E-SMS IAIN SNJ Cirebon Terbaik ke 5 Nasional

  • Whatsapp
Wilda Farah

KORANSIDAK.CO.ID, Cirebon – Kabar gembira datang dari kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Di mana hasil penilaian Elektronik Sistem Manajemen Strategis (E-SMS), IAIN SNJ Cirebon menempati urutan ke 5 dari 34 perguruan tinggi se-Indonesia.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Wilda Farah SE MSi CPA CA, Pelatih E-SMS dari Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), Selasa (22/10).

Muat Lebih

Wilda menjelaskan, E-SMS adalah program standarisasi pengelolaan manajemen strategis di seluruh PTKAIN dan menjadi salah satu program terobosan Direktorat PTKI untuk melakukan perangkingan 58 kampus di bawah naungan Kementerian Agama.

“Ya, dari 58 kampus tersebut diantaranya, 34 Institut Agama Islam Negeri (IAIN), 17 Universitas Islam Negeri (UIN),  dan 7 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN),” jelasnya kepada koransidak.co.id.

Terkait indikator pemeringkatan ini, kata Wilda, itu berdasarkan 544 pertanyaan yang diajukan kepada PTKIN, termasuk di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dari 544 pertanyaan ini dibagi menjadi 4 klasifikasi. Pertama, good university governance (GUG) terkait tata kelola perguruan tinggi yang baik. Kedua,university performance improvement (UPI) terkait performa, kinerja dan pengembangan perguruan tinggi.

Ketiga, competitive advantages university (CAU) terkait daya saing perguruan tinggi. Kemudian, keempat, global recognition university (GRU) yakni pengakuat terhadap perguruan tinggi baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.

“Dari 34 IAIN di Indonesia, hasil penilaian tahun 2018, IAIN Syekh Nurjati Cirebon menepati urutan ke 5, dan penilaian pada tahun 2019 ini hasilnya akan diumumkan pada 2020,” kata Wilda.

Standarisasi ini diharapkan bisa membawa kampus di bawah naungan Kementerian Agama masuk jajaran 500 perguruan tinggi di dunia. Mudah-mudahan IAIN SNJ Cirebon bisa menempati rangking 1. (din)

Pos terkait