Semarak Akbar ‘Manunggal Ing Kaula Gusti’ Padati Kampus FUAD IAIN Cirebon

  • Whatsapp
Mahasiswa FUAD IAIN SNJ Cirebon padati halaman kampus menghadiri semarak akbar 'Manunggal Ing Kaula Gusti'. (Foto: Nurudin)

KORANSIDAK.CO.ID, Cirebon – Ribuan mahasiswa IAIN SNJ Cirebon, malam Sabtu, (1/11), padati halaman kampus FUAD IAIN SNJ Cirebon. Mereka datang untuk menghadiri semarak akbar ‘Manunggal Ing Kaula Gusti’ dengan mendatangkan KH Buya Syakur dari Ponpes Cadangpinggan, Kabupaten Indramayu serta budayawan nasional, Zastrow Alngatawi dan tokoh terkenal lainnya.

Acara yang dibuka pukul 20.00 WIB, oleh Dr Anwar Sanusi MPd, Wakil Dekan III, Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN SNJ Cirebon, menandai dimulainya kegiatan yang ditunggu-tunggu ribuan mahasiswa untuk mendengarkan tausiyah Buya Syakur.

Muat Lebih

Namun sebelum itu, mahasiswa disuguhkan sejumlah penampilan tarian dan budaya. Termasuk aneka kreasi mahasiswa lainnya yang penampilannya sangat memukau pentonton.

Riuh tepuk tangan terus menggema, apalagi saat musik tradisional dimainkan lewat tangan-tangan mahasiswa, membuat suasana budaya serasa hidup kampus IAIN Cirebon.

Tak lama kemudian, Zastrow Al ngatawi budayawan nasional, mulai mengangkat microffon, satu persatu kata-katanya mulai menjadi kalimat dan meluncur dari mulutnya mengangkat sejarah dan peradaban manusia.

“Banyak yang dikupas, dan mengingatkan kita pada kehidupan perjalanan sejarah Cirebon. Kupasan yang dalam ini tentu menambah khazanah wawasan kepada kita sebagai bentuk mengingatkan kepada kaula muda agar tidak melupakan sejarah,” kata Andi, mahasiswa yang sejak sore sudah mengambil tempat di depan agar bisa mendengar langsung tausiyah sejarah oleh Zastrow dan budaya oleh Dr Farihin MAg.

Usai kupasan dua tokoh budayawan dan akadenisi ini, kemudian ribuan telinga mahasiswa mulai kosentrasi kembali mendengarkan tausyiah agama yang dibawakan oleh Buya Syakur. (din)

Pos terkait