Salah satu cara mengatasi insomnia yang dapat dilakukan adalah dengan mempunyai jam tidur yang teratur. Pastikan juga Anda mempunyai jam tidur yang berkualitas yaitu jam 12 hingga jam 2 sudah dalam keadaan terlelap, sehingga akan dapat mempunyai tidur yang nyenyak. Untuk membantu mempunyai pola tidur yang berkualitas tersebut, Anda bisa memulai melakukan kebiasaan yang baik sebelum tidur. Hal ini akan dapat membantu menciptakan kebiasaan yang dapat membuat lebih mudah dan cepat terlelap. Seperti kebiasaan baik yang dapat dipilih untuk mempunyai pola tidur yang berkualitas adalah:

1. Mandi

Kebiasaan pertama adalah mandi sebelum tidur yang ampuh untuk beberapa orang. Anda bisa mandi dengan air hangat sebelum tidur, dan biasanya dilakukan setelah pulang dari kantor atau beraktivitas di luar. Mandi menggunakan air hangat dapat untuk berpengaruh untuk dapat membuat tidur cepat dan juga lebih berkualitas. Karena suhu tubuh juga akan berpengaruh pada kualitas tidur yang dipunyai. Mandi menggunakan air hangat mempunyai efek powering down yang membuat otot menjadi lebih rileks. Sehingga tentunya hal tersebut akan membantu Anda untuk mudah tertidur lebih cepat karena merasa tenang dan nyaman setelah mandi dengan air hangat.

2. Matikan gadget

Banyak orang yang sulit tidur dan mengalami insomnia karena terlalu banyak scrolling di gadgetnya. Sehingga cara mengatasinya yang perlu dilakukan untuk menciptakan pola jam tidur yang berkualitas adalah dengan mematikan gadget sebelum tidur. Cahaya dari gadget dapat untuk mengurangi jumlah melatonin yang merupakan hormon untuk membuat lebih mudah tertidur. Sehingga tanpa disadari bermain gadget juga akan membuat susah tidur. Oleh karena itulah, pastikan untuk mematikan gadget sebelum tidur agar dapat membantu memperbaiki kualitas tidur menjadi lebih baik dan terhindar dari insomnia. Usahakan untuk mengatur waktu tidur dengan mempunyai alarm untuk mengingatkan apabila sudah jam waktu untuk tidur, sehingga bisa mematikan gadget.

3. Menulis dan membaca

Kebiasaan yang bagus sebagai cara mengatasi insomnia selanjutnya adalah dapat untuk menulis dan membaca. Menulis dapat membantu untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks. Sehingga hal tersebut juga akan dapat menciptakan rasa kantuk dan bisa tidur di jam yang bagus untuk menghindari insomnia. Begitu juga dengan membaca yang juga baik dilakukan sebagai kebiasaan untuk mengatasi insomnia. Anda bisa menulis jurnal atau diary dan juga membaca beberapa halaman buku yang membantu untuk menciptakan rasa kantuk dan lebih mudah terlelap.

4. Meditasi

Kebiasaan yang juga bagus untuk menciptakan kantuk dan memperbaiki jam tidur sehingga mempunyai pola tidur yang baik adalah meditasi. Anda dapat untuk melakukan meditasi sebelum tidur yang dapat membantu menenangkan pikiran dan merasa lebih rileks. Untuk membantu hasil meditasi lebih maksimal, Anda juga bisa memasang aromaterapi, meredupkan lampu kamar, dan memejamkan mata sehingga dapat lebih mudah tidur. Meditasi juga akan membantu untuk menghilangkan sakit kepala dan stress yang dirasakan. Sehingga dapat membuat kualitas tidur lebih baik.

5. Minum air putih

Cara mengatasi insomnia terakhir adalah dengan mempunyai kebiasaan minum air putih. Air putih dapat membuat terhindar dari dehidrasi dan baik untuk kesehatan kulit saat tidur. Selain air putih, Anda juga bisa memilih minuman yang baik untuk meringankan gejala insomnia dan meningkatkan kualitas tidur seperti dari Balancar Madia Good Night. Minuman ini mempunyai kandungan jahe, pala, dan juga passion flower yang bisa didapatkan di Herbana untuk mengatasi insomnia.