Buah Buahan Yang Gak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Buah Buahan Yang Gak Boleh Dimakan Ibu Hamil – Semua makanan yang dikonsumsi wanita saat hamil mempengaruhi kesehatan tubuhnya dan janin dalam kandungannya. Pola makan yang sehat dan seimbang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak di masa depan. Salah satu cara memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil adalah dengan mengonsumsi buah. Namun, ibu hamil tidak bisa makan semua buah karena dianggap sebagai faktor yang mengganggu selama kehamilan. Lantas, buah apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil?

Asupan nutrisi yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya. Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, serat, air, dan bahkan nutrisi. Tak heran jika buah menjadi salah satu jenis makanan yang bisa membantu memenuhi kebutuhan diet tersebut.

Buah Buahan Yang Gak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Buah Buahan Yang Gak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Meski demikian, ada beberapa jenis buah yang biasanya dilarang dikonsumsi selama masa kehamilan karena berbagai alasan. Buah-buahan berikut dianggap berbahaya dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil:

Makanan Yang Dilarang Dikonsumsi Ibu Hamil, Bahaya!

Konsumsi durian saat hamil dipercaya dapat menyebabkan keguguran, pendarahan berat saat melahirkan dan cacat lahir. Padahal, buah ini mengandung belerang organik dan triptofan, antioksidan serta senyawa antimikroba dan antibakteri yang baik untuk ibu hamil.

Padahal, ibu hamil boleh mengonsumsi durian asalkan tidak berlebihan. Namun, ibu hamil yang menderita diabetes dan hipertensi disarankan untuk tidak mengkonsumsi durian. Pasalnya buah ini bisa memperparah kedua penyakit tersebut.

Pepaya dianggap berbahaya bagi ibu hamil karena diyakini menyebabkan sakit perut sebelum melahirkan dan menyebabkan keguguran. Hal ini ternyata tidak sepenuhnya salah.

Buah pepaya mentah yang kulitnya masih hijau memiliki banyak kandungan lateks, enzim papain, dan lateks. Jus susu dalam pepaya mentah dapat menyebabkan rahim berkontraksi, menyebabkan persalinan berjalan lebih cepat dari seharusnya.

Aman Dan Tidaknya Makan Pepaya Bagi Ibu Hamil

Selain itu, lateks juga dapat menimbulkan reaksi alergi, sehingga sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Padahal enzim papain pada pepaya mentah memiliki efek yang mirip dengan prostaglandin, yaitu hormon yang dapat menginduksi atau merangsang persalinan. Dengan kata lain, papain juga bisa menyebabkan persalinan prematur.

Berbeda dengan pepaya mentah, pepaya matang yang kulitnya sudah berwarna jingga atau kuning malah sehat untuk ibu hamil. Pepaya matang merupakan sumber berbagai vitamin seperti asam folat dan vitamin A yang baik untuk ibu hamil.

Nanas adalah salah satu buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil muda. Mengonsumsi nanas saat hamil dipercaya dapat menyebabkan keguguran dan berisiko melahirkan bayi cacat. Mitos ini mungkin muncul karena adanya enzim bromelain yang terdapat pada nanas.

Buah Buahan Yang Gak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Namun, bromelain juga ditemukan dalam obat yang digunakan untuk mengobati peradangan, sinusitis, kolitis ulserativa, dan nyeri lutut.

Vitamin Dan Mineral Untuk Ibu Hamil Yang Harus Dipenuhi

Bromelain dalam bentuk tablet tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena dapat mengganggu keseimbangan protein tubuh dan menyebabkan perdarahan. Namun kandungan bromelain pada nanas cukup rendah sehingga dianggap aman untuk dikonsumsi.

Dikonsumsi dalam jumlah sedang, nanas bahkan sehat untuk ibu hamil. Buah nanas merupakan sumber vitamin C dan zat besi. Meskipun demikian, sebaiknya jangan makan nanas terlalu banyak, karena keasamannya dapat meningkatkan asam lambung.

“Buah nanas mengandung bromelain yang justru dapat meningkatkan risiko keguguran karena bromelain dapat menyebabkan perdarahan dan pemecahan protein yang berlebihan. Sebaiknya hindari dan makan buah lain yang tinggi serat dan vitamin C, seperti jeruk, apel, dan jambu biji,” jelas Kelvin Halim, ahli gizi.

Anda pasti sering mendengar bahwa buah nangka tidak aman dikonsumsi saat hamil. Menurut beberapa mitos, buah nangka dapat mempersulit proses kelahiran dan menyebabkan bayi lahir dengan cacat. Sedangkan mitos lainnya mengatakan bahwa buah nangka dapat menyebabkan keguguran.

Makanan Pantangan Ibu Hamil Yang Perlu Dihindari

Padahal, belum ada penelitian ilmiah yang dapat mendukung mitos tersebut, sehingga ibu hamil tetap boleh mengonsumsinya. Nangka diketahui mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk ibu hamil.

Seperti makanan lainnya, sebaiknya makan nangka sesuai kebutuhan dan jangan terlalu banyak. Selain itu, buah ini dapat mempengaruhi kadar gula darah. Oleh karena itu, buah nangka tidak dianjurkan untuk ibu hamil yang menderita diabetes. Hindari juga konsumsi jaggery yang difermentasi karena mengandung alkohol yang tidak sehat bagi ibu hamil.

Makanan lain yang harus dihindari ibu hamil adalah pare. Sering disamakan dengan sayuran, pare dikatakan menyebabkan kontraksi rahim dan harus dihindari oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan oleh pare yang digunakan untuk menggugurkan kandungan.

Buah Buahan Yang Gak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Sejauh ini, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa pare dapat menyebabkan keguguran. Jadi tidak apa-apa jika ibu hamil mau makan pare. Dengan asumsi Anda perlu memakannya dalam jumlah yang wajar dan sesuai kebutuhan.

Jenis Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Meskipun demikian, pare dapat mempengaruhi kadar gula darah. Oleh karena itu, pare tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yang juga menderita diabetes.

Selama kehamilan, wajar jika ibu hamil “mendambakan” makanan dan minuman asam. Salah satu makanan asam tersebut adalah asam jawa. Buahnya telah digunakan untuk mengobati gejala mual dan muntah pada ibu hamil. Namun, Anda harus mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup.

Asam jawa kaya akan vitamin C, artinya ibu hamil tidak boleh mengonsumsi buah ini. Bila dikonsumsi berlebihan, vitamin C dalam asam jawa mengurangi produksi progesteron dalam tubuh.

Rendahnya kadar progesteron dalam tubuh dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur bahkan kerusakan sel janin. Untuk itu, asam jawa merupakan buah yang harus dihindari oleh ibu hamil muda, terutama pada trimester pertama.

Rekomendasi Buah Untuk Ibu Hamil Muda

Pisang mentah merupakan salah satu jenis pisang yang harus dihindari ibu hamil karena mengandung pati resisten yang sulit dicerna tubuh. Selain itu, pisang mentah juga tinggi tanin yang dapat memperlambat pergerakan makanan di usus. Karena itu, makan pisang mentah bisa menyebabkan sembelit pada ibu hamil.

Kulit dan permukaan buah yang tidak dicuci tentunya mengandung berbagai bakteri dan parasit yang berbahaya bagi ibu hamil. Contohnya Toxoplasma, Escherichia coli, Salmonella dan Listeria. Kontaminasi bakteri dan parasit dapat terjadi kapan saja, termasuk selama proses produksi, panen, pengolahan, dan penyimpanan.

Toksoplasma adalah salah satu bakteri paling berbahaya dalam buah dan sayuran. Bakteri ini dapat menyebabkan toksoplasmosis. Kebanyakan orang dengan toksoplasmosis tidak memiliki gejala, dan yang lain salah mengartikannya sebagai flu.

Buah Buahan Yang Gak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Sebagian besar anak yang terinfeksi bakteri Toxoplasma di dalam kandungan menjadi buta dan mengalami keterbelakangan mental di kemudian hari. Parahnya, satu atau dua kasus toksoplasmosis akan merusak mata dan otak bayi saat lahir.

Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Secara Bersamaan

Jadi pastikan untuk mencuci dan mengupas buah apa pun yang akan Anda makan. Anda juga harus makan buah yang matang. Anda pasti bisa mengonsumsi sejumlah buah-buahan seperti alpukat, pisang, dan apel.

Faktanya, ada banyak mitos yang melarang buah untuk ibu hamil, meski belum ada penelitian yang membuktikannya. Oleh karena itu, konsumsilah buah-buahan tersebut dalam batas yang wajar. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan dengan dokter untuk membantu merencanakan pola makan yang sehat bagi ibu hamil.

Pastikan kebutuhan Anda selama hamil terpenuhi dengan mengonsumsi Blackmore’s Pregnancy I Folic (Rp 182.486). I-Folic Blackmore adalah dosis harian asam folat dan suplemen yodium untuk konsepsi dan kehamilan. Yodium dapat mendukung perkembangan otak, penglihatan, dan pendengaran bayi. Blackmore’s Pregnancy I Folic dapat memenuhi kebutuhan 500 mg asam folat per hari, yang dapat membantu mengurangi risiko cacat lahir

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari . Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harian Anda, Anda juga dapat mengunduh aplikasinya. adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen nutrisi sesuai kebutuhan pribadi. Aplikasi ini tersedia melalui Google Play Store dan App Store.

Kenali Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Chakrabarti, S. dan Chakrabarti, A. (2019). Pembatasan diet selama kehamilan dan awal menyusui di kalangan wanita yang tinggal di pedesaan Benggala Barat. Jurnal Kedokteran Keluarga dan Perawatan Primer. 8(1): 86-90.

Diana, R. dkk. 2018. Pantangan dan anjuran makanan pada ibu hamil Madura: Studi kualitatif. Majalah Makanan Etnik. 5(4): 246-253.

Dokter stefanie | December 13, 2022 New Item Moisturizing, 8 toner pelembab topikal ini C.. Pelajari lebih lanjut

Buah Buahan Yang Gak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Previous article Air kelapa muda untuk ibu hamil, amankah dikonsumsi? Next article 7 tips sederhana menjaga kesehatan jantung

Sayuran Yang Menjadi Pantangan Ibu Hamil

Dengan suplemen yang Anda pesan, rekomendasi didasarkan pada kebutuhan Anda. Menggunakan teknik pembelajaran mesin, itu akan mendukung kebutuhan tambahan Anda berdasarkan pertanyaan yang Anda jawab melalui aplikasi. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir tentang bisnis yang berulang karena Anda dapat berlangganan. Dan jangan khawatir, Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Estimasi pengiriman langsung maksimal 4 jam. setelah kurir menerima obat namun jadwal pengiriman reguler sudah termasuk dalam jadwal ekspedisi yang dipilih oleh customer. Asupan nutrisi yang cukup selama kehamilan sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Beberapa sumber makanan, seperti buah-buahan, harus dikonsumsi secara teratur oleh ibu hamil. Namun, ibu hamil harus selektif, karena ada buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil.

Ada beberapa buah yang berisiko menyebabkan masalah selama kehamilan. Oleh karena itu, ibu hamil harus menghindari buah ini. Buah apa yang tidak boleh dimakan ibu hamil? Inilah lima di antaranya:

Mitos bahwa makan durian saat hamil dapat memicu pendarahan berlebihan saat melahirkan, keguguran, dan cacat lahir. Padahal, durian mengandung berbagai senyawa sehat seperti antioksidan, belerang organik, antibiotik dan zat antibakteri yang baik untuk ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil juga boleh mengonsumsi durian asalkan tidak berlebihan. Bagi ibu hamil yang menderita penyakit diabetes atau hipertensi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi durian karena dapat memperparah kedua penyakit tersebut.

Manfaat 11 Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Pepaya mentah merupakan buah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Kandungan lateks dan papain pada pepaya mentah dapat membahayakan nyawa ibu hamil dan janin. Lateks dapat menyebabkan kontraksi rahim, menginduksi persalinan prematur dan memicu reaksi alergi. Selain itu, papain dalam pepaya memiliki efek yang mirip dengan prostaglandin, hormon yang dapat merangsang persalinan, membuat persalinan dini berisiko. Hindari pepaya mentah dan pilih pepaya matang dengan kulit oranye atau kuning. Hal ini

Makanan yang gak boleh dimakan ibu hamil, buah yang gak boleh dimakan ibu hamil, buah buahan yang boleh dimakan ibu hamil, makanan yang gak boleh dimakan orang hamil, buah buahan yang tidak boleh dimakan ibu menyusui, buah buahan yang tidak boleh dimakan saat hamil muda, buah buahan yang tidak boleh dimakan ibu hamil, buahan yang tidak boleh dimakan ibu hamil, buah buahan yang boleh dimakan penderita diabetes, buah buahan yang boleh dimakan penderita lambung, buah buahan yang boleh dimakan ibu menyusui, makanan yg gak boleh dimakan ibu hamil