Apa Yang Harus Dilakukan Saat Ibu Hamil Demam

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Ibu Hamil Demam – Ibu hamil yang demam memang sangat tidak nyaman. Namun nyatanya, saat hamil, ibu lebih rentan terhadap penyakit. Sistem kekebalan Anda jauh lebih lemah selama kehamilan, membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.

Sebelum ke dokter, simak informasi berikut dari Christine Greves, MD, dokter kandungan di Orlando & Winnie Palmer Mother & Child Health Hospital di Orlando, Florida, AS, dilansir dari thebump.com.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Ibu Hamil Demam

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Ibu Hamil Demam

Demam secara klinis didefinisikan sebagai suhu 100,4 derajat Fahrenheit atau 38 derajat Celcius, atau lebih tinggi. Tapi tentu saja ada tingkat keparahan yang berbeda.

Jangan Asal, Ini Cara Memilih Pasta Gigi Untuk Ibu Hamil

Suhu normal tubuh manusia adalah 37 derajat Celcius. Jadi setiap kali suhu Anda naik di atas itu, secara teknis Anda mengalami demam. “Kami biasanya menganggap demam sebagai sesuatu yang perlu perhatian ekstra jika lebih dari 102 derajat (38,8 derajat),” tambahnya.

Jika ibu hamil mengalami demam, gejalanya tidak jauh berbeda dengan orang yang tidak hamil. Ini termasuk menggigil, nyeri otot, berkeringat, kehilangan nafsu makan, dan perubahan suasana hati.

Hanya karena ibu hamil mengalami demam, bukan berarti bayinya juga akan terkena penyakit tersebut. Sebaliknya, risikonya tergantung pada seberapa tinggi suhu saat Anda demam. Saat ibu hamil mengalami demam, suhu tubuh bagian dalam meningkat, yang juga dapat meningkatkan suhu bayi.

“Saat janin terlalu panas, detak jantung bisa meningkat. Ini bersifat sementara dan tidak perlu dikhawatirkan dalam jangka panjang,” kata Julie Lamppa, CNM, RN, praktisi perawat dewan di Mayo Clinic.

Menyikapi Flu Pada Ibu Hamil Dengan Aman

Namun jika demam ibu berkepanjangan, ada kemungkinan akan membahayakan bayi. Terutama di tiga bulan pertama. Lampa menuturkan, awal kehamilan merupakan masa penting bagi perkembangan janin.

“Jika ibu hamil mengalami demam dalam waktu yang lama, dapat meningkatkan kemungkinan bayinya mengalami cacat tabung saraf dan masalah kelahiran lainnya,” ujarnya.

Jika ibu mengalami demam, pasti ada penyebabnya. Bisa jadi perubahan cuaca atau reaksi alergi. “Dalam hal ini, kemungkinan flu mempengaruhi kehamilan Anda sangat rendah,” kata Greves.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Ibu Hamil Demam

Penyebab umum lainnya dari demam selama kehamilan adalah flu, dan infeksi saluran kemih (ISK). Dalam kasus terburuk, demam dapat disebabkan oleh infeksi. Seperti listeriosis (infeksi bakteri), toksoplasmosis (infeksi parasit) atau ensefalitis (radang otak).

Demam Tinggi Saat Hamil? Awas, Anak Berisiko Terlahir Autisme!

“Di situlah obesitas bisa menjadi masalah,” kata Greves. Karena itu, penting untuk memberi tahu dokter Anda tentang gejala flu yang Anda alami.

Lampa menjelaskan, secara umum tidak apa-apa untuk mengonsumsi acetaminophen (Tylenol) saat demam selama kehamilan. Namun, pastikan Anda tetap terhidrasi dan banyak istirahat. Ibu juga bisa mengoleskan kompres dingin ke wajah agar merasa lebih baik.

Wanita hamil yang demam harus menghubungi dokter jika suhunya tidak turun. Atau jika Anda mengalami peningkatan kram, sakit perut atau nyeri tekan, kehilangan cairan atau penurunan gerakan janin.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang ibu hamil demam dan cara mengatasinya. Jika ibu mengalami demam saat hamil, jangan panik, itu adalah penyakit yang sangat umum di Indonesia. Menurut data Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan RI, sekitar 100 ribu orang di Indonesia terjangkit tifus selama tahun 2008. Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, anak-anak, dewasa hingga wanita hamil.

Operasi Usus Buntu Saat Hamil

. Penyakit ini menyebar melalui makanan dan air yang terkontaminasi, termasuk makanan dan minuman yang terkontaminasi feses orang yang terinfeksi (pasien tifus).

Dapat melewati plasenta untuk menyebar ke janin dalam kandungan. Infeksi bakteri ini meningkatkan risiko keguguran dan bayi berat lahir rendah.

Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa janin dalam kandungan bisa terinfeksi tifus. Namun dalam penelitian ini, banyak ahli yang tidak sependapat karena sulit memastikan apakah janin dalam kandungan terkena penyakit tifus atau tidak.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Ibu Hamil Demam

Namun yang jelas, para ahli sepakat bahwa tifus merupakan penyakit yang serius, tidak hanya bagi ibu, tetapi juga bagi janin. Berikut dampak TBC terhadap kesehatan ibu dan janin.

Demam Saat Hamil? Ketahui Dulu 5 Penyebabnya Agar Ibu Lebih Waspada

Tifoid selama kehamilan juga dapat meningkatkan risiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah. Selain menyebabkan demam tifoid, bayi berat lahir rendah juga dapat menyebabkan kondisi kesehatan lain seperti anemia, komplikasi saat hamil, efek merokok saat hamil, dan penyakit tertentu seperti Listeria dan Toxoplasmosis.

Tifus saat hamil dapat menyebabkan bayi lahir prematur. Untuk itu, ibu disarankan untuk menjaga kebersihan untuk mengurangi risiko tertular tifus selama kehamilan.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya perdarahan usus yang umumnya terjadi pada demam tifoid. Selain itu, tirah baring juga dilakukan agar ibu dapat beristirahat secara total hingga kondisi tubuh pulih sepenuhnya.

Hal ini dilakukan selama kurang lebih 7-14 hari, tergantung dari tingkat keparahan tifus. Ibu secara bertahap dapat kembali beraktivitas hingga kekuatan ibu pulih sepenuhnya.

Amankah Mengonsumsi Obat Flu Untuk Ibu Hamil?

Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup untuk mengganti air yang hilang saat terkena tifus. Gunakan juga buah-buahan yang tinggi air, seperti melon, melon, dan jambu biji.

Buah-buahan juga dianjurkan untuk dimakan karena mengandung banyak vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan proses penyembuhan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Hindari makanan keras seperti daging merah, makanan asam, gorengan dan makanan berlemak. Ibu juga disarankan untuk makan dengan porsi kecil tapi sering. Hal ini dilakukan untuk memperlancar kerja sistem pencernaan sehingga lebih mudah mencerna makanan yang dikonsumsi.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Ibu Hamil Demam

Sebagian besar masyarakat Indonesia percaya dengan khasiat sari cacing (terbuat dari cacing yang dibakar lalu dicampur air) yang manjur untuk pengobatan tifus. Bisakah ibu hamil menggunakan jus cacing?

Cegah Vertigo Saat Hamil Dengan 7 Cara Ini

Ada banyak jenis antibiotik yang bisa digunakan untuk mengobati tifus. Namun untuk ibu hamil, seringkali dokter memilih untuk memberikan ampisilin, ampisilin, dan ceftriaxone. Antibiotik jenis ini aman digunakan oleh ibu hamil dan sangat efektif melawan tifus.

, 2013, menyatakan bahwa penggunaan obat cacing untuk mengobati tifus hanyalah mitos belaka. Pasalnya, cacing tidak memiliki efek antibiotik terhadap bakteri

Karena tifus saat hamil dapat berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin, ada baiknya Anda mewaspadai penyakit ini. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit tifus, antara lain:

Jika Anda mengalami gejala demam tifoid seperti nyeri otot, demam tinggi, sakit kepala, lemas dan lelah, nyeri perut, penurunan kesadaran, dan gejala lainnya, segera hubungi dokter untuk diperiksa. Jakarta – Demam merupakan masalah kesehatan yang serius. umum dan hampir semua orang pernah bertemu. Ibu hamil juga mengalami demam, karena daya tahan tubuh ibu yang lemah selama masa kehamilan.

Beberapa Hal Yang Perlu Dihindari Ibu Hamil Saat Flu

Demam biasanya bukan kondisi yang serius, namun jika terjadi saat hamil, bisa menjadi sangat serius. Pasalnya, tak hanya membuat ibu tidak nyaman, ibu hamil juga bisa khawatir kenaikan suhu tubuh ibu bisa memengaruhi bayi yang dikandungnya.

Namun ibu hamil sebaiknya tidak hati-hati menggunakan obat saat demam, karena apapun yang mereka gunakan dapat mempengaruhi kondisi janin yang dikandungnya. Nah, berikut ini cara mengatasi demam saat hamil.

Pertama-tama, perlu Anda ketahui bahwa demam bukanlah penyakit, melainkan gejala dari kondisi kesehatan yang mendasarinya. Faktor-faktor berikut dapat menyebabkan demam selama kehamilan:

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Ibu Hamil Demam

Demam ringan bisa disebabkan oleh infeksi virus yang tidak berbahaya seperti flu, sedangkan demam tinggi bisa menjadi tanda flu. Selain demam, gejala flu bisa berupa nyeri tubuh dan menggigil.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Obat Warung? Yuk, Ketahui Faktanya Agar Tak Salah Kaprah

Secara umum, mengobati demam saat hamil dengan mengonsumsi acetaminophen aman dilakukan oleh ibu hamil. Namun ingat, hindari penggunaan aspirin atau ibuprofen selama kehamilan kecuali disarankan oleh dokter kandungan Anda.

Jika demam ibu tidak kunjung turun setelah menggunakan acetaminophen, atau jika ibu mengalami kontraksi yang meningkat, nyeri perut, cairan yang berkurang atau gerakan janin yang menurun, segera temui dokter kandungan. Juga jangan ragu untuk menemui dokter jika Anda memiliki kekhawatiran.

Itulah cara yang tepat untuk mengatasi demam saat hamil. Karena itu, untuk membeli antipiretik, Anda bisa menggunakannya. Oleh karena itu, ibu hamil tidak perlu keluar rumah, cukup lakukan pemesanan dan pesanan akan dikirimkan kepada Anda dalam waktu satu jam. Ayo, unduh sekarang dari App Store dan Google Play.

Referensi: Apa yang Diharapkan. Diakses 2021. Demam pada Kehamilan. Benjolan Ditemukan Tahun 2021. Dilakukan pada masa demam kehamilan. Sakit tenggorokan saat hamil, apa yang harus dilakukan? Diterbitkan: 22 Februari 2019 Terakhir Diperbarui: 10 November 2020 Revisi 13 Juni 2019 Waktu Baca: 6 menit

Cara Mengatasi Demam Pada Bayi Super Cepat

Beberapa orang menganggap sakit tenggorokan adalah tanda awal kehamilan. Apakah kamu baik-baik saja? Meski belum ada bukti ilmiah yang membuktikan hal tersebut, perubahan hormon estrogen dan progesteron pasti dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan gejala lain seperti mual dan sakit kepala.

Artinya tenggorokan besar bukan merupakan gejala langsung, melainkan efek dari gejala kehamilan lainnya. Penjelasan ini diperkuat dengan tidak semua ibu hamil mengalami radang tenggorokan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang menderita sakit tenggorokan saat hamil, perlu mengetahui gejala sakit tenggorokan dan cara mengatasinya, apalagi kondisi ibu hamil lebih berbahaya dibandingkan orang normal.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Ibu Hamil Demam

Bagi sebagian ibu, kehamilan itu sendiri membuat kewalahan, terutama jika morning sickness parah. Belum lagi jika ia juga mengalami radang tenggorokan, berikut beberapa gejala radang tenggorokan pada ibu hamil:

Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Ibu Hamil

Nah pertanyaannya sekarang, apakah sakit tenggorokan bisa dicegah saat hamil? Untungnya, Anda bisa, selama Anda tahu penyebabnya. Berikut beberapa penyebab sakit tenggorokan saat hamil:

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri streptokokus umumnya parah dan dapat menular. Gejala radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri ini antara lain:

Meski tidak membahayakan kehamilan, para ibu disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter jika memiliki jenis tenggorokan ini. Karena kondisinya tergolong parah, penyakit ini dapat merusak arteri jantung dan ginjal, namun tenggorokan biasa tidak terlalu parah, cukup diobati dengan pengobatan rumahan.

Selain perlindungan

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Apa saja yang harus dilakukan ibu hamil, apa yang harus dilakukan saat demam, apa yang harus dilakukan saat program hamil, apa yang harus dilakukan ibu hamil 4 bulan, yang harus dilakukan ibu hamil, apa yang harus dilakukan ibu hamil pada trimester pertama, apa yang harus dilakukan ibu hamil 6 bulan, apa yang harus dilakukan ibu hamil muda, ibu hamil demam apa yang harus dilakukan, apa yang harus dilakukan ibu hamil, apa yang harus dilakukan saat hamil muda, apa yang harus dilakukan saat hamil