Asuransi jiwa merupakan produk perlindungan yang dimiliki oleh banyak orang. Perlindungan ini akan bisa dimanfaatkan untuk banyak hal seperti mempersiapkan dana pensiun, sebagai jaminan dana pendidikan anak, modal usaha, perawatan kesehatan, dan banyak hal lainnya. Keuntungan tersebut bisa didapatkan dengan memilih produk dan jenis asuransi yang tepat. Karena ada beberapa jenis asuransi perlindungan jiwa yang bisa dipilih oleh masyarakat dengan manfaat dan keuntungan yang berbeda. Adapun untuk mengenal lebih lanjut mengenai jenis dan keuntungan yang ditawarkan, akan dijelaskan lebih lanjut seperti di bawah ini:

1. Asuransi perlindungan jiwa berjangka

Jenis pertama yang dapat dipilih adalah asuransi yang memberikan perlindungan jiwa berjangka atau term life insurance. Jenis ini menawarkan manfaat dalam masa tertentu dan tidak mengikat. Sehingga untuk keuntungannya adalah akan bisa mendapatkan produk yang tidak mengikat. Karena perlindungan yang ditawarkan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Anda baru bisa mendapatkan manfaat produk ini apabila tertanggung meninggal dunia di masa perlindungan. Apabila memilih produk ini Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat yang ditawarkan. Seperti dari uang pertanggungan yang besar hingga miliaran, premi lebih terjangkau, dan mempunyai banyak pilihan. Sehingga hal tersebut akan memudahkan Anda mendapatkan produk terbaik.

2. Asuransi perlindungan jiwa seumur hidup

Jenis asuransi jiwa selanjutnya yang dapat dipilih adalah asuransi perlindungan hingga seumur hidup atau whole life insurance. Jenis ini akan bisa melindungi hingga seumur hidup atau dalam waktu lama. Sehingga untuk waktu perlindungan juga lebih lama dibandingkan jenis sebelumnya yang membuat asuransi ini lebih mengikat. Asuransi ini mempunyai dua karakter yaitu akan memberikan pertanggungan seumur hidup dan bisa dimanfaatkan untuk tabungan. Sehingga jenis ini juga bisa dimanfaatkan untuk asuransi jangka panjang. Untuk kekurangan dari produk ini adalah mempunyai perlindungan dalam jangka panjang hingga seumur hidup, sehingga membuat premi yang dibayarkan lebih mahal.

3. Asuransi perlindungan jiwa dwiguna

Jenis selanjutnya adalah asuransi perlindungan dwiguna yang menawarkan manfaat ganda. Anda bisa memilih produk ini yang akan memberikan manfaat apabila tertanggung meninggal ataupun waktu perlindungan sudah selesai. Sehingga apabila memilih produk ini tidak akan kehilangan premi apabila tidak terjadi resiko perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi. Jenis ini mempunyai beberapa karakter yang dipunyai. Mulai dari mempunyai polis asuransi dengan tanggal jatuh tempo yang harus dibayarkan sesuai dengan ketentuan.

4. Asuransi unit link

Jenis terakhir yang dapat dipilih adalah asuransi perlindungan jiwa unit link. Jenis ini tidak hanya akan bisa memberikan perlindungan seperti asuransi lainnya, tetapi juga akan memberikan manfaat keuntungan investasi. Oleh karena itulah bagi yang ingin mendapatkan keuntungan investasi bisa untuk memilih jenis asuransi unit link. Akan tetapi jenis ini juga mempunyai kekurangan dengan premi yang lebih besar. Asuransi ini juga memberikan uang perlindungan yang tidak terlalu besar dibandingkan jenis lainnya. Karena manfaat yang ditawarkan tidak hanya fokus pada perlindungan saja, tetapi juga keuntungan investasi.

Apabila akan memilih asuransi perlindungan jiwa maka bisa memperhatikan berbagai manfaat yang dipunyai dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya saja bagi yang menginginkan asuransi dengan uang pertanggungan tinggi bisa memilih asuransi berjangka atau asuransi jiwa murni. Flexi Life yang merupakan asuransi yang bisa didapatkan dari I Love Life Astra menawarkan perlindungan tahunan dengan UP hingga 5 miliar rupiah. Sehingga hal tersebut akan bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dan menjamin biaya hidup keluarga untuk sementara waktu.