp sudah ektp atau belum, cara cek ktp sudah aktif atau belum, cara cek ktp sudah jadi atau belum secara online, cek e ktp sudah jadi atau belum, cara cek e ktp sudah jadi atau belum, cara cek ktp sudah online atau belum, aplikasi cek ktp sudah jadi atau belum, cara mengecek ktp sudah jadi atau belum, cara cek ktp sudah terdaftar atau belum, cara cek ktp sudah elektronik atau belum, cara cek ktp sudah dicetak atau belum, cara melihat ktp sudah jadi atau belum