“aplikasi Hasil Proses Pembelajaran Yang Anda Sebutkan Di Dalam Pekerjaan

“aplikasi Hasil Proses Pembelajaran Yang Anda Sebutkan Di Dalam Pekerjaan – , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (23/9) – Pandemi Covid-19 hampir mempengaruhi semua sektor kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Edukasi yang telah dilakukan di sekolah tidak otomatis dapat mencegah penyebaran virus secara besar-besaran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyikapi situasi tersebut dengan membuat sejumlah kebijakan. Pembelajaran di sekolah dilakukan dari jarak jauh menggunakan ICT (Information and Communication Technology).

Untuk mendukung pembelajaran jarak jauh ini, sejak pertengahan April 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menayangkan program Belajar Dari Rumah (BDR) yang disiarkan oleh TVRI. Program ini berisi rencana edukatif dan menyenangkan sebagai alternatif pembelajaran bagi siswa, orang tua, dan guru. Meski pandemi Covid-19 telah banyak berubah, termasuk dunia pendidikan, prinsip pencapaian kompetensi tidak bisa dipandang sebelah mata.

“aplikasi Hasil Proses Pembelajaran Yang Anda Sebutkan Di Dalam Pekerjaan

Harus ada penyesuaian kurikulum di masa pandemi ini yang bisa dikategorikan sebagai masa darurat. Setidaknya ada empat karakteristik yang harus dimasukkan dalam kurikulum darurat, yaitu kesederhanaan, kejelasan, prioritas, dan kegiatan. Kurikulum sederhana hanya memuat materi-materi penting dengan skala prioritas yang rumusannya menghasilkan pembelajaran berorientasi aktivitas yang menyenangkan bagi siswa.

Gabung Jadi Pengajar Di Ruangpengajar

Kegiatan belajar siswa di rumah selama pandemi biasanya menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Bahkan dalam proses mengerjakan tugas ini, guru menghadapi kesulitan untuk menilai apakah tugas ini benar-benar diselesaikan secara mandiri oleh siswa.

Berdasarkan permasalahan tersebut, selain memberikan berbagai kegiatan pembelajaran yang lebih menyenangkan, guru/pendidik dapat memberikan materi atau tugas yang harus dikerjakan secara berkelompok. Dalam proses pengajaran, guru/pendidik dapat menerapkan model pengajaran investigasi kelompok dengan menggunakan aplikasi manajemen proyek.

Model pembelajaran inkuiri kelompok merupakan salah satu jenis model interaksi sosial yang bertujuan untuk membangun hubungan yang kooperatif, interaktif, dan produktif antar siswa. Model pengajaran ini dapat memberikan pengalaman kepada siswa (siswa) dalam memecahkan masalah dengan caranya sendiri dan didiskusikan secara demokratis dalam kelompok. Model investigasi kelompok dibagi menjadi enam tahap (1) pemilihan topik, (2) perencanaan kooperatif, (3) implementasi, (4) analisis dan sintesis, (5) presentasi hasil akhir, dan (6) evaluasi.

Saat melakukan kerja kelompok di masa pandemi tidak mungkin dilakukan secara tatap muka, tatap muka dilakukan secara virtual (

Langkah Mudah Membuat Design Yang Baik Untuk Aplikasi Anda

). Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan perangkat ICT dalam hal ini sebuah aplikasi yang mendukung penerapan model group investigation.

Di masa pandemi, pemantauan tugas kerja/teamwork/kelompok cukup sulit dilakukan. Masalah ini dapat diselesaikan dengan menggunakan aplikasi manajemen proyek. Beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan antara lain: Asana, Trello, Taiga.io, Zoho Project, Meister Task, Wrike, Orangescrum, Freedcamp, Quip, Timeunr, Milanote, Bitrix24, Slack, Google (Google Drive, Google Task, Google Keep) . Berikut adalah penjelasan dari beberapa aplikasi tersebut.

Yang populer dan sangat direkomendasikan karena dapat membuka ruang obrolan pribadi atau terbuka. Fitur ini sangat berguna bagi peserta yang membutuhkan banyak komunikasi

. Selain itu, peserta juga dapat merefleksikan tujuan mereka, memantau waktu hingga menetapkan prioritas untuk tim.

Pembelajaran Paradigma Baru

Yang dapat membantu merencanakan pekerjaan, menetapkan tujuan, memantau pekerjaan, dan berkoordinasi dengan anggota kelompok lainnya.

Jika Anda sebagai pendidik membagi peserta menjadi beberapa kelompok (beberapa tim) sebagai saran, Anda dapat menggunakan Zoho Project. Dengan Zoho Project, Anda dapat memiliki pengguna sebanyak yang Anda inginkan dan tidak ada batasan fungsional meskipun Anda menggunakan versi gratis. Selain dapat mengelola tugas atau pencapaian yang relatif kompleks, Zoho Projects juga memudahkan Anda membuat laporan mendetail, bahkan lengkap dengan 50

, dan berkolaborasi dengan sesama anggota kelompok. Pendidik dapat berkomentar dan menyukai pekerjaan siswa, sehingga lebih mudah untuk memberi penghargaan kepada tim/kelompok.

Aplikasi manajemen proyek lainnya adalah Slack. Dengan Slack, pengguna dapat dengan mudah berbagi dokumen dengan tim lain. Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur ini

Tumbuhnya Kreativitas Dan Inovasi Pembelajaran Di Era Pandemi (2)

Aplikasi manajemen proyek pertama yang dapat Anda gunakan adalah Google. Pengguna dapat menggunakan Google Drive sebagai gudang laporan penting yang dapat dibagikan dengan anggota Tim atau Google Keep sebagai

Integrasi dengan akun Google pengguna. Pengguna juga dapat menggunakan Google Tasks untuk mengelola tugas yang dapat diintegrasikan dengan Google Kalender dan memastikan bahwa tugas tersebut tidak terlewatkan.

Dengan berbagai aplikasi manajemen proyek tersebut, harapan tugas-tugas proyek yang dilakukan secara tim dapat terwujud termasuk memfasilitasi para pendidik untuk memantau dan mengevaluasi hasil kerja kelompok meskipun di masa pandemi. Tetap bekerja.

*(Penulis adalah Ahli Muda Pengembang Teknologi Pembelajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berkonsentrasi di bidang penelitian dan evaluasi pendidikan)

Pembuatan Sistem Informasi Dan Aplikasi

Tidak dapat disangkal bahwa disrupsi teknologi membawa perubahan sistemik yang cepat pada pendidikan yang perlu disikapi secara strategis. Bisa menghadapi…

Berikut daftar pemenang Malam Penghargaan Kihajar 2021: KIHAJAR STEM 2021 Daftar Dutar Rumah Belajar 2021 Daftar Pemenang Batik 2021 Best Augmented Reality Game Edukasi Terbaik Best Virtual Laboratory Motion…Tidak hanya mengirimkan materi, ada juga aplikasi. yang bisa digunakan untuk kuis dan belajar sambil bermain untuk kegiatan belajar

Zoom Meeting dan Google Classroom mungkin sudah tidak asing lagi bagi para guru. Pasalnya, kedua aplikasi ini sering digunakan saat belajar online.

Namun, ada banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan saat mengajar online. Berikut adalah beberapa saran.

Cara Instal Aplikasi Merdeka Mengajar Kurikulum Merdeka

Dan publikasi yang sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula atau orang yang tidak memiliki latar belakang desain grafis. Aplikasi ini menawarkan berbagai desain menarik, mulai dari logo, poster, infografis, hingga presentasi.

Oleh karena itu, sangat cocok untuk guru yang perlu menjelaskan materi dalam presentasinya, tetapi tidak ingin memperumit desain karena Canva telah menyediakan lebih dari 8.000 template untuk berbagai jenis konten visual. Selain itu, Canva dapat diakses melalui desktop atau perangkat seluler sehingga Anda dapat menyelesaikan slide presentasi Anda di mana saja dan kapan saja.

Dan aplikasi bisa langsung digunakan. Jika Anda ingin mengakses semua fitur yang tersedia tanpa batasan, Anda dapat menggunakan Canva versi berbayar.

Khusus untuk pengajar dan siswa, Anda bisa mendapatkan Canva Premium secara gratis dengan mengikuti program Canva for Education. Baca lebih lanjut di sini.

Mengenal Capaian Pembelajaran (cp), Tujuan Pembelajaran (tp), Dan Alur Tujuan Pembelajaran (atp)

Aplikasi tunggal ini juga dapat digunakan untuk membuat presentasi yang menarik dan unik di laptop, komputer, atau smartphone Anda

. Seperti Canva, guru harus mengunduh aplikasi ini di App Store atau Play Store terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Platform interaktif yang digunakan oleh lebih dari 2 juta siswa, guru, pemimpin bisnis, dan siswa di seluruh dunia.

Presentasi, tetapi Anda juga dapat menambahkan gambar, audio, video, dan animasi untuk membuat presentasi Anda terlihat lebih menarik. Selain itu, Explain Everything juga menawarkan versi berbayar dan gratis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Kontribusi Penggunaan Aplikasi Answer Garden Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simdig Kelas X Di Smk Negeri 1 Siabu Mandailing Natal

Antara guru dan siswa, Jamboard adalah aplikasi papan tulis digital yang dikembangkan oleh Google. Sama seperti whiteboard biasa, Jamboard dapat digunakan sebagai media untuk menjelaskan materi pembelajaran dengan cara menulis materi, menambahkan gambar, audio dan informasi lainnya.

Aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan seperti fitur pengeditan dan anotasi yang mudah digunakan, siswa dan guru dapat mengedit slide secara bersamaan, dan dapat diunduh dalam berbagai format (PDF, PNG, dan JPG) dan akan otomatis disimpan ke Google. Drive untuk dibagikan kepada siswa untuk belajar lagi setelah kelas selesai.

Selain aplikasi presentasi, guru juga membutuhkan aplikasi yang dapat membantu kelancaran pengelolaan kelas. Berikut ini adalah aplikasi yang direkomendasikan.

) dari Singapura yang resmi hadir di Indonesia sejak tahun 2020. Meski masih baru, fitur-fitur yang ditawarkan KOCO School sudah disesuaikan untuk belajar di Indonesia. Dan yang terpenting, LMS ini bisa digunakan oleh guru atau sekolah secara GRATIS.

Membuat Poster Pendidikan Dalam Hitungan Menit

Aplikasi ini memudahkan guru ketika harus mengirimkan tugas ke beberapa kelas sekaligus, lengkap dengan penjadwalan otomatis sehingga ketika guru ada urusan di luar sekolah, tugas otomatis terkirim ke akun siswa.

Selain itu, melalui fitur presentasi absensi, guru dapat mencatat kehadiran siswa, baik di sekolah maupun di rumah secara bersamaan. Sedangkan fitur daily performance summary akan membantu guru menganalisis hasil kerja harian siswa dengan bantuan grafik interaktif.

Tidak hanya itu, Anda juga mendapatkan akses ke lebih dari 30.000+ bank soal dan fitur personalisasi yang memungkinkan Anda beradaptasi dengan kebutuhan siswa yang berbeda.

Setiap bulan, guru akan diberikan akses pelatihan guru gratis dengan berbagai tema sesuai kebutuhan pendidik.

Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Powerpoint Bagi Guru Guru Sekolah Menengah Kejuruan Triguna 1956 Jakarta Selatan Untuk Meningkatkan Proses Kegiatan Belajr Mengajar

Sejak pandemi, aplikasi ini sangat populer di kalangan guru dan siswa. Ini karena Google Classroom menawarkan berbagai fitur yang mudah digunakan secara gratis.

Melalui aplikasi ini, guru dapat melihat siswa yang belum menyelesaikan tugasnya dan memberikan nilai secara langsung. Selain itu, siswa juga dapat menerima materi dan menyerahkan tugas melalui aplikasi dari Google ini.

Aplikasi yang sudah ada sejak 2009 ini juga menawarkan berbagai fitur untuk memudahkan pembelajaran online. Dengan menggunakan aplikasi ini, guru dapat membuat kelas dan kelompok belajar kecil seperti kelas.

Fitur Assignments yang disediakan oleh Edmodo juga memudahkan guru untuk memberikan tugas kepada siswa. Saat memberikan tugas ini, guru dapat menyertakan file, dokumen, tautan, atau sumber daya lain yang ingin mereka berikan.

Aplikasi Mengajar Untuk Guru Yang Bisa Diakses Gratis [2022]

Kemudian, ada fitur Gradebook yang membantu guru mencatat ulang nilai siswa, fitur Award Badge untuk memberikan penghargaan kepada siswa atau kelompok yang berhasil menyelesaikan kuis atau tugas dengan hasil yang baik, dan banyak fitur yang menyenangkan.

Kegiatan belajar mengajar terasa kurang memadai tanpa kuis. Nah, untuk membuat kuis, Bapak dan Ibu guru bisa menggunakan aplikasi pengajaran untuk keperluan di bawah ini.

Dengan aplikasi ini, guru dapat membuat game kuis interaktif untuk membuat belajar lebih menyenangkan. Tidak perlu khawatir, aplikasi ini tidak memperbolehkan siswa untuk mencontek dengan temannya karena soal-soalnya dihitung sehingga setiap soal yang diterima siswa yang satu dengan siswa yang lain akan berbeda.

Selain itu, siswa juga memiliki batasan untuk menjawab setiap pertanyaan sehingga mereka tidak memiliki

Aplikasi Pendidikan Untuk Guru Yang Menunjang Proses Pembelajaran

Keterampilan proses dalam pembelajaran ipa, jenis pekerjaan apa yang anda sukai, sebutkan kekurangan anda dalam interview, sebutkan kebiasaan belajar yang anda lakukan di rumah, proses pembelajaran yang efektif, sebutkan aplikasi komputer akuntansi yang digunakan dalam pembelajaran siswa smk, masalah dalam proses pembelajaran, kendala dalam proses pembelajaran, sebutkan keterampilan yang anda miliki, proses pembelajaran yang baik, proses pembelajaran di kelas, peran guru dalam proses pembelajaran