Cara Agar Google Docs Tidak Bisa Diedit Orang Lain

Cara Agar Google Docs Tidak Bisa Diedit Orang Lain – Untuk menjadikan Google Dokumen publik dan tersedia melalui Internet bagi siapa saja, Anda dapat melakukannya dengan mengubah izin pada file Google Dokumen. File yang Anda buat di Google Dokumen dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki tautan, atau orang dapat menelusuri dan menemukan file Anda secara online.

Membuat dokumen dan membuatnya tersedia untuk umum hanya dengan beberapa langkah dan klik, lihat tutorial lengkapnya hingga selesai.

Cara Agar Google Docs Tidak Bisa Diedit Orang Lain

Cara Agar Google Docs Tidak Bisa Diedit Orang Lain

Jendela Izin Berbagi muncul. Ada dua opsi: Bagikan dengan orang dan grup dan Dapatkan tautan. Pilih Dapatkan Tautan.

Begini Cara Translate Di Google Docs Terbaru Gampang Banget!

Secara default, dokumen Anda disetel ke publik dan hanya-baca. Namun Anda dapat mengaturnya agar orang lain dapat mengomentari atau mengedit dokumen Anda dengan mengeklik segitiga kecil di sebelah “Viewer” dan kemudian memilih “Commentator/Editor”.

Buka Google Drive, masuk dengan akun Google Anda. Pastikan Google Dokumen yang ingin Anda bagikan disimpan di akun Drive yang Anda gunakan.

Klik kanan pada dokumen yang ingin Anda publikasikan dan pilih Bagikan. Atau klik dan pilih ikon Bagikan di sebelah kanan nama folder Google Drive.

Jendela Izin Berbagi muncul. Di sini Anda dapat menyesuaikan pengaturan, menjadikan dokumen Google Anda publik atau hanya tersedia untuk orang yang Anda inginkan.

Mengenal Kecanggihan Google Docs Untuk Membuat Dokumen

Untuk membuat dokumen tersedia untuk umum, pilih Dapatkan Tautan. Secara default, dokumen bersifat hanya-baca. Anda dapat menyiapkannya untuk dikomentari orang, atau Anda dapat mengeditnya dengan mengeklik panah kecil di samping Penampil > dan memilih Pemberi Komentar/Editor.

Klik Salin Tautan untuk berbagi dengan orang lain dan klik Selesai untuk menyelesaikan proses penerbitan Dokumen Google Anda.

Jadi ini adalah cara untuk membuat dokumen atau file Google Docs menjadi publik sehingga orang lain dapat mengeditnya. Dengan menyetel izin dokumen ke publik, Anda telah mencabut izin untuk meminta akses edit di Google Dokumen, dan orang lain dapat dengan bebas mengedit file Anda. Sitasi atau sitasi adalah pustaka atau isi dalam dokumen fisik atau digital, seluruhnya atau sebagian, yang dikutip oleh seorang peneliti yang menjadi acuan dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti tersebut. Kutipan ini dibuat agar peneliti dapat menghindari atau setidaknya mengurangi plagiarisme dalam melaksanakan penelitian.

Cara Agar Google Docs Tidak Bisa Diedit Orang Lain

Google Docs adalah program perkantoran yang dibuat oleh Google yang digunakan sebagai pengolah kata untuk membuat dokumen digital itu sendiri yang dapat membuat suatu produk atau tulisan (prosa atau ilmiah) yang dapat dibaca oleh pembaca.

Tips & Trik Menggunakan Google Sheets

Ini cocok untuk Anda yang membuat karya dalam bentuk dokumen digital, seperti artikel ilmiah, buku, dll, menggunakan Google Docs, atau file salinan elektronik dari dokumen digital yang diunduh dari komputer Anda dan diedit menggunakan Google Docs tanpa pikir panjang jika perlu untuk meminjam komputer atau laptop orang lain, Anda dapat mengedit dokumen di warnet atau menyewa komputer.

Ketika Anda membuat atau penelitian yang mengalir ke dokumen digital, Anda pasti membutuhkan teori atau kutipan yang mendasari yang mendukung topik penelitian Anda sehingga Anda dapat membuat makalah penelitian yang berkualitas dan benar. Selain itu, penggunaan sitasi tersebut memudahkan pembaca untuk mencari referensi asli dari sitasi yang ada.

Penulisan kutipan di Google Docs tidak sesulit di Microsoft Word, Anda hanya perlu mengingat sistem penulisan kutipan dari referensi atau peneliti lain yang akan dijadikan kutipan. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis kutipan, salah satunya yang sering digunakan untuk penulisan kutipan yaitu metode APA.

8. Pilih jenis sumber referensi sesuai dengan sumber kutipan. Misalnya, Anda mengambil kutipan tentang AB dari Primer lalu memilih buku. Begitu juga dengan jenis sumber referensi lainnya seperti majalah atau website.

Bagaimana Cara Agar Word Bisa Di Edit?

10. Isi nama sumber utama yang meliputi nama penerbit, pengarang, edisi, volume dan keterangan lain yang diperlukan. Anda juga dapat menambahkan banyak kontributor jika sumber referensi yang sama ditulis oleh banyak penulis.

Anda juga dapat menambahkan beberapa kutipan dengan cara yang sama, apakah itu metode kutipan yang sama atau berbeda di Google Docs.

Dengan memberikan sitasi, hasil riset atau buku digital, secara tidak langsung Anda bisa mengurangi persentase tanda-tanda plagiarisme.

Cara Agar Google Docs Tidak Bisa Diedit Orang Lain

Anda dapat membuat atau menulis kutipan menggunakan fitur Tools sendiri yang tersedia di Google Docs (Google Docs), untuk memudahkan Anda mengutip dari sumber media asli, tanpa harus memasukkan kutipan secara manual di Google Docs.

Menampilkan Data Spreadsheet Di Google Form

Bagi Anda yang sedang mengerjakan tugas atau makalah, jangan lupa untuk selalu mengunggah salinan elektronik tugas tersebut ke Google Docs agar Anda dapat memberikan referensi tugas melalui Google Docs yang dapat diedit di mana saja dan kapan saja.

Saya bukan ahli sama sekali. Saya hanya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan sebelumnya. Bisa bermanfaat. 🙂 Mengapa keamanan Google Sheets penting? Apakah perubahan dilakukan dengan sengaja atau tidak sengaja, cara terbaik untuk mencegahnya adalah menerapkan kontrol keras di spreadsheet Anda yang membuat data Anda terkunci dari perubahan.

Dalam tutorial ini, Anda akan mempelajari cara mengunci sel di Google Sheets. Anda juga akan mempelajari tentang perlindungan sheet untuk memastikan data penting tidak pernah dihapus dari spreadsheet Anda. Mari kita masuk.

Spreadsheet, Anda perlu memikirkan izin Google Sheets. Untuk tabel, ini berarti Anda bisa mengontrol siapa yang memiliki tautan untuk menampilkan atau mengedit buku kerja.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Di Google Docs » Kompirasi

Namun Anda juga dapat memproteksi sheet dan workbook untuk mengontrol perubahan yang dapat Anda lakukan pada spreadsheet. Ini adalah fokus dari panduan ini, dan inilah beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin melakukan ini alih-alih menolak akses ke spreadsheet sama sekali:

Mari kita lihat teknik utama untuk melindungi sel di Google Spreadsheet di screencast ini. Anda akan melihat bagaimana saya menerapkan beberapa alat keamanan untuk menghindari perubahan yang tidak disengaja pada spreadsheet Anda.

Dalam tutorial ini, Anda akan melihat bahwa ada dua pendekatan unik untuk menambahkan proteksi lembar kerja:

Cara Agar Google Docs Tidak Bisa Diedit Orang Lain

Terkadang Anda hanya perlu membekukan kumpulan sel tertentu dalam spreadsheet. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat melihat cara mengunci sel (spesifik) di Google Sheets.

Cara Mengedit Google Docs Secara Offline Dengan Mudah

Pertama, mulailah dengan memilih sel atau rentang sel yang ingin Anda lindungi. Lalu buka Data > Protected Sheets and Areas untuk mulai melindungi sel tersebut. Lihat opsi menu contoh di bawah ini.

Saya selalu menyarankan memberi nama kawasan lindung ini di sidebar. Sebagai contoh saya, saya akan menyebutnya tarif pajak. Kemudian klik “Tetapkan Izin” seperti yang Anda lihat di bawah.

Sidebar memungkinkan Anda memasukkan nama untuk area ini untuk mengingatkan Anda sel mana yang Anda lindungi.

Sekarang pilih opsi yang ingin Anda gunakan pada menu berikutnya yang saya tunjukkan di bawah ini. Saya akan menyetelnya ke “Batasi siapa yang dapat mengedit area ini” dan biarkan di “Hanya Anda” untuk contoh pertama ini.

Cara Mengubah Slide Presentasi Powerpoint Ke Google Slide

Opsi lainnya adalah mengubah menu tarik-turun menjadi Milik untuk menambahkan lebih banyak kontributor yang dapat mengedit data ini. Sebagian besar dari mereka akan dikunci dari pengeditan sel, tetapi semua yang Anda masukkan dapat mengedit rentang yang dipilih.

Sel yang akan diubah oleh pengguna yang Anda undang untuk berkolaborasi. Menggunakan opsi ini memastikan bahwa kontributor tepercaya dapat menerapkan pembaruan ke spreadsheet.

Batasi pengeditan sel tertentu? Anda dapat menampilkan peringatan sebelum mengedit sel individual untuk menunjukkan bahwa sel tertentu penting dan tidak boleh diubah.

Cara Agar Google Docs Tidak Bisa Diedit Orang Lain

Untuk memberi peringatan saat mengedit sel, ikuti langkah yang sama seperti di atas untuk memulai. Namun, saat Anda masuk ke jendela Edit Izin Situs, centang kotak di samping Tampilkan Peringatan… sebelum mengklik Selesai untuk menambahkan peringatan.

Bagaimana Melakukan Proses Share Dokumen Yang Di Buat Di Google Doc Dan Berbagi Dengan Teman Kalian?

Di jendela izin pengeditan rentang, pilih Tampilkan peringatan saat mengedit rentang ini untuk menyetel perlindungan “lunak” untuk sel yang dapat diedit.

Setiap kali sel-sel ini diedit, pengguna akan melihat peringatan yang mirip dengan yang di bawah ini, memperingatkan bahwa sel-sel tersebut tidak dimaksudkan untuk diedit.

Pesan peringatan akan memberi tahu pengguna bahwa sel tidak dimaksudkan untuk diubah, tetapi masih mengizinkan pengguna untuk melakukannya.

Pendekatan ini berbeda dengan menetapkan batasan keras pada pengeditan sel spreadsheet. Ini lebih merupakan peringatan daripada batasan yang sebenarnya, dan merupakan ide bagus jika Anda ingin mengizinkan pengguna tingkat lanjut untuk melakukan penyesuaian.

Cara Menggunakan Google Spreadsheet Dan Membuat Sheet Baru

Sekarang setelah kita mempelajari cara melindungi sel individual di Google Sheet, mari kita lihat cara melindungi seluruh sheet. Dalam pendekatan ini, seluruh sheet dilindungi secara default, dan Anda harus menentukan sel mana yang dapat diedit.

Untuk melindungi seluruh sheet, kembali ke Data > Protected Sheets and Areas. Kali ini Anda tidak perlu memilih sel sebelum memulai. Cukup klik “Lembar” dan kemudian pilih lembar kerja yang ingin Anda lindungi dari menu drop-down.

Lindungi seluruh sheet di Data > Protected Sheets and Areas dan pilih opsi sheet untuk memilih worksheet.

Cara Agar Google Docs Tidak Bisa Diedit Orang Lain

Anda sekarang telah melindungi seluruh lembar. Perubahan tidak akan mungkin dilakukan kecuali Anda melarang sel tertentu (lebih lanjut tentang itu sebentar lagi). Lihat screenshot di bawah untuk contoh tentang apa yang akan terjadi jika seseorang mencoba membuat perubahan pada sheet.

Cara Membuat Tabel Di Google Docs » Kompirasi

Sel atau lembar yang dilindungi memberikan kesalahan ini setiap kali Anda mencoba mengubahnya.

Jika Anda memiliki seluruh lembar kerja yang dilindungi, Anda masih dapat mengizinkan pengeditan sel atau rentang yang dipilih secara individual. Jika Anda ingin sebagian besar lembar kerja dilindungi, saya sarankan Anda memulai dengan melindungi seluruh lembar dan kemudian mengizinkan pengeditan beberapa sel.

Kembali ke Data > Protected Sheets and Areas untuk membuka opsi. Dengan memilih opsi “Lembar”,

Cara agar pdf bisa diedit, cara agar google form tidak bisa diedit responden, cara membuat google docs agar bisa diakses semua orang, cara membuat google form tidak bisa diedit orang lain, agar google form tidak bisa diedit orang lain, cara scan agar bisa diedit, cara agar google drive bisa diedit orang lain, cara melihat akun google orang lain, cara agar google docs bisa diedit orang lain, cara membuat google docs bisa diedit semua orang, cara agar google form tidak bisa diedit orang lain, cara membuat google sheet bisa diedit semua orang