Antisipasi Kekeringan, Kades Karangsegar Bareng Warga Lakukan Normalisasi Irigasi

Bagikan Berita Ini

 

Reporter: Heriyanto

 

Kades Karangsegar bersama Sekdes saat meninjau alat berat yang digunakan untuk normalisasi saluran irigasi

KORANSIDAK.CO.ID – Untuk mengantisipasi panjangnya musim kemarau dan dampak kekeringan yang ditimbulkan, Kepala Desa Karangsegar, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, M. Asdi memiliki strategi jitu.

Pihaknya bersama warga mengantisipasi potensi bencana kekeringan saat musim kemarau tahun ini dengan melakukan normalisasi saluran irigasi yang ada di wilayah setempat. Normalisasi yang dilakukan dimulai dari BKG 32 sampai denga BKG 34.

Langkah yang dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Karangsegar bertujuan agar areal pertanian yang ada di wilayah itu mendapat pasokan air yang cukup.

“Untuk memenuhi pasokan air, langkah yang kami tempuh adalah dengan melakukan normalisasi pengairan irigasi. Kami berharap dengan normalisasi pembagian air bagi areal pertanian bisa merata,” kata Asdi, Senin (26/7).

Asdi mengatakan, sebelum dilakukan pekerjaan normalisasi, pihaknya sering mendapat keluhan dari petani di wilayahnya.

“Kita merespon keluhan warga soal kekeringan, karena hampir setiap musim kemarau selalu kekeringan,” terangnya.

Asdi menjelaskan, pihaknya bersama petani melakukan normalisasi yang bertujuan untuk memperlancar saluran air untuk pasokan areal persawahan di wilayahnya.

“Kami bekerjasama dengan petani mengadakan kegiatan normalisasi sungai irigasi untuk memperlancar saluran air yang menjadi kebutuhan para petani sekitar,” terang Asdi yang didampingi Sekretaris Desa Karangsegar, Guntur Sukarman.

Jika saluran irigasi tidak segera diperbaiki, kata dia, tidak akan menghasilkan produksi tanam yang maksimal. Petani kata dia, akan terus dilanda kerugian.

“Kalau pasokan air tidak bagus, otomatis hasil pertanian pun berkurang, petani lagi yang akan rugi,” pungkasnya. (*)