Apa Yang Harus Dilakukan Saat Beli Laptop Baru

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Beli Laptop Baru – JAKARTA: Kebutuhan laptop untuk bekerja atau menyelesaikan tugas sekolah dan kuliah kini menjadi sangat penting di masa pandemi. Saat kondisi pandemi berlalu, tentunya laptop masih bisa diandalkan untuk bekerja di perangkat mobile dibandingkan PC atau desktop.

Sayangnya, situasi pandemi juga membuat sebagian orang memilih untuk menyimpan dananya. Tak heran jika banyak orang yang mempertimbangkan untuk membeli laptop bekas yang masih bisa digunakan.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Beli Laptop Baru

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Beli Laptop Baru

Telah merangkum beberapa panduan atau tips membeli laptop bekas. Kami berasumsi di sini bahwa Anda setidaknya sudah mengetahui atau familiar dengan fitur-fitur laptop yang Anda inginkan, tetapi ada banyak hal yang harus diperiksa ulang saat membelinya.

Rekomendasi Merk Laptop Terbaik & Harganya (terbaru 2022)

1. Pastikan Anda menghindari penipuan. Jika Anda menemukan iklan laptop bekas secara online, pastikan situs atau platform online tersebut dapat dipercaya. Jangan tergiur dengan harga murah atau foto produk yang bisa saja mencuri foto dari internet atau penjual lain.

Anda juga diharapkan melakukan transaksi tatap muka agar bisa memverifikasi laptop bekas yang akan dibeli, tidak hanya dari gambar dan video. Gunakan internet untuk mencari fitur yang Anda inginkan dan mencocokkannya dengan yang ingin Anda beli, perbedaan nomor seri juga dapat menunjukkan perbedaan atau spesifikasi varian.

2. Cek garansi atau jaminan yang diberikan oleh penjual.

Jika garansi merek laptop tersebut telah habis masa berlakunya, setidaknya Anda bisa mendapatkan jaminan bahwa laptop tersebut bekerja dengan normal selama jangka waktu pemakaian tertentu, seperti seminggu atau sebulan.

Hal Penting Sebelum Membeli Laptop Bekas

3. Periksa Kasing Laptop Meskipun Anda tidak akan memeriksa komponen laptop karena ini dapat membuat garansi berlaku, Anda harus memeriksa detail kasing laptop.

Misalnya apakah ada goresan atau retakan pada kondisi permukaan laptop, apakah baut body masih kuat atau tidak. Anda patut curiga jika bautnya tidak lengkap dan bodinya tidak kencang atau lemah.

4. Periksa kondisi layar Sangat penting untuk memeriksa layar laptop karena jika ada sedikit saja cacat atau kerusakan akan sangat mengganggu dan biaya perbaikannya pun cukup mahal.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Beli Laptop Baru

Anda harus memeriksa bahwa layar tidak hanya menyala, tetapi juga tidak ada kedipan, warna yang terlihat pucat, hingga kecerahan yang tidak biasa. Cara mengeceknya bisa dilakukan dengan memutar beberapa video.

Berapa Lama Waktu Untuk Ngecas Laptop Baru?

5. Cek keyboard dan trackpad Kedua bagian ini tidak kalah pentingnya dengan layar laptop. Anda harus memeriksa status keyboard, apakah masih berfungsi dengan baik, alias atau reaksi untuk setiap tombol dan fungsi, serta trackpad.

6. Periksa port I/O dan drive CD/DVD Jika laptop yang dibeli masih memiliki drive CD/DVD, sebaiknya periksa dengan membakar CD/DVD. Pastikan untuk memeriksa fungsi setiap port, USB, dan tampilan, seperti HDMI atau pembaca kartu.

7. Periksa webcam dan speaker Tidak semua orang membutuhkan webcam, tetapi di masa pandemi ketika semuanya dilakukan secara virtual atau online, fitur ini sangat penting. Pastikan untuk memeriksa fungsi webcam, serta speaker atau mikrofon laptop yang digunakan.

8. Periksa status baterai. Jika Anda kurang paham dengan cara teknis pengetesan aki, maka Anda bisa meminta garansi terlebih dahulu kepada penjualnya. Jadi berdasarkan pemakaian beberapa hari, Anda bisa mengetahui kondisi baterai masih normal atau tidak. Anda juga dapat menemukan informasi di Internet tentang cara memeriksa kesehatan baterai laptop untuk setiap merek. Halo Jampolar! Apa kabar Maaf saya tidak bisa memposting artikel blog. Maklum, Tecno Thumb Admin sedang sibuk di dunia nyata 🙂

Terbaru 10 Merk Laptop Terbaik Yang Bagus, Awet Dan Cepat

Memasuki tahun ajaran baru, TechnoThumb kali ini kita akan membahas tentang perlengkapan-perlengkapan penting untuk sekolah/kuliah seperti komputer atau laptop. Seperti yang kita ketahui komputer/laptop saat ini sudah menjadi perangkat yang sangat diperlukan terutama bagi para pelajar.

Karena IT saat ini ada di dunia pendidikan. Ada banyak aplikasi dari teknologi tersebut. Terlebih lagi, untuk siswa SMP/SMA Anda tentunya harus melek komputer karena ujian akhir sudah menggunakan komputer (baca: UNBK (ujian nasional berbasis komputer)).

Bagi yang belum memiliki atau berencana membeli laptop, bisa membaca artikel blog Tecno Thumb berjudul Tips Membeli Laptop Baru.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Beli Laptop Baru

Jadi jika Anda memiliki laptop baru, apa yang harus Anda lakukan? Apa yang perlu diinstal? Nah pada artikel kali ini Tecno Thumb akan menjelaskan cara mengecek laptop baru, terutama apa yang harus dilakukan setelah membeli laptop baru dari toko.

Cara Lengkap Dan Mudah Instal Ulang Laptop Sendiri

Secara umum, Anda harus (wajib!) mengecek kelengkapan paket laptop yang Anda beli setelah bertransaksi dan sebelum meninggalkan toko. Ini penting dan tidak boleh dilewatkan tentunya. Anda pasti tidak ingin kehilangan atau menghilangkan salah satu bagian penting dari laptop. Sudah bayar uang mahal tapi paket tidak lengkap.

Coba cek kondisi fisik laptop dan pastikan tidak ada yang rusak. Periksa setiap detail bodi laptop. Seharusnya tidak ada bekas goresan, sekrup yang hilang, atau label garansi yang sobek. Jika Anda menemukan kondisi cacat dan masih ada di toko, Anda dapat meminta penukaran dengan produk laptop lain yang kondisinya lebih baik.

Setelah laptop terasa seperti baru, lakukan test nyala pada laptop. Nyalakan laptop dan pastikan dapat menyala normal.

Laptop baru biasanya memiliki sistem operasi seperti Microsoft Windows yang diinstal. Namun, beberapa laptop juga memiliki sistem operasi lain seperti Mac OS, Linux atau bahkan hanya DOS (Disk Operating System). Beberapa bahkan kosong tanpa sistem operasi apa pun. Oleh karena itu, Anda harus menginstal sistem operasi sendiri.

Laptop Upgradable, Pengertian & Cara Melakukannya

Jangan lupa install juga driver hardware laptopnya. Driver ini biasanya disertakan sebagai CD/DVD disc. Beberapa laptop terkadang menyertakan paket driver di hard drive, jadi Anda harus menggunakannya.

Driver sangat penting karena dapat memberikan akses dan fungsi khusus ke komponen perangkat keras. Dengan cara ini, semua komponen dapat digunakan secara optimal.

Setelah sistem operasi diinstal, semua fungsi laptop tentu saja dapat digunakan. Sehingga Anda bisa melihat fitur atau karakteristik dari laptop tersebut secara detail

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Beli Laptop Baru

Jika semua cara di atas sudah selesai dan tidak ada masalah maka laptop sudah siap digunakan. Anda dapat terus menginstal program aplikasi yang diperlukan untuk bekerja dengan laptop seperti aplikasi Office, multimedia (pengeditan/desain), hiburan (permainan, pemutar musik dan video), dll.

Mau Beli Laptop Baru? Ini 7 Kesalahan Yang Perlu Dihindari!

Tujuan utama memperbarui laptop adalah untuk memperbaiki bug dan menambah stabilitas sistem laptop. Pastikan laptop Anda diupdate secara berkala, baik sistem operasi maupun program software yang digunakan. Dalam hal ini, Anda memerlukan koneksi internet untuk mengunduh pembaruan terbaru.

Yang tak kalah pentingnya adalah memperbarui driver perangkat keras dan UEFI/BIOS. Kedua perangkat lunak tersebut diperlukan untuk mengakses dan mengoptimalkan komponen perangkat keras.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan setelah membeli laptop baru. Bahkan jika Anda membeli laptop bekas, Anda juga bisa menerapkan cara di atas untuk mendapatkan laptop dengan kualitas terjamin. Selamat mencoba dan semoga panduan ini bermanfaat…

Apakah Anda memiliki pengalaman atau pemikiran yang berbeda? Tulis melalui kolom komentar di bawah. Coba sesuaikan dengan topik artikel ini. Bagi para pekerja kantoran atau mahasiswa, laptop menjadi kebutuhan pokok, apalagi di era WFH saat ini. Laptop telah menjadi perangkat fitur yang sempurna untuk bekerja, belajar, dan hiburan.

Cara Menggunakan Laptop Untuk Pemula, Sd, Smp, Sma!

Pertimbangkan ukuran laptop baru yang ingin Anda beli. Ukuran layar yang Anda pilih pasti akan mempengaruhi ukuran laptop.

Sebagai gantinya, pilih laptop yang paling cocok untuk Anda. Jika Anda membutuhkan portabilitas tinggi, pilih laptop kecil. Dengan ini Anda bisa

Layar biasanya berkisar dari 12,5 inci hingga 13,3 inci. Berat laptop jenis ini bervariasi mulai dari 1 kg hingga 1,5 kg. Namun, jarang laptop sebesar ini memiliki fitur yang sangat cepat. Anda tidak akan menemukan laptop dengan prosesor Intel Core i7 di perangkat sekecil itu.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Beli Laptop Baru

Suka atau tidak suka, Anda harus menggunakan laptop besar. Pasalnya, dibutuhkan bodi yang lebih tebal untuk menahan bagian yang lebih kuat.

Tips Membeli Laptop Baru

Biasanya, laptop jenis ini memiliki layar berukuran 14 inci hingga 17,3 inci. Bobotnya bisa mencapai 2 kg.

Ini adalah salah satu faktor terpenting untuk dipertimbangkan sebelum membeli laptop baru. Setidaknya ada empat hal yang harus diperhatikan, yakni jenis prosesor, RAM, VGA, dan kapasitas media penyimpanan.

Saat ini, paling banyak bergantung pada prosesor, yaitu Intel dan AMD. Keduanya memiliki varian produk prosesor yang berbeda dengan harga mulai dari 10 lakh hingga Rs.

RAM juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi performa laptop. Semakin besar RAM, semakin baik kinerja laptop

Bisa Beli Laptop Dengan Kjmu Kjp Di Bhinneka Dengan Mudah

Terakhir adalah kapasitas media penyimpanan. Tentu saja, semakin besar kapasitas media penyimpanan, semakin banyak pula file yang dapat disimpan. Namun, Anda masih bisa mengalahkan laptop dengan kapasitas penyimpanan lebih sedikit dengan membelinya

Seiring kemajuan teknologi, laptop pun memiliki berbagai inovasi terutama dari segi desain. Jika dulu laptop tebal, kini kamu bisa menemukan yang super tipis. Jika layar pertama dan

Nyatanya, desain futuristik mengabaikan manusia. Namun yang benar-benar perlu diperhatikan adalah keawetannya, terutama pada engselnya. Apakah desainnya kuat dan tahan lama?

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Beli Laptop Baru

Jenis IPS (In-Plane Switching) dengan ketajaman dan akurasi warna yang tinggi, serta sudut pandang yang lebar. Satu hal yang tidak bisa dipungkiri, laptop mahal pasti memiliki kualitas layar yang lebih baik.

Perhatikan Sejumlah Hal Penting Saat Membeli Laptop Baru

Pada saat seperti itu, kebutuhan akan WiFi jelas merupakan kuncinya. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk mencari laptop dengan konektivitas lengkap. Selain dilengkapi dengan koneksi WiFi, setidaknya pilihlah

Yang memiliki tiga port USB. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah port tambahan lainnya seperti LAN dan HDMI/VGA.

Namun, secara bertahap, beberapa konektivitas yang benar-benar diperlukan mulai menghilang karena desain laptop menjadi semakin tipis. Banyak pabrikan yang mulai membuat model laptop

, tetapi dilengkapi dengan USB Type-C, yang mendukung kecepatan pertukaran data hingga 40Gbps (bila mendukung Thunderbolt 3). Solusi, Anda masih bisa menggunakan

Cara Memilih Laptop Yang Baik Untuk Mahasiswa

Selain kelima hal di atas, Anda juga perlu mewaspadai masalah garansi, fitur pendukung tambahan, keamanan dan yang terpenting.

Masih belum siap untuk membeli laptop baru? Jangan khawatir, Anda bisa mengajukan pembiayaan laptop baru melalui PT Bussan Auto Finance (BAF).

Bukan kamu

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Beli Laptop Baru

Apa yang harus dilakukan saat membeli laptop baru, apa yang harus dilakukan saat program hamil, apa yang harus dilakukan dengan laptop baru, apa yang harus dilakukan pada laptop baru, apa yang harus dilakukan untuk laptop baru, laptop baru apa yang harus dilakukan, apa yang harus dilakukan saat asam lambung naik, apa yang harus dilakukan saat hamil, beli laptop baru apa yang harus dilakukan, apa yang harus dilakukan saat hamil muda, apa yang harus dilakukan saat susah bab, apa yang harus dilakukan saat asam lambung naik ke dada