Lutfi: Minimalisir Oknum Warga Buang Sampah Sembarang, Kita Lakukan Patroli

Bagikan Berita Ini

 

Reporter: Hamdan Bhulle

KORANSIDAK.CO.ID – Kepala UPTD Pengelolaan sampah Wilayah IV Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Lutfi Hamdani mengatakan, untuk mengantisipasi dan meminimalisir kemungkinan ada oknum warga yang membuang sampah sembarang di pinggir jalan pihaknya melaksanakan patroli sampah liar di jalan protokol Cikarang Utara.

“Ya, kita akan menyisir wilayah Cikarang Utara untuk mengantisipasi dan meminimalisir kemungkinan ada oknum warga yang membuang sampah sembarang di pinggir jalan,” terang Lutfi Hamdani Kepala UPTD Pengelolaan sampah Wilayah IV DLH Kabupaten Bekasi, Rabu (17/7) malam.

Patroli sampah liar tersebut dilakukan dari Terminal Kalijaya hingga Stasiun kereta api (KA) Lemah Abang Cikarang Utara.

Lutfi mengatakan, patroli yang dilakukan pihaknya dimulai sejak pukul 22.00 WIB hingga selesai.

Pihaknya, kata Lutfi, mengerahkan sejumlah personil dan puluhan pesapon dibantu staf Seksi Trantib Kecamatan Cikarang Utara untuk mengawasi oknum warga yang disinyalir sering membuang sampah sembarang di pinggir jalan di wilayah tugasnya.

“Dibantu Satpol PP Cikarang Utara, kita pantau jalan protokol yang kemungkinan akan memergoki oknum warga yang membuang sampah sembarang di jalan protokol,” bebernya.

Lutfi menambahkan, pihaknya akan menjadwalkan patroli tersebut, sehingga dapat terdata oknum warga yang mempunyai perilaku merugikan lingkungan khususnya di Cikarang Utara.

Disinggung soal sanksi hukum, Lutfi mengatakan, tidak ada sanksi hukum terhadap oknum warga yang kedapatan membuang sampah sembarang.

“Tidak ada sangsi hukum, tapi kita akan komunikatif terhadap mereka, biar lebih manusiawi agar oknum warga tersebut tidak mau lagi membuang sampah seenaknya,” ujarnya seraya berharap, Kabupaten Bekasi umumnya dan wilayah Cikarang Utara khususnya agar tercipta Bekasi Baru, Bekasi yang Bersih. (*)