Buah Buahan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Buah Buahan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes – Diabetes dapat terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak dapat menangani insulin dengan baik karena disfungsi organ. Hal ini menyebabkan kadar gula darah pada penderita diabetes lebih tinggi dibandingkan dengan orang normal. Oleh karena itu, penderita diabetes sebaiknya membatasi asupan makanan tertentu yang mengandung gula berupa karbohidrat sederhana (bukan karbohidrat kompleks). Dengan kata lain, penderita diabetes harus melacak setiap asupan gula yang masuk ke dalam tubuh, termasuk gula yang berasal dari buah-buahan tertentu.

Durian memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun siapa sangka buah ini tidak dianjurkan untuk penderita diabetes. Konsumsi durian secara berlebihan berbahaya bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan durian mengandung fruktosa atau gula alami, kalori dan karbohidrat yang tinggi.

Buah Buahan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Buah Buahan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Dalam takaran 100 gram daging durian, terdapat 27 gram karbohidrat, 147 kkal kalori dan lemak yang cukup banyak, sebanyak 5 gram. Penggunaan durian oleh penderita diabetes dapat menyebabkan peningkatan tajam kadar gula darah. Ini bisa berbahaya bagi tubuh, jika dibiarkan dalam jangka panjang akan menyebabkan sindrom.

Digadang Jadi Makanan Sehat, 4 Buah Ini Justru Bisa Bawa Bahaya Bagi Penderita Diabetes

Hal ini dapat menyebabkan darah pada penderita diabetes menjadi kental. Ini terjadi ketika kadar gula darah mencapai 600 mg/dL atau lebih. Pada tahap ini, tubuh pasien mencoba membuang kelebihan gula dalam urin, yang menyebabkan dehidrasi. Jika dibiarkan, gejala ini akan memburuk dan menyebabkan koma dan kematian. Sekitar 21 persen penderita diabetes yang menderita sindrom ini disebabkan oleh komplikasi penyakit jantung, penyakit ginjal dan stroke, yang semuanya berhubungan negatif dengan buah durian tinggi gula.

Penderita diabetes yang mengalami lonjakan kadar gula secara tiba-tiba akan ditandai dengan mulut kering dan haus, mata cekung, jantung berdebar, kaki dan tangan dingin, demam, bingung, lemas pada satu sisi tubuh, kejang, pingsan dan koma. Semua gejala tersebut bukan berarti akan langsung muncul jika penderita diabetes mengonsumsi durian, namun untuk mengantisipasinya, sebaiknya hindari makan durian, terutama dalam porsi besar.

Lagi pula, menderita diabetes bukan berarti Anda tidak bisa makan durian selamanya. Padahal, indeks glikemik satu biji durian hanya 55, yang termasuk dalam kelompok makanan rendah gula. Bahkan nilai indeksnya lebih rendah dari beras putih yang harganya 65. Namun, mereka yang mengonsumsi durian jarang merasa cukup satu atau dua biji durian. Biasanya, saat mengonsumsi durian, seseorang “lupa” dan mengonsumsi terlalu banyak. Itulah mengapa ada aturan yang harus diikuti penderita diabetes jika ingin mengonsumsi durian.

Pertama, penderita diabetes harus memperhatikan berapa banyak karbohidrat (gula) yang mereka makan dan berapa banyak yang harus mereka simpan. Penderita diabetes bisa makan durian dalam porsi kecil atau tidak lebih dari 2 biji. Bahkan biji durian berukuran kecil mengandung 8 gram gula, yang berasal dari karbohidrat. Ini sama dengan gula yang ditemukan dalam apel atau pepaya. Kandungan glukosa dalam durian akan meningkatkan kadar gula darah, yang akan memperburuk gejala diabetes.

Sayuran Ini Ternyata Berbahaya Bagi Penderita Diabetes

Sedangkan tips lainnya bisa dengan mengkonsumsi mentimun, sayuran mentah dan tomat terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi durian. Hal ini bertujuan untuk mengisi perut dan mengontrol keinginan untuk mengkonsumsi lebih banyak durian. Jika Anda bersikeras makan durian, Anda harus mengurangi asupan makanan lain yang tinggi karbohidrat (gula). Ingat juga bahwa makan durian akan mengganggu efek obat diabetes, jadi Anda perlu berhati-hati terhadap kemungkinan komplikasi.

Mangga merupakan buah yang mudah ditemukan di seluruh belahan dunia. Warna pulp yang cerah dan rasanya yang manis dan asam akan menarik bagi banyak orang. Ketika Anda makan mangga, Anda menyadari bahwa rasanya sangat manis dan kuat. Hal ini menunjukkan tingginya kandungan gula pada buah mangga.

Padahal, konsumsi mangga dalam batas normal tidak mempengaruhi kadar glukosa pada penderita diabetes. Apalagi mangga juga mengandung serat yang bisa mengganggu penyerapan gula dalam tubuh. Dengan demikian, proses peningkatan gula tidak akan terjadi lompatan yang tajam. Pengurus Persatuan Diabetes Indonesia (PB PERSADIA) menjelaskan bahwa kandungan gula dan kalori mangga dapat meningkatkan kadar gula darah masyarakat, sehingga tidak dianjurkan bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsinya.

Buah Buahan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Sebagian orang percaya bahwa rasa manis mangga baik untuk kesehatan, sehingga mereka mengonsumsinya dalam jumlah banyak, padahal tindakan tersebut salah dan tidak sehat. Untuk penderita diabetes, dua potong mangga atau maksimal setengah mangga berukuran sedang (85 gram) dianggap sebagai jumlah mangga yang normal. Istilahnya hanya untuk menyeruput, bukan untuk memuaskan hasrat makan mangga. Perlu diingat juga bahwa satu buah mangga utuh sudah cukup untuk menaikkan kadar gula darah pada penderita diabetes, yang tentunya akan berakibat fatal jika terus dibiarkan.

Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

Beberapa efek buruk gula darah tinggi meningkatkan kemungkinan infeksi gusi dan gigi, masalah kulit, penyakit tulang, kerusakan saraf dan penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Untuk meminimalkan risiko ini, pastikan untuk makan mangga bersama dengan makanan kaya serat dan protein.

Jika Anda mengonsumsi makanan tinggi protein dan serat dengan mangga yang kaya akan karbohidrat (gula), hal ini akan meminimalisir kenaikan kadar gula darah. Dengan kata lain, kadar gula darah dapat dikontrol melalui strategi nutrisi tertentu. Misalnya, setelah makan setengah mangga, Anda bisa makan telur, keju, atau kacang-kacangan untuk menetralkan gula darah Anda.

Buah selanjutnya yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah semangka. Semangka sangat diminati oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan segar berpadu dengan harga yang terjangkau. Konotasi kata “tidak boleh” mengacu pada indeks glikemik semangka yang tinggi, yaitu 76, sehingga tinggi gula. Meskipun semangka juga mengandung banyak nutrisi lain, tetap saja tidak dianjurkan bagi sebagian penderita diabetes akut untuk mengonsumsi buah ini.

Jika penderita diabetes tetap ingin makan semangka, penting untuk memakannya dalam porsi kecil. Selain itu, penting untuk memakannya bersama dengan makanan yang mengandung lemak, serat, dan protein yang sehat. Beberapa jenis makanan yang mengandung nutrisi tersebut adalah kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, daging merah, dan ayam. Mengkonsumsi makanan yang bervariasi akan mengurangi efek negatif yang dapat ditimbulkan oleh tingginya kadar glukosa pada semangka.

Tips Hidup Sehat Bagi Penyandang Diabetes

Tip lain yang harus dilakukan adalah makan semangka satu jam setelah makan berat untuk mengurangi jumlah makanan saat perut terasa kenyang. Meskipun indeks glikemik adalah satu-satunya pedoman untuk larangan semangka, dan tidak ada penelitian khusus yang dilakukan mengenai hal ini, perawatan harus dilakukan untuk menghindari komplikasi yang terkait dengan diabetes. Misalnya, sakit perut, haus terus-menerus, penglihatan kabur dan sakit kepala.

Nanas memiliki rasa manis, asam dan segar. Namun nanas memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang lebih banyak, sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah. Menurut standar penyajian buah yang direkomendasikan per 150 gram, satu porsi irisan nanas mengandung 15 gram gula dan 19 gram karbohidrat. Sementara nanas utuh mengandung hampir 120 gram karbohidrat, nanas yang diolah menjadi buah kalengan dan kemudian ditambahkan ke sirup kental mengandung 51 gram karbohidrat per cangkir.

Nanas kaya akan banyak nutrisi, salah satunya adalah enzim yang disebut bromelain, sehingga dapat membantu meningkatkan pencernaan dan bertindak sebagai diuretik. Selain itu, nanas dapat membantu menekan peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan pada nanas juga dapat membantu melawan stres oksidatif. Tentu saja hal ini menjadikan nanas sebagai salah satu buah yang menawarkan banyak manfaat kesehatan yang luar biasa, namun bukan merupakan pilihan terbaik bagi penderita diabetes.

Buah Buahan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Nanas diketahui memiliki indeks glikemik sedang atau kadar gula darah. Buah dengan indeks glikemik rendah dianggap yang terbaik untuk penderita diabetes, sehingga nanas tidak cocok untuk penderita diabetes. Itu karena karbohidrat dalam nanas juga bisa menyebabkan kadar gula darah naik. Kebanyakan penderita diabetes menghitung jumlah karbohidrat yang mereka konsumsi per makanan untuk menghindari fluktuasi besar dalam kadar gula darah. Pada saat yang sama, nanas mengandung karbohidrat yang cukup untuk meningkatkan kadar gula.

Gula Darah Naik, Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes

Karena nanas memiliki indeks glikemik sedang, nanas tidak baik untuk kadar gula darah. Namun, penderita diabetes tidak perlu khawatir jika memang ingin makan nanas. Nanas dapat dikombinasikan dengan makanan rendah glikemik. Perlu dicatat bahwa jus nanas tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, karena mengandung lebih banyak gula. Dan penderita diabetes harus makan nanas sesedikit mungkin.

Ceri adalah buah manis lain yang tinggi gula dan karbohidrat dan harus dihindari oleh penderita diabetes. Tetapi ada dua jenis ceri, manis dan asam, yang dapat memiliki efek berbeda pada kadar gula darah seseorang. Ceri mengandung lebih sedikit karbohidrat daripada ceri. Satu cangkir ceri mengandung sekitar 19 gram karbohidrat, yang setara dengan sekitar 5 sendok teh gula. Sementara itu, satu cangkir ceri mengandung sekitar 25 gram karbohidrat, yang setara dengan lebih dari 6 sendok teh gula.

Jumlah karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah. Namun, buah ceri mengandung banyak nutrisi untuk tubuh, seperti serat, protein, vitamin C dan potasium. Selain itu, buah ceri juga dapat meningkatkan fungsi sistem saraf dan mengatur tekanan darah. Buah ceri sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk kemampuan untuk melindungi tubuh dari penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung. Namun, ceri tidak dianjurkan untuk penderita diabetes. Hal yang benar untuk dilakukan bagi penderita diabetes adalah memilih ceri, karena mereka memiliki jumlah karbohidrat yang lebih rendah. Namun, jika penderita diabetes ingin makan ceri, porsi setengah cangkir sangat ideal, yang mendekati jumlah maksimum yang disarankan.

Oleh karena itu penderita diabetes tidak perlu berhenti makan buah, sebaliknya buah-buahan dapat menetralkan kadar gula darah, namun beberapa buah di atas sebaiknya dihindari atau dibatasi. Jika tidak, Anda dapat bertukar

Jenis Makanan Penurun Gula Darah Untuk Penderita Diabetes

Sayuran yang harus dihindari penderita diabetes, makanan apa yang harus dihindari penderita diabetes, makanan yang harus dihindari untuk penderita diabetes, makanan yang harus dihindari penderita diabetes melitus, buah yang harus dihindari bagi penderita diabetes, makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes, makanan yang harus dihindari bagi penderita diabetes, makanan yang harus dihindari penderita diabetes, hal yang harus dihindari penderita diabetes, yang harus dihindari penderita diabetes, apa yang harus dihindari penderita diabetes, buah yang harus dihindari penderita diabetes