Buku Paket Pkn Sma Kelas 11 Kurikulum 2013

Buku Paket Pkn Sma Kelas 11 Kurikulum 2013 – Aku cinta Indonesia! Ini adalah kalimat yang harus selalu kita ulangi sebagai warga negara Indonesia. Ungkapan ini seharusnya tidak hanya diulang, tetapi diverifikasi dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai warga negara yang baik, tidak perlu mencari alasan mengapa kita harus mencintai dan mendukung Indonesia, karena sudah menjadi kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia untuk mencintai dan mendukung negara ini. Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, saat kami berada di sini, rasa cinta tanah air tumbuh dan berkembang, karena semua ini adalah anugerah Tuhan yang luar biasa.

Untuk lebih meyakinkan kita akan kecintaan kita pada Indonesia, coba nyanyikan lagu “Dari Sabang Sampai Merauke” gubahan R. Suharjo. Nyanyikan dengan cinta.

Buku Paket Pkn Sma Kelas 11 Kurikulum 2013

Buku Paket Pkn Sma Kelas 11 Kurikulum 2013

Dari Sabang Sampai Merauke Dari Sabang Sampai Merauke Deretan Pulau Bersatu Ini Indonesia Indonesia Tanah Airku Ku Janji Lindungi Tanah Airku Tanah Airku Indonesia

Buku Ppkn Sma Kelas 11 K13 Revisi 2017

Apa arti dari lagu tersebut? Tentu saja, Anda dapat menyatakan bahwa lagu tersebut menyoroti wilayah negara kita yang luas. Selain itu, Indonesia memiliki karakteristik wilayah yang unik karena merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Hal ini berdampak bahwa keragaman atau keragaman merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan negara Indonesia, yang meliputi keragaman suku bangsa, bahasa, adat istiadat, dan lain-lain.

Keanekaragaman yang terdapat di Indonesia merupakan potensi sekaligus tantangan. Dikatakan potensial karena dapat menjadikan negara kita negara yang besar dan memiliki kekayaan yang melimpah, kekayaan alam dan kekayaan budaya yang dapat menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia. Kebhinekaan negara Indonesia juga menjadi tantangan bahkan ancaman, karena dalam kebhinekaan ini masyarakat Indonesia mudah berlainan pendapat yang tidak dapat dikendalikan, mudah tumbuh perasaan dalam ruang sempit yang sewaktu-waktu bisa. menjadi ledakan yang mengancam integrasi atau persatuan bangsa dan keutuhan negara. Karena seluruh warga negara harus mewaspadai segala macam ancaman yang dapat memecah belah negara Indonesia dengan selalu mendukung segala upaya atau strategi pemerintah untuk mengatasi berbagai ancaman tersebut.

Pada bab ini, Anda akan diminta untuk mengkaji strategi membangun integrasi nasional, sehingga pada akhirnya Anda diharapkan mampu mengidentifikasi berbagai jenis ancaman terhadap integrasi negara di Indonesia dan menganalisis strategi yang diterapkan. oleh Indonesia untuk mengatasi ancaman tersebut.

Anda melihat peta dunia. Pada peta ini dapat dilihat letak negara Indonesia yang terletak di tengah dunia, berpotongan dengan garis khatulistiwa, dikelilingi oleh dua benua yaitu Asia dan Australia, serta terletak di antara dua samudra yaitu Hindia dan Pasifik lautan. . lautan. Keadaan tersebut menunjukkan bahwa wilayah Indonesia berada pada posisi lintas yang strategis.

Buku Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Siswa Sma Ma Mak Kelas X

Perlu Anda ketahui bahwa posisi silang negara Indonesia tidak hanya mencakup aspek teritorial, tetapi juga mencakup aspek kehidupan bermasyarakat, antara lain:

Cross-positioning Indonesia yang diuraikan di atas merupakan potensi sekaligus ancaman bagi integrasi nasional Indonesia. Dikatakan berpotensi karena memberikan dampak positif bagi pembangunan negara Indonesia dan akan memperkuat eksistensi Indonesia sebagai negara yang perannya tidak dapat dikurangi dalam mendorong pembangunan dan menciptakan perdamaian di dunia. Namun, posisi silang ini juga menjadikan Indonesia sebagai negara yang tidak luput dari ancaman yang dapat memecah belah negara.

BACA JUGA: Video Pembelajaran: SMA Kelas 10 – Geografi – Komponen Peta – Pelajaran Geografi SMA

Buku Paket Pkn Sma Kelas 11 Kurikulum 2013

Apa ancaman nyata terhadap integrasi nasional Indonesia? Ancaman terhadap integrasi nasional datang baik dari luar maupun dari dalam Indonesia sendiri dalam berbagai dimensi kehidupan. Ancaman tersebut biasanya berupa ancaman militer dan nonmiliter. Untuk memuaskan rasa penasaran Anda, berikut adalah uraian singkat mengenai ancaman yang dihadapi negara Indonesia berupa ancaman militer dan non militer.

Ppkn Kelas Xi

Ancaman militer berkaitan dengan ancaman pertahanan dan keamanan. Ancaman militer adalah ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisir yang dianggap dapat mengancam kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keamanan seluruh negara. Ancaman militer dapat berupa agresi/invasi, pelanggaran wilayah, pemberontakan bersenjata, sabotase, spionase, aksi terorisme bersenjata, dan ancaman keamanan maritim dan penerbangan.

Agresi negara yang dikategorikan mengancam kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keamanan seluruh negara di Indonesia memiliki bentuk dari yang terbesar hingga yang terkecil.

Invasi adalah bentuk agresi terbesar yang menggunakan kekuatan militer bersenjata yang dikerahkan untuk menyerang dan menduduki wilayah Indonesia. Negara Indonesia mengalami pahitnya dijajah atau diserbu oleh Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia dua kali yaitu pada tanggal 21 Juli 1947 dan 19 Desember 1948.

Bentuk ancaman militer lainnya yang berpeluang besar terjadi adalah tindakan pelanggaran wilayah Indonesia (laut, udara, dan darat) oleh negara lain. Konsekuensi dari Indonesia yang memiliki wilayah yang begitu luas dan terbuka adalah potensi terjadinya perambahan wilayah.

Buku Ppkn Sma/smk Kelas 11 Kurikulum Merdeka Kurmer

Ancaman militer juga dapat terjadi dalam bentuk pemberontakan bersenjata. Pemberontakan pada hakekatnya adalah ancaman yang berasal dan dilakukan oleh pihak-pihak tertentu di dalam suatu negara, namun pemberontakan bersenjata seringkali didukung oleh kekuatan asing, baik secara terang-terangan maupun secara terselubung.

Pemberontakan bersenjata terhadap pemerintah Indonesia yang sah merupakan bentuk ancaman militer yang melemahkan wibawa negara dan fungsi pemerintahan. Sepanjang sejarah, negara Indonesia telah mengalami beberapa pemberontakan bersenjata yang dilakukan oleh gerakan-gerakan radikal seperti DI/TII, PRRI, Permesta, Pemberontakan PKI Madiun dan G-30-S/PKI. Beberapa aksi pemberontakan bersenjata tidak hanya mengancam pemerintahan yang sah, tetapi juga terhadap berdirinya negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Ganti bahasa Tutup menu Bahasa Inggris Español Português Deutsch Français Русский Italiano Română Indonesia (dipilih) Informasi lebih lanjut Unggah Memuat .. Pengaturan pengguna tutup menu Selamat datang di Scribd! Unggah Bahasa () Manfaat Scribd Baca FAQ Gratis & Dukungan Masuk

Lewati korsel Korsel sebelumnya Korsel berikutnya Apa itu Scribd? eBuku Buku Audio Majalah Podcast Lembaran Musik Dokumenter (Terpilih) Jepretan Telusuri Kategori Buku Terlaris Pilihan Editor Semua eBuku Fiksi Kontemporer Agama & Spiritualitas Perbaikan Diri Rumah & Taman Kebun Fiksi Fantasi, Hiburan Supernatural & Ilmu Kejahatan Fiesta Youth Game Kejahatan Supernatural Periklanan Romansa Sejarah Ilmu Fiksi & Matematika Sejarah Bantuan Belajar & Persiapan Ujian Bisnis Usaha Kecil & Pengusaha Semua Kategori Telusuri Buku Audio Kategori Terlaris Semua Buku Audio Fiksi Misteri, Sensasi & Kejahatan Misteri Thriller Romansa Kontemporer Ketegangan Dewasa Muda Paranormal, Ilmu Gaib & Supernatural Misteri Fiksi Ilmiah & Fiksi Ilmiah Fantasi Distopia Karir & Pengembangan Karir Kepemimpinan Biografi & Memoar Petualang & Penjelajah Sejarah Agama & Spiritualitas Inspirasi Zaman Baru & Spiritualitas Semua Penelusuran Kategori e di Majalah Kategori Tips Editor Semua majalah Berita Bisnis Berita Hiburan Berita Politik Teknologi Berita Keuangan & Manajemen Uang Keuangan Pribadi Karir & Pengembangan Manajemen Bisnis Perencanaan Strategis Olahraga & Rekreasi Hewan Peliharaan Olahraga & Aktivitas Permainan Veo Kesehatan Latihan & Kebugaran Memasak Makanan & Anggur Rumah & Kebun Kerajinan & Hobi Semua Kategori Telusuri Podcast Semua Kategori Podcast Agama & Spiritualitas Berita Berita Hiburan Misteri, Kesenangan & Fiksi Kejahatan Kejahatan Sejati Sejarah Politik Ilmu Sosial Semua Kategori Genre Klasik Country Folk Jazz & Blues Film & Musikal Pop & Rock Agama & Perayaan Instrumen Standar Drum Kuningan & Instrumen Perkusi Gitar, Bass & Dek Senar Piano Vokal Tingkat Kesulitan Pemula Menengah Lanjut Jelajahi Dokumen Kategori Dokumen Akademik Template Bisnis Berkas Pengadilan Semua Dokumen Olahraga & Rekreasi Pelatihan Binaraga & Angkat Besi Seni Bela Diri Agama & Spiritualitas Kristen Yudaisme Usia dan Spiritualitas New itas Buddha Islam Seni Musik Musik Musik Kesehatan Tubuh, Pikiran dan Jiwa Penurunan Berat Badan Peningkatan Diri Teknologi dan Teknik Politik Ilmu Politik Semua Kategori

Buku Paket Pkn Sma Kelas 11 Kurikulum 2013

PEMBERITAHUAN: Buku ini merupakan buku siswa yang disiapkan oleh pemerintah untuk implementasi kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan telah digunakan pada tahap pertama pelaksanaan Kurikulum 2013. implementasi kurikulum 2013. Buku ini merupakan “living document” yang senantiasa diperbaiki, direvisi dan diperbaharui sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Kontribusi dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini. Milik negara, tidak diperdagangkan

Kunci Jawaban Pkn Kelas 11 Sma Halaman 109, Berikut Contoh Prilaku Melawan Hukum Di Lingkungan Masyarakat

Indonesia. Kemendikbud Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan / Kemendikbud.–Jakarta: Kemendikbud, 2014.xii, 96. : illus. ; 25 cm. Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI ISBN (seluruh jilid) ISBN (jilid 2) 1. Pendidikan Kewarganegaraan — belajar dan mengajar I. Bab II. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 370.11P

Buku paket pkn kelas 10 kurikulum 2013, pkn kurikulum 2013 kelas 11, buku pkn kelas 11 kurikulum 2013 pdf, buku erlangga pkn kelas 11 kurikulum 2013, buku paket pkn kelas 11 kurikulum 2013 pdf, buku paket pkn kelas 11 kurikulum 2013, buku paket pkn kelas 9 kurikulum 2013, buku paket pkn kelas 7 kurikulum 2013, buku pkn sma kelas 12 kurikulum 2013, buku pkn kelas 11 kurikulum 2013, buku paket pkn kelas 8 kurikulum 2013, buku paket pkn kelas 12 kurikulum 2013