Soal DD, Inspektorat Kab Bekasi Periksa Desa di Babelan

  • Whatsapp
Asep Edwin

KORANSIDAK.CO.ID, Bekasi – Tim Inspektorat Kabupaten Bekasi saat ini sedang melakukan pemeriksaan reguler anggaran yang diterima desa. Pemeriksaan yang dilakukan terkait dana pembangunan desa yang bersumber dari dana desa atau anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBN) tahun anggaran 2019.

“Beberapa hari ini Inspektorat Kabupaten Bekasi memeriksa kelengkapan administrasi di tujuh desa di Kecamatan Babelan,” beber Asep Edwin, Kasi Pemerintahan Kecamatan Babelan, Jumat (25/10).

Muat Lebih

Pemeriksaan yang dilakukan Inspektorat di wilayah babelan akan dilakukan selama 12 hari, dimulai sejak 23 Oktober 2019.

Pemeriksaaan kelengkapan administrasi yang dilakukan Tim Inspektorat, menurut Edwin, meliputi, SK pengangkatan Kepala Desa hingga pegawai desa, aturan yang dikeluarkan desa di antaranya RPJMDes, APBDes, RKPDes dan laporan pertanggungjawaban realisasi APBDes.

Sedangkan kata dia, pemeriksaan fisik dijadwalkan Selasa (29/10) yang meliputi cek fisik sejumlah pembangunan infrastruktur desa, pembelian kendaraan operasional desa sekaligus mengecek kelengkapan dan keabsahannya.

Dia berharap, agar desa-desa lebih memahami tanggungjawab selaku aparat desa, sehingga menghasilkan pelayanan yang transparan dan lebih baik lagi.

Dengan demikian, tambah Edwin, seluruh masyarakat desa bisa mengetahui penggunaan anggaran desa yang telah digunakan oleh pihak desa. (lee)

Pos terkait