Benjolan Di Dalam Ketiak Kanan Sakit Bila Ditekan

Benjolan Di Dalam Ketiak Kanan Sakit Bila Ditekan – Penyebab Bengkak Pada Ketiak Sebelah Kiri atau Tanggal Tidak Dipublikasikan: 22 Februari 2019 Terakhir Update: 12 Okt 2020 Diulas 13 Juni 2019 Waktu membaca: 4 menit

Kita tahu bahwa ketiak yang normal tidak memiliki benjolan, jadi jika ada massa atau benjolan, itu pasti menjadi perhatian bagi siapa saja yang memperhatikannya. Jika Anda memiliki benjolan di ketiak kiri, bisa jadi karena infeksi, kista, atau kanker.

Benjolan Di Dalam Ketiak Kanan Sakit Bila Ditekan

Benjolan Di Dalam Ketiak Kanan Sakit Bila Ditekan

Benjolan ketiak adalah istilah sederhana untuk massa bulat yang muncul di bawah kulit ketiak, jika benjolan besar, dapat dirasakan dan dilihat dengan jelas, tetapi jika kecil, seseorang dapat mengidentifikasinya. rasakan dan tekan dengan jari.

Penyebab Benjolan Pada Siku

Iklan penangkal petir dan hair removal di Genese Klinik. Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut dari area berkeringat. Perawatan ini dilakukan oleh dokter. Pesan sekarang

Tumor bisa muncul di kedua ketiak, atau hanya di satu sisi, kiri atau kanan. Bengkak pada ketiak kiri seringkali disebabkan oleh infeksi. Sedangkan benjolan yang tidak nyeri di salah satu sisi ketiak seringkali disebabkan oleh kista, tumor, atau kanker.

Tidak ada kondisi khusus yang menyebabkan benjolan di ketiak kiri atau kanan, dan penyebab benjolan di ketiak kiri yang sama juga bisa menyebabkan benjolan di ketiak kanan. Nyeri tergantung pada sisi tubuh mana yang terkena.

Untuk memudahkan menentukan penyebabnya, pembahasan di bawah ini dibagi menjadi beberapa sesi yaitu nyeri pada ketiak kiri, tidak nyeri dan dapat terjadi pada salah satu atau kedua sisi ketiak.

Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Yang Perlu Anda Tahu

Infeksi bakteri atau gigitan pada tangan, lengan atau jari dapat menyebabkan infeksi pada pembuluh getah bening. Pembuluh limfatik ini mengalirkan cairan limfatik (getah bening) ke aksila di sisi yang sama, melalui kelenjar getah bening di ketiak. Akibatnya, kelenjar getah bening di ketiak menjadi bengkak dan nyeri saat disentuh atau tidak.

Selain kelenjar getah bening, pembengkakan juga bisa timbul dari kulit dan jaringan pendukung akibat infeksi atau proses inflamasi. Misalnya, abses ketiak adalah kumpulan nanah di bawah kulit. Ada lanjutan bisul (sejenis jerawat), hidradenitis suppurativa, bisul dan lain-lain.

Pada kasus di atas, diperlukan penanganan yang tepat dengan pemberian antibiotik, pereda nyeri atau obat antiradang sesuai anjuran dokter. Berikan obat sesuai petunjuk.

Benjolan Di Dalam Ketiak Kanan Sakit Bila Ditekan

Pembengkakan yang menyakitkan di ketiak kiri memiliki penyebab yang kurang umum. Umumnya hal ini disebabkan adanya pertumbuhan jaringan yang tidak normal seperti kista dan tumor jinak.

Kulit Ketiak Hitam? Ini Cara Mencerahkannya!

Selain kondisi di atas, ada juga ketiak yang tidak nyeri yang terjadi pada salah satu atau kedua ketiak. Seringkali disebabkan oleh berbagai jenis kanker, baik dari kelenjar getah bening di ketiak itu sendiri maupun dari kanker yang telah menyebar dari bagian tubuh lain.

Ciri-ciri pembengkakan kelenjar getah bening akibat kanker adalah multiple (multiple present), firm (tidak mudah bergerak), firm to palpation. Tubuh juga bisa menjadi lemah, berat badan turun dan rentan terhadap penyakit menular.

Ada pula kondisi khusus, yakni benjolan tidak nyeri di ketiak wanita, yang setidaknya ada tiga penyebab. Penderita diabetes tipe 1 dapat mengembangkan mastopati diabetik, yang ditandai dengan pembengkakan yang keras dan tidak nyeri pada satu atau kedua payudara, serta di ketiak.

Kedua, kanker payudara stadium lanjut menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening yang parah dan tidak nyeri di sisi klavikula dan ketiak yang terkena. Ketiga, beberapa wanita dengan implan payudara silikon mengalami pembengkakan kelenjar getah bening di sisi ketiak yang terkena.

Mastitis, Penyakit Payudara Yang Sering Dialami Ibu Menyusui

Jadi, sebenarnya banyak sekali penyebabnya, sehingga hal terbaik yang harus dilakukan jika Anda memiliki benjolan di ketiak kiri adalah memeriksakan diri ke dokter. Semakin dini penyebabnya diketahui, semakin baik pengobatan tanpa kehilangan.

Redaksi berkewajiban memberikan informasi yang akurat kepada para pembaca. Kami bekerja dengan dokter dan profesional medis dan menggunakan sumber terpercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan dan bukan diagnosis medis. Sebaiknya dilanjutkan dengan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Benjolan Di Dalam Ketiak Kanan Sakit Bila Ditekan

Konten ini ditulis atau diulas oleh dokter dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber terpercaya.

Penyebab Ketiak Basah Dan Cara Mengatasinya

Tim editorial berusaha untuk menyediakan konten yang jelas, komprehensif, mudah dipahami, relevan, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial selengkapnya di sini.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, silakan WhatsApp kami. di 0821-2425-5233 atau [email protected] Bump on Head? Cari tahu alasannya Dipublikasikan: 22 Februari 2019 Terakhir diperbarui: 12 Okt Review 2020 pada 13 Juni 2019. Waktu belajar: 3 menit

Tumor kepala dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk trauma kepala, tumor tulang, dan pengapuran tulang. Mungkin orang tidak mengira bahwa penyebabnya sudah jelas, misalnya saja terbentur di kepala, namun banyak orang yang terkejut ketika tumor muncul tanpa sebab yang spesifik.

Benjolan di kepala – di mana saja di kepala, seperti bagian belakang kepala atau di dekat leher, samping kepala, dahi, dll. Jika disertai gejala lain, seperti demam, pembengkakan biasanya akan hilang dalam 2 atau 3 hari, karena bisa jadi kelenjar getah bening yang membesar akibat infeksi.

Ada Benjolan Di Selangkangan, Apa Penyebabnya?

Tapi benjolan di kepala bisa memiliki penyebab serius, seperti hematoma atau gegar otak, tumor atau kanker tulang. Kondisi serius seperti itu membutuhkan perhatian medis segera untuk evaluasi dan perawatan yang tepat.

Sebelum kita membahas lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui bahwa kepala kita dilapisi dengan banyak lapisan, mulai dari kulit yang ditutupi oleh rambut, otot, kelenjar getah bening, lemak, pembuluh darah dan tulang. Setiap kali tumor pertama kali muncul, pertama-tama kami menentukan jaringan dari mana tumor itu muncul.

Ciri khas tumor di kepala tulang adalah terasa berat dan tidak bisa digoyahkan. Benjolan kulit atau kelenjar getah bening, di sisi lain, terasa lembut dan bisa bergetar dengan gerakan kulit kepala.

Benjolan Di Dalam Ketiak Kanan Sakit Bila Ditekan

Pukulan traumatis atau cedera kepala dapat menyebabkan tumor kepala, yaitu proses inflamasi atau memar yang tentunya bisa menyakitkan dan berbahaya. Cedera otak mungkin memerlukan perhatian medis segera.

Obat Tradisional Benjolan Di Ketiak Kanan Sakit Bila Ditekan

Untuk penderita cedera kepala ringan, langkah-langkah berikut dapat dilakukan untuk meredakan gejala dan mencegah kondisi memburuk:

Segera cari pertolongan medis jika korban mengalami gejala berikut: mengantuk; tidak dapat menggerakkan lengan atau kaki; sakit kepala parah; leher kaku; ukuran pupil kanan dan kiri berbeda (bagian tengah mata gelap); kehilangan kesadaran bahkan untuk sesaat; muntah beberapa kali; menunjukkan perilaku abnormal.

Tumor tulang dapat menyebabkan tumor kepala. Massa jaringan ini adalah hasil dari pembelahan sel tulang yang tidak terkendali. Sebagian besar tumor tulang bersifat jinak (non-kanker) dan tidak menyebar. Tapi bisa menimbulkan masalah lain, seperti lubang di tengkorak atau patah tulang. Jenis tumor tulang yang paling umum disebut osteochondroma dan biasanya terjadi pada orang berusia antara 10 dan 20 tahun.

Kanker tulang adalah penyakit serius yang dapat menghancurkan jaringan tulang normal dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Gejala khas tumor tulang termasuk patah tulang dan nyeri tulang yang memburuk di malam hari. Massa dan tumor (benjolan) dapat tumbuh di lokasi tumor.

Jual Benjolan Di Ketiak Kanan Terbaru

Tumor tulang (tumor tengkorak) di kepala pasti akan terasa berat karena tumor adalah jaringan tulang. Kemungkinan penyebabnya termasuk cacat genetik, tetapi dalam banyak kasus hal ini tidak jelas. Beberapa tumor tulang ganas mungkin hilang, tetapi pembedahan mungkin diperlukan. Sedangkan kanker tulang dapat diobati lebih agresif dengan terapi penyinaran.

Kalsifikasi adalah akumulasi bertahap kalsium dalam jaringan tubuh dalam bentuk nodul keras seperti tulang. Sebagian kalsium dapat menumpuk di jaringan tubuh dan menyebabkan jaringan mengeras, diikuti dengan sakit kepala.

Pembesaran kelenjar getah bening biasanya menimbulkan benjolan di bagian belakang kepala dan sekitar telinga, tergantung bagian wajah mana yang terasa nyeri. Selain infeksi, pembesaran kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh keganasan atau tumor.

Benjolan Di Dalam Ketiak Kanan Sakit Bila Ditekan

Banyak masalah kulit yang dapat menyebabkan benjolan di kulit kepala, seperti bisul, kista sebaceous atau atheroma, dermatitis atau radang kulit, dan banyak lagi.

Muncul Benjolan Di Belakang Telinga? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, masalah pembuluh darah, seperti hemangioma, disebabkan oleh tumor pembuluh darah.

Apapun penyebab sakit kepala Anda, jika tidak jelas dan/atau mengganggu Anda, langkah terbaik adalah memeriksakannya ke dokter. Semoga ini semua bermanfaat.

Redaksi berkewajiban memberikan informasi yang akurat kepada para pembaca. Kami bekerja dengan dokter dan profesional medis dan menggunakan sumber terpercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Papadakis MA, dkk., eds. Limfangitis dan limfadenitis. Dalam: Diagnosis dan pengobatan medis terkini 2019. Edisi ke-58. Pendidikan McGraw-Hill; 2019. https://accessmedicine.mhmedical.com.

Panduan Praktik Klinis (ppk) Primer 1

Jameson JL, dkk., eds. Pembesaran kelenjar getah bening dan limpa. Dalam: Prinsip Penyakit Dalam Harrison. edisi ke-20. Perusahaan McGraw-Hill; 2018. https://accessmedicine.mhmedical.com.

Bou-Assaly W. (2016). Kelenjar getah bening yang terlupakan: Tinjauan tentang sistem limfatik kepala dan leher superfisial. DOI: (http://doi.org/10.14312/2399-8172.2016-3)

Benjolan di belakang kepala: penyebab dan kapan harus ke dokter. MedicalNewsToday. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325138)

Benjolan Di Dalam Ketiak Kanan Sakit Bila Ditekan

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan dan bukan diagnosis medis. Sebaiknya dilanjutkan dengan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Penyebab Ketiak Sakit Yang Perlu Diperhatikan, Bisa Tandakan Penyakit

Konten ini ditulis atau diulas oleh dokter dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber terpercaya.

Tim editorial berusaha untuk menyediakan konten yang jelas, komprehensif, mudah dipahami, relevan, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial selengkapnya di sini.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, beri tahu kami. untuk mengetahui

Cara mengobati benjolan di leher kanan sakit bila ditekan, benjolan di ketiak tidak sakit bila ditekan, benjolan kecil di ketiak kanan sakit bila ditekan, benjolan di leher kanan sakit bila ditekan, benjolan di ketiak sakit bila ditekan sebelah kanan, benjolan di ketiak kanan sakit bila ditekan, benjolan di dalam ketiak sakit bila ditekan, benjolan kecil di leher kanan sakit bila ditekan, cara mengobati benjolan di ketiak sakit bila ditekan, benjolan di ketiak sakit bila ditekan, benjolan di payudara kanan sakit bila ditekan, benjolan di leher kanan tidak sakit bila ditekan