Mangga merupakan buah yang terkenal manis dan banyak ditemukan di Indonesia. Buah ini mempunyai banyak jenis yang akan mempengaruhi bentuk, warna, tekstur, hingga rasa yang diberikan. Tidak hanya manis, ada juga mangga dengan rasa asam maupun kecut sehingga bisa memilih sesuai dengan selera Anda. Selain lezat, mangga juga baik dikonsumsi karena memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Mangga mempunyai kandungan air, protein, lemak, karbohidrat, vitamin C, vitamin C, folat, vitamin K, kalium, dan masih banyak lainnya.

Manfaat untuk Kesehatan

Seperti buah lainnya, mangga juga bisa memberikan manfaat kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin. Adapun berbagai manfaatnya adalah:

  1. Mangga dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit karena vitamin A yang dapat menjaga kesehatan jaringan epitel pada rambut dan kulit. Buah ini juga mempunyai kandungan vitamin C yang dapat menghasilkan kolagen sehingga menjaga kulit tetap elastis dan mencegah kulit berkeriput.
  2. Mangga dapat menurunkan tekanan darah walaupun mempunyai rasa manis. Buah ini mempunyai kandungan senyawa aktif antioksidan khusus yang bahkan dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah.
  3. Mangga mempunyai kandungan lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan untuk melindungi fungsi retina dan lensa mata.
  4. Buah ini dapat mencegah resiko kanker karena kandungan ekstrak polifenol yang ada di dalamnya.
  5. Buah ini dapat meredakan sembelit kronis dan mencegah gas dan kembung.

Olahan Mangga untuk Mango Sticky Rice

Di Indonesia, biasanya mangga digunakan untuk buah yang dikonsumsi secara langsung ataupun jus mangga. Bagi penikmat mangga yang bosan akan olahan tersebut, bisa untuk mencoba olahan mangga dari negara tetangga yaitu dari Thailand. Sehingga bagi yang ingin mendapatkan manfaat kesehatan mengonsumsi mangga tetapi sudah bosan dengan olahan yang biasa bisa mencoba membuat mango sticky rice. Makanan ini merupakan camilan manis yang berasal dari Thailand dan bisa dibuat dengan mudah di rumah.

Resep Mango Sticky Rice

Mango sticky rice mempunyai cara yang mudah untuk membuatnya. Begitu juga bahan yang perlu disiapkan juga mudah untuk membelinya. Bahan untuk cemilan manis ini adalah dengan menyiapkan beras ketan putih, air, santan, gula pasir, geram, santan, tepung tapioka, dan biji wijen sangrai. Untuk bahan utamanya tentunya siapkan mangga dengan ukuran sedang yang sudah dikupas dan diiris.

Langkah membuat mango sticky rice yang mudah untuk diikuti adalah:

  1. Pertama campurkan beras ketan putih dan air ke dalam panci. Kemudian masak hingga mendidih dan jangan lupa mengecilkan api ketika sudah mendidih. Rebus hingga airnya terserap selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.
  2. Persiapkan campuran santan, gula, dan garam dalam panci lainnya dan masak dengan api sedang hingga mendidih. Jangan lupa aduk hingga tercampur merata dan angkat dan sisihkan. Aduk nasi ketan ke dalam campuran santan tersebut dan biarkan dingin hingga satu jam.
  3. Buat saus dengan santan, gula, garam, dan tepung tapioka. Masak hingga mendidih jangan lupa diaduk.
  4. Tata mangga di atas ketan, tuang saus dan taburi wijen.

Ketika akan membuat mango sticky rice, pastikan untuk memilih buah mangga yang tepat. Jenis yang paling baik adalah mangga arumanis, harumanis, dan juga kweni yang juga cocok dibuat sebagai buah dessert. Untuk membeli mangga jenis tersebut, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah secara online di TaniHub dan bisa diantarkan ke rumah dengan waktu hanya 1 satu hari saja.