Lambung pada dasarnya adalah organ tubuh yang memiliki peran yang penting dalam mencerna makanan, karena semua jenis makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh pertama kali pasti akan dialirkan kesini, dipecah menjadi zat-zat yang sebagian akan diserap oleh tubuh, sedangkan sebagian lagi akan dibuang lewat usus.

Namun tak jarang juga beberapa kondisi menyebabkan lambung bermasalah. Bahkan mungkin Anda sendiri juga sering kali mengalami rasa nyeri lambung. Yaitu rasa sakit yang ada di bagian tengah atas perut, tak jarang juga diiringi dengan mual dan perut kembung.

Rasa sakit yang satu ini tak jarang juga akan menyebar hingga ke bagian tubuh yang lainnya, apalagi jika faktor penyebabnya sendiri juga sudah cukup parah.

Untuk itulah mengapa tidak dapat disepelekan, jika seandainya Anda mengalami rasa nyeri yang berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh meskipun sudah mengonsumsi obat-obatan, maka penting untuk segera periksa ke dokter untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.

Guna mengetahui faktor penyebab munculnya rasa nyeri lambung tersebut dan juga penanganannya secara tepat.

Karena ternyata memang ada banyak sekali faktor yang menyebabkan rasa nyeri atau sakit pada lambung tersebut, berikut ini diantaranya, yaitu:

1.Tukak lambung, ini adalah kondisi kesehatan yang kerap kali dialami oleh masyarakat, dimana ada luka terbuka pada lapisan dinding lambung maupun sebagian kecil yang ada pada usus. Hal ini umumnya dapat terjadi karena cairan asam yang diproduksi oleh lambung tersebut melukai permukaan yang ada pada lambung, sehingga membuatnya terasa perih atau nyeri. Bahkan tak jarang luka tersebut akan terasa sangat menyakitkan hingga keluar darah. Umumnya rasa nyeri tersebut juga dapat hilang dan muncul kembali.

2.Sindrome iritasi usus, kondisi yang kedua adalah irritable bowel syndrome atau yang lebih dikenal sebagai sindrom iritasi usus. Rasa sakit yang dialami biasanya pada bagian ulu hati atau lambung, begitu juga disertai dengan gejala yang lainnya yaitu kram di area perut, buang gas berlebihan, perut kembung sampai dengan perubahan frekuensi ketika buang air besar. Hal ini sangat mungkin terjadi karena memang dinding usus yang dilapisi oleh lapisan otot tersebut terus bergerak lebih kuat dan juga lama dibandingkan dengan biasanya. Untuk penyebab pastinya juga belum jelas, namun masalah kesehatan yang satu ini banyak menimpa orang-orang di bawah usia 45 tahun.

3.Pankreatitis, peradangan yang terjadi pada bagian pankreas ini bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, bahkan juga tak sekedar perut melainkan hingga punggung hingga membuat penderitanya mengalami muntah. Penyakit ini jika sudah sangat kronis akan menyebabkan terjadinya penurunan berat badan pada penderitanya.

4.Kanker lambung, penyakit serius yang nyatanya juga wajib untuk diwaspadai, penyakit ini disebabkan oleh terbentuknya sel-sel ganas di bagian lambung. Penyakit tersebut rentan menyerang siapa saja dengan gaya hidup yang tidak sehat, termasuk diantaranya adalah pria di atas 55 tahun dan juga perokok. Selain rasa nyeri lambung, maka penderitanya juga tidak akan mampu untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah atau porsi besar. Rasa mual dan muntah akan menyertai ditambah dengan berat badan yang turun secara drastis.

Jadi jangan meremehkan gejala nyeri yang terjadi pada bagian lambung Anda, karena bisa jadi merupakan pertanda penyakit serius. Jika tak kunjung reda setelah mengonsumsi obat-obatan, bahkan muncul gejala lain yang lebih serius, maka segera bawa ke dokter.