Meta Deskripsi: Ketika kamu ingin membuka rekening baru. Perhatikan beberapa jenis tabungan yang ada di Indonesia untuk memperoleh bunga tabungan untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Menabung sudah diajarkan oleh orang tua kepada anak sejak mereka kecil. Tabungan merupakan dana yang disimpan untuk menyiapkan keperluan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, tabungan menjadi prioritas bagi sebagian besar orang.

Dulu mayoritas orang menabung uangnya di celengan, menaruhnya di bawah bantal atau meletakkannya di bawah tumpukan baju di dalam lemari. Hal ini berbeda jauh dengan masa sekarang. Sebab, sebagian besar orang lebih suka menabung di bank.

Hal ini tidak lain karena ada berbagai layanan yang bank tawarkan untuk mempermudah transaksi menggunakan tabungan tersebut dan juga uang yang kamu tabungkan akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia

Ketika kamu ingin menabung di bank, mengetahui berbagai penawaran yang diberikan bank akan membuat tujuan keuanganmu berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan menabung di salah satu bank. Ketahui terlebih dahulu beberapa jenis tabungan yang ada di Indonesia.

1. Tabungan Konvensional

Tabungan konvensional adalah jenis tabungan yang paling umum dan sering digunakan masyarakat. Fasilitas yang diberikan bank umumnya hanya buku rekening dan kartu ATM. Dengan adanya kartu ATM tersebut kamu bisa melakukan tarik tunai kapan saja dan dimana saja melalui mesin ATM.

Selain itu, kamu juga akan memperoleh keuntungan dari bunga tabungan yang berada di kisaran 0,5 hingga 2 persen tiap tahun. Namun, kamu juga akan dikenakan biaya administrasi tiap bulannya.

2. Tabungan Berjangka dan Deposito

Tabungan berjangka umumnya akan dipilih ketika orang tua ingin mempersiapkan dana pendidikan anak atau kebutuhan penting lainnya di masa yang akan datang. Seperti halnya deposito, tabungan berjangka baru bisa kamu ambil ketika masa jatuh tempo yang telah disepakati kedua belah pihak berakhir.

Tabungan berjangka umumnya mempunyai suku buka yang lebih besar dibandingkan dengan tabungan konvensional. Ha ini karena bank akan melakukan auto debit pada rekening yang kamu buat. Kisaran bunga yang akan kamu dapatkan dari tabungan berjangka sebesar 4 hingga 5,5 persen tiap tahunnya. Tentunya untuk menerima keuntungan itu ada syarat minimal setoran yang harus kamu penuhi.

Bagi kau yang berminat menggunakan produk deposito, kamu akan mendapatkan bunga di kisaran 3 hingga 7 persen. Namun uang yang harus kamu setorkan akan jauh lebih besar dari tabungan berjangka. Dengan bunga yang cukup besar, kamu bisa memanfaatkan deposito sebagai aplikasi investasi terbaik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

3. Tabungan Haji

Seperti namanya, jenis tabungan ini memang diperuntukkan untuk persiapan dana keberangkatan ibadah haji dan umroh. Dengan membuka tabungan haji, kamu akan otomatis mendapatkan kuota untuk menjalankan ibadah umroh.

Sekedar informasi, biaya yang diperlukan untuk mencukupi persiapan keberangkatan ibadah haji dan umroh ini berbeda-beda tiap tahunnya. Perbedaan ini didasarkan pada kebijakan yang dikeluarkan oleh Departemen Agama.

Selain itu, besaran tabungan yang harus kamu setorkan tiap bulannya bisa kamu atur sendiri. Namun, semakin cepat kamu memenuhi ongkos keberangkatan haji, semakin cepat juga kamu akan berangkat ke tanah suci Mekah.

4. Tabungan Bisnis

Tabungan jenis ini memang dikhususkan untuk membiayai bisnis yang kamu jalankan. Maka tidak ayal jika suku bunga tabungan yang diberikan cukup tinggi. Selain itu, jumlah uang yang bisa kamu transferkan juga lebih besar dibandingkan tabungan jenis lainya.

Akan tetapi tabungan jenis ini mempunyai berbagai persyaratan, seperti setoran awal yang lebih besar dan juga minimum setoran tiap bulannya juga sangat besar juga. Namun, mengingat suku bunga yang tinggi, tabungan jenis ini akan sangat berguna untuk mengembangkan bisnis yang sudah kamu jalankan.

Setelah mengetahui beberapa jenis tabungan yang ada di Indonesia. Rekomendasi terbaik yang bisa kamu pilih adalah menabung di program tabungan Maxi yang ditawarkan oleh DBS Indonesia. Hal ini karena tabungan Maxi menawarkan suku bunga tabungan hingga 3 persen.

Keunggulan Buka Rekening di digibank by DBS

Buat kamu yang ingin membuka rekening di bank DBS Indonesia. Berikut ini beberapa keunggulan yang akan membuatmu yakin memilih digibank by DBS.

1. Buka Rekening Online

Umumnya saat ingin membuka rekening baru, kamu harus datang ke kantor cabang bank yang ada di kota tempatmu tinggal. Namun DBS Indonesia menawarkan kemudahan untuk buka tabungan online. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi ikut antrian panjang dan mengisi dokumen yang banyak.

2. e-KTP dan Sidik Jari untuk Verifikasi

Selain bisa buka tabungan online, proses verifikasi yang diperlukan juga tidak ribet. Kamu hanya perlu menggunakan e-KTP dan sidik jari untuk melakukan proses verifikasi.

3. Gratis Biaya Transfer dan Tarik Tunai

Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa melakukan transfer ke rekening apapun tanpa adanya biaya administrasi tambahan. Selain itu, tarik tunai yang kamu lakukan di ATM DBS Indonesia tidak akan dikenakan potongan biaya administrasi.

Itu dia keunggulan yang ditawarkan digibank by DBS untuk nasabahnya yang ingin buka rekening baru secara online. Jika kamu ingin mengikuti program tabungan Maxi untuk menerima suku bunga tabungan hingga 3 persen, kamu harus menjadi nasabah DBS Indonesia terlebih dahulu.