Bambu Yang Digunakan Sebagai Tanaman Hias Adalah

Bambu Yang Digunakan Sebagai Tanaman Hias Adalah – Bambu adalah tanaman sukulen dengan lubang dan sambungan di batangnya. Bambu memiliki banyak jenis. Nama lain dari bambu adalah canna, aur dan eru. Di dunia ini, bambu merupakan salah satu tumbuhan yang pertumbuhannya paling cepat. Karena sistem rimpangnya yang unik, bambu dapat tumbuh hingga 60 cm (24 inci) dalam sehari atau lebih, tergantung pada kondisi tanah dan iklim di mana ia ditanam.

Bambu dapat tumbuh hingga 100 cm (39 inci) setelah 24 jam, namun pertumbuhan ini tergantung pada kondisi tempat, iklim dan jenisnya. Pertumbuhan yang paling umum adalah sekitar 3-10 cm (1,2-3,9 inci) per hari. Bambu tumbuh dalam skala besar selama periode Cretaceous, di tempat yang sekarang disebut Asia. Beberapa spesies bambu terbesar dapat tumbuh setinggi lebih dari 30 m (98 kaki), dan dapat mencapai diameter batang 15–20 cm (5,9–7,9 inci). Namun, beberapa spesies hanya dapat tumbuh hingga ketinggian beberapa sentimeter saja.

Bambu Yang Digunakan Sebagai Tanaman Hias Adalah

Bambu Yang Digunakan Sebagai Tanaman Hias Adalah

Bambu milik keluarga rumput, yang mungkin menjelaskan mengapa ia tumbuh begitu tinggi. Artinya ketika bambu dipanen akan tumbuh dengan cepat tanpa mengganggu ekosistem. Tidak seperti pohon, rebung tumbuh dari permukaan hingga diameter penuh dan tumbuh hingga ketinggian maksimalnya dalam satu musim tanam (sekitar 3 hingga 4 bulan). Dalam beberapa bulan tersebut, setiap jenis yang muncul tumbuh secara vertikal tanpa menumbuhkan cabang hingga usia dewasa. Kemudian cabang tumbuh dari simpul dan daun muncul. Di tahun berikutnya, dinding batang yang berisi ampas akan awet. Di tahun ketiga, bagasi bertahan lebih lama lagi. Hingga tahun kelima, jamur dapat tumbuh di bagian luar selokan dan menembus jauh ke dalam selokan dan membusuk. Pada umur delapan tahun (tergantung jenisnya), tumbuhnya cendawan akan menyebabkan batang bambu membusuk dan roboh. Ini menunjukkan bahwa bambu paling baik dipanen saat berumur antara tiga dan tujuh tahun. Bambu tidak akan tumbuh lebih tinggi atau membengkak setelah tahun pertama, dan bambu yang roboh atau dipanen tidak akan tergantikan oleh rebung baru yang pernah tumbuh.

Tanaman Hias Yang Membawa Keberuntungan

Bambu lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan bangunan, misalnya untuk atap, tiang, dinding (anyaman kabin), atau pagar rumah. Sebagian masyarakat khususnya di Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah memanfaatkannya sebagai bahan baku kerajinan tangan (besek, mebel dan aksesoris). Tahukah Anda bahwa bambu juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias? Tentu tidak percaya jika bambu bisa dijadikan sebagai tanaman hias. Bagaimana mungkin tanaman yang tumbuh berumpun, berbatang tebal dan tinggi, layak dijadikan tanaman hias? Dengan tanaman yang berjalan seperti ini, halaman rumah terlihat sangat kotor dan berantakan.

Ketidakpercayaannya memang benar, jika jenis (spesies) yang digunakan adalah bambu biasa yang kita lihat sehari-hari. Faktanya, ada 1.100 spesies tanaman bambu di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, 65 spesies ditemukan di Indonesia.

Nah, jenis bambu yang cocok sebagai tanaman hias biasanya berasal dari China, Jepang, dan Thailand. Misalnya bambu gendang (Bambusa ventricosa), bambu jepang (Arandinaria japonica), bambu beraneka ragam jepang (Sasa rejeki), bambu kuning (Phyllostachys sulphurea), bambu siam (Thyrsostachys siamensis), dan bambu pagar (Bambusa glaucescens).

Spesies ini memiliki keindahan di setiap batang, ruas dan batangnya. Batangnya tidak terlalu besar, juga tidak terlalu tinggi, sehingga lebih mudah dalam perawatannya. Selain itu, bambu hias daun juga bisa mempercantik taman kita.

Bab 7 Tanaman Hias Materi 1

Keharmonisan lingkungan Untuk menentukan jenis bambu hias yang akan dipilih, kita sesuaikan terlebih dahulu dengan ukuran taman/taman, serta karakteristik tanaman itu sendiri. Misalnya tinggi tanaman, panjang daun, dll. Penyesuaian diperlukan jika kita menginginkan keharmonisan antara tanaman dan lingkungan rumah.

Misalnya gendang bambu yang tinggi batangnya hanya 1-2 meter, dengan panjang daun rata-rata hanya 18 cm. Jenis ini cocok ditanam di pekarangan sempit.

Bambu subtropis asal China ini dikenal paling unik dibandingkan jenis bambu hias lainnya. Karena segmen warungnya patah di tengah, tapi lebih kecil ke segmennya. Sepintas bentuknya seperti rebana (rebana), sehingga disebut juga gendang bambu.

Bambu Yang Digunakan Sebagai Tanaman Hias Adalah

Di negara asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai bambu perut Buddha. Yang tak kalah menarik, ruas batangnya berwarna hijau tua dan keras. Padahal, tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan bonsai.

Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan Bagi Pemiliknya Menurut Feng Shui, Ada Bambu

Jika Anda memiliki taman yang luas, disarankan untuk memilih bambu jepang. Pasalnya, tinggi batangnya mencapai lima meter, dengan panjang ruas sekitar 30 cm. Tanaman ini mudah diperbanyak dengan stek rimpang atau batang.

Batangnya tegak dan abu-abu kehijauan. Cabang-cabangnya berasal dari simpul tengah, sehingga barisan batangnya dapat membentuk pagar bila ditanam dalam barisan.

Seperti namanya, bambu ini berasal dari Jepang. Bambu dengan daun yang indah sering ditanam berjejer di pagar atau dinding, mengurangi kesan terkesan “sombong”. Namun, Anda juga bisa menanam satu atau dua rumpun di satu sisi taman.

Bambu Jepang terkait dengan bambu Jepang beraneka ragam. Tampilannya sangat menarik, dengan bentuk daun yang bervariasi. Rumpun tumbuh rapat, dengan daun kecil, sehingga bisa dipotong menjadi lingkaran atau bentuk lainnya.

Jenis Jenis Bambu Yang Tumbuh Di Indonesia, Ketahui Kegunaannya

Sosoknya jauh lebih kecil dari bambu jepang, sehingga lebih baik jika ditanam hanya pada salah satu sisi taman. Cocok juga ditanam di taman yang tidak terlalu sempit atau terlalu luas.

Ada sekitar 1000 jenis bambu di dunia ini. Tanaman bambu memiliki banyak manfaat. Selain dapat digunakan sebagai bahan bangunan, juga baik digunakan sebagai tanaman hias. Untuk bambu hias banyak jenisnya. Berikut ini beberapa di antaranya yang biasa ditemukan di penjual tanaman.

Penampilan bambu ini sangat indah. Batangnya berwarna kuning gading, strukturnya halus. Ini kontras dengan daunnya yang berwarna hijau cerah dengan lebar 5 cm dan panjang 20 cm. Berbeda dengan bambu lain yang cenderung bengkok, bambu kuning memiliki batang yang lurus. Dengan cara ini, bambu jenis ini dapat digunakan sebagai pembatas taman yang menarik.

Bambu Yang Digunakan Sebagai Tanaman Hias Adalah

Tingginya bisa mencapai 3 m. Jika terlalu tinggi, potong saja batang atasnya. Bambu selalu tumbuh dengan baik sebagai pagar.

Jual Tanaman Hias Bambu Kuning Mini

Jenis bambu ini memiliki bentuk yang khas dengan batang yang kecil dan daun yang halus. Ukuran maksimum daun hanya sepanjang 10 cm. Warna batang dan daunnya hijau pucat. Mirip dengan bambu kuning. Batang bambu Jepang juga tumbuh lurus. Ini cocok untuk digunakan sebagai penghalang atau didirikan di sepanjang dinding atau batang. Jika rimbun, bambu jepang bisa dibentuk.

Ukuran batang dan daun bambu jenis ini lebih tipis dari bambu Jepang. Namun berbeda dengan dua jenis bambu lainnya, bambu Cina tumbuh lebih rapat dan batangnya mudah bengkok. Warna batangnya hijau muda, agak kuning.

Bambu Kuning Yang tak kalah menarik adalah bambu kuning. Tanaman yang berasal dari China dan dijuluki yellow running bamboo ini memiliki warna kuning keemasan. Batangnya juga berwarna kuning keemasan, sehingga bisa memberikan aksen warna pada taman atau kebun Anda. Cabang yang ditanam muncul pada simpul di bagian atas, sehingga batangnya terlihat nyata.

Anda bisa menanam berjejer sebagai pagar, penunjuk jalan, dinding samping, atau penghubung antar bangunan. Tinggi tanaman sekitar 4-9 meter, dengan diameter batang 5-8 cm, panjang 12 cm dan lebar 2 cm.

Jenis Tanaman Hias Berdasarkan Tempat Hidup Dan Klasifikasinya

Thailand juga memiliki jenis tanaman bambu hias yang dikenal dengan bambu siam. Sepintas terlihat seperti bambu Jepang. Di negara asalnya, rebung bambu siam sering dijadikan sayuran.

Rumpun bambunya sangat rapat, dengan daun yang kecil tapi lebat. Dengan performa seperti itu, Anda bisa melatihnya sesuai selera. Biasanya mahkotanya memanjang seperti payung.

Batangnya berwarna putih kehijauan, ramping dan lurus. Bambu siam ditanam di sisi dinding, baik berjajar maupun berkelompok. Penanaman di sisi dinding dapat mengurangi kekakuan dinding bangunan/gedung.

Bambu Yang Digunakan Sebagai Tanaman Hias Adalah

Tak hanya itu, bambu siam juga bisa berfungsi sebagai penahan angin dan peredam suara. Batangnya setinggi 7-12 m, diameter 2-7 cm, dan panjang simpul sekitar 15 cm. Cabang muncul di bagian atas node, dan ditutupi dengan miang putih.

December 9, 2019

Ada lagi yang namanya pagar bambu. Seperti namanya, ditanam berjejer seperti pagar hidup. Rumpun juga tumbuh rapat, dengan daun-daun kecil, sehingga pucuk bisa dipotong rata. Batangnya pendek dan berwarna hijau. Nah, yang menarik bagi Anda di Indonesia adalah negara penghasil bambu yang cukup besar. Banyak manfaat yang diambil dari pohon bambu, terlihat dari produk yang dihasilkannya. Setiap provinsi di Indonesia memiliki tumbuhan bambu, baik yang tumbuh di alam maupun yang sengaja ditanam di perkebunan.

Bambu merupakan sumber daya hutan bukan kayu yang merupakan bagian dari kekayaan sumber daya hutan Indonesia. Bambu dapat menjadi alternatif untuk mengurangi penggunaan kayu di hutan yang semakin terbatas. Di desa-desa, penggunaan bambu sering terlihat pada peralatan rumah tangga. Namun kini semakin berkembang untuk berbagai jenis kebutuhan industri, sehingga bagi masyarakat di pedesaan dikategorikan sebagai penunjang utama.

Beberapa kemudahan bambu antara lain menanam hanya sekali, karena bambu berkembang biak dengan sendirinya dan tumbuh dengan mudah di habitat yang sesuai dan kemudian dipanen sesuai kebutuhan. Meningkat tentunya tidak terlepas dari pengaruh kondisi lingkungan tempat tumbuhnya, pola pemanenan dan teknik pemeliharaan yang tepat.

Oleh karena itu, faktor lingkungan penting untuk diketahui agar dapat berproduksi secara optimal. Meningkatnya penggunaan berbagai jenis bambu menyebabkan tanaman bambu rakyat dieksploitasi secara tidak terkendali tanpa diimbangi dengan tindakan budidaya. Soendjoto (1997) mengatakan bahwa salah satu bentuk penurunan, perusakan dan penghancuran keanekaragaman hayati adalah pemanenan tanpa budidaya, penebangan dan introduksi spesies baru. Upaya pelestarian bambu belum diusahakan, karena tegakan bambu yang biasa hidup di lahan masyarakat dianggap cukup. Selain itu, masih minimnya informasi dan pengetahuan tentang budidaya jenis bambu, serta pengenalan jenis-jenis bambu di Indonesia dan kegunaannya. Untuk itu diperlukan suatu bekal untuk pengembangan tanaman bambu, terutama untuk jenis yang sudah umum digunakan atau belum dikenal oleh masyarakat, namun memiliki banyak manfaat.

Ini Rekomendasi Tanaman Indoor Yang Cocok Untuk Ruangan

Bambu tumbuh dari permukaan tanah pada ketinggian 100 – 2200 m dpl. Namun, tidak semua jenis bambu bisa tumbuh