Benjolan Di Gusi Bawah Tapi Tidak Sakit

Benjolan Di Gusi Bawah Tapi Tidak Sakit – Liputan6.com, Jakarta Berlubang adalah masalah umum yang dialami banyak orang. Lubang dapat terbentuk pada gigi dari gigi berlubang kecil dan secara bertahap akan menjadi lebih besar. Sebuah rongga dapat disebabkan oleh sejumlah faktor. Ini bisa termasuk penumpukan bakteri di mulut Anda, tidak menyikat gigi dan makan makanan manis.

Siapa pun yang memiliki gigi dapat mengalami gigi berlubang, termasuk anak-anak. Beberapa kasus gigi berlubang ringan tidak menimbulkan rasa sakit. Hal ini memungkinkan orang untuk menyangkal efek negatif dari gigi berlubang tersebut.

Benjolan Di Gusi Bawah Tapi Tidak Sakit

Benjolan Di Gusi Bawah Tapi Tidak Sakit

Rongga dapat menampung bakteri berbahaya. Bakteri ini tidak hanya buruk bagi kesehatan mulut Anda, tetapi juga dapat mempengaruhi kesehatan seluruh tubuh Anda. Bakteri di dalam rongga dapat menyebabkan infeksi serius jika tidak segera ditangani.

Penyakit Yang Bisa Timbul Akibat Gigi Berlubang, Jangan Sepelekan

* Fakta atau hoax? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang dikirimkan, silahkan WhatsApp Liputan6.com fact check nomor 0811 9787 670 dengan hanya memasukkan kata kunci yang relevan.

Karies gigi disebabkan oleh penumpukan nanah di dalam gigi atau gusi. Abses biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, yang sering terbentuk pada pulpa lunak gigi.

Bakteri masuk melalui gigi berlubang, keripik, lubang atau retakan pada gigi dan menyebar ke akar. Infeksi bakteri dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada ujung akar.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh gigi berlubang yang tidak segera ditangani. Bakteri di mulut dapat menyebar ke jaringan lunak gigi atau gusi. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan lecet.

Ciri Ciri Kanker Gusi, Pengobatan, Dan Pencegahan

Gingivitis adalah peradangan pada gusi yang biasanya terjadi ketika plak atau bakteri menumpuk di gigi. Gingivitis bukanlah bentuk penyakit gusi yang merusak, tetapi gingivitis yang tidak diobati dapat berkembang menjadi gingivitis.

Penyebab paling umum dari gingivitis adalah akumulasi plak bakteri di antara dan di sekitar gigi. Ini juga menyebabkan pitting. Gejala radang gusi termasuk gusi merah dan bengkak yang mudah berdarah saat Anda menyikat gigi.

Radang gusi adalah infeksi serius pada gusi yang merusak jaringan lunak dan menghancurkan tulang yang menopang gigi. Ini adalah komplikasi akhir dari gingivitis. Gigi berlubang yang tidak segera ditambal akan menyebarkan bakteri yang dapat menginfeksi gigi.

Benjolan Di Gusi Bawah Tapi Tidak Sakit

Gingivitis dapat menyebabkan gigi goyang atau kehilangan gigi. Radang gusi juga dapat meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, dan masalah kesehatan lainnya.

Gejala Gagal Ginjal Yang Menyerang Anak Dan Dewasa

Sinusitis juga bisa disebabkan oleh gigi berlubang. Sinusitis adalah peradangan pada sinus di rongga hidung akibat infeksi. Sinus adalah struktur seperti rongga yang terletak di wajah. Rongga ini terletak di belakang tulang pipi (maxillary), di bawah dahi (depan), rongga hidung (sphenoid). Juga antara hidung dan mata (ethmoid).

Infeksi odontogenik atau infeksi yang berasal dari dalam gigi. Diperkirakan sinusitis gigi adalah sekitar 40% dari semua kasus sinusitis.

Rongga sinus sangat dekat dengan mulut dan dapat saling mempengaruhi. Kesehatan gigi juga merupakan faktor yang dapat memicu terjadinya sinusitis. Bakteri penyebab infeksi gigi tetap berada di dalam mulut dan dapat menyebar ke rongga sinus jika tidak segera ditangani.

Selama bertahun-tahun, banyak penelitian telah menemukan bahwa orang dengan penyakit gusi lebih cenderung memiliki kesehatan jantung yang buruk, termasuk serangan jantung. Kebersihan gigi yang buruk meningkatkan risiko infeksi bakteri dalam aliran darah, yang dapat memengaruhi katup jantung.

Bagus Harus Dioperasi Rahang Segera!

Bakteri kesehatan mulut dan penyakit jantung dapat menyebar dari mulut ke bagian tubuh lain melalui aliran darah. Saat bakteri ini mencapai jantung, mereka dapat menempel pada area yang rusak dan menyebabkan peradangan.

Masalah gigi seperti gingivitis, radang gusi dan kehilangan gigi berhubungan dengan peradangan dan infeksi. Infeksi telah terbukti meningkatkan risiko stroke. Terkadang peradangan dan infeksi membuat pembekuan darah lebih mungkin terjadi, menyebabkan stroke.

Jika masalah gigi kronis tidak diobati, peradangan dan infeksi dari gigi dan gusi yang tidak sehat dapat menyebabkan stroke.

Benjolan Di Gusi Bawah Tapi Tidak Sakit

Radang gusi juga dapat meningkatkan risiko demensia di kemudian hari. Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara demensia dan masalah gigi. Misalnya, para peneliti di Universitas Nasional Seoul di Korea Selatan mempelajari hubungan antara periodontitis kronis dan demensia.

Penyebab Benjolan Di Gusi, Kapan Harus Ke Dokter?

Analisis menemukan bahwa orang yang didiagnosis dengan periodontitis kronis memiliki risiko 6 persen lebih tinggi terkena demensia. Risiko ini sangat penting bagi penderita penyakit Alzheimer. Liputan6.com, Jakarta Rongga gigi merupakan bagian dari jaringan lunak yang melapisi mulut. Periodontium mengelilingi gigi dan melindungi akar gigi. Sebagian besar gusi melekat kuat pada tulang di bawahnya, yang membantu menahan gesekan makanan yang melewatinya.

Gusi putih bukanlah kondisi normal. Umumnya gusi yang sehat berwarna pink cerah. Warna gusi bisa berubah karena berbagai alasan. Terkadang kebersihan mulut yang buruk dapat menyebabkan gusi menjadi merah atau gelap.

Gusi putih, di sisi lain, bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan yang mendasarinya. Sejumlah kondisi dapat menyebabkan gusi putih, mulai dari sariawan sederhana hingga kondisi peradangan kronis.

Penyakit gusi dapat diobati atau dicegah dengan menjaga kesehatan mulut yang baik. Jika Anda memiliki gusi putih dan mengalami gejala lain, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Rasa Sakit Pada Payudara Saat Ditekan Tapi Tidak Adanya Benjolan? Apakah Penyebabnya!

* Fakta atau hoax? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang dikirimkan, silahkan WhatsApp Liputan6.com fact check nomor 0811 9787 670 dengan hanya memasukkan kata kunci yang relevan.

Gingivitis adalah penyakit peradangan pada gusi. Kebersihan gigi yang buruk adalah penyebab paling umum dari gingivitis. Radang gusi disebabkan oleh infeksi bakteri di mulut. Penumpukan plak di mulut dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan.

Gingivitis dapat menimbulkan gejala seperti gusi bengkak, merah dan bengkak di sekitar pangkal gigi. Seiring waktu, kondisi ini dapat menyebabkan gusi memutih dan menyusut. Jika tidak diobati, gingivitis dapat menyebabkan gusi terlepas dari gigi.

Benjolan Di Gusi Bawah Tapi Tidak Sakit

Mengadopsi kebiasaan menyikat gigi dan flossing yang baik serta mengunjungi dokter gigi dua kali setahun dapat membantu mengobati dan mencegah radang gusi.

Jual Obat Herbal Gondongan

Penyebab gusi putih lainnya adalah maag ringan. Kondisi ini bisa muncul di pipi, lidah, atau pangkal gusi. Sariawan merupakan kondisi yang dialami banyak orang.

Kanker bisa menyakitkan saat disentuh dan menyebabkan rasa sakit saat makan dan minum. Sariawan biasanya memiliki bagian tengah berwarna kuning atau putih. Jika terbentuk di bawah gusi, sariawan bisa memutihkan gusi.

Sariawan sembuh dalam satu hingga dua minggu tanpa pengobatan. Sariawan yang semakin parah atau tidak kunjung sembuh dalam waktu 14 hari bisa berarti sesuatu yang lebih serius.

Anemia adalah salah satu penyebab gusi putih. Anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah dalam tubuh rendah. Sel darah merah penting untuk mengangkut oksigen ke seluruh jaringan dan organ tubuh.

Cara Mengobati Benjolan Di Pipi Dalam Mulut Secara Alami, Tanpa Operasi!

Anemia dapat menyebabkan kulit pucat, termasuk gusi. Kekurangan zat besi atau vitamin B-12 menyebabkan anemia. Kelelahan ekstrim adalah salah satu gejala pertama anemia.

Selain kelelahan dan gusi pucat, anemia dapat didiagnosis dengan gejala seperti pusing, sakit kepala, sesak napas, menggigil, detak jantung tidak teratur, dan nyeri dada. Perawatan untuk anemia termasuk memenuhi asupan zat besi dan vitamin B-12 Anda.

Kandidiasis oral adalah jenis infeksi jamur yang terjadi di mulut. Kondisi ini disebabkan oleh jamur yang sama yang menyebabkan infeksi jamur vagina yang disebut Candida albicans.

Benjolan Di Gusi Bawah Tapi Tidak Sakit

Kandidiasis oral dapat menyebar dari mukosa mulut ke gusi dan lidah. Infeksi jamur bisa tampak putih atau merah, atau keduanya sekaligus. Jika jamur menyebar ke gusi, gusi mungkin tampak putih. Kandidiasis biasanya dapat diobati dengan resep obat antijamur.

Hati Hati Sariawan Lidah Sulit Sembuh Bisa Jadi Kanker

Leukemia adalah kondisi lapisan putih tebal di mulut yang dapat menutupi gusi, lidah, dan bagian dalam pipi. Leukoplakia sering disebabkan oleh kebiasaan gaya hidup yang menyebabkan iritasi terus-menerus di mulut. Ini termasuk merokok dan mengunyah tembakau.

Sebagian besar kasus leukoplakia tidak berbahaya, namun beberapa merupakan pendahulu kanker. Bintik-bintik putih yang muncul dengan luka merah lebih cenderung menjadi kanker atau kondisi pra-kanker. Perawatan biasanya melibatkan perbaikan kebiasaan gaya hidup seperti berhenti merokok.

Lichen planus oral menyebabkan bercak putih berenda pada gusi, lidah, dan jaringan lain di mulut. Lichen planus oral adalah penyakit autoimun kronis yang menyebabkan berbagai gejala lain, termasuk nyeri, pendarahan, dan gusi bengkak.

Orang dengan plak mulut harus melakukan pemeriksaan gigi secara teratur. Ini karena orang dengan kondisi ini berisiko lebih tinggi mengalami malnutrisi, infeksi mulut, dan kanker mulut.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Dalam beberapa kasus (jarang), gusi putih dapat mengindikasikan kondisi yang lebih serius, seperti kanker mulut. Kanker ini dapat menyebar dengan cepat dan mempengaruhi gusi, lidah, dan langit-langit mulut.

Gejala kanker mulut berupa benjolan kecil, rata, dan tipis di sekitar area gusi. Benjolan bisa berwarna putih, merah, atau berwarna seperti daging. Kanker mulut dapat bersifat asimtomatik, yang dapat menyebabkan keterlambatan diagnosis.

Pencabutan gigi terkadang dapat menyebabkan gusi putih. Ini karena prosedur traumatis yang dilakukan selama pencabutan gigi. Gusi akan kembali ke warna normal setelah beberapa hari prosedur.

Benjolan Di Gusi Bawah Tapi Tidak Sakit

Terkadang, setelah perawatan pemutihan gigi, gusi bisa memutih. Ini adalah efek samping sementara dari bahan kimia yang digunakan. Gusi akan kembali ke warna normal dalam beberapa jam setelah prosedur. Benjolan pada gusi bisa disebabkan oleh banyak hal. Apa penyebab dari benjolan gusi? Apa yang harus diperiksa dokter? Simak semua detailnya di sini!

Cara Mengobati Gusi Bengkak (radang) Benjolan Pada Anak 2 Tahun

Nodul gusi sering tidak diobati oleh pasien. Mereka biasanya memperhatikan jika benjolan itu besar dan nyeri.

Agar tidak semakin parah, benjolan tersebut harus segera ditangani. Namun, kapan waktu yang tepat untuk pergi ke dokter gigi?

Perhatikan bahwa benjolan di gusi biasanya merupakan respons terhadap peradangan akibat plak atau sisa makanan yang menumpuk. Penumpukan ini dapat menyebabkan perdarahan dan kemerahan pada gusi.

Namun, pada beberapa kasus, benjolan pada gusi bisa menjadi pertanda sesuatu yang lebih serius. Berikut beberapa kondisi yang menyebabkan benjolan pada gusi, yaitu.

Kanker Mulut: Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengobatinya

Gelembung adalah gelembung kecil berisi udara, cairan atau zat lunak lainnya yang dapat terbentuk pada gusi di sekitar gigi. Sebagian besar kista gigi muncul di sekitar akar gigi yang mati.

Mereka tumbuh perlahan seiring waktu

Ada benjolan di gusi bawah, benjolan keras di gusi bawah, benjolan di gusi bawah belakang, obat benjolan di gusi bawah, benjolan di gusi bawah lidah, benjolan di bawah mata kiri tapi tidak sakit, benjolan di gusi bawah gigi, penyebab benjolan di gusi bawah, benjolan di gusi dalam bawah, benjolan di gusi bawah, benjolan di bawah dagu tapi tidak sakit, benjolan di bawah dagu tengah tapi tidak sakit