Guru Bahasa Indonesia MTs Se-Kota Cirebon Ikuti Pelatihan Penyusunan RPP Berorientasi HOTS di IAIN

  • Whatsapp
Pelatihan Penyusunan RPP Berorientasi HOTS

KORANSIDAK.CO.ID, Cirebon – Upaya memantapkan langkah guru dalam mengajar di dalam kelas, Tadris Bahasa Indonesia, FITK IAIN SNJ Cirebon mengundang 25 guru Bahasa Indonesia dari MTs Se-Kota Cirebon pada kegiatan pelatihan penyusunan RPP berorientasi HOTS di ruang rektorat lantai 2, IAIN SNJ Cirebon, Jum’at (01/11)

Sebelum acara resmi dibuka, Dekan FITK IAIN SNJ Cirebon, Dr H Farihin Nur MPd, menjelaskan, dalam studi kasus di lapangan, masih adanya seorang guru yang tidak menyiapkan RPP dalam mengajar, bahkan mereka lebih mengedepankan hafalan di luar kepala.

Muat Lebih

Maka pelatihan penyusunan RPP berorientasi HOTS bagi guru Bahasa Indonesia ini menjadi penting agar tujuan pendidikan tercapai.

“Konsep guru mengajar bukan sebatas learning to know, tetapi bagaimana guru bisa membuat siswa menjalankan dari apa yang diketahuinya. Jadi bukan sebatas knowing tetapi juga doing dan being (melakukan dan menjadi) inilah konsep Hots,” kata Farihin.

Farihin juga menjelaskan bahwa RPP adalah modalitas utama bagi seorang guru dan guru tidak boleh berdiri di kelas tanpa RPP.

“Paradigma harus berubah dan tidak semata mata karena anak sudah tahu, jadi saat ini kita mengajar itu tidak berkutat pada aspek learning to now, dan ciri Hots ini adalah berfikir kritis. Maka diharapkan dari hasil-hasil kegiatan pelatihan penyusunan RPP yang berorientasi HOTS bagi guru bahasa Indonesia ini, nantinya bisa juga disampaikan ke guru-guru yang lainnya,” harap Farihin.

Sementara itu, Ketua Jurusan Bahasa Indonesia, Dra Tati Sri Uswati MPd menjelaskan jika kegiatan ini digelar selama dua hari.

Di hari pertama ini pelatihan difokuskan pada penguatan konsep dan teori terkait RPP dan di hari kedua ke praktik penyusunan RPP.

“Pelatihan ini diisi oleh dua narasumber akademisi dari Jurusan Bahasa Indonesia yakni Dr Ema Huzaemah MPd dan Dr Indriya Mulyaningsih MPd,” jelasnya. (din)

Pos terkait