Penderita Diabetes, Ini Olahraga yang Diajurkan

  • Whatsapp
Senam diabetes (ist)

KORANSIDAK.CO.ID – Penderita diabetes diyakini harus sering melakukan aktivitas fisik untuk menjaga gula darah. Aktivitas fisik itu salah satunya bisa dilakukan dengan olahraga.

Sebab, penderita diabetes tipe 2 dinilai bisa mengalami obesitas sehingga harus terus menjaga berat badannya.

Jumlah penderita diabetes memang terus meningkat setiap tahunnya di dunia. IDF memproyeksi akan ada peningkatan jumlah penderita diabetes di dunia dari 415 juta orang pada 2015 menjadi 642 juta orang pada 2040 di dunia.

Diabetes menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia selain HIV/AIDS, TBC atapun malaria.

Meski bukan termasuk dalam penyakit menular seperti TBC tetapi penyakit ini telah menyebabkan 5 juta orang meninggal pada 2015.

Mereka yang menderita diabetes juga akan rentan terserang penyakit jantung, stroke, gangguan pada penglihatan, gagal ginjal dan amputasi bagian tubuh bawah.

Berikut berapa jenis olahraga untuk penderita diabetes seperti dilansir dari laman Kementerian Kesehatan:

1. Berenang

Bagi penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2, olahraga renang merupakan kegiatan yang tepat. Sebab, aktivitas renang dinilai bisa membakar 350-420 kalori setiap jamnya. Selain itu, kegiatan berenang mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

2. Hiking

Bagi penderita diabetes tipe 2, olahraga hiking adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Sebab, saat hiking sejauh 3 km/jam, seseorang dengan berat badan 68 kg akan membakar 240 kalori per jam.

3. Yoga

Yoga disebut lebih cocok untuk penderita diabetes tipe 2. Latihan Yoga secara teratur bisa meningkatkan sistem pencernaan, meningkatkan fungsi endokrin dan neurologis organ dan menjaga kekebalan tubuh. (***)

Pos terkait