Tahun 2020 menjadi awal mula BUMN berupaya membantu UMKM melek digital yaitu dengan hadirnya Platform inisiasi Kementerian BUMN dan BUMN lainnya yang bernama Pasar Digital UMKM. Semenjak peluncurannya dengan topik pengadaan barang dan jasa BUMN serta jual barang dan jasa BUMN menjadi tombak kebahagiaan UMKM yang sangat antusias untuk bergabung di dalamnya.

Mengenal lebih jauh mengenai PaDi UMKM, upaya mereka untuk lebih dekat dengan UMKM begitu disambut baik oleh para pelaku usaha. Kemunculan Media sosial mereka menjadi salah satu kebahagiaan para pelaku usaha UMKM untuk bertanya secara detail seputar cara mendaftar, cara memasukkan produk serta poin-poin keuntungan yang akan di dapatkan saat bergabung.

Username Media Sosial Instagram, Facebook serta Twitter platform digital ini diberi nama @padiumkm yang memiliki 2.800an pengikut di dalamnya. Semenjak media sosial milik PaDi UMKM ini hadir, antusias UMKM untuk bertanya seputar PaDi UMKM begitu ramai mengisi kolom komentar serta pesan pribadi mereka, berikut penuturan tim PaDi UMKM saat sesi tanya jawab berlangsung.

Platform digital ini berupaya untuk menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan bahkan keluhan yang dirasakan oleh para pelaku usaha dengan cepat dan tanggap. Menurut tim PaDi UMKM, seputar pendaftaran menjadi topik terhangat yang mengisi media sosial mereka, karena begitu banyak pelaku usaha UMKM tersebut yang masih meraba platform digital ini sehingga tuntunan yang mengiringi setiap proses pendaftaran mereka dilakukan dengan lengkap dari mulai hal terkecil untuk dijelaskan agar tidak adanya perbedaan komunikasi saat program ini hadir untuk membantu mereka berdagang secara online.

Dilansir dari Media Sosial PaDi UMKM (10/12/20), postingan seputar pendaftaran masih terus mengisi beranda mereka, pengguna bar uterus berdatangan untuk bergabung pada platform digital yang memiliki bidang usaha pengadaan barang dan jasa BUMN ini. Keuntungan saat bergabung dengan Pasar Digital ini sangat menarik antusias pengunjung yang juga pelaku usaha UMKM ini untuk segera mendaftar dan menjaring hubungan lebih dekat dengan pasar BUMN.

Kementerian BUMN berharap, Platform digital ini akan siap siaga membantu dan mendorong pelaku usaha UMKM agar terus percaya diri menjajakan produk mereka secara online dan siap untuk menguasi pasar Indonesia demi kemajuan ekonomi Indonesia dari segi lokal maupun internasional. BUMN diharapkan terus berbelanja di platform digital ini demi upaya untuk membantu perekonomian Para pelaku usaha yang telah mendaftar agar mampu bertahan terutama saat pandemi ini hadir ditengah-tengah masyarakat Indonesia.