Saat ini sumber makanan bergizi sangat penting untuk anak di masa pertumbuhannya. Pasalnya di usia dan masa pertumbuhan penting mendapatkan asupan yang baik untuk tubuhnya. Salah satunya dengan sumber zat besi untuk anak. Maka ada terdapat rekomendasi makanan untuk dikonsumsi dan kaya akan zat besi seperti berikut ini:

1. Jeroan

Jeroan ini sangat baik bagi anak pasalnya kadar lemaknya serta zat besinya tinggi ada didalamnya. Untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan tentunya makanan ini sangat penting diberikan. berbagai olahan makanan dari bahan jeroan bisa jadi menu terbaik untuk anak-anak.

Adapun jeroan yang biasanya dikonsumsi seperti hati ikan, sapi, otak, ginjal bahkan jantung. Beberapa jenis jeroan ini kandungan zat besinya sangat tinggi jadi memberikan pencegahan kepada anak yang kekurangan zat besi. Dengan pengolahan bahan jeroan ini menjadi hidangan yang lezat, maka sudah memberikan makanan berzat besi tinggi pada anak.

2. Daging Merah

Daging merah ini sangat baik pula dikonsumsi sebagai sumber zat besi untuk anak. Dimana anak-anak akan mendapatkan asupan zat besi sebesar 2 mg. Kandungan yang baik untuk daging merah adalah daging yang tanpa lemak. Biasanya daging merah ini ditemukan pada daging sapi yang sangat baik untuk dikonsumsi.

Banyak olahan yang bisa dihasilkan dari daging merah ini, jadi anak-anak akan tertarik mengkonsumsinya. Dengan variasi hidangan dan jenis makanan yang ada maka bisa membantu asupan zat besi anak. Maka bisa mengkonsumsi makanan berbahan daging merah guna memenuhi kebutuhan zat besinya.

3. Sayuran Hijau

Selain daging merah juga jeroan, maka sumber makanan yang penting dan mengandung zat besi yaitu sayuran hijau. Biasanya pada anak-anak tidak begitu menyukai sayuran, maka orangtua bisa mengolah sayuran tersebut dengan cara yang menarik. Agar nantinya  anak-anak senang mengkonsumsi dan memakan sayuran secara rutin.

Sayuran hijau ini ada beberapa jenis yang zat besinya banyak, seperti bayam, brokoli, kale dan sebagainya. Anak-anak yang rutin mengonsumsi sayuran tentunya bisa terpenuhi zat besinya. Selain itu juga sayuran tinggi akan serat, sehingga bisa memperlancar pencernaan, mudah BAB dan asupan vitamin juga terjaga.

4. Kacang-Kacangan

Tidak hanya sayuran hijau saja yang mengandung zat besi, ternyata kacang-kacangan juga sumber zat besi untuk anak jika dikonsumsi rutin. Misalnya saja kedelai, kacang panjang, kacang tanah, kacang merah dan sebagainya. Olahan kedelai juga banyak dijumpai, seperti tempe, tahu, susu kedelai dan sebagainya. Dengan begitu anak bisa tetap dapatkan asupan zat besi yang banyak dan mudah didapatkan saat ini.

Untuk konsumsi lainnya juga bisa kacang tanah yang diolah sebagai camilan untuk anak. Dengan tampilan makanan yang menarik maka anak-anak akan mendapatkan asupan zat besinya secara utuh. Orangtua juga bisa berkreasi dengan olahan bahan kedelai tersebut untuk masakan.

5. Seafood

Biasanya anak-anak akan sangat senang dengan olahan makanan berbahan seafood. Bahkan seafood ini merupakan bahan makanan yang kaya akan zat besi yaitu B12. Misalnya saja ada kerang, cumi, udang dan sebagainya yang sangat lezat dan bisa dikreasikan berbagai hidangan makanan laut.

Pada seafood ini kandungan zat besi yang ada didalamnya sangat tinggi dan sangat baik untuk anak. Tak hanya zat besi tapi juga kaya akan protein sehingga membuat anak-anak tetap terpenuhi kebutuhan gizinya tiap hari.

Dengan mengkonsumsi sumber zat besi untuk anak, maka anak akan lebih sehat. Juga bisa terhindar dari penyakit kekurangan zat besi, seperti anemia. Maka penuhi asupan gizi lainnya agar tumbuh kembang anak semakin baik dan terjaga kesehatannya.