Tingkatkan Pemahaman Sekolah, YKB Gelar Pelatihan

Bagikan Berita Ini

 

Reporter : Nanang Asmari

 

KORANSIDAK.CO.ID – Pemerintah Kecamatan Bongas bersama Yayasan Kusuma Buana (YKB) Bongas, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat mengadakan pelatihan tim sekolah Healthy Kids Healthy Nation.

Pelatihan yang dilaksanakan di aula Kecamatan Bongas, Kabupaten Indramayu, itu diikuti empat Sekolah Dasar Negeri (SDN), Selasa (30/7). Sekolah yang mengikuti pelatihan, nantinya akan jadi sekolah percontohan.

Tim Kusuma Bangsa Jakarta, Yudo Prihartono mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kepada sekolah tentang program Healthy Kids, Healthy Nation.

Peserta yang hadir, terdiri dari kepala sekolah atau pengurus PGRI Bongas, guru koordinator/UKS, anggota Polsek Bongas, Anggota Koramil Kandanghaur dan pengelola, serta penjaga sekolah.

“Tujuanya untuk meningkatkan derajat kesehatan anak-anak sekolah. Jadi kami punya program untuk 4 sekolah. Saat ini adalah pelatihan tim sekolah terkait dengan isu anemia gizi, kantin sehat dan perilaku hidup bersih dan sehat,” ujar Penanggung Jawab program dari Yayasan Kusuma Buana Jakarta, Yudo Prihartono.

Yudo mengatakan, tujuan khusus dari kegiatan tersebut yakni meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tim sekolah serta peserta didik tentang perilaku hidup bersih dan sehat.

Kemudian pentingnya keberadaan kebun sekolah dan kantin sehat sekolah. Serta meningkatkan sikap tim sekolah dengan menginisiasi perawatan dan keberlanjutan program.

“Dengan kegiatan ini kami diminta untuk membuat semacam perkebunan sekolah, dimana perkebunan ini diharapkan anak-anak dapat memahami tentang kesehatan. Kegiatan fositif ini agar dimanfaatkan oleh sekolah untuk anak-anak,” katanya.

Camat Bongas Iing Kuswara, mengatakan jika pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut.

“Kegiatan positif kami sangat mendukung, karena dengan adanya kegiatan ini akan menambah wawasan bagi siswa siswi SD di Kecamatan Bongas,” ujarnya. (*)