Awas Ada OTT DLH di CFD Jakarta Pusat

  • Whatsapp
Petugas kebersihan dari Suku Dinas Lingkungan Hidup memantau kebersihan disektar area Carr Free Day (CFD) di Jalan MH. Thamrin samping gedung ESDM, Jakarta Pusat, Minggu (10/11).

KORANSIDAK.CO.ID, Jakarta – Untuk mengurangi sampah di DKI Jakarta, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bukan hanya melakukan pembersihan dan angkut sampah lalu dibuang ke tempat pembuangan sampah akhir.

Tapi juga melakukan penegakan hukum bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan melalui kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT) sesuai dengan Perda No.3 Tahun 2013 Pasal 130 Ayat 1 Tentang Pengelolaan Sampah.

Operasi yang dilakukan bersamaan dengan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau Carr Free Day di Jalan MH. Thamrin samping gedung ESDM, Jakarta Pusat, Minggu (10/11).

Andri Setiawan salah satu petugas dari Satuan Pelaksana Kecamatan Clincing mengatakan bahwa kegiatan OTT tersebut di jadwal dan berjalan setiap hari minggu.

“Di jadwal sih, berjalan setiap minggu kebetulan hari minggu ini jadwal Sudin Lingkungan Hidup  Jakarta Utara, dari pengawas-pengawas dan penegak hukum dari sudin dan kecamatan cilincing,” ungkapnya.

Suku Dinas (Sudin) Jakarta Utara sendiri mengerahkan 35 orang petugas dalam kegiatan tersebut dari seksi Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Dampak Lingkungan Hidup termasuk juga satuan pelaksana.

Untuk menegakan hukum, Dinas Lingkungan Hidup memiliki pengawas penegak hukum (PPH) dan penegak hukum (PH), termasuk polisi khusus (Polsus).

Jumlah pelanggar pun tidak menentu hal itu dikatakan Andri yang sering mendapatkan tugas untuk bertugas dalam OTT bersama dengan yang lainnya.

“Ga tentu sih berapa orangnya, yang intinya terdiri dari PNS terus PPH itu terus dari PJLP. PJLP yang beroperasi nangkepin orang-orang yang buang sampah sembarangan di kawasan carr free day lalu di bawa ke posko dikasih penyuluhan dari pihak penegak hukum terus denda minimal 100 ribu maksimal 500 ribu dari pelanggaran tersebut. Terus dana itu masuk ke retribusi,” jelasnya.

Baca Juga:  Satlantas Polres Cirebon Kota Sambut Hangat Peserta Sunatan Massal Ceria 2019

Sebagai petugas Andri berharap dengan adanya OTT yang dilakukan pihaknya, masyarakat bisa lebih tertib lagi dan tidak membuang sampah disembarang tempat.

“Kita harus menjaga lingkungan kita dari sampah-sampah yang mengotori kawasan kita. Ya enak aja kan kalo liat lingkungan sekitar kita bersih tanpa ada sampah yang mengotorinya. Jadi perlu kesadaran buat kita semua jangan buang sampah sembarangan,” harap Andri. (tdr)

Pos terkait